Comscore Tracker

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini 

Bukan hanya tanda penuaan, lho!

Rambut putih adalah salah satu indikator dari penuaan. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin banyak rambut putih, semakin tua pula usia seseorang. Memang benar bahwa pertambahan usia menyebabkan produksi pigmen rambut berkurang.

Namun ternyata, bukan hanya itu saja penyebab dari rambut putih di kepala kita. Ada beberapa faktor lain yang merujuk kepada masalah kesehatan. Terlebih lagi untuk orang yang masih muda tapi sudah banyak memiliki uban. 

Apa sajakah masalah kesehatan yang dimaksud? Yuk, simak berikut ini, jangan-jangan kamu juga mengalaminya!

1. Berkaitan dengan risiko penyakit jantung

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini Ilustrasi Uban (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Ternyata rambut putih atau uban bisa menunjukkan kerentanan seseorang terhadap penyakit jantung. Menurut studi dari European Society of Cardiology, semakin banyak rambut putih semakin tinggi pula risiko penyakit tersebut. Hal ini lebih sering terjadi pada laki-laki. 

Tercatat bahwa orang dengan jumlah rambut putih minimal sama dengan rambut normal lebih rentan untuk mengalami sakit jantung. Penyakit yang paling sering ditandai dengan kondisi ini adalah jantung koroner dan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. 

2. Kekurangan vitamin B12

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini cloudfront.net

Jika kamu masih muda tetapi sudah memiliki banyak rambut putih, maka bisa jadi kamu kekurangan vitamin B12. Pada dasarnya semua vitamin berkontribusi terhadap kesehatan rambut. Namun vitamin B12 memiliki peran yang lebih spesial. 

Dilansir Gaizupath, vitamin itulah yang bertugas untuk membawa sel darah merah penuh oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kepala. Ketika tidak ada suplai yang mencukupi, pigmen yang bertugas memberi warna pada rambut pun berkurang. Akibatnya, sebagian helai pun berubah menjadi putih. 

3. Kekurangan vitamin D

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini danone.com

Studi dari International Journal of Trichology tahun 2013 mengatakan bahwa orang yang mengalami rambut putih di masa mudanya banyak yang kekurangan vitamin D. Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa vitamin D memengaruhi produksi melanin untuk rambut kita. Itulah kenapa jika kita tidak mendapatkan zat tersebut, warna rambut akan memudar.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Soal Rambut di Tubuh Manusia, Anak Bayi Pun Punya

4. Sistem imunmu melemah

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini keckmedicine.org

Warna rambut kita diperoleh dari sel batang melanosit yang mengandung pigmen. Sel tersebut banyak dikontrol oleh protein bernama MITF.

Jurnal dari PLOS Biology tahun 2019 mengatakan bahwa protein tersebut akan berkurang drastis ketika sistem imun kita melemah atau sedang sibuk melawan partikel asing. Ini menjadi salah satu alasan kenapa orang yang sakit parah biasanya memiliki banyak rambut putih.

5. Stres

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini hardrockfm.com

Stres yang berlebihan dan tidak kunjung selesai bisa mempercepat proses penuaan pada rambut. Ini terjadi karena sel melanosit yang bertanggung jawab dalam memberikan warna akan menurun ketika kita berada di bawah tekanan. Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan oleh Nature, kondisi tersebut dapat terjadi secara permanen, lho. 

“Ketika sel regenerasi pigmen hilang, kita tidak akan mampu untuk memperbaruinya lagi. Akhirnya kerusakan pun terjadi secara permanen,” kata Ya-Chieh Su, profesor biologi dilansir dari MNN.

6. Kamu sedang mengalami stres oksidatif

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini todaysrdh.com

Apakah yang dimaksud degan stres oksidatif? Mengutip Healthline, ini merupakan kondisi yang menunjukkan ketidakseimbangan tingkat antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Akibatnya, patogen atau bibit penyakit tidak bisa dibasmi dengan mudah.

Bukan hanya itu, ternyata kondisi tersebut juga berkontribusi terhadap penuaan dini. Kulit kehilangan kekenyalannya, sedangkan rambut kehilangan warna aslinya. 

7. Dampak dari pengobatan tertentu

Uban atau Rambut Putih Mungkin Tanda 7 Masalah Tubuh Ini mcmasteroptimalaging.org

Rambut putih juga bisa disebabkan karena pengobatan yang sedang kita jalani. Contohnya pengobatan untuk penyakit autoimun dan disfungsi tiroid. Bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh selama pengobatan bisa menghambat produksi sel melanosit. Akibatnya, rambut pun kehilangan pigmen. 

Nah, jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini dengan tumbuhnya rambut putih, ada cara yang bisa kamu lakukan. Mulai sekarang, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung  antioksidan, vitamin B12, D, dan E. Selain itu, kamu juga harus menghindari rokok karena zat di dalamnya bisa mempercepat penuaan dini. 

Baca Juga: 7 Kandungan Makanan yang Bisa Bikin Rambut Kepala kamu Tetap Gondrong

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya