Hari Guru Nasional, Mendikbud Apresiasi Pengorbanan Guru saat Pandemik

Selamat Hari Guru Nasional, bapak ibu guru

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada guru dan tenaga kependidikan di Indonesia dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional 2020.

"Terima kasih saya yang tak terhingga bagi bapak dan ibu guru yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid-murid tercinta," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam pidato Hari Guru Nasional 2020 yang disiarkan di TVRI, hari ini, Rabu (25/11/2020).

"Sekali lagi terima kasih telah menjadi pelukis masa depan dan peradaban Indonesia," sambung dia.

1. Mendikbud apresiasi langkah aktif guru di tengah pandemik

Hari Guru Nasional, Mendikbud Apresiasi Pengorbanan Guru saat PandemikMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Mendikbud mengapresiasi langkah aktif guru-guru Indonesia untuk bersama mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemik COVID-10.

"Saya berharap seluruh insan pendidikan menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi," ujar Mendikbud.

Selain itu, Nadiem juga mengajak semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk.

"Pandemi telah memberikan kita momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang sistem pendidikan untuk melakukan lompatan dalam menghasilkan SDM-SDM unggul untuk Indonesia Maju," lanjut Mendikbud.

Baca Juga: Fakta-fakta Hari Guru Nasional yang Kamu Perlu Tahu

2. Rasa haru Nadiem dengar cerita dari guru-guru

Hari Guru Nasional, Mendikbud Apresiasi Pengorbanan Guru saat PandemikSuasana pembelajaran pada Masa Transisi COVID-19 di Kelurahan Jatirahayu Rabu (5/7/2020) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Nadiem mengaku terharu melihat dan mendengar cerita dan pengorbanan hebat serta dedikasi dari para guru dan tenaga kependidikan yang terus bergerak mencari solusi agar pendidikan di masa pandemik tak terhenti.

Berbagai upaya dilakukan guru-guru di tengah wabah. Mulai dari melakukan pembelajaran daring, membuat anak-anak menjadi kelompok kecil dan didatangi secara bergiliran, masuk ke sekolah dengan menggunakan jadwal bergilir dengan protokol yang sangat ketat, mendatangi rumah siswa dan berdiskusi dengan orang tua siswa untuk membantu proses belajar dan mengajar di rumah, hingga mencari sinyal di seberang sungai.

"Semua ini menjadi bukti bahwa kita semua adalah pewaris para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan," ujar Nadiem.

"Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi dan berkolaborasi," sambung dia.

3. Komitmen Kemendikbud untuk guru honorer di 2021

Hari Guru Nasional, Mendikbud Apresiasi Pengorbanan Guru saat PandemikIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Nadiem mengatakan, bagi Kemendikbud guru adalah profesi yang mulia dan terhormat. Kemendikbud juga berupaya untuk menempatkan guru pada posisi itu.

"Pada tahun 2021, kami berkomitmen memperjuangkan guru guru honorer melalui seleksi yang demokratis bagi guru guru non PNS menjadi guru ASN P3K dengan kuota cukup besar sesuai kebutuhan masing-masing daerah," kata Nadiem.

"Kami memohon doa bapak dan ibu guru semua agar langkah kami memperjuangkan hak para pendidik dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutup Mendikbud.

Baca Juga: Kisah Masa Sekolah Mendikbud, Ternyata Nadiem Pernah Bandel Juga

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya