Sah! Joko Agus Setyono Jadi Sekda DKI Jakarta 

DKI Jakarta butuh pejabat yang memahami APBD

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melantik Joko Agus Setyono sebagai Sekretaris Daerah DKI Jakarta di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, pada Rabu (15/2/2023).

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas taufik dan hidayah-Nya, maka hari ini Rabu, 15 Februari 2023, saya Penjabat Gubernur DKI Jakarta dengan ini secara resmi melantik Saudara. Saya percaya, Saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ucap Heru saya melantik Joko.

1. Joko terpilih setelah meraih hasil tertinggi dari tahap seleksi

Sah! Joko Agus Setyono Jadi Sekda DKI Jakarta Pelantikan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Joko Agus Setyono (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru menegaskannya Joko terpilih setelah meraih hasil tertinggi dari tahap seleksi yang diikuti. 

Proses pengisian jabatan Sekretaris Daerah dilaksanakan melalui mekanisme Seleksi Terbuka berdasarkan ketentuan peraturan perundangan-undangan, yakni mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Penetapan Joko Agus Setyono sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta juga didasari Keputusan Presiden RI No. 13/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

 

Baca Juga: Heru Budi Kumpul Bareng Ketua RW se-Jaksel, Sebut 2023 Tahun Khusus

2. DKI Jakarta butuh pejabat yang memahami pengelolaan APBD

Sah! Joko Agus Setyono Jadi Sekda DKI Jakarta Pelantikan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Joko Agus Setyono (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru berharap Joko dapat mengemban amanat dengan baik, serta meneruskan dan memastikan koordinasi lintas lembaga di DKI Jakarta dapat berjalan lancar. 

Menurut Heru dengan perpindahan Ibu Kota Negara, maka kota Jakarta akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis, sehingga diperlukan pejabat Sekretaris Daerah yang mampu dan memahami terkait pengelolaan ekonomi/keuangan, khususnya pada proses pengelolaan APBD Provinsi DKI Jakarta.

"Selamat kepada Pak Joko yang telah dilantik menjadi Sekda. Tentunya, ke depan banyak yang harus diselesaikan dan dikondisikan agar segala permasalahan yang harus ditangani bisa dijalankan," ujarnya.

"Harapannya, peran Sekda DKI Jakarta ke depannya bisa memaksimalkan fungsi OPD dalam memahami pengelolaan sumber daya, seperti aset serta keuangan, khususnya pada penyerapan APBD DKI Jakarta, sehingga efisien dalam penggunaannya," imbuh Heru.

3. Joko Agus Setyono sebelumnya bertugas sebagai Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali

Sah! Joko Agus Setyono Jadi Sekda DKI Jakarta Karangan bunga untuk Sekda terpilih menghiasi Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (15/2/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara itu, Sekda DKI Jakarta yang baru dilantik, Joko menyampaikan akan langsung menyukseskan program yang telah dirancang oleh Pj. Gubernur Heru. Ia menilai, percepatan pembangunan harus langsung ditangani serta mencapai target.

"Saya berterima kasih telah dipercaya menjadi Sekda. Tugas saya adalah membantu Pj. Gubernur dalam rangka mencapai program pemerintahan dan berbagai hal di Jakarta, agar Jakarta menjadi lebih baik. Sukses Jakarta untuk Indonesia," ujar Joko.

Sebelumnya, Joko Agus Setyono bertugas sebagai Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Joko diharapkan juga dapat melanjutkan program pembangunan di Jakarta untuk mendukung kondisi ekonomi-sosial warga yang sempat melemah akibat pandemik COVID-19.  

 

Baca Juga: Joko Agus Setyono Dikabarkan Terpilih Jadi Sekda DKI Jakarta 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya