Comscore Tracker

Sore-sore Berkah: Ngabuburit Bareng Pacar, Bolehkah?

Kalau belum halal ternyata lebih baik dihindari, lho

Jakarta, IDN Times – Ngabuburit jadi salah satu momen paling menyenangkan di bulan Ramadan. Namun ada pertanyaan yang sering muncul, apakah boleh ngabuburit bareng pacar? Ustaz Hanan Attaki akan membahas pertanyaan tersebut dalam episode Sore-Sore Berkah yang ditayangkan di kanal YouTube IDN Times, Senin (18/5).

Menurut Ustaz Hanan, ngabuburit itu sebetulnya mubah, artinya boleh-boleh saja. Apalagi kalau sambil memberikan makanan untuk berbuka. Beli jajanan saat ngabuburit untuk dibagikan bersama teman-teman ternyata malah bisa menjadikan ngabuburit kita bernilai ibadah, lho.

Kalau pergi ngabuburit bersama pacar, yang jadi masalah menurut Ustaz Hanan bukan ngabuburitnya tapi masalah pacarannya. “Di dalam Islam karena kita seorang muslim dan kita taat kepada Allah berusaha untuk beribadah kepada Allah, ada aturannya ternyata dalam Islam pacaran itu boleh banget kalau sudah halal,” kata Ustaz Hanan.

Lantas kalau belum halal bagaimana? “Ta'aruf, ada solusinya. Ta'aruf itu ada batasannya, ada rambu-rambunya,” kata Ustaz Hanan. “Jadi Islam gak melarang sesuatu tanpa solusi,” kata Ustaz Hanan lagi.

Ta’aruf pun harus ada yang mendampingi, lho. Bisa orangtua atau teman yang kita percaya atau saudara yang masuk dalam mahramnya. “Kalau misalnya berdua dengan pacar doang ini takutnya kita terjebak kepada perbuatan zina,” kata Ustaz Hanan.

Dia mengingatkan Allah SWT mengajarkan cara untuk terhindar dari fitnah syaitan.

“Fitnah itu artinya jebakan setan, Allah SWT mengatakan Wa lā taqrabuz-zinā
janganlah kalian mendekati zina,” kata Ustaz Hanan. “Jadi saya bukan lagi judge semua yang pacaran itu berzina, enggak,” kata dia lagi.

Kata nabi zina mata adalah memandang, zina lisan adalah ucapan dan zina pikiran adalah angan-angan. Jadi baiknya kita hindari supaya puasa kita berkah.

“Mudah-mudahan dengan kayak gitu, Ramadan kita menjadi Hudan lil Muttaqin atau ramadan orang yang menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa,” kata Ustaz Hanan.

Episode Sore-Sore Berkah hari ini (18/5) sekaligus menjadi episode terakhir program Sore-Sore Berkah by IDN Times di tahun 2020.

Mohon maaf atas segala kekurangan dalam setiap episode yang sudah ditayangkan. Semoga program ini dapat membawa berkah dan manfaat untuk semuanya.

Minal ‘Aidin wal-Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

https://www.youtube.com/embed/HgSLlBPAtyQ

Baca Juga: Sore-Sore Berkah: Cara Islam Menyikapi Perbedaan

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya