Golkar Rekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar Maju Pilgub DKI

RK dan Zaki Iskandar diminta tingkatkan elektabilitas

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto merekomendasikan dua kadernya, yakni mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) dan Ketua DPD DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta.

Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Sadzily, mengatakan, partainya memberikan keleluasaan kepada Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar untuk menaikkan elektabilitas.

Partai Golkar selanjutnya akan menggelar survei internal guna menentukan satu nama untuk ditetapkan maju di Pilgub Jakarta.

"Golkar telah memberikan tugas untuk Pilgub DKI Jakarta kepada dua nama, yaitu Pak Ridwan Kamil dan Pak Zaki Iskandar," kata dia saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Siap-Siap, 94 Ribu KTP Warga DKI Akan Dinonaktifkan Disdukcapil

1. Alasan Golkar rekomendasikan RK dan Zaki Iskandar

Golkar Rekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar Maju Pilgub DKIKetua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily membicarakan soal Ridwan Kamil maju Pilgub DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Ace mengatakan, Golkar memiliki pertimbangan yang matang untuk merekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar. 

Dia mengatakan, Zaki Iskandar telah berhasil memimpin Kabupaten Tangerang selama dua periode, daerah yang secara geografis juga dekat dengan Jakarta.

Sementara itu khusus untuk Ridwan Kamil, Ace mengatakan, sejak awal Golkar memang telah memberikan pilihan untuk tetap maju pada Pilgub Jawa Barat atau Pilgub DKI Jakarta. 

"Setelah itu, baru nanti akan dilakukan survei internal Partai Golkar mana yang kira-kira paling memikat hati rakyat DKI Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Baliho OTW Jakarta, Ridwan Kamil Dinilai Tengah Kampanye Pilgub

2. Ace berharap RK tetap maju di Pilgub Jawa Barat

Golkar Rekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar Maju Pilgub DKIKetua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily membicarakan soal Ridwan Kamil maju Pilgub DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Ace yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat itu mengaku tetap menginginkan supaya Ridwan Kamil tetap maju sebagai Cagub Jawa Barat.

Menurut dia, Golkar ingin mengambil momentum yang baik sebab pada Pemilu 2024, partai berlambang pohon beringin itu mendulang suara yang cukup besar dari wilayah ini.

Keunggulan suara Golkar di Jawa Barat ini menurut dia harus disempurnakan dengan majunya Ridwan Kamil pada Pilkada Jawa Barat 2024.

"Ini harus disempurnakan kemenangan partai Golkar ini dengan pemilihan kepala daerah di Jabar, di mana Kang Emil kita harapkan bersedia kembali untuk menjadi calon kepala daerah di Provinsi Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: Baliho Ridwan Kamil ke Jakarta Viral, Emil: Mohon Ditunggu 29 Februari

3. Ridwan Kamil bakal kasih jawaban pada 29 Februari 2024

Golkar Rekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar Maju Pilgub DKIKurator Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Ridwan Kamil. (Youtube Media Center Indonesia Maju)

Sebelumnya, ramai spanduk Ridwan Kamil dengan narasai OTW Jakarta di jejaring media sosial. Dalam video tersebut, Ridwan Kamil memberikan narasi untuk melawan Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni yang menyebut dirinya lawan yang mudah jika maju Pilgub DKI Jakarta.

Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan oleh semua pihak terkait hal tersebut.

Kendati, ia meminta publik bersabar terkait keputusan apakah akan maju ke Pilkada DKI Jakarta. Sebab ia masih mempertimbangkan banyak aspek sebelum menentukan langkah politiknya ke depan. 

Pada waktunya nanti, Ridwan Kamil berjanji akan memberikan keterangan resmi terkait keputusan yang akan dipilihnya.

"Terima kasih atas dukungan dan antusiasme masyarakat. Namun saya harap masyarakat bersabar. Mohon tunggu di 29 Februari 2024," ujarnya.

Baca Juga: Spanduk Ridwan Kamil OTW Jakarta, Golkar Jabar Irit Komentar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya