Kemnaker Tingkatkan Profesionalisme Pengantar Kerja dengan Cara Ini

Ikaperjasi didorong agar memperkuat peran dan fungsinya

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker, Suhartono, mengatakan bahwa Kemnaker mendorong Ikatan Pengantar Kerja Seluruh Indonesia (Ikaperjasi) agar memperkuat peran dan fungsinya dalam meningkatkan profesionalisme pengantar kerja. 

"Saya mempunyai harapan yang besar terhadap organisasi profesi Ikaperjasi untuk penguatan peran dan fungsinya terhadap peningkatan profesionalisme pengantar kerja dalam memberikan layanan antarkerja," ujar Dirjen Binapenta dan PKK, Suhartono, saat membuka Raker Ikaperjasi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/9/2021). 

1. Optimalkan potensi diri

Kemnaker Tingkatkan Profesionalisme Pengantar Kerja dengan Cara IniDirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono, saat membuka Raker Ikaperjasi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/9/2021). (Dok. Kemnaker)

Dirjen Suhartono menyatakan bahwa saat ini jumlah Pejabat Fungsional Pengantar Kerja di seluruh Indonesia sebanyak 668 orang. Dengan jumlah tersebut, pengantar kerja diharapkan mampu menjadi agent of change yang bisa memberi warna baru dalam budaya organisasi di mana pun berkarya. 

"Optimalkan potensi diri Anda agar dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan ketenagakerjaan," ucapnya. 

Baca Juga: Pemberlakuan Level PPKM Diturunkan, Kemnaker Masifkan Penyaluran BSU 

2. Ikaperjasi diharapkan dapat berperan ganda

Kemnaker Tingkatkan Profesionalisme Pengantar Kerja dengan Cara IniRaker Ikaperjasi Tahun 2021. (Dok. Twitter/@KemnakerRI)

Lebih lanjut Dirjen Suhartono mengatakan bahwa berdasarkan arahan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Ikaperjasi juga diharapkan dapat berperan ganda, yakni sebagai pembela anggotanya serta menjadi mitra Pemerintah untuk menyampaikan informasi bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja kepada stakeholders dan masyarakat pada umumnya. 

Sementara itu, Direktur Bina Pengantar Kerja Kemnaker, Indyah Winasih, mengatakan bahwa Raker Ikaperjasi diselenggarakan dalam rangka Pembinaan Organisasi Profesi Pengantar Kerja Tahun 2021. 

3. Diharapkan memberikan hasil diskusi yang lebih mendalam

Kemnaker Tingkatkan Profesionalisme Pengantar Kerja dengan Cara IniRaker Ikaperjasi Tahun 2021. (Dok. Twitter/@KemnakerRI)

Indyah juga mengatakan bahwa raker tersebut diharapkan dapat memberikan hasil diskusi yang lebih mendalam mengenai bentuk program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan disesuaikan dengan kebutuhan anggota Ikaperjasi, sehingga akan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi anggota nantinya.

Sebagai informasi, Raker Ikaperjasi Tahun 2021 ini dihadiri 50 orang peserta yang terdiri atas Pengurus Ikaperjasi dan Peninjau (Pejabat Fungsional Pengantar Kerja di lingkungan Kemnaker serta BP2MI). 

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni Kamis-Sabtu (16-18/9/2021), juga mematuhi protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. (WEB)

Untuk info lebih lanjut, bisa mengunjungi media sosial dari Kemnaker berikut ini:

Instagram: https://www.instagram.com/kemnaker  

Twitter: https://twitter.com/KemnakerRI 

Facebook: https://www.facebook.com/KemnakerRI 

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCXX-orbQDc0LVXhVB1I0K3g 

Tiktok: https://www.tiktok.com/@kemnaker

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya