Polri: Keluarga Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Tolak Autopsi

Polri imbau warga Yahukimo, Papua tidak terprovokasi

Jakarta, IDN Times - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan, pihak keluarga telah menerima kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Busup. Oleh karena itu, keluarga tidak berkenan untuk melakukan autopsi.

“Kami berhasil berkoordinasi dengan adik korban atas nama Sinod Busup. Dari keterangan saudara Sinod, menjelaskan kepada aparat kepolisian bahwa tidak perlu dilakukan autopsi kepada korban," ucap Rusdi di Mabes Polri, Senin (4/9/2021).

Baca Juga: Kronologi Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Wafat di Hotel Jakarta

1. Polri imbau masyarakat Yahukimo tidak terprovokasi

Polri: Keluarga Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Tolak AutopsiKaro Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Atas pernyataan keluarga, Rusdi mengimbau kepada masyarakat Yahukimo, Papua untuk tidak terpancing dengan provokasi ataupun hoaks yang beredar dari penyebab kematian Abock Busup. 

"Masyarakat Yahukimo tidak terprovokasi dengan isu tak benar. Polda Papua sedang tangani dan terus koordinasi dengan Polda Metro Jaya," kata Rusdi.

2. Polisi tidak menemukan benda dan obat-obatan di kamar Abock

Polri: Keluarga Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Tolak AutopsiIlustrasi Hotel (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Abock Busup ditemukan tewas di sebuah hotel di Jakarta pada Minggu (2/10/2021) pukul 08.00 WIB. Berdasarkan hasil penyidikan, tidak didapatkan tanda-tanda kekerasan. 

"Dari keterangan para saksi ini, tidak ditemukan kekerasan pada tubuh korban. Tidak ditemukan benda-benda lain, tidak ditemukan obat-obat pada sekitar jenazah," ujar Rusdi.

Rusdi menjelaskan, sebelum ditemukan tak bernyawa, petugas hotel sempat mengetuk pintu kamar 1707 yang merupakan tempat Abock Busup. Saat mengetuk pintu, petugas itu tak mendapatkan jawaban. 

"Sehingga yang bersangkutan mengontak temannya saudara Ridwan yang melaporkan bahwa tidak ada respons dari kamar 1707," kata Rusdi.

3. Abock ditemukan sudah tidak bernyawa dan langsung dilarikan ke RS Melia

Polri: Keluarga Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup Tolak AutopsiAbock Busup (Facebook.com/DPWPANPAPUA)

Setelah itu, petugas hotel tadi memberi kabar pada rekan korban yang berada di kamar nomor 1725. Alhasil, kamar itu dibuka dengan cara manual. Ketika masuk ke dalam, ditemukan Abock Busup telah meninggal dunia.

Jasad korban pun langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Melia, Cibubur, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, Polisi baru menerima informasi tewasnya Abock pada pukul 15.00 WIB. 

Berdasarkan keterangan dokter yang menangani atau menerima jenazah di RS Melia, diketahui bahwa korban sudah meninggal dunia saat tiba di rumah sakit.

Baca Juga: Profil Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup yang Wafat Hari Ini

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya