Irwan Lapata, Bupati Termuda yang Memimpin Kabupaten Sigi

Irwan Lapata pernah menjadi staf ahli Bupati Donggala

Jakarta, IDN Times - Sebagai media multi-platformnya anak millennial, IDN Times akan menggelar Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang. Mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan, sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini juga akan dihadiri oleh 1.500-an millenial. Salah satu pemimpin yang akan hadir sebagai pembicara di acara ini adalah Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapata. Seperti apa sosok Irwan? Berikut profilnya:

Baca Juga: Banyu Biru Djarot, Politikus yang Jago Tangani Perusahaan Sakit

1. Politikus Golkar yang sukses memenangkan Pilkada serentak 2015

Irwan Lapata, Bupati Termuda yang Memimpin Kabupaten SigiTVSigi

Mohamad Irwan Lapata lahir di Palu, Sulawesi Tengah, 19 september 1968. Bapak empat anak ini merupakan politikus Partai Golkar. Tercatat dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPD I Golkar Sulteng.

Irwan menjadi salah satu politikus Golkar yang berhasil memenangkan Pilkada serentak 2015 lalu. Berpasangan dengan Paulina, yang menjadi wakilnya, Irwan terpilih sebagai Bupati Sigi periode 2016-2021.

2. Menjadi bupati termuda yang dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tengah

Irwan Lapata, Bupati Termuda yang Memimpin Kabupaten SigiTVSigi

Irwan berhasil merebut posisi tertinggi sebagai Bupati Kabupaten Sigi setelah berhasil mengalahkan tiga lawannya.

Dalam Pilkada 2015 lalu, pasangan Irwan-Paulina berhasil memenangkan 37.062 suara atau 30,05 persen. Sementara lawannya yakni Nurzain Djaelangkar-Ajub Willem Darawia memperoleh 29.590 suara atau 23,99 persen, Husen Habibu-Enos Pasaua memperoleh 32.413 suara atau 26,28 persen, dan Mohamad Agus Rahmat-Wardha memperoleh 24.264 suara atau 19,67 persen.

Atas kemenangan ini, Irwan dan Paulina dilantik menjadi bupati dan wakil bupati pada Rabu 17 Februari 2016, oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola. Irwan merupakan bupati termuda dari tujuh kepala daerah yang dilantik saat itu.

3. Bertekad menata dan memperbaiki pembangunan Kabupaten Sigi jadi lebih baik

Irwan Lapata, Bupati Termuda yang Memimpin Kabupaten SigiTVSigi

Irwan mengatakan, kemenangan yang diraihnya bersama Paulina di Pilkada 9 Desember 2015, bukanlah milik pribadi tetapi milik rakyat Sigi.

Kemenangannya sebagai Bupati Sigi disebutnya sebagai amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Kabupaten Sigi untuk menata dan memperbaiki pembangunan daerah menjadi lebih baik. Seperti dikutip dari Antara, dia juga berjanji, dalam membangun Sigi akan melibatkan masyarakat secara penuh.

4. Pernah menjadi staf ahli Bupati Donggala

Irwan Lapata, Bupati Termuda yang Memimpin Kabupaten SigiTVSigi

Selain sebagai politikus Golkar, suami dari Hazizah ini juga diketahui sebagai deklarator forum komunikasi pembentukkan Kabupaten Sigi.

Sebelumnya dia juga pernah bekerja sebagai staf ahli Bupati Donggala. Dia juga tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala.

Baca Juga: Ke Sigi, Menteri Rini Pastikan 550 Hunian Sementara Dibangun BUMN

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya