Pengamat: Luhut Menteri yang Paling Dipercaya Jokowi

Luhut adalah teman dekat Jokowi

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik dari KedaiKOPI, Hendri Satrio menilai, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan kerap ditunjuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo melaksanakan sejumlah tugas di luar kementeriannya karena faktor kepercayaan. Dia menilai, Luhut merupakan menteri yang paling dipercaya Jokowi.

"Menurut saaya sih Pak Luhut ini adalah teman yang baik buat Pak Jokowi, kelihatannya, hal-hal diinginkan oleh Pak Jokowi itu dimengerti oleh Pak Luhut dan dilaksanakan, nampaknya gak ada menteri-menteri lain di sekitaran Jokowi yang mengerti dan paham betul maunya Pak Jokowi," ujar pria yang akrab disapa Hensat kepada wartawan, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Luhut Ikut Hadir Bareng Jokowi di Acara Kades, PKS: Lucu dan Aneh!

1. Luhut adalah teman yang paling setia untuk Jokowi

Pengamat: Luhut Menteri yang Paling Dipercaya JokowiLuhut Binsar Pandjaitan dan Joko Widodo (ANTARA/Hafidz Mubarak Adok. Biro Pers Setpres)

Hensat juga menilai, Luhut merupakan teman yang paling setia untuk Jokowi. Sehingga, semua tindakan Luhut semuanya tidak ada yang dihalangi oleh Jokowi.

"Selama Pak Jokowinya nyaman dan Pak Luhut gak ditegur, artinya Pak Luhut baik-baik saja, kita kan kita bisa lihat bahwa dia menko marvest menangani semua, artinya Pak Jokowi nyaman dengan itu," katanya.

Baca Juga: Politikus Senior PDIP Ungkap Hubungan Luhut dan Jokowi

2. PDI Perjuangan ungkap hubungan Luhut dan Jokowi

Pengamat: Luhut Menteri yang Paling Dipercaya JokowiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memantau vaksinasi massal di Sleman. IDN Times/ Tunggul Damarjati

Sebelumnya, politikus senior PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno juga menyampaikan hubungan antara Luhut dan Jokowi.

"Yang kita dengar, Pak Luhut sudah punya hubungan baik dengan Jokowi sebelum Jokowi masuk dunia politik. Saat-saat itu di antara mereka sudah ada kerja bisnis," ujar Hendrawan kepada wartawan, Selasa (5/4/2022).

Hubungan Jokowi dan Luhut kemudian berlanjut. Hingga akhirnya, Luhut dianggap membuat orbit Jokowi semakin luas.

"Pak Luhut membuat orbit Jokowi semakin luas. PDIP membuat Jokowi memiliki akar elektoral yang kuat," katanya.

3. Luhut dinilai sebagai sosok berpengalaman, cenderung kuat dalam problem solving dan pragmatis

Pengamat: Luhut Menteri yang Paling Dipercaya JokowiMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Lebih lanjut, Hendrawan mengatakan, pejabat yang sering diajak mendamping Jokowi, itu tergantung acara apa yang didatangi. Dia kemudian menjelaskan alasan Luhut hadir dalam acara Apdesi itu.

"Untuk Apdesi yang lalu, Pak Luhut kita dengar sebagai pembinanya. Terus acara-acara peluncuran yang terkait investasi," ucapnya.

Hendrawan kemudian memuji kinerja Luhut. Dia menyebut, Luhut merupakan menteri yang memiliki jam terbang tinggi.

"Pak Luhut itu menteri dengan jam terbang panjang, cenderung kuat dalam probleng solving dan pragmatis," ujarnya.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya