Mengenal Kuala Kencana, Kota Modern di Timika Papua  

Kota pertama di Indonesia dengan underground utilities

Jakarta, IDN Times - Belakangan ini Kuala Kencana, salah satu distrik di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, ramai menjadi perhatian masyarakat. Banyak yang belum mengetahui, Kuala Kencana bisa juga disebut sebagai distrik kota modern. 

Berikut gambaran tentang Kota Kuala Kencana di Timika Papua yang dirangkum IDN Times, Selasa (2/8/2022), seperti dikutip dari mimikakab.go.id. 

Baca Juga: 9 Pesona Kuala Kencana, Kota Modern di Tengah Hutan Mimika Papua 

1. Sejarah Kuala Kencana di Timika, Papua

Mengenal Kuala Kencana, Kota Modern di Timika Papua  Kuala Kencana (youtube.com/Freeport Indonesia)

Kuala Kencana merupakan kawasan terbatas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan sebenarnya bukan kawasan yang dikhususkan untuk berwisata. Hal itu lantaran yang diperbolehkan masuk ke daerah ini hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas atau ID PTFI atau yang telah memiliki izin tertentu.

Kuala Kencana ini diresmikan pada 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto. Lokasi Kuala Kencana terletak di daerah Kontrak Karya kawasan PT Freeport Indonesia. Distrik Kuala Kencana merupakan salah satu dari 18 distrik yang berada di Kabupaten Mimika, dan merupakan pemekaran dari Distrik Mimika Baru.

Distrik Kuala Kencana dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 12 Tahun 2011, yang terdiri dari 2 kelurahan dan 8 kampung. Kuala Kencana sendiri merupakan wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Mimika yang terletak di area perkotaan, yang dulunya merupakan satuan pemukiman transmigrasi, saat Timika masih di bawah Pemerintahan Kabupaten Fakfak.

2. Letak dan wilayah Kuala Kencana

Mengenal Kuala Kencana, Kota Modern di Timika Papua  IDN Times/Sukma Shakti

Distrik Kuala Kencana digolongkan sebagai daerah dataran rendah yang tidak memiliki pantai dengan ketinggian 200-1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hutan primer dan hutan sekunder mendominasi wilayah Kuala Kencana. 

Lahan di distrik Kuala Kencana itu terdiri dari hutan, lahan terbuka, permukiman, dan pertanian lahan kering. Adapun luas wilayah daratan distrik Kuala Kencana sendiri yakni 860,74 km persegi.

Distrik Kuala Kencana yang berlokasi di Kabupaten Mimika, Kota Timika, Papua ini berbatasan dengan beberapa wilayah, yaitu:

Sebelah Utara: Kabupaten Deiyai

Sebelah Selatan: Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama, dan Distrik Mimika Baru

Sebelah Barat: Distrik Mimika Baru

Sebelah Timur: Distrik Mimika Barat

3. Kuala Kencana jadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan underground utilities

Mengenal Kuala Kencana, Kota Modern di Timika Papua  Kuala Kencana (youtube.com/Freeport Indonesia)

Setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana mungkin harus melewati pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana. Keasrian, kesejukan, dan kebersihan kawasan ini membuat banyak orang terpesona. 

Para pengunjung biasanya tak melewatkan momen foto di kawasan lapangan yang terdapat tugu hasil kerajinan masyarakat Papua, dan dipercantik dengan semburan air mancur disekelilingnya.  

Kuala Kencana ini merupakan kota pertama di Indonesia yang telah menggunakan underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Tidak ada tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang terlihat di lingkungan ini. Semua tertanam rapi di dalam tanah, layaknya kita berada di luar negeri.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya