Ganjar Mau Bawa Program Baznas Jateng ke Nasional

Ganjar anggap program Baznas Jateng sukses bantu rakyat

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berencana membawa program Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah (Baznas Jateng) ke tingkat nasional bila terpilih. Ganjar mengklaim, program Baznas Jateng ketika dirinya menjadi Gubernur Jawa Tengah dianggap bisa membantu masyarakat kurang mampu.

"Dulu, sebelum kami datang, Baznas Jateng hanya mendapat Rp300 juta sebulan. Tapi, setelah kami kelola dan dibuatkan sistem potongan langsung atau payroll (pegawai pemerintah), jumlahnya naik signifikan menjadi Rp6 miliar per bulan. Itulah kenapa Baznas Provinsi Jateng selalu menjadi percontohan nasional," ujar Ganjar dalam keterangannya, dikutip Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Pulang ke Kampung Halaman, Ganjar Bernostalgia Masa Kecil

1. Uang yang terkumpul digunakan untuk membantu masyarakat

Ganjar Mau Bawa Program Baznas Jateng ke NasionalGanjar Pranowo berkampanye di Palu, Sulawesi Tengah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ganjar mengatakan, uang yang dipotong dari pegawai pemerintah itu digunakan untuk membantu kepentingan masyarakat, seperti memperbaiki tempat ibadah, membayar tagihan rumah sakit, beasiswa, memperbaiki rumah tidak layak huni, hingga insentif guru mengaji.

"Itu penggunaanya tidak butuh menunggu mekanisme anggaran yang ribet. Langsung bisa dipakai, asal persyaratannya sesuai," kata dia.

Baca Juga: Pengusaha: Ganjar Sering Ramaikan Pameran Batik

2. Pelatihan modal usaha juga menggunakan dana dari Baznas Jateng

Ganjar Mau Bawa Program Baznas Jateng ke NasionalGanjar Pranowo kampanye di Kendari, Sulawesi Tenggara (IDN Times/ilman Nafi'an)

Selain itu, kata Ganjar, pelatihan modal usaha juga menggunakan dana dari Baznas Jateng.

"Bahkan tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif, tapi juga untuk produktif seperti pelatihan, modal usaha, dan lainnya," kata dia.

3. Layak diterapkan di level nasional

Ganjar Mau Bawa Program Baznas Jateng ke NasionalGanjar Pranowo berkampanye di Palu, Sulawesi Tengah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku praktik kerja yang dilakukan Baznas Jateng baik. Sehingga, perlu dinasionalisasikan agar manfaatnya lebih banyak dirasakan oleh masyarakat.

"Itulah yang akan kami replikasi dan metodenya tidak terlalu sulit. Kalau itu dilakukan, maka potensi (Baznas) bisa sangat tinggi," ucap dia.

Baca Juga: Pulang ke Kampung Halaman, Ganjar Bernostalgia Masa Kecil

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya