Comscore Tracker

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari

Berdoa harus tetap diiringi dengan usaha, ya!

Jakarta, IDN Times – Umat muslim di seluruh penjuru dunia dianjurkan untuk selalu mengingat Allah dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di dalamnya ialah berdoa kepada Allah SWT.

Melalui doa, kita dapat berkomunikasi dengan Allah SWT untuk mengucap syukur, meminta ampunan, memohon rahmat dan masih banyak lagi.

Di antara banyaknya redaksi doa untuk diamalkan, salah satu amalan yang perlu kamu pelajari adalah doa Nabi Sulaiman. Sebagaimana diketahui, Nabi Sulaiman a.s. merupakan keturunan Nabi Daud a.s. serta mempunyai mukjizat bisa berbicara dengan hewan.

Doa serta kisah Nabi Sulaiman a.s. yang tertulis dalam Al-Qur’an diharapkan mampu menjadi referensi bagi umat Islam untuk berdoa dan meneladani kebijaksanaannya.

Berikut ini beberapa bacaan doa Nabi Sulaiman yang dapat kamu baca amalkan, sebagaimana dikutip dari hasana.id, antara lain:

1. Doa Nabi Sulaiman untuk bersyukur kepada Allah SWT

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hariANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Salah satu hal yang wajib kita lakukan selama hidup di dunia adalah bersyukur atas nikmat dari Allah SWT. Dengan terus berdoa dan bersyukur kepada Allah, kita juga bisa memohon untuk diberikan rahmat dan hidayah serta dimasukkan dalam golongan hamba-hamba-Nya yang saleh.

Untuk berdoa dan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, dapat dilakukan dengan membaca doa Nabi Sulaiman berikut:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka allatii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shaalihan tardaahu wa-adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadika alshshaalihiina.

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml: 19)

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulan

2. Doa Nabi Sulaiman untuk memohon kelancaran rezeki dan kekayaan di dunia

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hariANTARA FOTO/Ampelsa

Manusia yang menjalani kehidupan di dunia seringkali merasa kesulitan rezeki meski sudah bekerja dan berusaha dengan sebaik-baiknya.

Bila demikian, maka dianjurkan untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa serta memperbanyak doa kepada Allah SWT terutama berdoa untuk memohon kelancaran rezeki. Adapun doa Nabi Sulaiman yang dapat dibaca untuk meminta berkah dan karunia Allah SWT adalah sebagai berikut:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Qaala rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka anta alwahhaabu.

Artinya: “Ya Rabku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Sad: 35)

Doa tersebut dapat dibaca setiap selesai salat wajib dan akan lebih baik bila dibaca usai salat Dhuha.

3. Doa Nabi Sulaiman untuk menjinakkan hewan

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hariUlar kobra yang masuk rumah warga (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Nabi Sulaiman adalah nabi yang terkenal akan mukjizatnya yakni memiliki kemampuan berbicara dengan hewan. Dengan mukjizatnya tersebut, Nabi Sulaiman mengajarkan doa menjinakkan hewan dan melindungi diri dari bahaya yakni sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang orang yang berserah diri.”

4. Doa Nabi Sulaiman untuk mengusir jin

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hariKota Bogor gelar doa bersama untuk keselamatan warga Palestina. (Dok Humas Pemkot Bogor)

Selain berbicara dengan binatang, mukjizat lain Nabi Sulaiman ialah kemampuan berkomunikasi dengan jin.

Ada satu doa Nabi Sulaiman yang dapat dibaca untuk menyembuhkan seseorang yang kerasukan jin yakni sebagai berikut:

اللهم أدخلنا فى سـور سـليمان وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب بذاته وصفاته وأفعاله وقوته وسـلام يارب جبريل وميكائيل وإسـرافيل وعزرائيل وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب جنا وإنسـانا وريحا وغماما تسـليما كثيرا وسـبحانه وتعالى جل جلاله وكماله عليما

يا إبليس يا إبليس يا إبليس والشـياطين سـاكنا فى الظلماتربنا تقبل منا دعاء سـليمان وصلى الله على سـليمان وعلى سـائر الأنبياء برحمتك يا أرحم الراحمين

Allohumma adkhilna fi suri sulaimana wa mulki sulaimana minal masyriqi ilal maghrib bi dzatihi wa shifatihi wa af’alihi wa quwwwatihi.

Ya robba jibrila wa mikaila wa isrofila wa ‘azroila. Wa mulku sulaimana minal masyriqi ilal maghribi,jinnan wa insan wa rihan wa ghomaman,tasliman katsiron . Wasubhanahu wa ta’ala jalla jalaluhu wa kamaluhu ‘aliman.

Ya iblisu… (3x) wasy syayathinu sakinan fizhulumati.

Robbana taqobbal minna du’a`a sulaimana, wa shollallohu ‘ala sulaimana wa ‘ala sa_iril anbiyai birohmatika ya arhamar rohimin.

Artinya: “Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya,. Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibrail, Mikail, Israfil, dan Izrail. Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, berserta keselamatan yang banyak. Maha suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu, wahai iblis, wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan. Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.”

Doa tersebut dibacakan di telinga kanan orang yang kerasukan sambil menekan kedua jempol kakinya. Dengan izin Allah SWT, jin akan keluar tanpa menyakitinya.

5. Panduan mengamalkan doa Nabi Sulaiman agar cepat terkabul

Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hariPeserta sedang khusyuk ketika bergulir doa bersama lintas iman, Rabu (2/12/20) malam | IDN Times/M. Faiz Syafar

Untuk mengamalkan doa-doa Nabi Sulaiman, kamu bisa mengamalkannya setiap selesai melaksakan salat wajib. Dianjurkan untuk membaca doa-doa tersebut sebanyak 21 kali.

Kemudian, dianjurkan juga untuk menunaikan salat hajat dan salat tahajud di malam hari kemudian membaca doa-doa tersebut sebanyak 100 kali.

Selain itu, salah satu kunci agar doa kita segera dikabulkan adalah dengan mengamalkannya secara istiqamah, ikhlas, khusyuk serta penuh keyakinan bahwa Allah SWT senantiasa merahmati.

Baca Juga: Ziarah Kubur, Doa-Doa yang Diajarkan Rasulullah Saat Mengunjungi Makam

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya