Comscore Tracker

Manajemen Tous les Jours Sebut Tak Punya Kebijakan Soal Ucapan di Kue

"Dalam jalankan usaha, kami mengedepankan toleransi"

Jakarta, IDN Times - Manajemen toko kue dan roti TOUS les JOURS akhirnya mengklarifikasi mengenai soal kontroversial aturan larangan pemberian ucapan hari keagamaan seperti yang tertulis di outlet mereka di Pacific Place. Menurut manajemen, perusahaan kue asal Korea Selatan itu tidak memiliki aturan resmi mengenai penulisan ucapan di atas kue buatan mereka. 

"Terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlibat pada video, foto dan atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen kami," demikian keterangan tertulis resmi yang dimuat Tous les Jours di akun media sosialnya pada Jumat (22/11). 

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Marketing Manager TOUS les JOURS, Kathy Syahrizal ketika dikonfirmasi pada Jumat malam kemarin. 

"Itu ada tim kami dari Paficif Place (yang memasang aturan tersebut). Tapi, hal itu sudah kami luruskan," ujar Kathy menjelaskan siapa yang memasang aturan itu. 

Pasalnya, karena aturan itu, konsumen menduga TOUS les JOURS anti terhadap toleransi beragama di Indonesia karena tak membolehkan penulisan ucapan agama lain di atas kuenya. 

Uniknya, gara-gara masalah ini, nama mantan jurnalis Sandrina Malakiano ikut dibawa-bawa dan dituding sebagai pemilik outlet TOUS les JOURS. Wah, dari mana itu semua berawal ya?

1. Sandrina Malakiano dituding sebagai pemilik outlet TOUS les JOURS

Manajemen Tous les Jours Sebut Tak Punya Kebijakan Soal Ucapan di Kue(Sandrina Malakiano) www.instagram.com/@smalakiano

Melalui akun media sosialnya, mantan jurnalis Sandrina Malakiano mengaku bingung mengapa namanya dikait-kaitkan dengan kasus toko kue TOUS les JOURS. Bahkan, dituding sebagai pemilik outlet di pusat perbelanjaan Pacific Place. 

Ia membantahnya dengan mengunggah klarifikasi di Instastory pada Jumat (22/11). Klarifikasi itu diberi judul 'Bantahan untuk hoaks yang beredar'. Istri dari konsultan politik Eep Saefollah Fatah itu menyebut tudingan bahwa ia pemilik outlet TOUS les JOURS adalah hoaks. 

Sandrina menegaskan, ia dan suami sama sekali tidak berkaitan dengan TOUS les JOURS. 

"Semua informasi yang mengkaitkan saya Sandrina Malakiano, dan suami saya, Eep Saefulloh Fatah dengan Tous les Jours (TLJ) -- entah sebagai pemilik, direktur, pemilik franchise salah satu gerainya, dll -- tidak benar sama sekali, itu sepenuhnya hoax," kata dia semalam. 

Manajemen Tous les Jours Sebut Tak Punya Kebijakan Soal Ucapan di Kue(Klarifikasi Sandrina Malakiano di Instastory) www.instagram.com/@smalakiano

Baca Juga: Ada Larangan Ucapan Natal, Toko Tous les Jours Panen Kritik di Twitter

2. Sandrina Malakiano tidak sependapat dengan sikap intoleran yang ditunjukan salah satu outlet TLJ

Manajemen Tous les Jours Sebut Tak Punya Kebijakan Soal Ucapan di Kue(Sandrina Malakiano) www.instagram.com/@smalakiano

Sementara, terkait dengan sikap yang ditunjukan oleh salah satu outlet TLJ, ia pun mengaku tak setuju dengan segala hal yang tidak menunjukkan toleransi terhadap pemeluk agama lain. Ia mengatakan kehidupannya justru penuh dengan keragaman dan saling menghormati prinsip orang lain. 

"Saya sendiri (dan suami) tidak sependapat dengan sikap-sikap intoleran semacam itu. Hingga saat ini, kami hidup, berteman, bersahabat bahkan berkerabat/berkeluarga dengan pemeluk agama yang beragam dengan terus memegang prinsip saling hormat, saling percaya dan saling menjaga hak dan kewajiban masing-masing," katanya lagi. 

3. Manajemen TOUS les JOURS meminta maaf kepada para konsumen sehingga ada ketidaknyamanan yang terjadi

Manajemen Tous les Jours Sebut Tak Punya Kebijakan Soal Ucapan di KuePeraturan penulisan di kue oleh Tousles Jours Indonesia (Twitter/@angieltca)

Dalam klarifikasi tertulisnya, manajemen TOUS les JOURS juga meminta maaf kepada para konsumen atas kegaduhan peristiwa ini. Ujung-ujungnya konsumen setia TLJ menjadi tidak nyaman ketika melihat aturan tertulis di salah satu outlet mereka. 

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan sangat berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan semua pihak TOUS les JOURS selama ini," demikian pernyataan manajemen toko kue dan roti itu. 

Gimana, menurut pendapat kalian, guys

Baca Juga: Ini Enam Peristiwa Intoleran yang Pernah Terjadi di Indonesia

Topic:

Berita Terkini Lainnya