5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu Kenang

BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto

Jakarta, IDN Times - Mantan Presiden BJ Habibie mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

Kepergiannya meninggalkan luka mendalam tak hanya bagi keluar, tapi juga bagi bangsa Indonesia. Sebab, sumbangsih beliau untuk negeri ini sangat besar. Selain pernah memimpin negeri ini, BJ Habibie juga seorang pelopor teknologi.

"Beliau adalah bapak teknologi Indonesia," kata Presiden Joko Widodo saat menyampaikan ucapan duka cita.

Berikut lima fakta menarik seputar almarhum BJ Habibie.

1. Hanya tidur empat jam sehari

5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu KenangPerpusnas.go.id

BJ Habibie sangat doyan membaca. Ia, misalnya, lebih sering menghabiskan waktunya bersama buku ketimbang tidur. Bahkan beliau hanya perlu tidur 4 jam sehari.

Hal ini diungkapkan Habibie di acara Catatan Najwa beberapa waktu lalu. “Saya hanya butuh waktu 4 jam sehari untuk tidur,” katanya menjawab pertanyaan dari pemirsa.

Tak mengherankan jika BJ Habibie meraih gelar doktor pada usia 28 tahun.

 

Baca Juga: 5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu Kenang

2. Tidak percaya aliens

5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu KenangPerpusnas.go.id

Kisah keberadaan aliens banyak diceritakan orang, mulai dari film maupun berita surat kabar. Namun bagi BJ Habibie, keberadaan aliens diragukan. Sebab belum ada bukti sahih keberadaannya.

“Sampai sekarang tidak ada bukti dari studi ilmu pengetahuan bahwa di planet-planet termasuk yang di sekitar kita itu ada kehidupan, kondisi tidak memungkinkan, yang paling adalah hanya di bumi,” kata Habibie.

3. Selalu bersemangat membahas pesawat

5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu KenangPerpusnas.go.id

BJ Habibie tak bisa dilepaskan dari pesawat. Maklum, dia satu dari sedikit orang Indonesia yang memahami betul seluk beluk teknologi pesawat terbang.

Pada 1955–1965, BJ Habibie mengambil spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat.

Dari situ beliau kemudian menerima gelar diplom-ingenieur dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

Catatan ciamik tersebut membuat BJ Habibie direkrut oleh Messerschmitt-Bölkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan di Hamburg, Jerman. Di perusahaan ini, BJ Habibie pernah menjadi wakil presiden bidang teknologi.

Moncer di luar negeri, BJ Habibie kemudian diminta pulang ke tanah air oleh Presiden Soeharto. Di tanah air, Habibie diminta mengisi pos Menteri Negara Riset dan Teknologi pada 1978 sampai Maret 1998.

4. BJ Habibie pernah merasa gagal

5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu KenangPerpusnas.go.id

Meski sukses di bidang penerbangan dan mendapatkan berbagai penghargaan, namun ada satu kegagalan yang sempat dirasakan BJ Habibie, yakni gagal menjaga istrinya Hasri Ainun Besari.

“Saya merasa gagal menjaga dia (Ainun), itu yang kadang saya rasakan sampai sekarang,” kata Habibie masih di acara Mata Mata Najwa.

5. Tidak terlalu tertarik politik

5 Hal Tentang BJ Habibie yang Layak Kamu KenangBerbagai Sumber

Habibie pernah menjadi orang nomor satu di negeri ini. Namun siapa sangka jika dirinya ternyata tidak terlalu suka pada dunia politik?

Hal ini diungkapkan Habibie di acara Catatan Najwa. Dalam acara tersebut, Habibie mengatakan jika dirinya tidak lagi mengikuti isu politik setelah tidak lagi menjadi presiden.

“Saya kurang tertarik,” kata Habibie memberi penjelasan mengapa ia tidak mengikuti isu politik. Habibie mengatakan dirinya justru lebih tertarik mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.

Selamat jalan, Pak Habibie..

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Baca Juga: [BREAKING] BJ Habibie Meninggal Akibat Gagal Jantung

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya