Comscore Tracker

[Cek Fakta] Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Masuk Lima Besar Dunia? 

"432 juta dosis vaksin telah disuntikkan."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2022 mengklaim Indonesia berhasil menangani pandemik COVID-19. Salah satu keberhasilan yang disebut Jokowi adalah capaian vaksinasi COVID-19.

"Indonesia termasuk yang berhasil mengendalikan pandemik COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," ujar Jokowi, Selasa (16/8/2022).

Faktanya, dalam “Our World in Data” per 13 Agustus 2022, Indonesia berada pada urutan ke-7 negara dengan kategori pangsa harian dari populasi yang menerima COVID-19 dosis vaksin.

Tujuh negara dengan kategori tersebut adalah Kuba, Jepang, India, Cili, Banglades, Pakistan, Indonesia. Data ini adalah yang direkapitulasi rata-rata bergulir 7 hari. Semua dosis, termasuk booster, dihitung satu per satu.

Namun jika diurutkan dari akumulasi waktu sembilan bulan lalu, Indonesia memang masuk lima besar negara dengan vaksinasi COVID-19 tertinggi. Urutannya adalah Banglades, Kuba, Cili, Jepang dan Indonesia.

Nilai yang ditampilkan untuk setiap tanggal adalah jumlah total vaksin dosis yang diberikan dalam 9 bulan sebelum tanggal 13 Agustus 2022. Semua dosis, termasuk booster, dihitung satu per satu.

Baca Juga: Jokowi: Produsen Mobil Listrik Dunia Siap Berinvestasi di Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya