Comscore Tracker

3 Momen Ganjar Pranowo-PDIP Tak Lagi Akur, Bukti Kuat Diasingkan?

Ganjar dikucilkan oleh PDIP?

Jakarta, IDN Times – Hubungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terlihat renggang dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Publik menduga, PDIP semakin mengucilkan Ganjar karena elaktibilitasnya sebagai capres dalam pemilu 2024 mengalahkan Puan Maharani.

Hal itu terlihat saat Ganjar tak hadir dalam acara halalbihalal PDIP dengan sejumlah kadernya yang menjadi kepala daerah di Jawa Tengah pada 7 Mei 2022. Sebelumnya, Ganjar juga tidak menghadiri 2 momen di acara PDIP.

Dirangkum IDN Times, Sabtu (21/5/2022), berikut 3 momen yang menandakan hubungan Ganjar Pranowo dengan PDIP tidak akur.

1. Pengarahan kader pada 22 Mei 2021

3 Momen Ganjar Pranowo-PDIP Tak Lagi Akur, Bukti Kuat Diasingkan?IDN Times/Rudal Afgani

Ganjar Pranowo tidak diundang Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam sesi pengarahan kader di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (22/5/2021). Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengakui soal tak diundangnya Ganjar dalam acara tersebut.

“Tidak diundang (Ganjar Pranowo), wis kemajon (kelewatan), yen kowe pinter, ojo keminter (bila kamu pintar, jangan sok pintar),” kata Bambang.

Meski tak diundang, Ganjar tetap terlihat tersenyum dan memilih menemui Megawati Soekarnoputri untuk menyerahkan lukisan Mega karya pelukis Gregorius Djoko Susilo di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Selain itu, ia juga terlihat menggowes sepeda di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanka, Minggu (23/5/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil-Ganjar Pranowo Disebut Berpeluang Kecil Jadi Capres

2. Peresmian Pasar Legi, Solo pada 20 Januari 2022

3 Momen Ganjar Pranowo-PDIP Tak Lagi Akur, Bukti Kuat Diasingkan?Ilustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Ganjar juga absen saat peresmian Pasar Legi di Solo oleh Puan Maharani, Kamis (20/1/2022). Kala itu Puan didampingi tuan rumah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Beberapa tokoh juga menghadiri peresmian tersebut yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, dan Mantan Wali Kota sekaligus Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. Selain meresmikan Pasar Legi, Puan Maharani diajak Gibran membagikan mainan pada anak-anak yang telah hadir dalam acara itu dan kaos bertuliskan ‘Mbak Puan’.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

3. Halalbihalal PDIP pada 7 Mei 2022

3 Momen Ganjar Pranowo-PDIP Tak Lagi Akur, Bukti Kuat Diasingkan?Ganjar Pranowo. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Terbaru, Gubernur Jawa Tengah itu juga tak hadir dalam acara halalbihalal PDIP dengan sejumlah kadernya yang menjadi kepala daerah di Jawa Tengah di kantor PDIP Jateng, Sabtu (7/5/2022). Konfirmasi soal ini diungkapkan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudayatmo.

“Memang (Pak Ganjar) tak diundang. Yang diundang kan hanya kepala daerah tingkah kota atau kabupaten saja,” kata Hadi di rumah dinas di Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jumat (13/5/2022).

Ganjar juga mengaku dirinya saat itu berada di Makassar sejak 6 Mei 2022. Posisi itu membuat publik beranggapan Ganjar sedang dikucilkan PDIP.

“Saya waktu itu lagi ada di Makassar, lagi kondangan. Enggak apa-apa, kan acaranya lebih banyak, kata teman-teman, membahas strategi pemenangan dari kabupaten atau kota. Saya enggak (diundang), karena kan lagi di Makassar,” ungkap Ganjar, Rabu (11/5/2022).

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya