Lima Lembaga HAM Siap Awasi Pemilu 2024 dan Kinerja Presiden Terpilih

Bakal pantau kinerja siapa pun pemimpin terpilih

Jakarta, IDN Times - Lembaga Nasional HAM RI yang terdiri dari Komnas HAM RI, Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Komisi Nasional Disabilitas (KND), serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyampaikan catatan dan tanggapan terkait agenda Pemilu 2024.

Lima lembaga nasional HAM ini menelisik agenda kampanye Pemilu 2024, serta debat capres dan cawapres yang sudah berlangsung lima kali. Hal ini disampaikan saat Konferensi Pers bersama LNHAM di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: KPAI Temukan Pelanggaran Hak Anak Selama Pemilu 2024

1. Lima lembaga HAM ini berkomitmen awasi penyelenggaraan Pemilu 2024

Lima Lembaga HAM Siap Awasi Pemilu 2024 dan Kinerja Presiden TerpilihLogistik pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Anggota Komnas HAM, Anis Hidayah, mengatakan lima lembaga ini akan memantau jalannya penyelenggaraan Pemilu 2024 sesuai kewenangan masing-masing.

“Kami akan terus melakukan pemantauan, baik sendiri-sendiri atau bersama-sama atas penyelenggaraan Pemilu 2024, sesuai dengan kewenangan lembaga masing-masing,” kata dia di kantor Komnas HAM.

2. Upaya memperkuat lembaga HAM

Lima Lembaga HAM Siap Awasi Pemilu 2024 dan Kinerja Presiden TerpilihKonferensi pers: Pernyataan Sikap Bersama LNHAM Mendorong Pemilu Jurdil dan Ramah HAM di Kantor Komnas HAM, Selasa (6/2/2024). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Lima lembaga ini juga mendorong pemerintahan hasil Pemilu 2024, agar memperkuat Lembaga Nasional Hak Asasi Manusia (LNHAM), dan sebaliknya, tidak melakukan pelemahan, baik dalam hal kewenangan, anggaran, maupun SDM.

Baca Juga: Busyro Muqoddas Minta Jokowi Perintahkan Gibran Mundur dari Pemilu

3. Bakal pantau kinerja siapa pun pemimpin terpilih

Lima Lembaga HAM Siap Awasi Pemilu 2024 dan Kinerja Presiden TerpilihGibran pandang lekat Ganjar. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Anis juga mengatakan, lima lembaga ini akan berkomitmen memantau siapa pun pasangan presiden dan wakil presiden terpilih pada 2024.

“Kami juga berkomitmen untuk melakukan pemantauan atas kinerja pemerintah terpilih, terutama dalam menghormati, melindungi, dan memenuhi HAM, terutama hak hak kelompok rentan," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/8YJfqpSVv1o

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya