Comscore Tracker

Tito Karnavian Ditunjuk Isi Kursi Menpan RB, Gerindra: Semoga Lancar

Tito Karnavian ditunjuk jadi Menpan RB Ad interim

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad berharap Mendagri Tito Karnavian bisa bekerja maksimal di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Hal itu dia sampaikan mengomentari penunjukan Mendagri Tito Karnavian sebagai Menpan RB ad interim.

“Semoga lancar-lancar dan tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan baik,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Jokowi Tunjuk Tito Jadi Menteri PAN RB Ad Interim

1. Penunjukkan Tito disebut hal yang tepat

Tito Karnavian Ditunjuk Isi Kursi Menpan RB, Gerindra: Semoga LancarMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika rapat kerja dengan komisi I DPD pada 2019 lalu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Dasco mengaku masih berduka dengan kepulangan Menpan RB Tjahjo Kumolo. Kendati begitu, perlu langkah cepat untuk mengisi kekosongan kursi Menpan RB agar pelayanan pada publik terus berjalan.

Dia juga menilai keputusan Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunjuk Tito Karnavian sebagai pengganti ad interim almarhum Tjahjo Kumolo di kursi Menpan RB merupakan hal tepat.

“Tentunya kita masih dalam suasana berduka yang mendalam atas kepergian pak Tjahjo Kumolo, dan tentunya tepat sekali bahwa pak tito karnavian sebagai mendagri yang ada tarikan tugas itu kemudian menjadi menpanrb ad interim,” tuturnya.

Baca Juga: 6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena Komplikasi

2. Nama-nama yang mungkin isi kursi Menpan RB

Tito Karnavian Ditunjuk Isi Kursi Menpan RB, Gerindra: Semoga LancarMenteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo (menpan.go.id)

Pengamat politik dari lembaga KedaiKOpi, Hendri Satrio sebelumnya menyorot beberapa kader PDIP yang kemungkinan akan mengisi kursi Menpan RB. Menurutnya beberapa kader PDIP yang duduk di pemerintahan daerah kemungkinan besar bakal dipilih untuk maju mengisi kursi di kabinet Jokowi.

Beberapa nama yang kemungkinan mengisi kursi Menpan Rb di antaranya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, atau Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Siapa yang akan disodorkan oleh PDIP jadi pengganti Tjahjo ya ada banyak, ada Olly Dondokambey, ada I Wayan Koster, dan ada beberapa kepala daerah lainnya yang lagi moncer,” kata Hendri.

“Kemungkinan catatan saya ke dua mungkin akan tetap diberikan kepada nama-nama tadi,” sambung dia.

Baca Juga: Mendagri Tito: Apkasi Bukan Asosiasi Kaleng-Kaleng

3. PDIP mengaku tak minta kursi menteri

Tito Karnavian Ditunjuk Isi Kursi Menpan RB, Gerindra: Semoga LancarANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengaku pihaknya menyerahkan keputusan sepenuhnya pada Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait dengan pengganti Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

“Jadi kami masih dalam suasana berduka, tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi,” kata Djarot saat ditemui media di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Djarot mengaku pihaknya tak pernah meminta-minta jatah menteri pada Presiden Jokowi. Dia menegaskan PDIP selalu menyerahkan keputusan terkait pemerintahan pada Jokowi sebagai presiden.

Pasalnya Presiden Jokowi bisa memilih sendiri pengisi kursi Menpan RB secara langsung.

“Kita tidak pernah meminta-minta jatah kita. Serahkan semuanya kepada pak jokowi untuk kebaikan negeri ini supaya mereka semua ini para pembantu Presiden itu betul-betul bisa bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Pak Jokowi dan membikin warisan legacy yang baik bagi bangsa kita ini termasuk di Kementerian PANRB,” jelas Djarot.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya