Comscore Tracker

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!

Hidung meler terus, bikin bete

Pernahkah kamu mengalami flu yang tak kunjung sembuh? Bahkan, hingga di atas seminggu?

Padahal, kamu sudah mencoba berbagai cara, mulai dari minum obat, beristirahat hingga minum obat herbal seperti wedang jahe. Tetapi, hidung kita masih meler dan membuat kita menghabiskan banyak tisu untuk mengelapnya.

Kesal karena upaya kita untuk menghilangkan flu tak kunjung berhasil? Mungkin, 7 hal di bawah ini adalah penyebabnya. Coba periksa kebiasaanmu!

1. Kamu terlalu banyak makan makanan manis

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!shutterstock.com

Saat flu melanda, biasanya selera makan kita akan menurun. Untuk mengatasinya, kita sengaja makan makanan yang kita suka, seperti cupcake, thai tea hingga cheese cake. Makanan manis memang bisa membuat mood lebih baik. Tetapi, di sisi lain, makan makanan manis bisa membuat flu tak kunjung sembuh!

Menurut Angela Lemond, R.D.N, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, makan terlalu banyak gula bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh selama 2 jam atau lebih, ungkapnya di laman Men's Journal. Makanan tinggi gula juga cenderung memiliki nutrisi yang rendah. Lebih baik, kamu makan buah karena manis dan menyehatkan!

2. Kamu dilanda stres dan banyak beban pikiran

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!bournemouth.ac.uk

Sudah jatuh, tertimpa tangga. Mungkin, analogi itu pas buatmu yang sedang sakit sekaligus banyak beban pikiran. Tak heran, flu yang diderita tak kunjung sembuh! Menurut laman Simply Psychology, saat kita stres dan tertekan, kemampuan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan penyakit berkurang. 

Itulah alasan mengapa kita rentan infeksi dan membuat kita sembuh lebih lama. Hormon stres kortikosteroid bisa menekan efektivitas sistem kekebalan tubuh dan menurunkan jumlah limfosit. Limfosit sendiri merupakan salah satu sel darah putih dan menjadi bagian dari sistem daya tahan tubuh. Jadi, hindari kebiasaan overthinking, ya!

3. Sebelum sakit, kamu jarang berolahraga

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!cnet.com

Kesehatan adalah rezeki yang sering tak kita sadari. Saat sehat, kita lebih sering bermalas-malasan dan jarang berolahraga. Saat sakit, kamu baru sadar kalau kebiasaan berolahraga bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, ungkap laman Web MD. Tidak harus berat, kamu bisa berolahraga dengan berjalan kaki 20-30 menit dalam sehari.

Saat kamu mengalami flu, kamu disarankan untuk tetap berolahraga. Sekadar berjalan kaki, menaiki tangga atau lari santai bisa membantu untuk meringankan flu. Setelah berolahraga, tubuh akan menyembuhkan dirinya lebih cepat. Berbeda lagi jika kamu sakit yang lebih parah, maka kamu disarankan untuk beristirahat, jelas laman Men's Journal. 

4. Kamu kekurangan tidur sehingga sulit sembuh

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!kidspot.com.au

Saat sakit flu, kita sering kesulitan tidur. Apalagi, jika hidung kita tersumbat, maka kita akan kesulitan bernapas. Hal ini bisa membuat tidur menjadi kurang nyaman. Menurut penelitian dalam laman Mayo Clinic, orang yang kekurangan tidur akan lebih cepat sakit setelah terpapar virus dan membuat kita lebih lama dalam memulihkan diri.

Lebih lanjut, saat tidur, sistem kekebalan tubuh melepaskan protein yang bernama sitokin. Saat kamu sedang mengalami infeksi atau peradangan, kamu perlu meningkatkan jumlah sitokin di tubuh. Sementara, kekurangan tidur bisa mengurangi produksi sitokin. That's why, kamu sulit sembuh dari flu yang sedang dialami.

Baca Juga: Selain Flu dan Pilek, 6 Penyebab Hidung Tersumbat yang Perlu Dipahami

5. Bisa jadi, kamu kurang minum air

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!nursetobe.blog

Siapa sangka, ternyata ada keterkaitan antara flu dan dehidrasi? Menurut Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran Maple Holistics dalam laman Bustle, dehidrasi bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, kamu mudah terserang penyakit seperti batuk dan pilek. Ingat, kamu perlu minum minimal 2 liter air per hari, ya!

Sementara, menurut Angela Lemond, dehidrasi bisa menekan sistem imun dan menyulitkan kita sembuh. Padahal, sistem limfatik memerlukan cairan untuk membuang racun dari tubuh, jelasnya di laman Men's Journal. Minumlah yang cukup agar tetap sehat, bugar dan membuat tubuh bekerja optimal. Don't forget to drink water!

6. Mungkin, karena kamu jarang minum susu

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!discovermagazine.com

Beberapa orang percaya bahwa susu bisa meningkatkan produksi lendir dan membuat dahak lebih banyak. Padahal, ini hanya mitos yang dipercaya oleh banyak orang. Susu bisa menenangkan flu, sakit tenggorokan dan kaya akan nutrisi, ujar laman Men's Journal. Selain itu, susu bisa memberikan energi supaya kita lebih cepat pulih.

Sementara, Dr. Steckelberg dalam laman Parents menyarankan pasiennya agar makan makanan berbasis susu, seperti cream soup, es krim, puding dan sejenisnya. Susu bisa memberikan kalori dan tenaga, rasanya yang enak pun membuat nafsu makan meningkat. Tetapi, jangan dipaksakan jika kamu alergi dengan susu, ya!

7. Terlalu bergantung dengan obat-obatan yang dijual bebas

Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!pexels.com/Pixabay

Saat kamu sakit flu, mungkin kamu akan meremehkan dan menganggap penyakit ini tidak serius. Alih-alih pergi ke dokter, kamu justru membeli obat generik yang ada di toko dekat rumah. Padahal, beberapa obat generik tidak memberikan hasil yang signifikan untuk menyembuhkan flu. Ujung-ujungnya, kamu tetap harus pergi ke dokter.

Obat-obatan yang diberi dokter lebih manjur daripada obat generik yang dijual bebas. Ini karena dosisnya yang lebih tinggi dan ampuh dalam menangani penyakit. Di sisi lain, kamu akan sulit sembuh jika hanya mengandalkan obat-obatan saja. Kombinasikan dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan minum air yang cukup.

Nah, itulah 7 alasan mengapa flu yang kamu alami tidak kunjung sembuh. Kini, kamu punya bekal untuk menghadapi flu yang sewaktu-waktu bisa menyerang!

Baca Juga: Jangan Langsung Minum Obat, Ini 10 Makanan Terbaik untuk Redakan Flu!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya