Viral Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Pengamat: Harus Diusut!

Gus Miftah juga sudah buka suara soal aksinya

Jakarta, IDN Times - Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, viral di media sosial karena terekam sedang membagikan sejumlah uang kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu, ada juga sejumlah pendukung calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Pengamat kebijakan publik, Gigin Praginanto, mengatakan aksi bagi-bagi uang Gus Miftah itu harus diusut.

"Harus diusut uang itu dari mana," ujar Gigin dalam cuitannya di aplikasi X @giginpraginanto, dikutip Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Gus Miftah Buka Suara soal Viral Video Bagi-Bagi Uang ke Masyarakat 

1. Harus diusut bila itu uang rakyat

Viral Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Pengamat: Harus Diusut!potret Gus Miftah (instagram.com/gusmiftah)

Gigin mengatakan, bila itu uang rakyat, harus diusut bagaimana proses pencairannya.

"Kalau memang uang rakyat seperti kata Prabowo, harus diusut bagaimana cara mengambilnya, apakah secara legal atau tidak?" ucap dia.

Baca Juga: Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Timnas AMIN: Patut Diduga Money Politic

2. Kata Gus Miftah soal aksi bagi-bagi uang

Viral Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Pengamat: Harus Diusut!Gus Miftah bagi-bagi uang di Pemasakan, Madura. (twitter.com/alisyarief)

Sebelumnya, Gus Miftah mengaku hanya diminta temannya bernama Haji Her, seorang pengusaha di Pamekasan, Madura, untuk membagikan sedekah kepada masyarakat.

Dia mengatakan, Haji Her memang setiap hari membagikan sedekah kepada masyarakat, baik di pasar, sawah, pesantren, dan lain-lain.

"Terkait video viral itu, jadi memang saya lagi silaturahmi ke tempatnya Haji Her, seorang pengusaha di Pamekasan. Haji Her memang suka bagi-bagi sedekah, lalu saya diminta ikut membagikan," kata Gus Miftah kepada IDN Times, saat dihubungi, Jumat (29/12/2023). 

Gus Miftah menegaskan, ia hanya membantu membagikan uang. Karena itu, ia menegaskan, tidak melakukan money politics atau politik uang seperti yang dinarasikan dalam video yang viral.

"Jadi bukan saya yang bagi-bagi uang, tetapi hanya sekadar membagikan sedekah yang diberikan orang lain," kata dia.

3. Bawaslu pelajari video Gus Miftah bagi-bagi uang

Viral Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Pengamat: Harus Diusut!Logo Bawaslu (bawaslu.go.id)

Terpisah, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI tengah mempelajari video Gus Miftah yang sedang membagikan uang kepada warga. 

"Makasih infonya. Kami akan pelajari," kata Anggota Bawaslu RI Puadi kepada IDN Times saat dihubungi, Jumat (29/12/2023).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya