Ketua KPU Tanggapi Rencana Roy Suryo Mau Laporkan Dirinya 

Roy Suryo disebut tukang fitnah oleh Hasyim Asy'ari

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim As'yari enggan menanggapi banyak rencana Roy Suryo yang ingin melaporkannya ke polisi. Roy Suryo tak terima karena disebut 'tukang fitnah' oleh Hasyim.

"Tanya saja dia (Roy Suryo) habis kena pidana apa," ujar Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Koalisi Masyarakat Sipil Surati KPU, Minta Keterbukaan Riwayat Caleg

1. Mulanya Hasyim sebut Roy Surya tukang fitnah

Ketua KPU Tanggapi Rencana Roy Suryo Mau Laporkan Dirinya Ketua KPU, Hasyim Asyari. (Dok/IDN Times)

Sebelumnya, Hasyim Asy'ari membantah tuduhan yang dilontarkan oleh Roy Suryo. Pakar telematika itu menuduh KPU memberikan perlakuan istimewa kepada calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Roy Suryo, dalam cuitannya di X, mempertanyakan mengapa Gibran menggunakan tiga mikrofon sekaligus. Selain itu, dia juga menuding Gibran menggunakan earphone selama debat cawapres, sedangkan kandidat lain tidak.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai 3 mic untuk antisipasi ada mic yang mati," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam keterangan yang diterima IDN Times, Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga: Roy Suryo Tuduh Gibran Curang saat Debat, Ketua KPU: Tukang Fitnah!

2. Hasyim tegaskan tak ada penggunaan ear feeder

Ketua KPU Tanggapi Rencana Roy Suryo Mau Laporkan Dirinya Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (5/9/2022). (IDN Times/Alya Achyarini)

Hasyim menjelaskan, Gibran menggunakan mikrofon yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping, bukan ear feeder seperti yang dituduhkan Roy Suryo.

Ear feeder mengacu pada perangkat lain yang digunakan untuk mendengarkan atau menyampaikan suara ke telinga.

"Bukan ear feeder. Itu mic yang ditempel di pipi dan dicantolin di kuping," ujarnya

3. Roy Suryo heran Hasyim tuduh dirinya sebagai tukang fitnah

Ketua KPU Tanggapi Rencana Roy Suryo Mau Laporkan Dirinya Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memenuhi panggilan Polda Metro Jaya sebagai saksi pelapor dalam kasus unggahan meme stupa candi Borobudur, Kamis (30/6/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Roy Suryo mengaku heran dengan pernyataan Hasyim yang menyebutnya sebagai tukang fitnah. Dia mengaku berencana akan melaporkan Hasyim.

"Saat ini tim hukum saya sedang mengkaji langkah-langkah apa yang akan kami tempuh terhadap perkataan atau tulisan 'Roy Suryo tukang fitnah' yang disampaikan oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari," kata Roy Suryo.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya