Comscore Tracker

Lagi, Klaster Baru Muncul di Kota Malang, 12 Orang Positif COVID-19

Warga positif sudah dievakuasi ke rumah sakit

Malang, IDN Times - Penyebaran COVID-19 di Kota Malang terus mengalami kenaikan. Kali ini kembali muncul klaster penyebaran baru di Kota Malang. Klaster terbaru tersebut muncul di Perumahan Puri Nirwana RW 2, Kelurahan Dinoyo, Kota Malang. Sedikitnya ada 12 orang penghuni pondok di RT 10 RW 2 di wilayah tersebut yang terkonfirmasi positif COVID-19. Sementara, total penghuni yang ada di pondok tersebut tercatat sebanyak 30 orang.

1. Warga yang positif merupakan penghuni pemondokan

Lagi, Klaster Baru Muncul di Kota Malang, 12 Orang Positif COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Ketua RW 2 Kelurahan Dinoyo, Bimo Tri Sapto menjelaskan bahwa memang benar ada warga yang dinyatakan positif COVID-19 di wilayahnya. Tetapi berdasar informasi yang ia dapatkan, warga yang positif COVID-19 itu merupakan penghuni pondok yang berada di wilayah tersebut.

"Memang benar ada 12 orang yang positif COVID-19. Tetapi semua sudah dipindahkan," katanya Rabu (23/6/2021). 

Baca Juga: 9 Orang Positif COVID-19, Kadinkes Malang Sebut Bukan Klaster

2. Sudah dievakuasi ke rumah sakit

Lagi, Klaster Baru Muncul di Kota Malang, 12 Orang Positif COVID-19(Ilustrasi dirawat di rumah sakit) IDN Times/Sukma Shakti

Saat ini dari 12 orang yang dinyatakan positif COVID-19 itu, semuanya sudah dievakuasi dan dipindahkan ke RS Aisyiyah untuk mendapat perawatan. Sudah tidak ada dari warga terdeteksi positif COVID-19 yang masih berada di rumah. Mereka yang masih berada di Perum Puri Nirwana sudah dinyatakan negatif berdasar swab antigen. 

"Sekarang semua warga yang positif sudah dipindahkan ke RS Aisyiyah. Sudah tidak ada lagi yang tinggal di rumah," tambahnya. 

3. Penghuni pondokan memang mobilitasnya tinggi

Lagi, Klaster Baru Muncul di Kota Malang, 12 Orang Positif COVID-19Pemkot Malang saat melakukan sosialisasi protokol pencegahan COVID-19 dibeberapa tempat di Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Lebih jauh, Bimo menjelaskan bahwa pondok yang dimaksud tersebut bukanlah pondok pesantren seperti yang banyak diketahui. Tetapi merupakan tempat kos. Kebetulan mobilitas para penghuninya memang cukup tinggi. Dari total 30 orang penghuni 16 penghuni yang sudah dinyatakan negatif COVID-19 dari swab antigen. Mereka semua diisolasi mandiri di lantai tiga bangunan. Sementara sisanya pulang dijemput orang tua masing-masing.

"Jadi memang tidak seperti pondok biasanya. Tetapi mereka itu memanh mobiling, tidak selalu di sana. Pengasuhnya adalah dosen UIN Malang namanya Pak Azis," sambungnya. 

4. Lakukan penyemprotan disinfektan

Lagi, Klaster Baru Muncul di Kota Malang, 12 Orang Positif COVID-19Relawan bersama warga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Kelurahan Mergosono. Dok/Humas Pemkot Malang

Sebagai antisipasi, pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan. Selaij itu, pihaknya juga melakukan pembatasan pada kegiatan masyarakat wilayah tersebut untuk sementara waktu. Namun demikian dirinya meyakini tidak ada lagi yang positif COVID-19. Pasalnya mereka yang dinyatakan positif COVID-19 tidak pernah berkontak erat atau bersosialisasi secara masif dengan warganya. Rumahnya juga menyendiri dan tidak terlalu dekat dengan warga lainnya.

"Posisinya rumahnya memang paling ujung barat di wilayah RW 2. Posisinya juga di tepi jalan dan memang berada pada perumahan yang berbeda," tandasnya. 

Baca Juga: Ditemukan Klaster Takziah di Kota Malang, 6 Positif 1 Meninggal

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya