Setia NKRI, Suku di Papua Barat Serahkan Bendera Bintang Kejora ke TNI

Menurut warga Bendera Bintang Kejora warisan orang tua

Jakarta, IDN Times - Perwakilan warga dari Suku Sougb di Kampung Wesiri, Bintuni, Papua Barat, Papua, menyerahkan bendera Bintang Kejora sebagai bukti kesetiaan kepada NKRI ke Komandan Resor Militer (Danrem) 182 Jazirah Onim (JO) Kolonel Inf Yuda Medi Dharma.

Bendera itu diserahkan perwakilan warga usai kegiatan Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, di Kantor Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Selasa (15/6/2021).

“Kami menerima langsung penyerahan Bendera Bintang Kejora dari seorang warga di Teluk Bintuni, saudara Yunias Menti. Dia secara sukarela datang ke kantor bupati dan menyerahkan bendera Bintang Kejora miliknya, karena dia merasa hidup di Indonesia,” kata Kolonel Inf Yuda sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Penerangan Kodam XVIII/Kasuari dilansir ANTARA, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Dor! Satgas Nemangkawi Kembali Tembak 3 KKB di Puncak Papua

1. Bendera resmi di NKRI hanya Bendera Merah Putih

Setia NKRI, Suku di Papua Barat Serahkan Bendera Bintang Kejora ke TNIPemasangan bendera merah putih di rumah-rumah warga dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 75 (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Korem 182/JO mengapresiasi sikap yang ditunjukkan perwakilan Suku Sougb itu. Sebab, bendera resmi di NKRI hanya satu, yaitu Bendera Merah Putih.

“Semoga tindakannya itu dapat menginspirasi dan membangkitkan rasa nasionalisme warga Teluk Bintuni lainnya dan warga Papua Barat secara luas,” kata Yuda.

2. Bendera Bintang Kejora merupakan peninggalan dari orang tua

Setia NKRI, Suku di Papua Barat Serahkan Bendera Bintang Kejora ke TNI(Ilustrasi bintang kejora) IDN Times/Galih Persiana

Sementara, dalam keterangan yang sama, Yunias Meti mengatakan bendera Bintang Kejora itu merupakan peninggalan dari orang tuanya.

“Bendera itu dulu punya bapak saya, terus bapak kasih ke saya, karena saya anak yang paling tua. Saat ini, saya hidup di tanah NKRI. Untuk itu, saya memilih hidup damai di Teluk Bintuni,” ungkap Yunias.

3. Bendera Bintang Kejora dianggap sebagai lambang separatis

Setia NKRI, Suku di Papua Barat Serahkan Bendera Bintang Kejora ke TNIANTARAFOTO/Husyen Abdillah

Dalam kegiatan itu, Yunias turut menerima bendera Merah Putih dari pemerintah dan TNI, yang diserahkan langsung oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw.

Bendera Bintang Kejora bagi sebagian pihak dianggap sebagai lambang separatis, yang sering dikaitkan dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Namun, bendera dan lambang bintang kejora atau bintang pagi itu, menurut kelompok lainnya, merupakan simbol budaya yang berkembang di Papua dan Papua Barat.

Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur merupakan salah satu tokoh yang menilai bendera itu merupakan simbol budaya masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Tangkap Penjual Senpi dan Amunisi ke KKB Puncak Jaya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya