Daftar 11 Panelis Debat Keempat Pilpres 2024

Debat keempat digelar di Jakarta Convention Center (JCC)

Jakarta, IDN Times - Debat ronde kedua calon wakil presiden akan berlangsung pada Minggu (21/1/2024) mendatang. Debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini mengangkat tema soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Pada sesi debat yang akan dipandu 2 moderator yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV, ketiga calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan adu gagasan dan visi misi terkait tema tersebut. 

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terkini Pemilu 2024

1. Daftar nama 11 panelis debat, dari 1-5

Daftar 11 Panelis Debat Keempat Pilpres 2024Airlangga Hartarto, Zulhas, Yusril Hampiri Prabowo Saat Jeda Debat Perdana. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam keterangannya, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, KPU menggelar rapat untuk finalisasi persiapan pelaksanaan debat keempat.

"Debat akan dilaksanakan sebagaimana tenggat waktu yang sudah ditetapkan oleh KPU," kata August di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024) lalu.

Dalam debat keempat yang diikuti ketiga cawapres, KPU telah menetapkan 11 orang panelis, berikut nama-namanya:

1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).

2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).

3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform).

2. Daftar nama 11 panelis debat, dari 6-11

Daftar 11 Panelis Debat Keempat Pilpres 2024Gibran Dekati Mahfud MD Saat Beri Jawaban di Debat Cawapres. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Nama-nama panelis debat dari 6-11:

6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanaan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).

7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).

8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat).

9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015).

10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

11. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung).

3. Alasan JCC dipilih jadi lokasi debat

Daftar 11 Panelis Debat Keempat Pilpres 2024Debat Cawapres perdana pada Jumat (22/12/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pukul 19.00 WIB. Adapun, media penyelenggara debat keempat ini adalah SCTV, Indosiar, dan Metro TV.

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan, JCC dipilih karena ketersediaan tempat yang memadai dan ideal untuk diselenggarakan debat.

"Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," kata Mellaz.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Sunariyah
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya