Populi Center: Elektabilitas Prabowo-Ganjar Imbang di Pilpres 2024

Tingkat popularitas Prabowo lebih tinggi dari Ganjar 

Jakarta, IDN Times - Lembaga peneliti kebijakan dan opini publik, Populi Center merilis hasil survei elektabilitas sejumlah tokoh untuk maju dalam Pemilu 2024.

Survei ini digelar pada 21-29 Maret 2022 di 120 kelurahan di 34 provinsi di Indonesia. Survei melibatkan 1.200 responden menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,83 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan hasil survei, dua nama yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaing sengit dengan elektabilitas yang sama.

Keduanya imbang dengan perolehan angka 24 persen dalam survei tingkat elektabilitas untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Prabowo dan Ganjar imbang dalam elektabilitasnya sebagai capres,” kata Deputi Direktur Eksekutif Populi Center, Rafif Pamenang Imawan, dalam webinar, Minggu (24/4/2022).

1. Elektabilitas 10 nama capres menurut Populi Center

Populi Center: Elektabilitas Prabowo-Ganjar Imbang di Pilpres 2024Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Populi Center dalam surveinya menyodorkan 10 nama kepada responden dalam simulasi tertutup. Menurut hasil survei, nama Prabowo dan Ganjar sama-sama memiliki jumlah suara yang sama di posisi teratas.

Selain Prabowo dan Ganjar, ada nama Anies Baswedan di posisi tiga dengan elektabilitas 12,1 persen, lalu Menparekraf Sandiaga Uno 6,3 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5 persen.

Lalu di posisi enam ada Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 2,4 persen, Panglima TNI Andika Perkasa 1,4 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 1,3 persen, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 0,9 persen.

“Yang belum memutuskan 15,3 persen, jadi masih cukup besar yang belum memutuskan, dan yang menolak menjawab 3,3 persen,” kata Rafif.

Baca Juga: Survei Populi Center: Prabowo dan Sandiaga Uno Tokoh Paling Populer

2. Ganjar kalah populer dibanding Prabowo

Populi Center: Elektabilitas Prabowo-Ganjar Imbang di Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Meski dua tokoh ini mendapat tingkat elektabilitas yang tinggi menurut survei capres 2024, namun keduanya memiliki tingkat kepopuleran yang berbeda.

Prabowo masih unggul dalam hal kepopuleran dibanding Ganjar Pranowo. Menurut tingkat popularitasnya, Prabowo berada di urutan pertama dengan angka 92,3 persen, disusul Sandiaga Uno 78,5 persen, Anies Baswedan 78,1 persen, Ganjar Pranowo 65,4 persen, dan Puan Maharani 63,3 persen.

3. Empat menteri yang masuk bursa capres

Populi Center: Elektabilitas Prabowo-Ganjar Imbang di Pilpres 2024Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Populi Center juga melakukan survei terhadap empat nama menteri yang masuk dalam bursa capres. Menurut kategori ini, nama Prabowo Subianto masih mendapatkan suara terbanyak 37,1 persen.

Kemudian ada nama Menparekraf Sandiaga Uno 23 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 8 persen, sementara Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hanya mendapat 2,3 persen.

 

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya