Ancam Tembak Anies, Pria Ini Ditangkap di Jember

“Dia sudah mengakui.”

Jakarta, IDN Times - Polri menindaklanjuti informasi yang beredar terkait ancaman penembakan terhadap calon presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan. Pelaku diamankan atas kerja sama dari jajaran siber Polda Jawa Timur 

Anies diancam akan ditembak saat live di TikTok dan itu berlangsung saat dia berkampanye di Samarinda pada Kamis 11 Januari 2024. Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, pelaku ditangkap di Jember, Jawa Timur.

“Alhamdulillah kita berhasil dan saat ini pelakunya sudah ditangkap dengan inisial AWK umur 23 tahun di daerah Pasuruan Jawa Timur tepatnya TKP nya di Jember,” kata dia dalam konferensi pers Sabtu (13/1/2024).

1. AWK akui itu akunnya dan dia yang menulis ancaman

Ancam Tembak Anies, Pria Ini Ditangkap di JemberCalon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan ketika berada di Jombang, Jawa Timur. (Dokumentasi tim media AMIN)

Polisi masih melakukan pendalaman informasi soal kasus dugaan pengancaman Anies ini, namun Sandi mengatakan AWK mengakui bahwa dia yang membuat tulisan pengancaman pada Anies Baswedan.

“Karena ini masih dalam perjalanan saya minta untuk tim interogasi awal hanya jawabannya bahwa dia sudah mengakui untuk itu, pengakuannya sudah ada bahwa dia benar dia yang menciutkan dia yang punya akun tersebut,” kata Sandi.

Baca Juga: PDIP Temui Keluarga Korban Relawan Ganjar Dianiaya di Sleman

2. Tidak terafiliasi dengan salah satu pasangan capres dan cawapres

Ancam Tembak Anies, Pria Ini Ditangkap di JemberKadiv Humas Polri, Irjen (Pol) Sandi Nugroho (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sandi juga mengungkapkan, sejauh ini diketahui AWK tidak terafiliasi dengan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya. 

Dia berharap agar kasus ini bisa segera disampaikan oleh Polda Jawa Timur.

3. AWK adalah pemilik akun @Calonistri61600

Ancam Tembak Anies, Pria Ini Ditangkap di JemberAnies Baswedan Kampanye di Live TikTok: Utamakan Dialog, Bukan Baliho (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Pelaku yang ditangkap adalah seorang pria dengan akun @calonistri71600. Dia mengakui melontarkan ancaman penembakan kepada Anies lewat kolom komentar di TikTok. 

“Untuk yang dilakukan oleh AWK dalam hal ini dari menggunakan akun TikTok @calonistri71600. Ini yang telah menyampaikan cuitan masalah isu yang berkembang di media sosial,” kata Sandi.

Baca Juga: Momen Prabowo Subianto Lepas Baju di Atas Panggung Relawan Batam

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya