Ketua MK Bakal Nikahi Adik Presiden Jokowi pada Mei 2022 

Idayati mengaku dikenalkan oleh teman kepada Anwar

Jakarta, IDN Times - Kabar bahagia datang dari keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Adik Presiden Jokowi, Idayati bakal dinikahi oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. 

Konfirmasi mengenai kabar tersebut disampaikan oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Namun, ia enggan menjelaskan lebih detail soal rencana pernikahan Idayati itu. 

"Lha, itu sudah tahu. Tanya yang bersangkutan (soal jadwal pernikahan). Aku ora ngerti (tidak tahu)," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo itu fikutip dari kantor berita ANTARA, Senin (21/3/2022).

Namun, ketika ditanyakan kembali, Gibran menyebut lamaran sudah dilakukan pada 12 Maret 2022 lalu. Sementara, acara pernikahan akan dilakukan pada Mei 2022. 

Gibran pun mengaku tidak ikut hadir dalam acara pernikahan itu. Sebab, ia mengaku masih harus menjalani isolasi mandiri. 

"Masih isoman, wingi isih lemes banget (kemarin masih lemas)," katanya. 

Lalu, bagaimana awal mula Anwar bisa mengenal Idayati?

1. Idayati dikenalkan kepada Anwar melalui teman

Ketua MK Bakal Nikahi Adik Presiden Jokowi pada Mei 2022 Adik perempuan Presiden Jokowi, Idayati (ANTARA FOTO/HO-Dokumentasi Pribadi)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada Idayati, ia tak menampik sudah melalui prosesi lamaran pada bulan ini. Ia pun menyebut bakal menggelar acara pernikahan pada 26 Mei 2022 di Solo. 

Perempuan yang akrab disapa Ida itu membuka sedikit soal awal perkenalannya dengan Anwar. "(Saya) kenal bulan Oktober lalu. Dikenalin teman," kata dia seperti dikutip dari kantor berita ANTARA

Ia pun mengaku senang karena Anwar datang dan melamar secara resmi. Ia mengatakan sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga. Sementara, dulu suami yang bekerja. 

Suami pertama Ida, Hari Mulyono meninggal pada 24 September 2018 lalu di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat. Hari meninggal di usia 58 tahun karena penyakit stroke. 

Sedangkan, Anwar seorang duda. Istri pertama Anwar, Suhada, meninggal pada 26 Februari 2021 lalu. 

Baca Juga: Sempat Bertemu Gibran yang Positif COVID, Istana Sebut Jokowi Sehat

2. PDIP ucapkan selamat untuk pernikahan adik Presiden Jokowi

Ketua MK Bakal Nikahi Adik Presiden Jokowi pada Mei 2022 Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ucapan selamat atas pernikahan Idayanti turut disampaikan oleh partai politik. Salah satunya datang dari parpol pengusung Jokowi di pemilu, PDI Perjuangan. 

"Kami tentunya mengucapkan selamat dan berbahagia atas pernikahan tersebut," ujar Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto pada Senin, (21/3/2022). 

3. PKS minta MK tetap netral meski ketuanya menjadi anggota keluarga presiden

Ketua MK Bakal Nikahi Adik Presiden Jokowi pada Mei 2022 Anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera (Istimewa)

Sementara, Ketua DPP PKS Mardani Ali yakin Ketua MK akan mampu bersikap netral dan profesional usai menikahi keluarga presiden. Ia pun tidak melihat ada maksud lain di balik rencana pernikahan tersebut. 

"Tidak perlu lah dijadikan peristiwa politik. Saya yakin Ketua MK akan menjaga netralitas dan profesionalitasnya," ujar Mardani ketika dihubungi pada hari ini. 

Meski demikian, ia mengajak masyarakat sama-sama memantau soal kejadian usai pernikahan dihelat nanti. 

Baca Juga: [FOTO] Imutnya Jan Ethes Pakai Baju Adat Bali di HUT ke-74 RI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya