Wapres Minta Tenda Jemaah Haji RI Dekat dari Lokasi Lempar Jumrah

Karena banyak jemaah Indonesia sudah lansia

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah. Pertemuan itu berlangsung di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada Rabu (26/10/2022).

Dalam pertemuan itu, Ma'ruf Amin meminta kepada Arab Saudi agar tenda jemaah haji Indonesia bisa dekat dengan lokasi lempar jumrah.

“Akan sangat bijaksana kalau memang penempatan jemaah haji ini lebih dekat dengan jamarat (lokasi lempar jumrah),” ujar Ma'ruf dalam keterangannya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus 

1. Alasan wapres minta tenda jemaah haji Indonesia dekat lokasi lempar jumrah

Wapres Minta Tenda Jemaah Haji RI Dekat dari Lokasi Lempar JumrahWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Ma'ruf Amin menjelaskan, alasan permintaan itu adalah agar dekat dengan lokasi lempar jumrah. Sebab, kata dia, mayoritas jemaah haji Indonesia sudah berusia lanjut.

“Mereka (jemaah haji Indonesia) itu (merasa) dari lokasi mabid terlalu jauh untuk jumarah,” ucap dia.

Baca Juga: Calon Jemaah Umrah Indonesia Masih Wajib Disuntik Vaksin Meningitis

2. Antrean jemaah haji Indonesia capai 41 tahun

Wapres Minta Tenda Jemaah Haji RI Dekat dari Lokasi Lempar JumrahIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Lebih lanjut, Ma'ruf menerangkan, antrean jemaah haji Indonesia mencapai 42 tahun. Lamanya antrean itu menyebabkan para pendaftar ketika berangkat usianya sudah tidak muda lagi.

"Jemaah haji kita banyak sekali dan yang antre itu ada yang sampai 41 tahun. Karena itu akan sangat gembira sekali kalau kuota haji kita ditambah karena masalah yang sangat khusus untuk Indonesia, " kata dia.
 
"Bahkan ada juga yang karena lamanya menunggu kemudian ada yang umurnya sudah sepuh sudah tua sehingga ini menjadi masalah kalau ada pembatasan umur. Karena antrenya panjang kemudian pada waktu mendapatkan tidak boleh (berangkat) karena batasan umur, " sambungnya.

3. Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi janji kaji usulan Wapres

Wapres Minta Tenda Jemaah Haji RI Dekat dari Lokasi Lempar JumrahSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Menanggapi permintaan Ma'ruf Amin, Tawfiq berjanji akan mengkaji usulan Wapres Ma'ruf Amin. Menurutnya, jemaah Indonesia menjadi perhatian bagi Kerajaan Arab Saudi.

“Saya berjanji dihadapan yang mulia Bapak Wapres, sepulang saya dari sini saya langsung akan membahas terkait penempatan jemaah haji Indonesia di Mina,” ujar Tawfiq.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya