Relawan Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kinerja Para Menteri 

Menteri sebaiknya fokus pekerjaan bukan kampanye

Jakarta, IDN Times - Relawan "Trisakti For Jokowi" meminta Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengevaluasi kinerja jajarannya di Kabinet Indonesia Maju.

"Perlu evaluasi menteri yang membawahi perdagangan serta tata niaga," kata Ketua Trisakti For Jokowi, Ancho Hatta, dalam keterangan yang dilansir ANTARA, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: 4 Menteri Sudah Izin Jokowi Maju di Pemilu 2024, Siapa Saja?

1. Evaluasi kinerja kementerian agar tata niaga berjalan baik

Relawan Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kinerja Para Menteri setkab.go.id

Ancho Hatta mengharapkan ada evaluasi kinerja kementerian agar tata niaga yang saat ini berjalan, bisa menghasilkan kestabilan harga kebutuhan pokok di tengah masyarakat.

"Saat ini kami mengharapkan Pak Presiden menegakkan tata niaga sudah berjalan, termasuk mengganti pejabat yang berwenang jika perlu," ucapnya.

2. Evaluasi kinerja para menteri yang kerjanya kurang maksimal

Relawan Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kinerja Para Menteri (Pelantikan wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju) ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Iman juga mengatakan, Presiden Joko Widodo perlu melakukan evaluasi kinerja para menteri yang kerjanya kurang maksimal.

"Presiden Jokowi perlu melakukan evaluasi terhadap menteri yang kinerja-nya kurang maksimal," kata dia.

3. Evaluasi agar pemerintahan bisa tetap berjalan maksimal hingga akhir

Relawan Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kinerja Para Menteri Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Dia menyarankan hal tersebut agar pemerintahan bisa tetap berjalan maksimal hingga akhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Presiden Jokowi seyogyanya melakukan evaluasi. Sehingga pos kementerian dapat maksimal, terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak," ujar dia.

4. Wapres minta para menteri fokus pada pekerjaan bukan kampanye

Relawan Minta Presiden Jokowi Evaluasi Kinerja Para Menteri Wapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta para menteri tetap fokus pada pekerjaan, bukan berkampanye.

"Belum (kampanye), yang penting seperti Presiden bilang, fokus pekerjaan, tetap fokus," kata Wapres Ma'ruf seusai menghadiri Rapat Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Presiden Joko Widodo dalam pengantar Sidang Kabinet Paripurna pada 9 Mei 2022 juga mengatakan, para menteri dan kepala lembaga betul-betul fokus bekerja pada tugasnya masing-masing agar agenda-agenda prioritas dan strategis negara dilakukan dengan baik.

"Jangan tinggalkan pekerjaan," tegas Wapres.

Baca Juga: Lima Menteri Ini Jadi Sasaran Kemarahan Jokowi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya