Comscore Tracker

Disiapkan Jadi Gubernur DKI, Gibran: Kita Lihat Saja Nanti, Sih Suwe

Gibran mulai didorong oleh kalangan pengusaha untuk maju

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku saat ini ingin fokus lebih dulu untuk membenahi permasalahan yang ada di sana. Salah satu yang kini menjadi fokusnya yakni untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota tersebut.

Pernyataan itu disampaikan oleh Gibran untuk merespons dorongan dari sejumlah pihak, termasuk pengusaha agar dirinya dipersiapkan menjadi calon Gubernur DKI Jakarta pada pilkada 2024 mendatang. Bila Gibran memilih ikut dalam kontestasi tersebut, maka ia menjalani pilihan yang serupa dengan ayahnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Ini kan kita kerja baru menjabat selama satu tahun. Sisanya sempat tertunda karena pandemik. Sementara, itu (pemilihan Gubernur DKI Jakarta) kan masih lama. Kita kan tidak pernah tahu nanti perjalanannya seperti apa. Kalau sekarang kan sudah banyak sekali survei berisi calon-calon gubernur dan lain-lain," ungkap Gibran di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta pada Jumat, 20 Mei 2022 lalu. 

"Mau itu (didorong jadi gubernur) Jateng, mau (didorong jadi gubernur) DKI, ya sekarang fokusnya tetap bekerja untuk masyarakat Solo," tutur dia lagi.

Meski demikian, Gibran tak membantah bahwa sebagai kader partai politik, ia tak bisa memutuskan sendiri. Selain itu, ia menilai perlu melihat aspirasi dari masyarakat seperti apa.

"Kalau saya disuruh maju (untuk ikut pilkada), saya maju. Atau sebaliknya, kalau diharuskan tetap di Solo, saya juga tidak apa-apa. Atau nantinya disuruh di Jawa Tengah dan DKI Jakarta juga tidak apa-apa. Ini semua kan tergantung dari warga," katanya. 

Lebih lanjut, putra sulung Presiden Jokowi itu menyampaikan apresiasi atas dukungan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ketua Bidang Internasional, Investasi dan Infokom dari Badan Pengurus Daerah HIPMI Jakarta Raya, Shinta Melodi mendorong agar Gibran ikut dalam pilkada Jakarta pada 2024 mendatang. 

Apakah pada akhirnya nanti Gibran berubah pikiran dan akan ikut Pilkada DKI Jakarta?

1. Gibran tak ingin terburu-buru memberi jawaban akan ikut maju di Pilkada Jakarta

Disiapkan Jadi Gubernur DKI, Gibran: Kita Lihat Saja Nanti, Sih SuwePutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sementara, ketika hari ini kembali ditanyakan, Gibran tak menjawab dengan gamblang apakah sudah membidik ikut dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2024. Ia kembali menegaskan masih ingin fokus bekerja di Solo.

"Saya fokus di Solo dulu. Semua masukan dari warga akan kami tampung, tapi yang jelas saya saat ini fokus dulu bekerja di Solo," ujar Gibran di Korem 074 Warastratama, Surakarta, pada hari ini. 

Ia pun enggan memberi jawaban seandainya sudah ada partai politik tertentu yang sudah siap meminangnya untuk ikut pilkada. "Kita lihat saja nanti, sih suwe (masih lama)," tutur dia. 

Baca Juga: Bersua di Solo, Ahmad Sahroni Undang Gibran Nonton Formula E

2. Ahmad Sahroni buka peluang ajak Gibran untuk berpasangan di Pilkada DKI

Disiapkan Jadi Gubernur DKI, Gibran: Kita Lihat Saja Nanti, Sih SuweWakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni (kiri) ketika menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) di rumah dinasnya di Solo, 28 April 2022 (www.instagram.com/@ahmadsahroni88)

Sementara, salah satu pihak yang terbuka menggaet Gibran untuk maju di Pilkada DKI Jakarta adalah Partai Nasional Demokrat. Bahkan, Bendum NasDem, Ahmad Sahroni tak menampik sempat mengajak Gibran untuk berpasangan dengan putra sulung Presiden Jokowi di Solo pada 28 April 2022 lalu. 

"Agenda politiknya sebenarnya ngobrol-ngobrol hanya curcol biasa, barangkali ada momen kita bisa maju bersama-sama gitu. Maju bersama tapi belum tahu maju di mana," kata pria yang kerap dijuluki Crazy Rich Tanjung Priok itu kepada IDN Times pada 29 April 2022 lalu.

Ia meminta publik agar bersabar sambil menunggu perkembangan politik ke depan. Meski ia tak menepis daripada menjadi pesaing, Sahroni mengusulkan agar maju bersama ke depan.

"Nanti, maju di mana dan kapan saja bakal kita sampein," tutur Sahroni. 

Sahroni pun tak bisa menutupi rasa bahagianya karena pertemuan dengan Gibran adalah sesuatu yang di luar ekspektasinya. Semula, ia hanya menyapa Gibran melalui akun media sosialnya. 

"Alhamdulillah, mimpi saya tercapai bisa ngopi di rumah Mas Gibran," ujarnya. 

3. Gibran mengaku sudah merasa serasi dengan Sahroni

Disiapkan Jadi Gubernur DKI, Gibran: Kita Lihat Saja Nanti, Sih SuweWakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni (kiri) ketika menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) di rumah dinasnya di Solo, 28 April 2022 (www.instagram.com/@ahmadsahroni88)

Sementara, Gibran mengaku baru pertama kali bertemu dengan Sahroni. Ia pun tak menampik bila muncul ajakan dari Sahroni untuk maju bersama dalam Pilgub DKI Jakarta. 

"Kalau masalah maju pertama atau menjadi kompetitor, ya nanti kita lihat. Tadi kodenya sudah jelas. Masih lama kok,” kata dia di kesempatan yang sama di Solo.

Gibran juga mengatakan dengan adanya pertemuan itu, sudah tidak memunculkan lagi tantang-tantangan dengan Sahroni terkait Pilgub DKI Jakarta. Gibran merasa sudah cocok dengan Sahroni. 

"Ya buat apa (saling menantang) kan sudah serasi," tutur dia. 

Baca Juga: Sama-Sama Diisukan Maju Pilkada DKI, Sahroni Ingin Sowan ke Gibran

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya