Comscore Tracker

Jokowi Bakal Bagikan Bantuan Sapi Kurban ke 34 Provinsi, Berat 1 Ton

Bantuan sapi kurban Jokowi akan diserahkan ke masjid

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan membagikan bantuan sapi kurban untuk 34 provinsi. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan bahwa bantuan sapi kurban yang diberikan Jokowi beratnya 800 kilogram hingga 1 ton.

"Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H kali ini Presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh Provinsi yang beratnya rata-rata 800 kilogram sampai 1 ton yang dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden," ujar Heru kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Ibadah Haji, Wapres Ma'ruf Amin Bersama Istri Terbang ke Arab Saudi

1. Disalurkan ke masjid-masjid

Jokowi Bakal Bagikan Bantuan Sapi Kurban ke 34 Provinsi, Berat 1 TonHewan kurban akan disembelih saat Idul Adha 1442 Hijriyah di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan Kota Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Heru mengatakan, bantuan sapi kurban itu akan diberikan ke sejumlah masjid. Nantinya, gubernur masing-masing provinsi menentukan masjid mana yang akan menerima bantuan sapi kurban dari Jokowi.

"Dalam pelaksanaanya, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, untuk memastikan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, khususnya dari PMK (Penyakit Mulut dan Kuku)," katanya.

"Sekretariat Presiden juga menggandeng Kementerian Agama Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam, untuk meyakinkan bahwa sapi bantuan Bapak Presiden telah memenuhi persyaratan sesuai syariat Islam," sambungnya.

Meski demikian, Heru belum menjelaskan di mana Jokowi akan melaksanakan salat Idul Adha. Menurutnya, hal itu masih dalam pembahasan.

Baca Juga: Sapi Kurban Satu Ton dari Jokowi Dibagikan untuk Warga Selayar

2. Wapres Ma'ruf Amin bersama istri terbang ke Arab Saudi untuk haji

Jokowi Bakal Bagikan Bantuan Sapi Kurban ke 34 Provinsi, Berat 1 TonWakil Presiden Ma'ruf Amin bersama istri berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji (dok. Sekretariat Wapres)

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama istri, Hj Wury Ma'ruf Amin, hari ini bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2022. Ma'ruf bersama istri melaksanakan ibadah haji karena mendapat undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

"Hari ini Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke negara Arab Saudi. Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi Ibadah Haji. Ketepatan pada tahun ini adalah Haji Akbar, ya, jadi di Arafah itu hari Jumat," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, dalam keterangannya, Selasa (5/7/2022).

Masduki mengatakan, undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk Wapres disampaikan melalui Duta Besar Arab saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi. Undangan itu disampaikan pada Juni 2022.

"Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu di mana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” ucapnya.

3. Saudi sampaikan kesiapan pelaksanaan haji saat berikan undangan

Jokowi Bakal Bagikan Bantuan Sapi Kurban ke 34 Provinsi, Berat 1 TonWakil Presiden Ma'ruf Amin bersama istri berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji (dok. Sekretariat Wapres)

Masduki melanjutkan, ketika menyerahkan undangan, Esam menyampaikan kesiapan Saudi untuk menggelar pelaksanaan haji 2022.

"Menyampaikan perkembangan terakhir di Arab Saudi bagaimana kesiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Karena sebagaimana diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya haji tidak dilaksanakan terkait dengan pandemik COVID-19, dan sekarang sudah aman,” kata dia.

Karena pandemik COVID-19 di Arab Saudi sudah melandai dan dinyatakan aman, Wapres Ma'ruf kemudian memenuhi undangan tersebut. Masduki menerangkan, Wapres akan mengikuti prosesi pelaksanaan haji selama satu pekan.

"Insyaallah waktunya dalam seminggu Wapres akan mengikuti prosesi ibadah haji,” tambahnya.

Baca Juga: Sudah Tahu 10 Tradisi Unik Lebaran Iduladha di Berbagai Negara Ini?

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya