Petugas Lipat Surat Suara Pemilu di Bekasi Pingsan Saat Bekerja

Petugas yang pingsan digantikan oleh saudaranya

Bekasi, IDN Times - Petugas sortir-lipat berinisial MR pingsan saat sedang bekerja di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bekasi, Kompleks Pergudangan DC A, Jalan Raya Sinyar, Kecamatan Cikarang Timur pada Sabtu (13/1/2024). 

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Ridho menceritakan MR pingsan sekitar pukul 14.00 WIB. Satu hari sebelum pingsan, kata Ali, MR sudah merasakan kurang sehat. 

"Yang bersangkutan sekitar pukul 14.00 WIB tiba-tiba pingsan, sejak sehari sebelumnya sudah mulai terasa sakit," katanya saat dikonfirmasi, Senin (15/1/2024). 

1. MR memaksakan bekerja

Petugas Lipat Surat Suara Pemilu di Bekasi Pingsan Saat BekerjaIlustrasi logistik Pemilu. (IDN Times/Imam Faishal)

Dari keterangan keluarga, lanjut Ali, MR sudah diminta untuk tidak bekerja dahulu. Namun, MR tetap ingin berangkat bekerja mensortir dan melipat surat suara

Setelah tiba di gudang logistik, MR juga sempat diminta untuk beristirahat di salah satu ruangan. Namun, MR tetap melanjutkan pekerjaannya. 

"Sudah disuruh jangan kerja tetap memaksakan. Kemudian di lokasi sortir lipat suara beliau disarankan agar istirahat saja di ruang istirahat namun memaksakandiri untuk tetap bekerja," jelasnya. 

Ketiak MR pingsan, petugas PMI yang berjaga di gudang logistik langsung menangani korban dan merujuknya ke RS Medirosa Cikarang Selatan. 

Baca Juga: Warga Depok Antusiasme Lipat Surat Suara, Dibayar Rp500 Perlembar

2. Korban diberhentikan

Petugas Lipat Surat Suara Pemilu di Bekasi Pingsan Saat BekerjaProses pelipatan surat suara. (IDN Times/Imam Faishal)

Ali menjelaskan, pihaknya telah menawarkan untuk menanggung semua biaya perawatan korban. Namun, pihak keluarga memilih untuk menggunakan BPJS Kesehatan. 

Saat ini, MR sudah diberhentikan menjadi petugas sortir-lipat di KPU Kabupaten Bekasi. Tugas itu pun saat ini sudah digantikan dengan saudaranya. 

"Yang bersangkutan diberhentikan sebagi petugas sorlip dan akan digantikan oleh salah satu anggota keluarganya," katanya.

Baca Juga: Baru 2 Hari Kerja, KPU Bekasi Temukan 471 Surat Suara Pemilu Rusak

3. Sudah 2 orang pingsan

Petugas Lipat Surat Suara Pemilu di Bekasi Pingsan Saat BekerjaProses sortir dan pelipatan surat suara di KPU Kota Bima (Dok/KPU Kota Bima)

Dia menambahkan, sudah ada dua orang petugas yang pingsan sejak dimulainya pengerjaan sortir-lipat surat suara di Kabupaten Bekasi. 

"Hari pertama satu orang, hari ke dua berjumlah satu orang. Jadi total 2 orang," ungkapnya. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya