Cak Imin: 40 Kota Bukan Dibangun dari Nol Seperti IKN

Anies-Cak Imin akan kembangkan kota yang sudah ada

Semarang, IDN Times - Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menanggapi terkait kesalahpahaman mengenai gagasan membangun 40 kota seperti Jakarta, yang sempat menjadi kontroversi saat debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023. Dia menegaskan pihaknya bukan akan membangun 40 kota baru di Indonesia.

Cak Imin mengatakan, yang benar adalah pihaknya akan mengembangkan kota yang sudah ada, supaya tingkat kemajuannya bisa setara seperti Jakarta. Hal tersebut ditegaskan Cak Imin setelah melakukan kampanye dialogis bersama mahasiswa di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

"Bukan, bukan. Salah, salah. Kota yang sudah ada dikembangkan menuju semaju Jakarta," kata dia.

Ke depan, kata Cak Imin, kota-kota yang ada di Indonesia harus ditata ulang mulai dari pengembangan transportasi umumnya, pendidikan yang berkualitas, perumahan yang terakses dengan fasilitas publik. Selain itu, perlu kita dikembangkan transportasi yang terintegrasi.

Menurut dia, anggaran Rp400 triliun yang digelontorkan untuk pembangunan proyek mercusuar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harusnya bisa dibagi-bagi untuk pengembangan kota di Indonesia, sehingga kesetaraan pembangunan bisa tercapai.

"Anggaran Rp400 T dibagi ke kota-kota seperti Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak kasih Rp5 triliunan saja kecepataanya (bisa) menuju (Jakarta)," kata dia.

Sebelumnya, pada debat pilpres putaran kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023, cawapres nomor dua, Gibran Rakabuming Raka heran karena Cak Imin menolak pembangunan IKN, padahal ingin membangun kota selevel Jakarta.

“Gus Muhaimin ini rada aneh ya, ingin bangun kota selevel Jakarta, tapi gak setuju dengan IKN,” kata Gibran.

Gibran lalu menjelaskan masalah yang mungkin terjadi di perkotaan seperti transportasi publik, sampah, dan kawasan kumuh yang akan dihadapi masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan pada 2045. Menurut Gibran masalah tersebut diperkirakan mencapai 70 persen.

Selain Gibran, cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD, juga mengritisi dan pesimistis gagasan Anies-Cak Imin akan membangun 40 kota selevel Jakarta. Menurut dia, rencana tersebut tidak realistis. 

Baca Juga: Mahfud Geleng-Geleng Cak Imin Janji Bangun 40 Kota Setara Jakarta

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya