Timnas AMIN Sebut Ide Live TikTok Datang dari Anies Sendiri

Anies berkampanye dengan live TikTok dapat respons positif

Jakarta, IDN Times - Tim pemenangan nasional Anies-Muhaimin (AMIN) menyambut baik respons positif dari publik tentang debut Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan yang melakukan live streaming di TikTok pada 28 Desember 2023.

Jubir Timnas AMIN, Angga Putra Fidrian, mengatakan, ide live itu datang dari Anies sendiri. 

"Ide awalnya adalah gimana beliau nyaman live sendiri. Jadi, bisa lebih sering, kalau lagi di jalan bisa ditemani oleh teman-teman. Maka, judulnya 'Temani Saya di Jalan," ujar Angga melalui media sosial dan dikutip pada Sabtu (30/12/2023). 

Timnas AMIN menyarankan agar Anies berbicara mengenai topik apa pun yang ringan. Pengguna TikTok bisa mengecek melalui platform YouTube untuk tema politik. 

"Kami sarankan Pak Anies bisa tanya ke warganet, mau tanya apa. Maka keluar lah secara natural dialog tersebut. Alhamdulilah, respons teman-teman menyenangkan. Beliau tampaknya mulai semangat live TikTok. Masukan dari teman-teman tentang kehadiran Pak Anies Baswedan di TikTok didengarkan oleh beliau. Semoga bisa lebih sering," katanya lagi. 

Menurut Angga, tidak menutup kemungkinan salah satu penanya di TikTok bisa ikut dimunculkan sehingga bisa berdialog langsung dengan Anies.

"Nanti, di (sesi) berikutnya Beliau belajar naikin penanya ke live TikTok. Jangan lupa nonton, ya, nanti," tutur dia. 

Angga mengatakan, Anies terkejut ketika tahu yang menyaksikan debutnya lebih dari 30 ribu. Padahal, ia muncul sudah larut malam. 

"Beliau bilang, itu mah sama saja dengan setengah GBK. Katanya begitu. Tapi, jangan sampai beliau merasa gampang live di TikTok dan gak mau keliling lagi," katanya.

Baca Juga: Istighosah di Trenggalek, Anies Soroti Timpangnya Pendidikan

1. Anies live streaming di dalam mobil

Timnas AMIN Sebut Ide Live TikTok Datang dari Anies SendiriDi balik layar Anies Baswedan melakukan live streaming perdana TikTok. (www.twitter.com/@AnggaPutraF)

Sebelumnya, pada 28 Desember 2023, Anies Baswedan berkampanye dengan melakukan live di TikTok @aniesbaswedan sekitar pukul 22.00 WIB. 

Anies menamai live perdananya itu 'Temani Saya di Jalan'. Ia melakukan live di dalam mobil saat berkampanye di wilayah Jawa Timur dengan durasi selama 27 menit. Live itu ditonton hingga 302.700 viewers. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, ikut berinteraksi dan menjawab pertanyaan dari warganet. Potongan-potongan video live Anies di TikTok itu viral dan menjadi perbincangan di platform media sosial lainnya. 

Baca Juga: Anies Live TikTok di Mobil: Beri Petuah hingga Bingung Matikan Fitur

2. Anies berbagi petuah untuk tidak takut meraih mimpi dan kegagalan

Timnas AMIN Sebut Ide Live TikTok Datang dari Anies SendiriCapres nomor urut satu, Anies Baswedan usai menghadiri deklarasi dukungan Keluarga Besar HMI di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan. (IDN Times/Amir Faisol)

Salah satu poin menarik yang disampaikan Anies dalam live-nya itu adalah soal mimpi dan kegagalan. Dia menyampaikan agar warganet tidak perlu takut untuk bermimpi.

"Karena bermimpi itu gratis lho! Bicara soal mimpi, kita harus punya bacaan yang banyak, pengetahuan yang luas supaya mimpinya juga luas. Karena kita tidak mungkin memimpikan yang kita tidak ketahui," ujar Anies. 

Sementara tentang kegagalan, ia mengaku tidak khawatir gagal mencapai tujuannya.

"Saya ada satu prinsip yang menarik nih soal gagal. Ada yang punya pandangan begini, saya tidak khawatir dengan kegagalan meraih yang sudah direncanakan. Saya lebih khawatir Anda berhasil meraih yang Anda sudah rencanakan sementara yang Anda rencanakan terlalu rendah," tutur dia. 

Baca Juga: 5 Cara Kocak Anies Baswedan Dapat Dukungan ala Idol KPop, Owl Ahjussi!

3. Anies sempat tak paham cara mematikan live di TikTok buat warganet tertawa

Timnas AMIN Sebut Ide Live TikTok Datang dari Anies SendiriCapres nomor urut satu, Anies Baswedan di acara Desak Anies Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Momen menarik lainnya dari live streaming perdana Anies, yaitu ketika ia bingung saat hendak mematikan live streaming-nya. Anies sampai sempat bertanya ke warganet cara untuk bisa mengakhiri live tersebut. 

"Masalah berikutnya, ini gimana cara matiinnya?" kata Anies sambil tertawa. 

"Ada yang bisa ngajarin gimana cara bikin ini off? Aduuh.." katanya lagi dengan ekspresi kebingungan. 

Ada warganet yang menulis agar ponsel yang digunakan live itu sebaiknya dibanting saja. Anies lagi-lagi menanggapi itu dengan senyum. 

"Dibanting, jangan dibanting dong (ponselnya)," tutur dia sambil tersenyum. 

Ekspresi Anies tersebut sontak membuat tertawa warganet. Sebab, pertanyaan Anies mewakili generasi di atas Gen Z yang tak familiar dengan penggunaan media sosial. 

"Ini kek emaku. Telepon atau video call WhatsApp selalu bingung, 'ini matiinnya gimana?'" kata seorang warganet. 

"Tipikal bapak-bapak banget yang gak tahu cara matiinnya," tutur warganet lainnya. 

"Gue aja anak milenial sampai sekarang kadang kalau penasaran mau coba filter TikTok masih belum bisa. Apalagi bapak-bapak. Wakakak," ujar warganet. 

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Aturan Baru Debat Capres - Cawapres, Anies: Monggo!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya