[LINIMASA] Perkembangan Terkini Pemilu 2024

Ada 3 pasang capres-cawapres yang bertanding di Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Komisi II DPR dan pemerintah, sepakat pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung pada 19 sampai 25 Oktober 2023.

Pada Pemilu 2024 ada tiga pasangan capres-cawapres yang bertanding. Ketiganya yakni Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Anies yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar diusung oleh Koalisi Perubahan yang beranggotakan Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasangan Anies dan Cak Imin (Amin) mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Capres selanjutnya yakni Ganjar Pranowo diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura. 

Adapun Prabowo diusung oleh Koalisi Indonesia Maju, yang merupakan gabungan dari Partai Gerinda, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Garuda, dan Partai Gelora.

Prabowo mengumumkan cawapresnya setelah Mahkamah Konstitusi membacakan keputusannya soal gugatan batas usia capres dan cawapres. Adapun MK membacakan putusan soal gugatan tersebut pada Senin, 16 Oktober 2023.

KPU akhirnya menetapkan tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 pada Senin, 13 November 2023. KPU juga sudah mengundi nomor urut capres-cawapres pada Selasa, 14 November 2023. Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan atau pemungutan suara yang bertepatan dengan Hari Valentin.

Berikut linimasa perkembangan pelaksanaan Pemilu 2024, dimulai dari putusan MK soal gugatan usia capes-cawapres, kemudian dilanjutkan tahap pendaftaran capres-cawapres, masa kampanye, hari tenang tenang, dan hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Baca Juga: 3 Capres-Cawapres Peserta Pilpres 2024, Profil dan Partai Pengusung

15 Januari: Ada petugas KPPS meninggal dan temuan Bawaslu terkait masalah pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengonfirmasi bahwa ada sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia.

Anggota KPU RI Idham Holik menuturkan, informasi tersebut didapat dari berbagai daerah.

Idham menuturkan, saat ini KPU masih melakukan pendataan lebih lanjut terkait nama, lokasi, dan penyebab petugas KPPS tersebut meninggal.

Sementara itu, Bawaslu menyebut menemukan sejumlah permasalahan selama pelaksanaan pemungutan suara. Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Kantor Bawaslu mengungkapkan, pihaknya menemukan sebanyak 19 permasalahan, dengan rincian 13 masalah pada pemungutan suara, dan 6 masalah pada pelaksanaan penghitungan suara.

"Data tersebut berdasarkan hasil patroli pengawasan di 38 provinsi, yang dituangkan melalui aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Pemilu (Siwaslu) hingga 15 Februari 2024 pukul 06.00 WIB," kata Bagja.

14 Januari: Pemilu digelar, hasil quick count Prabowo-Gibran raih suara terbanyak

Pemilu digelar serentak di seluruh Indonesia. Pencoblosan dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. 

Pada pemilu kali ini, pemilih mencoblos 5 surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden, memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat berbagai lembaga survei, pasangan capres-cawapres nomor urut dua yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara lebih banyak dibandingkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

13 Januari: Rosan Roeslani laporkan Connie Rahakundini terkait pencemaran nama baik

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, melaporkan Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie terkait pencemaran nama baik.

Pelaporan dilakukan oleh pengacara Otto Hasibuan ke Bareskrim Polri, Senin (12/2/2024) sore. Otto mengatakan, laporan tersebut telah diterima dengan nomor LP/B/52/II/2024/SPKT/BARESKRIM POLRI.

“Kemarin itu, kita legal standingnya dia (Rosan) sebagai pribadi aja karena nama baiknya,” kata Otto saat dihubungi, Selasa (13/2/2024).

Otto melaporkan Connie dengan Pasal 45 Jo 27 UU ITE. Rosan, kata dia, merasa ada ucapan-ucapan dugaan perbuatan pidana dan pencemaran nama baik.

“Padahal, Rosan telah membantah itu tidak benar, tapi dia mengatakan juga Bapak Rosan bahwa Pak Prabowo itu hanya dua tahun kemudian nanti akan diikuti oleh Gibran tiga tahun. Kan itu ada tuduhan seperti itu, Pak Rosan dituduh menyatakan seperti itu. Itulah kira-kira,” ujarnya.

12 Februari: Connie Bakrie ungkap Prabowo cuma jabat presiden 3 tahun hingga surat suara WNI di Malaysia sudah tercoblos

Analis Pertahanan dan Militer Connie Rahakundini Bakrie mengakui mendapat informasi soal masa jabatan Prabowo Subianto selama tiga tahun jika terpilih menjadi Presiden RI pada 2024 dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

Dia mengatakan, isu tertiup saat calon presiden nomor urut dua itu melakukan pertemuan dengan pebisnis di Singapura.

"Pak Prabowo menyatakan di depan para pengusaha di Singapura, beliau hanya akan tiga tahun, kemudian diteruskan Gibran. Kalau tidak salah ya, nanti tanya Pak Hasto langsung," kata Connie saat ditemui di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2024).

Connie mengatakan pernyataan itu disampaikan Prabowo. Jika memang Prabowo terpilih dan dilaksanakan berarti pihak yang akan melanjutkan kepemimpinan RI adalah Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden Prabowo.Dia bahkan mengatakan, Putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu bisa saja memimpin hingga 12 tahun dengan posisinya yang bisa kembali mencalonkan sebagai calon presiden di dua pemilu ke depan.

"Gibran itu karena dua tahun saja, maka kemudian akan boleh election dua kali. Jadi total 12 tahun," kata Connie.

Sementara, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia berinisial N, mengaku bahwa dirinya tidak bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 di Kuala Lumpur karena surat suaranya sudah tercoblos.

Pemilu di Kuala Lumpur, Malaysia, digelar pada 11 Februari 2024 bertempat di WTC Kuala Lumpur. Dilansir ANTARA, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur menetapkan ada 447.258 orang yang masuk di DPTLN Kuala Lumpur untuk mencoblos.

“Saya sudah DPTLN KL. Sudah cek juga dan benar saya sudah terdaftar. Jujur saya awam sekali soal ini. Jadi karena sudah terdaftar makanya saya langsung datang ke lokasi, bekal bukti DPTLN itu dan paspor, tanggal 11 Februari untuk nyoblos,” kata N, kepada IDN Times, Senin (12/2/2024).

N mengaku sempat ingin ikut pemilu di Malaysia dengan metode Kotak Suara Keliling (KSK) pada 10 Februari. Namun kala itu karena N baru selesai bekerja di sore hari, KSK pun sudah tutup.“Jadilah aku tanggal 11 Februari itu pagi-pagi buta datang dengan susah payah naik LRT demi antusias aku nyoblos,” sambung N.

 

Setelah sampai di WTC Kuala Lumpur, N mengaku langsung mengikuti alur antrean. Ia juga mengikuti screening data dan dinyatakan benar sudah terdaftar DPTLN.

“Aku masuk anteran awal dan dibilang harus antre dulu. Masuk, terus antre lagi dan akhirnya memang sudah DPT sesuai paspor. Nah di sini baru dioper sana-sini dan hampir rata-rata orang yang berbaju berompi ini juga bingung,” ujar N.

“Lalu sampai di satu meja dan terkuaklah bahwa surat suara atas nama saya sudah tercoblos katanya dari 19 Januari 2024. Padahal saya dapat info bahwa yang mau nyoblos langsung ya tanggal 11 Februari itu. Dan saya tidak merasa sudah menggunakan hak suara saya sebelumnya karena kan memang ikut pengumuman,” lanjut N lagi.

 

11 Februari: Hari pertama masa tenang film Dirty Vote tayang dan 192.201 APK diturunkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan, masa tenang Pemilu 2024 berlangsung selama tiga hari yakni pada 11-13 Februari 2024. Selanjutnya pada 14 Februari 2024, masyarakat Indonesia yang sudah memenuhi syarat memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS). 

Di hari pertama masa tenang, Koalisi Masyarakat Sipil merilis film dokumenter tentang desain kecurangan pemilu berjudul Dirty Vote.

Film ini resmi tayang hari Minggu (11/2/2024), mengambil momentum 11.11, yaitu 11 Februari bertepatan hari pertama masa tenang pemilu. Film ini mulai disiarkan pukul 11.00 WIB di kanal YouTube. Baru 10 jam dari waktu tayang perdana, film dokumenter yang disutradarai Dandhy Laksono ini sudah ditonton sebanyak 1,6 juta kali.

Selain itu, sebanyak 171 ribu pengguna YouTube menyukai film tersebut, dan dikomentari sebanyak 21 ribu kali.

Di hari pertama masa tenang, Satpol PP Provinsi DKI Jakarta menurunkan alat peraga kampanye (APK) secara serentak di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Hasilnya, sampai pukul 11.00 WIB sebanyak 192.201 APK baik baliho, spanduk, bendera, pamflet, stiker dan lainnya sudah diturunkan.

10 Februari: Ketiga capres-cawapres kampanye akbar di akhir masa kampanye

Ketiga pasangan capres-cawapres melakukan kampanye akbar di hari terakhir kampanye, 10 Februari 2024. Pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, menggelar kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS). 

Sementara pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Pabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Adapun pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kampanye akbar di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam kampanye Ganjar-Mahfud, massa sempat saling lempar botol ketika Puan Maharani berorasi. Puan pun meneriakkan kata solid untuk menenangkan massa. 

"Ayo tenang, kita buktikan pendukung 03 solid, Jateng solid!" imbuhnya.

Tak lama, ketegangan mereda. Kemudian, Ganjar mulai berorasi.

6 Februari: Jokowi tetapkan hari pemilu sebagai hari libur nasional, WNI di luar negeri sudah mulai mencoblos

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2024 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Sebagai Hari Libur Nasional.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada warga negara Indonesia menggunakan hak pilihnya, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Keputusan tersebut juga merujuk pada penetapan jadwal pemungutan suara yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sejalan dengan itu, Presiden Jokowi resmi menetapkan hari Rabu, 14 Februari 2024 sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sementara itu, Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di luar negeri sudah mulai menggunakan hak suaranya. Rangkaian pencoblosan di luar negeri diawali dari Hanoi dan Ho Chi Minh, Vietnam, pada 5 Februari 2024 kemarin.

Adapun metode yang digunakan para WNI ini adalah mencoblos langsung di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang ada di KBRI atau KJRI setempat maupun lokasi yang didiami banyak WNI, via pos, maupun Kotak Suara Keliling (KSK).

5 Februari: DKPP putuskan Ketua KPU langgar kode etik terkait pendaftaran Gibran jadi cawapres

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan bahwa Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari terbukti melanggar Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) terkait pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Bakal Calon Wakil Presiden pada 25 Oktober 2023 lalu.

Ketua DKPP Heddy Lugito dalam sidang pembacaan putusan empat perkara menjatuhkan sanksi berupa peringatan keras terakhir kepada Hasyim.

Selain Hasyim, DKPP juga memberikan sanksi kepada komisioner KPU lainnya, yakni Betty Epsilon Idroos, Mochamad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Namun sanksi yang diberikan kepada mereka juga hanya peringatan keras.

Diketahui, keempat perkara tersebut diadukan oleh Demas Brian Wicaksono (perkara nomor 135-PKE-DKPP/XII/2023), Iman Munandar B. (perkara nomor 136-PKE-DKPP/XII/2023), P.H. Hariyanto (perkara nomor 137-PKE-DKPP/XII/2023), dan Rumondang Damanik (perkara nomor 141-PKE-DKPP/XII/2023).

Meski demikian, DKPP memastikan bahwa peringatan keras terhadap Ketua KPU tidak berdampak terhadap pencalonan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Terkait putusan DKPP itu, Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka malah bertanya putusan DKPP itu terkait kasus yang mana. Kemudian dia menegaskan akan melihat lebih lanjut putusan DKPP yang dimaksud.

4 Februari: Debat capres-cawapres pamungkas tidak ada gontok-gontokan

Debat capres-cawapres putaran kelima Pemilu 2024, yang diikuti tiga capres, berlangsung tanpa gontok-gontokan antar-capres. Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo justru lebih kolaboratif. Tidak seperti debat-debat sebelumnya yang kerap diwarnai aksi saling sindir dan kritik untuk saling menjatuhkan.

Seperti ketika membahas soal perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri, ketiga capres sama-sama setuju agar pemerintah perlu mendekati aktivis, sehingga tahu berbagai persoalan yang dihadapi para migran.

Kesamaan pandangan ketiganya juga terlihat saat membahas masalah kebudayaan. Anies, Prabowo, dan Ganjar sama-sama setuju negara harus hadir dalam proses kebudayaan seperti yang disampaikan Trisakti Bung Karno, negara harus berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Kendati, ada kalanya Anies dan Ganjar kompak menyindir soal pembangian bantuan sosial atau bansos yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Anies dan Ganjar setuju pembagian bansos dilakukan secara transfer agar tidak dikorupsi. Bansos juga tidak dirapel tetapi dibagikan setiap bulan.

Baca Juga: Linimasa: Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

3 Februari: Luhut nyatakan dukung Prabowo-Gibran hingga Konser Salam Metal Ganjar-Mahfud

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan resmi mengumumkan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD memberikan indikasi bakal ada lagi pejabat yang mundur menjelang pemungutan suara Pemilu 2024, usai ia resmi mundur dari jabatan Menko Polhukam.

Presiden kelima Indonesia sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, turun gunung ikut berkampanye akbar pasangan calon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menerima masukan dari kelompok buruh pada Sabtu (3/2/2024). Usai pertemuan, Ganjar kembali menegaskan bahwa Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) perlu direvisi.

Calon Presiden Nomor Urut 2, Ganjar Pranowo, langsung menghubungi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, saat mengetahui eks Gubernur DKI Jakarta itu mundur sebagai Komisaris Pertamina. Dia langsung mengajak Ahok berkampanye mendukung Ganjar-Mahfud.

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, memilih beristirahat yang cukup pada Sabtu (3/2/2024) jelang debat pamungkas yang digelar pada Minggu, 4 Februari. Menurut Anies, pertanyaan yang akan dilontarkan saat debat tidak bisa diduga-duga. Sehingga, pihaknya tidak akan menyiapkan skenario tertentu.

Baca Juga: Pidato Lengkap Ganjar di Kampanye Akbar Konser Salam Metal

2 Februari: Jelang debat Prabowo waswas, Ganjar blusukan hingga Anies komentari aksi para guru besar kampus soal petisi demokrasi

Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, mengaku was-was jelang debat terakhir yang akan digelar pada Minggu, 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam apel akbar TKN Muda di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2024).

"Saya ini sebetulnya dalam keadaan was-was karena tanggal 4 saya akan debat lagi," ujar Prabowo.

Prabowo mengungkit dirinya diberi nilai 11 dari 100 oleh capres lain saat debat capres sebelumnya.

Namun Prabowo mengaku tidak akan peduli penilaian capres lain pada debat terakhir.

"Aku dikasih nilai 11 dari 100, gila-gila! Dia mau kasih nilai berapa kali ini ya? Gue dikasih nilai berapa kali. Tapi, gue akan jawab, 'emang gue pikirin? Emangnya lo siapa?" ujarnya.

Pada hari yang sama, para pendukung Prabowo-Gibran juga menggelar acara 2 Match Fun Futsal yang dihelat di Indonesia Aren.

Acara ini mempertandingkan empat tim futsal dengan rincian dua tim putra dan dua tim putri. Beberapa selebritas dan eks Timnas ikut ajang ini.

Sementara itu, Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo blusukan ke Palembang, Sumatra Selatan. Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku bahwa blusukannya ke berbagai daerah termasuk Palembang akan menjadi bahan untuk disampaikan dalam materi debat mendatang.

"Blusukan di Palembang, ke pasar-pasar ini, pasti menjadi materi yang saya siapkan untuk materi debat," ungkap Ganjar di Palembang, Jumat (2/2/2024).

Ganjar menerangkan, dirinya memilih blusukan sebagai bagian kampanye untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dengan mendengar dan melihat langsung kondisi di lapangan, dirinya dapat menyerap masalah masyarakat.

Adapun Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan, menyoroti tentang bersuaranya sejumlah guru besar kampus tentang demokrasi di Indonesia.

Menurut dia, jika hal itu terjadi maka ada masalah serius yang sedang terjadi.

Terbaru pada Jumat (2/2/2024), para Dewan Guru Besar Universitas Indonesia menuntut agar gerakan mobilisasi aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri untuk memenangkan salah satu paslon pada Pemilu 2024, disetop.

Mereka mengaku bahkan tidak akan tinggal diam bila tuntutan tersebut tidak dipenuhi oleh pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo.

"Kalau kampus-kampus sudah mulai menyuarakan artinya ada masalah yang serius. Ini perlu menjadi perhatian kita semua," ujar Anies di Jakarta pada hari ini.

Ia pun merefleksikan ke belakang bahwa proses pemilu dan kampanye yang dijalani tidak mudah. Sering kali banyak tantangan yang dihadapi seperti misalnya izin penggunaan tempat tiba-tiba untuk kampanye dicabut dan bergeser.

 

1 Februari: Anies kampanye di Manado, Prabowo joget di Malang hingga Mahfud MD resmi mundur sebagai Menko Polhukam

Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, mengunjungi Deli Serdang, Kamis (1/02/2024) sore. Hadirnya Anies disambut puluhan ribu pendukungnya yang tumpah ruah di Lapangan Reformasi, Percut Sei Tuan. 

Tak hanya di dalam lapangan, masyarakat bahkan telah memadati sepanjang jalan dari gerbang Tol Bandar Selamat sampai tempat dihelatnya konsolidasi akbar. Menariknya, Anies sempat berjalan kaki beberapa kilometer karena suasana jalan raya Tembung-Batang Kuis macet total.

Di hadapan ribuan pendukungnya di Deli Serdang, Anies mengungkapkan betapa kagum dirinya melihat antusiasme warga Deli Serdang. Bahkan dirinya mengklaim jika sepanjang koalisi yang mengusungnya mengadakan kampanye, Deli Serdang adalah yang paling ramai.

"Saya tiba di sini dapat sambutan yang luar biasa. Mungkin ini yang paling banyak dihadiri. Tadi kami semua yang hadir, tamu-tamu, pada berjalan beberapa kilometer sampai ke sini. Pastinya saya melihat bahwa masyarakat Sumatra Utara menginginkan perubahan," kata Anies.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, berkampanye di GOR Gajayana, Malang, Jawa Timur (Jatim), Kamis sore.

Prabowo disambut langsung oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Wakil Ketua Umum Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Saat tiba di GOR Gajayana, Prabowo dan SBY terlihat saling hormat. Setelah itu, keduanya bersalaman dan saling memeluk.

Prabowo kemudian menyalami Ibas dan AHY. AHY pun memakaikan rompi Demokrat kepada Prabowo. Setelah itu, mereka berjalan bersama menuju panggung untuk menyapa ribuan orang yang hadir di GOR Gajayana.

Prabowo yang berjalan lebih dulu sempat menghampiri dan menyalami beberapa pendukungnya. Sambil diiringi musik, Menteri Pertahanan (Menhan) itu sempat bergoyang dengan ciri khas gerakan silat.

Ibas bersama istri, Siti Ruby Aliya dan AHY bersama istri, Annisa Pohan pun ikut bergoyang mengelilingi Prabowo.

Momen itu pun membuat GOR Gajayana bergemuruh sorak dari ribuan pendukungnya.

Dalam acara itu, Prabowo juga sempat berkelakar sedang waswas menghadapi debat capres terakhir pada Minggu (4/2/2024). Dengan nada nyeleneh, Prabowo mengaku khawatir diberi nilai jeblok oleh capres lain.

“Sebentar lagi tanggal 4 saya mau debat lagi, tapi aku agak waswas. Debat terakhir aku diberi nilai 11 dari 100, aku gak tau nilai berapa kali ini, emang gue pikirin?” kelakar Prabowo disambut riuh ribuan pendukung.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berkampanye di Manado, Sulawesi Utara. Dalam acara itu, Ganjar berjanji akan memprioritaskan sejumlah hal apabila terpilih menjadi presiden.

"Saya kira lapangan kerja menjadi isu utama, maka kemudian SDM mesti kita siapkan dan itulah yang menjadi PR besar Ganjar-Mahfud," ujar Ganjar dalam keterangannya.

Adapun pasangan Ganjar, yaitu Mahfud MD resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pernyataan Mahfud itu disampaikan usai menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya menyampaikan surat tentang kelanjutan tugas saya sebagai Menko Polhukam, intinya saya mengajukan permohonan untuk berhenti," ujar Mahfud di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/2/2024).

"Saya secara resmi dengan penuh hormat memohon berhenti dengan surat tersebut," imbuhnya.

31 Januari: AMIN kampanye ke Madura, TKN laporkan TPN ke Bawaslu, hingga persiapan Ganjar jelang debat pamungkas

Pasangan capres dan cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berkampanye di Sumenep dan Pamekasan, Madura untuk melanjutkan roadshow kampanye mereka. Mereka bertemu dengan sejumlah ulama dan habaib di sejumlah pondok pesantren yang ada di Madura. AMIN yakin bisa merebut suara cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD.

Dalam kesempatan ini, Cak Imin berjanji akan memberikan kuota penerimaan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) afirmasi khusus untuk kalangan santri. Dia menyebut, selama ini LPDP hanya diikuti kalangan ekonomi menengah ke atas.

Tim Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu (Tim TP4) Fanta Law, bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran melaporkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud atas dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu. Adapun, mereka yang dilaporkan yakni cawapres Mahfud MD, Juru Kampanye TPN Ganjar-Mahfud yang juga pesulap Limbad, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Tim Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu (Tim TP4) Fanta Law, bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran melaporkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud atas dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu. Adapun, mereka yang dilaporkan yakni cawapres Mahfud MD, Juru Kampanye TPN Ganjar-Mahfud yang juga pesulap Limbad, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan, ada sejumlah hal yang akan menjadi fokus Ganjar Pranowo pada debat kelima nanti. Salah satunya terkait dengan pendidikan.

"Belum optimalnya kesejahteraan dan kualitas pendidik, masalah aksesibilitas pendidikan inklusif, dan beberapa permasalahan lainnya akan menjadi fokus Mas Ganjar pada debat terakhir nanti,” ujar Andi dalam keterangannya, dikutip Rabu (31/1/2024).

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, merespons isu suasana Kabinet Indonesia Maju yang sudah tidak kondusif. Dia mengatakan suasana rapat masih dalam kondusif dan diselingi kelakar. "Sebelum, di sela-sela dan sesudah sidang kabinet, kami semua ngobrol serta berkelakar dan tertawa seperti biasa," ujar Pratikno kepada wartawan, Rabu (31/1/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membagi lokasi kampanye dari tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menggunakan zona A, B dan C. Zona kampanye akbar itu ditandatangani Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, melalui Keputusan KPU Nomor 78 Tahun 2024.

Selain itu, KPU RI mempertimbangkan akan menambah durasi segmen keenam pada debat capres-cawapres putaran kelima Pilpres 2024, yang akan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024.

Anggota KPU RI, August Mellaz, mengatakan usulan untuk menambah durasi itu khusus di segmen keenam. Pada bagian segmen terakhir itu, ketiga capres dipersilakan menyampaikan pernyataan tertutup (closing statement).

Sementara, Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyatakan tidak akan melaporkan Fahri Hamzah ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lantaran telah menyebarkan misinformasi bahwa Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bakal dibui seandainya kalah di pemilu 2024.

Pada hari yang sama, Jaleswari Pramodhawardani juga menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Jaleswari mengatakan, dirinya mundur tertanggal 1 Februari 2024. Dia mundur karena sudah masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Jaleswari menjabat sebagai Deputi Inklusi di TPN Ganjar-Mahfud.

Founder Drone Emprit and Media Kernel Indonesia, Ismail Fahmi merilis soal perbandingan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden di media sosial TikTok. Analisis itu dilakukan untuk unggahan sejak tanggal 21 sampai 30 Januari 2024.

Dari hasil analisis tersebut, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jadi paslon dengan jumlah interaksi yang apik di TikTok. Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar jadi paslon dengan jumlah unggahan terbanyak.

Baca Juga: TKN Laporkan Mahfud MD, Limbad, dan OSO ke Bawaslu

30 Januari: AMIN kampanye di Tegal, survei Prabowo-Gibran tembus 50,7 persen, dan Mahfud hendak temui Jokowi

Pasangan capres dan cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menggelar kampanye akbar di Lapangan Pendawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024). Ini pertama kalinya bagi pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) berkampanye bersama di Jawa Tengah.

Cak Imin lebih dulu tiba di Lapangan Pendawa Kabupaten Tegal. Ia tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.22 WIB. Cak Imin terlihat menggunakan pakaian olahraga dengan balutan celana dan kaus berwarna hitam yang dibalut jaket warna hijau muda.

Pantauan IDN Times di lokasi, massa yang berasal dari kader dan simpatisan Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), memenuhi Lapangan Pendawa, Kabupaten Tegal. Mereka datang ke lokasi sejak pagi untuk bertemu Anies-Cak Imin. Pada kampanye akbar itu, sejumlah warga pingsan karena diduga kekurangan oksigen akibat berdesakan.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny merilis survei nasional terbaru, Selasa (30/1/2023). Salah satu temuannya, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyentuh angka 50,7 persen. Karena itu, terbuka peluang Pemilu 2024 satu putaran jika Prabowo-Gibran mempertahankan elektabilitasnya.

Masyarakat yang tergabung dalam Relawan Pajajaran juga mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Mereka berharap Indonesia menjadi negara adil dan makmur dibawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Pratikno mengatakan, pertemuan itu terjadi pada Senin (29/1/2024) malam.

Pratikno mengatakan, dalam pertemuan itu, Mahfud MD tidak menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam, sebagaimana yang disampaikan sebelumnya dia akan keluar pada momen yang pas. Namun, ia meminta Pratikno mengajukan permohonan agar bisa bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Sementara, istri calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, berkampanye di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024). Dalam kesempatan itu, Atikoh bicara mengenai pentingnya kesehatan mental. Dia juga mengajak korban bullying atau perundungan agar berani melawan. Sebab, hal itu penting untuk menjaga kesehatan mental.

Co-Captain Timnas AMIN, Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Senin (29/1/2024) karena diduga telah mengunggah pasal palsu. Pelapor merupakan Advokat Lingkar Nusantara (LISAN) yang berkantor di Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah jadwal pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di Jeddah, Arab Saudi, untuk Pemilu 2024. Pergantian jadwal itu tercantum dalam Keputusan KPU Nomor 122 Tahun 2024 yang telah ditetapkan pada 28 Januari 2024, dan ditandatangani Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Sebelum Mundur dari Kabinet, Mahfud Minta Bertemu Presiden Jokowi

29 Januari: Anies dapat dukugan dari Rhoma Irama, Prabowo makan bakso dengan Jokowi di Magelang, hingga Slank ciptakan lagu untuk Ganjar-Mahfud

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan, memulai pekan kedua agenda kampanye akbar dengan mengunjungi Pondok Pesantren Al-Itqon, Kosambi, Jakarta Barat, Senin (29/1/2024). Bagi Anies, sang pemilik ponpes, KH Mahfudz Asirun sudah dianggap sebagai gurunya.

Anies mengatakan pemilu tersisa 16 hari lagi sehingga ia memohon doa dan menitipkan Kota Jakarta kepada KH Mahfudz. Selain itu, Anies mengajak warga ikut mengawal penghitungan suara di Tempat Pemugutan Suara (TPS) masing-masing.

Sedangkan, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menghadiri rapat umum rakyat Yogyakarta, Senin (29/1/2024), sebagai bagian dari agenda roadshow kampanye, mendekati hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Dalam kampanyenya, dia ditemani Wakil Kapten Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong. Ini menjadi pertama kalinya bagi Tom Lembong untuk turun langsung ke lapangan ikut kampanye pada Pilpres 2024. Cak Imin berencana mengajak Thomas Lembong meladeni Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan untuk mengecek hilirisasi tambang ke sejumlah daerah.

Dalam acara "Desak Anies" yang digelar Senin (29/1/2024) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Raja Dangdut, Rhoma Irama yang sempat menghibur massa pengemudi ojek daring dan buruh, resmi memberikan dukungan politik kepada Anies-Cak Imin.

Juru bicara timnas AMIN, Iwan Riadi Tarigan, merespons salam empat jari yang tengah ramai di media sosial. Dia menyebut hal itu merupakan simbol perlawanan yang lahir secara orisinal dari masyarakat. Gerakan salam itu merupakan ekspresi politik yang menandakan agar tidak memilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo makan bakso di warung pinggir jalan bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Keduanya makan bersama setelah Presiden Jokowi meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, Prabowo mengaku hanya diajak makan oleh Jokowi. Menurutnya, Jokowi tahu di mana makanan yang enak.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengaku sudah diajak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsunya, Kaesang Pangarep untuk ikut berkampanye. Namun, Jokowi tak menegaskan apakah dirinya akan ikut kampanye atau tidak, namun dia menyinggung soal kisruh ucapannya terkait presiden boleh berkampanye.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengaku bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Minggu (28/1/2024). Dia mengaku, salah satu pembahasan dalam pertemuan itu ada terkait politik.

Hari ini juga viral video cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, dinyanyikan lagu "Sore Tugu Pancoran" karya Iwan Fals. Video tersebut salah satunya diunggah oleh @kegblgnunfaedh. Momen menarik terjadi ketika lirik yang seharusnya dinyanyikan dengan lirik ‘anak sekecil itu berkelahi dengan waktu,' tetapi dipelesetkan dan diikuti orang-orang di sekitar Gibran menjadi ‘anak sekecil itu berkelahi dengan Mahfud.'

Gibran kembali berkampanye di Jawa Tengah, yang merupakan basis suara PDI Perjuangan (PDIP). Sambil berseloroh kepada awak media, dia menyebut, ia tidak pernah berniat menggoyang suara kandang banteng moncong putih itu, namun hanya menggoyang sedikit suara PDIP.

Sejumlah relawan pendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo-Gibran juga meluncurkan platform digital Suarapagi.id. Aplikasi ini dibentuk sebagai alat edukasi politik di kalangan milenial dan gen z, sekaligus untuk mengawal suara Prabowo-Gibran di TPS.

Ada juga Forum Masyarakat Adat Buru Bersatu mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Mereka bertekad memenangkan paslon nomor urut 02 tersebut dalam pemilu satu putaran.

Hari ini, Grup band Slank juga membuat lagu untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjudul "Salam Metal." Vokalis Slank, Kaka mengatakan lagu tersebut juga ditandai sebagai band-nya untuk turun gunung memenangkan Ganjar-Mahfud.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja akan dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait pernyataan saat menanggapi salam dua jari yang diacungkan dari mobil RI 1 ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan istrinya, Iriana Jokowi, berkunjung ke Salatiga, Jawa Tengah.

Ketua Umum Jarnas Gamki Gama, Rapen Sinaga menegaskan, Bagja sebagai Ketua Bawaslu tidak boleh menyimpulkan siapa yang mengacungkan salam dua jari tersebut. Sebab, Bagja sempat menyinggung, sosok yang mengacungkan salam dua jari itu ialah Iriana.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama perwakilan partai politik, serta Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Satpol PP Jakarta Pusat, telah menertibkan 2.881 alat peraga kampanye (APK) pemilu. Semua APK dianggap melanggar ketentuan pemasangan di delapan wilayah kecamatan di Jakarta Pusat. Ketua Bawaslu Jakarta Pusat, Christian Nelson Pangkey, mengatakan kegiatan merapikan APK digelar serentak sejak Jumat-Sabtu (26-27/1/2024). 

Di sisi lain, pemerintah mengklaim ada penurunan pemakaian politik identitas dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024. Waki Menkominfo Nezar Patria dalam agenda Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Dewasa Berdemokrasi pada Pemilu 2024, Senin (29/1/2024), mengatakan saat ini masyarakat Indonesia semakin dewasa.

Nezar mengatakan teknologi artificial intelligence (AI) banyak digunakan dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024. AI digunakan untuk menyebar kampanye hitam atau black campaign, sehingga sulit dikenali.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilun (Bawaslu) tak pelit informasi kepada jurnalis. Keterbukaan informasi pada masa pemilu, kata dia, seharusnya bisa dengan mudah didapat oleh jurnalis yang ada di daerah.

Verrell Bramasta, calon anggota legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat 7 dari PAN memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawalu) Kabupaten Bekasi pada Senin (29/1/2024). Verrell diketahui dilaporkan ke Bawaslu tentang dugaan melakukan kampanye di lingkungan tempat ibadah.

Hal menarik lainnya hari ini, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti, mengatakan, Polri hanya akan mengawasi 12 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar negeri dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Krishna menjelaskan, minimnya lokasi pengawasan itu disebabkan terbatasnya anggaran.

Baca Juga: Anggaran Tipis, Polri Cuma Awasi 12 TPS Luar Negeri

28 Januari: Ganjar dialog dengan nelayan, Anies ke Bandung, hingga Prabowo

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, berkampanye di Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatra Utara, Minggu (28/1/2024). Dalam acara tersebut, ribuan nelayan hadir untuk mendengarkan orasi politik Ganjar.

Ganjar mengatakan, sudah bertemu dengan sejumlah nelayan di beberapa daerah. Menurutnya, keluhan nelayan di setiap daerah hampir sama, yaitu soal utang.

Dalam kesempatan itu, Ganjar berjanji bila terpilih menjadi presiden, maka kredit macet nelayan akan dihapuskan. Menurutnya, angka kredit macet nelayan tak besar.

"Kita pernah hitung dan tidak terlalu banyak itu. Makanya kita juga dorong agar mereka bisa bangkit lagi untuk kita hapuskan dan mereka tentu akan sangat senang," kata dia.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, hadir di Kota Bandung untuk melakukan kampanye bersama Partai Nasdem. Dia didampingi sejumlah tokoh politik dari partai tersebut termasuk Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Bahkan, tampak juga Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla di tengah-tengah panggung bersama Anies.

Dalam orasinya, Anies Baswedan mengajak kepada masyarakat untuk berani mengambil langkah perubahan. Menurutnya, selam setahun lebih berkeliling Indonesia dan bertemu banyak orang, tidak sedikit yang intin melakukan perubahan pada kebaikan di negeri ini.

"Kita menyaksikan selama ini ada sekelompok kecil yang menikmati ketimpangan, menikmati ketidakadilan, yang selama ini justru membuat kita tidak bisa makmur untuk semua. Merekalah yang tidak menginginkan perubahan," kata Anies di Lapangan Tegallega, Bandung, Minggu (28/1/2024).

Adapun Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, berkampanye di Subang, Jawa Barat hingga Banten. Prabowo juga menerima dukungan dari sejumlah relawan, salah satunya dari para pengemudi bajaj.

Dukungan itu dideklarasikan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Mereka tergabung dalam Relawan Arus Bawah Indonesia.

Deklarasi dukungan itu secara resmi diterima Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Misbahul Munir Cholil. Misbah mengatakan, dukungan yang disampaikan Arus Bawah Indonesia menunjukkan bahwa sosok Prabowo-Gibran diterima dan dicintai seluruh kalangan masyarakat.

Baca Juga: Surya Paloh dan Jusuf Kalla Hadir pada Kampanye Anies di Bandung 

27 Januari: Kampanye tiga capres, Anies kunjungan ke Riau, Ganjar temui Emil Salim hingga Prabowo dampingi Gibran dapat dukungan relawan muda

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, bersilaturahmi ke rumah mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Emil Salim di Jalan Taman Patra XIV Nomor 10-11, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/1/2024) malam.

Ganjar tiba ke kediaman Emil sekitar pukul 19.10 WIB. Pertemuan keduanya berlangsung selama lebih dari satu jam.

"Ya, rasa-rasanya saya sedang mendapatkan kuliah singkat dari seorang punggawa ekonomi yang punya pengalaman luar biasa di banyak bidang, saya senang sekali," kata Ganjar usai pertemuan.

Dalam pertemuan itu, Ganjar mengaku membahas sejumlah isu penting mengenai lingkungan. Emil menyampaikan agar semua kandidat yang maju dalam Pilpres 2024 memperhatikan masalah mengenai perubahan iklim. Terlebih peluang Indonesia jadi negara maju ada saat ini terbuka lebar.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif III, Pekanbaru, Riau, Sabtu, sekitar pukul 14.30 WIB. Ini kali ketiga Anies melakukan kampanye di Riau.

Kali ini Anies bakal berkampanye di Lapangan Bukit Gelanggang, Dumai yang berjarak sekitar 2 jam dari Pekanbaru.

"Kami baru saja mendarat di Pekanbaru, setelah itu langsung meluncur ke sana untuk menemui masyarakat yang ada di Dumai," ujar Anies, Sabtu sore.

Ia mengatakan, semangat perubahan sudah terasa di Riau. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu semakin optimistis semangat perubahan jelang hari pencoblosan makin terasa kuat.

Rencananya, kampanye Anies di Dumai bakal diikuti sekitar 25 ribu masyarakat. Bawaslu pun turut melakukan pengawasan melekat.

Adapun Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, mendampingi Cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam agenda Suara Muda Indonesia untuk Prabowo Gibran di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Sabtu.

Saat membeir pidato, Prabowo buka suara soal seringnya cawapres yang jadi pasangannya, yakni Gibran Rakabuming Raka, diremehkan sejak ikut dalam Pemilihan Presiden 2024.

Dalam sambutannya, Prabowo awalnya bercerita bagaimana dirinya acap kali menjadi pelaku perundungan pada adiknya, yakni Hasyim Djojohadikusumo, saat masih kecil.

Namun, saat dewasa Prabowo mengaku jika adiknya itu justru banyak membantunya. Hasyim justru yang memberinya pekerjaan kepadanya usai tak punya pekerjaan.

"Itulah namanya jangan suka bully orang. Mas Gibran suka diejek-ejek," kata Prabowo kepada ribuan pendukungnya.

Dia kemudian menanyakan kepada pendukungnya apakah pilihan cawapresnya sudah paten?

"Kita lihat sendiri bagaimana beliau sekarang, paten. Paten gak? Paten gak pilihan gue?," kata Prabowo

26 Januari: Jokowi pamerkan aturan Presiden boleh kampanye pakai kertas besar hingga tanggapan Prabowo soal Presiden boleh memihak di Pemilu 2024

Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali buka suara soal pernyataannya yang pro-kontra, bahwa presiden boleh berkampanye. Banyak yang tak sependapat dengan apa yang disampaikan Jokowi.Bahkan, ada yang meminta Jokowi menarik pernyataannya. Namun, Jokowi nampak tak ambil pusing.

Dengan mengenakan setelan jas, Jokowi menjelaskan presiden dan wakil presiden boleh berkampanye. Jokowi bahkan mencetak aturan yang memperbolehkan presiden dan wakil presiden berkampanye menggunakan kertas besar.

Kertas yang dibawa Jokowi itu bertuliskan "UU Nomor 7 Tahun 2017 (Tentang Pemilihan Umum) Pasal 299 Presiden dan Wakil Presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye".

"Itu kan ada pertanyaan dari wartawan mengenai menteri boleh kampanye atau tidak? Saya sampaikan ketentuan dari aturan perundang-undangan. Ini saya tunjukin Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2017, jelas menyampaikan di pasal 299 bahwa presiden dan wakil presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye," ujar Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/1/2024).

Jokowi menegaskan, apabila presiden dan wakil presiden ingin berkampanye, tidak boleh menggunakan fasilitas negara. "Kemudian juga pasal 281 juga jelas. Bahwa kampanye pemilu yang mengikutsertakan presiden, wakil presiden harus memenuhi ketentuan tidak menggunakan fasilitas dalam jabatan kecuali fasilitas pengamanan dan menjalani cuti di luar tanggungan negara. Udah jelas semuanya kok," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi meminta kepada semua pihak untuk tidak menarik isu tersebut ke mana-mana. Sebab, aturannya sudah jelas dalam undang-undang. "Sekali lagi, jangan ditarik ke mana-mana, jangan diinterpretasikan ke mana-mana. Saya hanya menyampaikan ketentuan aturan perundang-undangan, karena ditanya," imbuhnya.

Sementara, Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto akhirnya merespons pernyataan Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait seorang presiden boleh berpihak dan berkampanye. 

Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) itu, soal presiden berpihak dan berkampanye sudah diatur dalam atura Pemilu. 

“Saya kira sudah ada diskursus dan sudah diatur oleh peraturan semuanya. Saya kira kita berpegang kepada itu saja,” kata Prabowo di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2024).

 

 

25 Januari: Sindiran Anies soal sikap memihak Jokowi dan dalih TKN soal pose dua jari presiden

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan menyentil sikap Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang akhirnya mengaku memihak salah satu paslon di Pemilu 2024.

Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa presiden dibolehkan untuk ikut mengampanyekan paslon tertentu. Namun, ia harus cuti dan dilarang menggunakan fasilitas negara.

Kendati demikian, publik ragu Jokowi bisa sepenuhnya melepas fasilitas negara saat mengampanyekan Prabowo-Gibran. Anies pun ragu komitmen Jokowi tersebut.

"Netral itu tidak perlu mengeluarkan effort apapun, tapi kalau intervensi itu harus ada effort. Kalau mau terlibat sudah pasti ada effort khusus," ujar Anies di Padang, Sumatra Barat, Kamis (25/1/2024).

"Jadi, menurut saya, sudah jalankan saja sikap netralitas. Toh, ini sedang menceritakan sejarah kok. Bukan memenangkan salah satu," imbuhnya. Di sisi lain, Anies pun percaya ASN, Polri, dan TNI akan tetap bersikap netral meski Jokowi membolehkan menteri berkampanye.

Sementara, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani buka suara soal pose dua jari yang diacungkan dari dalam mobil kepresidenan Indonesia I yang digunakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Adapun, pose dua jari itu sempat ditunjukkan usai Jokowi membagikan bantuan sosial di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).

Muzani menegaskan, pose dua jari yang ditunjukkan tersebut tidak bisa diterjemahkan sebagai bentuk dukungan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Muzani berdalih, pose dua jari itu bisa dimaknai sebagai peace atau perdamaian.

"Enggak serta merta kalau begini (dua jari) dimaknai sebagai dukungan. Nanti sebentar lagi juga 01 dan 03 ketika bicara tentang Palestina juga begini (dua jari), damai," tutur Muzani kepada awak media di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2024).

 

24 Januari: Jokowi sebut presiden boleh kampanye dan aturan yang sebenarnya

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, seorang presiden boleh kampanye di tahun politik. Menurutnya, itu menjadi pilihan individu presiden.

"Semua itu peganganya aturan kalau aturan boleh silakan, kalau aturan boleh silakan kalau aturan tidak boleh tidak sudah jelas itu, jangan presiden tidak boleh (berkampanye), boleh berkampanye, boleh. Tapi kan dilakukan atau tidak dilakukan terserah individu masing-masing," ujar Jokowi di Pangkalan Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Jokowi mengatakan, presiden, menteri atau pejabat publik lainnya bisa berkampanye asalkan jangan menggunakan fasilitas negara.

Pernyataan Jokowi ini kontan mengundang pro dan kontra. Perludem meminta Presiden Jokowi untuk menarik pernyataannya itu. Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengaku sedih dengan keberpihakan yang ditunjukkan Jokowi kepadapaslon tertentu

Cak Imin mengatakan, presiden merupakan pemimpin tertinggi dalam berbagai hal, baik konstitusi, kemanusiaan, dan berbagai kultur. Dengan demikian, Jokowi harus mampu menjaga marwahnya sebagai seorang presiden.

Adapun Wakil Kapten Timnas Anies-Muhaimin, Thomas Trikasih Lembong, menduga ada masalah yang sangat serius di kubu Prabowo-Gibran, sampai Presiden Jokowi terpaksa harus turun tangan untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024 yang akan datang.

Ditilik dari aturan, dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan bahwa presiden dan wakil presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye. Hal ini diatur secara tegas dalam Pasal 299 UU. Berikut bunyi Pasal 299:

(1) Presiden dan wakil Presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye

(2) Pejabat negara lainnya yang berstatus sebagai anggota partai politik mempunyai hak melaksanakan kampanye.

(3) Pejabat negara lainnya yang bukan berstatus sebagai anggota partai politik dapat melaksanakan kampanye, apabila yang bersangkutan sebagai:
a. calon presiden atau calon wakil presiden;
b. anggota tim kampanye yang sudah didaftarkan ke KPU; atau
c. pelaksana kampanye yang sudah didaftarkan ke KPU.

23 Januari: Janji para capres, dari 1 juta apartemen hingga internet gratis super cepat

Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN), Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo, menjanjikan capres-cawapres nomor urut 2 akan membangun 1 juta apartemen di Jabodetabek untuk warga Betawi.

Janji ini disampaikan saat calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Gibran mendapat dukungan dari relawan Betawi, yang disampikan di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, menyodorkan program internet gratis super cepat dan pelatihan SDM untuk pengembangan wisata di daerah. Janji ini disampaikan Ganjar saat bertemu pegiat wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, yang mengeluh susahnya mempromosikan obyek wisata Goa Ngingrong yang sudah diakui UNESCO.

Berbeda dengan dua capres lainnya, cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan menyoroti sejumlah menteri Pemerintahan Jokowi yang menjadi tim sukses. Anies pun mendorong Presiden Jokowi agar menjatuhkan sanksi kepada para menteri aktif yang malah bergabung menjadi tim sukses paslon tertentu. Terbaru, menteri aktif yang secara terang-terangan memihak salah satu paslon adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

22 Januari: Usai debat, cawapres live Tiktok, ingin makan seblak, dan ada yang capai

Usai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam, Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, melakukan live atau siaran langsung di TikTok bersama calon presiden Anies Baswedan.

Cak Imin menuturkan, jumlah penonton siaran langsung di TikTok itu mencapai sembilan juta pengguna.

"Mengejutkan, tadi malam habis debat, saya sama Mas Anies live TikTok. Yang nonton tahu nggak berapa? Sembilan juta orang," kata Cak Imin saat sambutan di depan pimpinan majelis taklim se-Kota Depok, Senin (22/1/2024).

Adapun calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming, mengaku ingin menyantap masakan khas Sunda, seblak usai mengikuti debat keempat.

Hal itu disampaikan Gibran dalam kicauan singkat di akun jejaring media sosial X (sebelumnya Twitter), @gibran_tweet.

"Pengen seblak," kata dia dalam akun media sosial pribadinya. Sontak kicauan itu mendapat banyak tanggapan dari warganet.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mengaku capai usai berdebat selama 2,5 jam di JCC. Meski demikian, Mahfud mengaku bersyukur debat tersebut dapat menghasilkan ilmu baginya.

"Capek juga berdebat selama dua setengah jam. Tapi, saling menimba ilmu," ujar Mahfud dalam cuitannya di akun X-nya, dikutip Senin (22/1/2024).

21 Januari: Ketiga cawapres adu gagasan, visi dan misi di debat keempat Pilpres 2024

Ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD mengikuti debat keempat Pilpres 2024. Debat kedua khusus cawapres ini berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengaku melakukan persiapan jelang debat, salah satunya dengan membaca buku dan berdiskusi dengan Anies Baswedan.

Ia pun mengaku tak bisa mengubah gaya bicaranya di depan umum yang sudah kadung dikenal ceplas-ceplos. Menurutnya, gaya bicara tersebut sudah menjadi takdir.

Sementara itu, Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Khofifah Indar Parawansa ikut mendampingi Gibran. Selain Khofifah, Menteri BUMN Erick Thohir juga hadir mendampingi.

Adapun cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD mengatakan, konsep pakaian untuk debat cawapres malam ini adalah lingkungan hidup. Untuk itu, Mahfud MD memakai baju ala Mapala.

"Konsep baju ini, konsep kami kan lingkungan hidup, jadi baju ini baju mapala, mahasiswa pencinta alam,"ujar Mahfud di Posko Ganjar Mahfud Posko Ganjar-Mahfud di Jalan Teuku Umar, Menteng, Minggu (21/1/2024).

20 Januari: Slank deklarasi dukungan ke Ganjar-Mahfud, Anies jawab isu temuan Departemen Kehakiman AS soal dugaan penerimaan suap dari perusahaan Jerman, SAP kepada Pemprov DKI

Band Slank Resmi mendeklarasikan dukungan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Deklarasi ini dilakukan di Jl. Potlot, Pancoran, Jakarta Selatan.

Grup beranggotakan lima orang, yang terdiri atas vokalis, Akhadi Wira Satriaji (Kaka); drumer, Bimo Setiawan Almachzumi (Bimbim); basis, Ivan Kurniawan Arifin alias Ivan; dan gitarisnya, Muhammad Ridwan Hafiedz (Ridho), menyatakan dukungannya hanya 25 hari menjelang pergelaran Pilpres 2024.

Bimbim mengatakan bahwa Slank menyampaikan sejumlah syarat sebelum mendeklarasikan dukungan bagi Ganjar-Mahfud. Syarat itu diberi nama Revolusi Cinta. "Ada beberapa poin yang Slank dan Slanker minta yang niscaya nanti menang sebagai presiden bisa dijalankan," ujarnya.

Ganjar Pranowo menyambut baik dukungan dari Slank dan Slankers. Menurutnya, dukungan ini menambah semangat untuk memenangkan Pemilu Presiden 2024.

Sementara, Calon Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan mendorong agar pemerintah ikut menindaklanjuti temuan dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) soal dugaan penerimaan suap dari perusahaan Jerman, SAP kepada beberapa pejabat di sejumlah instansi di Tanah Air.

Sejumlah instansi yang disebut di situs resmi Departemen Kehakiman itu antara lain Pemprov DKI Jakarta dan PT Mass Rapid Trans Jakarta (MRT). Praktik pemberian suap itu terjadi pada periode 2015 dan 2018, ketika Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Ditindaklanjuti saja, ditindaklanjuti. Tegakkan hukum dan keadilan. Jadi, semua yang terlibat ya diproses saja," ujar Anies di daerah Kuningan, Jakarta Selatan pada Sabtu (20/1/2024).

Ia pun mengaku juga tidak tahu ada dugaan penerimaan aliran dana suap dari Perusahaan Jerman, SAP ke Pemprov DKI Jakarta. "Saya tidak tahu hal itu (soal penerimaan suap)," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN), Budisatrio Djiwandono, menegaskan bahwa paslon nomor urut dua Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka berkomitmen terhadap upaya konservasi alam.

Budisatrio menuturkan, keberpihakan tersebut ditunjukkan secara jelas dalam visi dan misi Prabowo-Gibran.

Pria yang akrab dipanggil Budi itu menjelaskan, Prabowo-Gibran dalam visi dan misinya membahas tentang perlindungan serta penghentian pengrusakan kawasan konservasi, perlindungan satwa dan tumbuhan langka, disertai hukuman yang berat pada pihak yang melanggar. “Untuk konservasi alam, baik tumbuhan, hewan dan ekosistem, Prabowo-Gibran memiliki keberpihakan penuh. Semua pihak harus terlibat dengan penegakan hukum yang tegas dan semangat kolaboratif. Ini adalah prioritas dan penting untuk generasi mendatang,” ucap Budi kepada awak media di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

19 Januari: Anies imbau utamakan keselamatan masyarakat saat pasang alat peraga kampanye

Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan, mengimbau tim kampanye untuk mengutamakan keselamatan masyarakat saat memasang alat peraga kampanye (APK). Imbauan itu disampaikan terkait berita tentang APK yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Saya mengimbau kepada semua pekerja yang berada di tim pemenangan untuk mengutamakan keselamatan karena keselamatsn ini prioritas," kata Anies kepada jurnalis di Jakarta, dikutip Jumat (19/1/2024).

Ia meminta seluruh tim pemenangan memperhitungkan faktor keamanan dan faktor risiko saat memasang baliho Anies-Muhaimin. 

Sementara itu, Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, meminta warga menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara ‘Komunitas Ojol Penggemar Erick Thohir’ dengan tema ‘Dua Roda Menuju Indonesia Maju’ di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat.

“Rakyat yang berkuasa pada 14 Februari, 25 hari lagi saudara-saudara punya kekuasaan yang sama. Satu orang, satu suara! Tidak ada jenderal, tidak ada ojol, tidak ada profesor, tidak ada petani, tidak ada orang kaya, tidak ada orang miskin, satu orang satu suara! Jadi saudara-saudara saya minta benar-benar harus datang ke TPS,” kata Prabowo.

Adapun Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mendapat keluhan dari komunitas peternak ayam petelur di Desa Kuwongaro, Kecamatan Takeran, Magetan, Jawa Tengsh, tentang sulitnya mendapat jagung untuk pakan ternak ayam. Dalam kesempatan itu, Ganjar ikut memanen telur ayam.

"Hari ini harga jagung cukup tinggi menjadi keluhan peternak. Rasa-rasanya petani yang punya kompetensi bisa membantu," kata Ganjar.

18 Januari: Ganjar dapat keluhan soal bansos tak tepat sasaran, Anies janji beri cuti 40 hari bagi suami hingga deklarasi relawan dukung Prabowo lagi

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, berkampanye di Madiun, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024). Dalam kampanye itu, Ganjar mendapat keluhan warga soal bantuan sosial yang tidak tepat sasaran.

"Saya siap membereskan karena salah satu program prioritas kami adalah membenahi data dan merealisasikan satu data Indonesia," ucap Ganjar.

Ganjar pun berjanji jika terpilih jadi Presiden akan memperbaiki permasalahan tersebut. Salah satunya melalui program KTP Sakti.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, berkampanye di Jakarta Selatan dengan menggelar kegiatan rutin dialog bersama warga melalui acara Desak Anies. 

Dalam kesempatan itu, salah satu yang disampaikan Anies adalah masa cuti bagi suami jika sang istri melahirkan. Dia memastikan akan memperjuangkan cuti sebanyak 40 hari bagi suami saat istrinya melahirkan.

"Nah cuti melahirkan untuk para suami itu biasanya hanya 2 hari, di berbagai tempat, kami ingin mengubah itu 40 hari bagi suami," katanya.

Adapun, Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto kembali menerima dukungan dari warga. Kali ini, sejumlah seniman dan pelaku industri kreatif yang tergabung dalam Komunitas Pelaku Industri Kreatif (Kooperatif) yang mendeklarasikan dukungannya.

Kelompok yang menamakan dirinya Relawan Pandu 02 juga turut mendeklarasikan dukungan bagi Prabowo-Gibran.

17 Januari: KPU tunjuk Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV jadi moderator debat keempat

KPU RI mengumumkan daftar nama moderator dan panelis debat pilpres keempat yang akan diselenggarakan pada Minggu (21/1/2024).

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, moderator dipilih sesuai dengan media penyelenggara debat. Kedua moderator itu ialah pembawa berita dari SCTV, Retno Pinasti dan dari Metro TV, Zilvia Iskandar.

Mellaz memastikan, pemilihan moderator dan panelis sesuai dengan keputusan rapat yang digelar KPU bersama tim perwakilan paslon dan media penyelenggara debat.

Debat keempat ini akan diikuti oleh ketiga calon wakil presiden (cawapres) yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Debat digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Para cawapres akan beradu gagasan membahas tema soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat digelar pada Minggu, 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB. Adapun, media penyelenggara debat keempat ini ialah SCTV, Indosiar, dan Metro TV.

16 Januari: Anies ingin sistem rujukan JKN lebih mudah, Prabowo dapat dukungan relawan, hingga Ganjar janji naikkan gaji guru PAUD

Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan berjanji bakal melakukan evaluasi sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) termasuk BPJS Kesehatan. Ia ingin sistem rujukan bagi sistem JKN lebih mudah, sehingga pasien tidak lagi perlu mengalami pengalaman 'dipingpong'. 

"Sistem rujukan harus lebih berorientasi kepada keselamatan pasien. Sekali lagi saya garis bawahi berorientasi kepada keselamatan pasien. Karena mereka yang menjadi prioritas," ujar Anies ketika berbicara secara virtual dari Sorong, Papua di hadapan nakes di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa (16/1/2024). 

Ia juga menyebut bakal melakukan evaluasi besar-besaran terkait pembayaran besaran fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Selain itu, Anies juga akan melakukan sistem kapitasi untuk memperkuat layanan JKN.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto mendapat dukungan dari sejumlah relawan. Di antaranya Relawan Pasukan Gemoy Indonesia (Relawan Pagi) dan Barisan Persatuan Indonesia (BPI). 

Wakilnya, Gibran Rakabuming Raka, menggelar blusukan ke Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dalam kesempatan itu, Gibran bersama rombongan tampak membawa buku tulis dan membagikannya kepada anak-anak yang hadir di lokasi.

Dia juga membagikan susu kepada masyarakat yang hadir dan memberikan mainan ke anak-anak yang dibeli dari pedagang keliling di lokasi.

Adapun Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, dalam kunjungannya ke Batang, Jawa Tengah, berjanji siap menaikkan gaji guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menurutnya, gaji guru PAUD di Indonesia masih jauh dari kata layak dan cenderung memprihatinkan.

Di sisi lain, pasangan Ganjar, yakni Mahfud MD mengalami peretasan di akun media sosial Instagram-nya. Akun yang sehari-hari memuat kegiatan Mahfud selama momen kampanye tiba-tiba berubah menggambarkan militer Israel yang tengah bermain voli.

Pada bagian caption akun instagram Mahfud MD tertulis Bahasa Ibrani yang bila diterjemahkan bermakna 'Tuhan di atas saya, siapa yang dapat mengendalikan saya?'

Konfirmasi mengenai akun media sosial instagram Mahfud MD diretas, disampaikan oleh Juru Kampanye Nasional TPN Ganjar-Mahfud, Oktafiandi. Ia mengatakan, akun Mahfud sedang dalam proses diambil alih.

"Instagran Prof Mahfud MD lagi di-hack dan dalam proses diambil alih oleh tim. Bila ada unggahan atau DM (pesan) yang mengatasnamakan Beliau mohon diabaikan hingga ada pemberitahuan lebih lanjut," ujar Oktafiandi pada hari ini melalui keterangan tertulis.

15 Januari: Anies kampanye di Maluku, Ganjar di Purbalingga, Prabowo dampingi Erick Thohir di acara Kementerian BUMN

Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan pada Senin (15/1/2023) melakukan kampanye ke Maluku. Dalam kunjungannya itu, Anies menyoroti subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang tidak tepat sasaran.

Menurut dia, fenomena ini banyak ditemukan di sejumlah kepulauan di Indonesia, termasuk di Maluku. Anies mengatakan penerima subsidi BBM harus diatur dengan membangun sistem yang baik, sehingga bisa menjangkau masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, menghadiri perayaan Natal Kementerian BUMN dan BUMN yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) sebagai Menteri Pertahanan RI.

Dalam acara itu, Prabowo mendapat sambutan meriah. Ia juga tampak duduk di antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Adapun Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, berkampanye di Purbalingga, Jawa Tengah. Dalam kampanyenya, Ganjar mendapat keluhan mengenai sulitnya mendapat pekerjaan.

"Jadi banyak orang yang hari ini menyampaikan, ‘saya itu masih muda tapi kok tidak bisa masuk bekerja’. Rasanya tidak fair juga kan," ujar Ganjar.

Ia pun berjanji akan menghapus batas usia kerja bila dirinya terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024.

14 Januari: Ganjar lari pagi di GBK, Prabowo dapat dukungan buruh di Bandung, hingga Anies optimistis menang saat ke Lampung

Para calon presiden pada Minggu (14/1/2024) melakukan sejumlah kegiatan kampanye di lokasi berbeda.

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, bersama sang istri, Siti Atikoh, dan Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno, lari pagi di acara Penguin SeliweRUN, di Senayan Park, Jakarta, Minggu pagi. Ganjar mengaku lari sejauh 7,77 kilometer.

"Hari ini saya diajarin oleh dua orang pelari, satu istriku dan dua Mas Sandi. Ternyata mereka pelari hebat. Jadi, saya harus ikutin terus di belakangnya. (Lari) 7,77 (kilometer)," ujar Ganjar.

Ganjar mengaku senang bisa hadir dalam acara tersebut. Dia juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan suka berolahraga.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, mendapat dukungan dari buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN). Ia pun menaruh hormat kepada kaum buruh yang datang dalam kunjungannya ke Kabupaten Bandung.

Menurut dia, kaum buruh dan pekerja adalah pahlawan bangsa dan negara. Begitu pula dengan para petani, nelayan dan warga yang bekerja di sektor nonformal.

“Saya dari hati yang paling dalam, saya hormat sama para pekerja, saya hormat sama para petani, saya hormat sama nelayan, sama semua orang yang bekerja dengan halal bekerja dengan tenaganya,” kata dia di Hotel Sutan Raja Soreang, Minggu.

Di sisi lain, dalam kunjungannya ke Lampung, Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan optimistis menang dan bisa memperjuangkan perubahan kehidupan yang setara di Indonesia.

“Optimistis dan perjuangan utama kita adalah agar keluarga-keluarga di Indonesia bisa hidup lebih mudah, bisa nabung, anak bisa sekolah, kesehatan terjamin, dan kebutuhan sehari-hari terpenuhi,” kata Anies ketika diwawancarai usai kunjungannya di Lampung dalam acara Jumpa Pejuang Perubahan dan Saksi AMIN, Minggu.

Anies berharap, hasil Pemilu 2024 nanti benar-benar bisa mencerminkan suara rakyat untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Ia juga berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku tanpa ada masalah.

13 Januari: Prabowo kampanye di Medan, Ganjar dapat dukungan 22 jenderal, hingga Anies yang akan ke Lampung lagi

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, berkampanye di Medan, Sumatra Utara dan Batam, Sabtu (13/1/2024).

Di Medan, Prabowo menggelar acara makan siang bersama dengan nelayan, petani, pengemudi becak motor, dan pengemudi angkot di Restauran Kembang, Medan. Dia juga sempat berjoget di hadapan para pendukung.

Dalam acara makan siang itu, Prabowo menghormati perjuangan mereka yang selalu berusaha mencari nafkah untuk keluarganya.

"Karena itu saya sungguh hormat dengan kalian. Kalian bekerja dengan tenaga, dengan sungguh-sungguh untuk anak istri," kata Prabowo.

Di Batam, Prabowo berkampanye di hadapan para pendukungnya hingga melepas kemeja safari krem yang kerap dikenakannya. Dia juga mencium bendera Palestina dan meneriakkan kemerdekaan untuk Palestina.

Adapun Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mendapat dukungan dari 22 jenderal mantan aparatur negara. Salah satunya, mantan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Pertahanan (Kemhan), Laksamana Meyjen TNI (Purn) Agus Setiadji. 

Selain mendapat dukungan dari mantan Sekjen dari kementerian yang dinakhodai Prabowo Subianto, Ganjar juga mendapat dukungan  dari mantan Kapolri Tahun 2000-2001, Jenderal Polisi (Purn) Surojo Bimantoro. Tak cuma jenderal, sebanyak 20 ribu mantan pensiunan aparatur negara, baik dari TNI, Polri, ASN hingga guru memberi dukungan kepada Ganjar. Dukungan itu diberikan dalam acara 'Dialog Kebangsaan dan Doa Bersama, Aparatur Negara Se-Jatim,' di DBL Arena Surabaya, Sabtu (13/1/2024). 

Disamping itu, Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menargetkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih suara 70 persen di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu Hasto sampaikan saat menghadiri konsolidasi kekuatan Ganjar-Mahfud di Kantor DPD PDIP Yogyakarta, Sabtu (13/1/2024).

Sementara itu, Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan, bakal kembali menyambangi Provinsi Lampung, Minggu (14/1/2024). Dia akan menggelar kampanye orasi politik hingga dialog bersama warga Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan.

12 Januari: Anies janji buat museum Dayak di Samarinda, Prabowo dapat dukungan dari relawan Ganjar, dan Ganjar ziarah ke makam Gus Dur

Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyatakan Samarinda merupakan bagian dari 40 kota yang akan dikembangkan, sehingga bisa setara dengan Jakarta. Nantinya, kata Anies, Samarinda akan dikembangkan sebagai salah satu pusat perekonomian dan sosial budaya di Pulau Kalimantan. Saat kampanye di Samarinda, Jumat (12/1/2024), Anies juga berjanji akan membangun museum adat Dayak.

Hari ini, calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto menerima dukungan kelompok Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) di rumahnya, Kertanegara, Jakarta Selatan.

Pada acara "Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045" di Jakarta, hari ini, Prabowo mendorong anak-anak muda Indonesia agar tidak enggan jadi petani. Dia menyebut, persoalan pangan adalah masalah hidup mati bangsa dan merupakan masalah strategis. 

Di sisi lain, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyatakan bakal melaporkan Koran Achtung yang diduga memuat fitnah dan hoaks terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Sebab, di laman utamanya, Koran Achtung menulis "Inilah Penculik Aktivis 1998" dengan latar wajah Prabowo.

Pada hari yang sama, Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) berpaling mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Mereka mengungkap kekecewaannya karena merasa telah 'berdarah-darah' selama dua tahun mendukung Ganjar, tapi tak pernah dianggap. Dukungan ini disampaikan di Media Center Prabowo-Gibran di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, hari ini.

Relawan Pragib 2024 juga mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo-Gibran. Pragib yakin Prabowo Subianto dapat mewujudkan keadilan dan kemakmuran di Indonesia.

Sementara, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo bertemu dengan sejumlah petani tebu di Nganjuk, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, sejumlah petani menyampaikan keluhannya terkait gula impor dan hama tikus yang kerap menyerang lahan mereka sehingga petani merugi.

Tak hanya itu, Ganjar juga berziarah ke makam Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Usai berziarah, Ganjar mengaku selalu ingat dengan semua perjuangan Gus Dur untuk Indonesia.

Baca Juga: Relawan Ganjar Pindah Dukungan ke Prabowo: Kita Sudah Habis Rp2,2 M

11 Januari: Anies kedatangan kapal tongkang, Prabowo minta nilai 85, hingga Ganjar jawab tantangan Kadin

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, mengaku Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) akan menemani dirinya berkampanye bareng ke berbagai daerah, demi memenangkan Pemilu 2024. Hal itu diakui saat berkampanye di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/1/2024). Hal menarik saat acara Desak Anies membahas lingkungan, muncul kapal tongkang di belakang sungai yang mengangkut batu bar.

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tak menampik terbuka peluang untuk bekerja sama dengan pihak manapun bila Pemilu 2024 berjalan dua putaran. Termasuk bila harus bekerja sama dengan PDI Perjuangan. Cak Imin menyampaikan hal itu saat berkampanye di Surabaya hari ini.

Sementara, calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto kembali menyinggung pernyataannya beberapa waktu lalu yang menyebut kata kasar "goblok" saat memberikan sambutan di Provinsi Riau. Dia menyebut hal itu saat acara Konsolidasi Relawan di Gedung Balai Buntar, Bengkulu pada Kamis (11/1/2024).

Prabowo mengaku memang kurang pandai berbicara. Dia juga mengatakan, ada pihak tertentu yang mengingatkan kepada dirinya untuk tidak mudah tersulut emosi dan berbicara sopan. Dalam kegiatan politik itu, Prabowo ditemani selebriti kondang, Raffi Ahmad dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Menariknya, Prabowo meminta nilai kinerja di Kemenhan 85 kepada pendukungnya, sebagai sindiran kepada Anies saat debat. Tapi angka ini dalam bentuk suara pada Pemilu 2024.

Hari ini, Tim Kampanye Nasional (TKN) resmi mengumumkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sebagai Dewan Pengarah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Posisi Khofifah diumumkan langsung oleh Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sementara, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dalam acara Dialog Capres bersama Kadin di Jakarta, hari ini menjawab berbagai keluhan pengusaha, di antaranya terkait minimnya bahan baku industri farmasi dan alat kesehatan di dalam negeri karena masih didominasi impor. Selain itu, dia juga menyinggung gagasan strategi untuk menggenjot tax rasio, membenahi BUMN, hingga modernisasi pertanian. 

Pada hari yang sama, sejumlah kiai dan masyayikh di Sampang, Madura, menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dukungan itu disampaikan dalam acara Halaqah Kebangsaan di Pondok Pesantren Nahdlatut Thullab, Sampang, Madura.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, memastikan saat ini pihaknya sedang memproses laporan yang dilayangkan Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB), soal laporan capres nomor urut satu Anies Baswedan terkait pernyataannya yang dianggap menyerang capres nomor urut dua, Prabowo Subianto secara personal dalam debat capres ketiga.

Baca Juga: Khofifah Resmi Jadi Dewan Pengarah Prabowo-Gibran

10 Januari: Jokowi tak hadiri HUT PDIP hingga JK turun gunung bantu kampanye AMIN

PDI Perjuangan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 hari ini, Rabu (10/1/2024). Acara inti digelar di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, ada 51 tamu undangan VIP dalam acara tersebut.

Dalam HUT ke-51 PDIP bertema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang", Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai kader PDIP tidak hadir, karena tugas negara ke Filipina. Jokowi juga tidak mengirimkan karangan bunga maupun menyampaikan ucapan selamat kepada PDIP, baik melalui video ataupun unggahan di media sosialnya. Dia hanya mengunggah foto kunjungan kerja di Filipina. Kendati, Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir ke acara ini.

Sebaliknya, capres nomor urut satu, Anies Baswedan, mengucapkan selamat HUT PDIP, meski ia sebagai rival politik PDIP. Anies mengaku hubungan dengan partai kepala banteng moncong putih itu terjalin baik. Ucapan selamat itu disampaikan melalui unggahan story di akun Instagram pribadinya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri melalui pidatanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ma'ruf Amin sambil tertawa kecil. Megawati kemudian menyebutkan sejumlah nama menteri dari PDIP hadir dalam acara tersebut, namun tidak menyinggung nama Jokowi. Tak hanya itu, PDIP juga mengundang sejumlah elite Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Dalam pidatonya, Megawati juga menggaungkan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD agar bisa menang satu putaran pada Pilpres 2024. Sedangkan, Ganjar, di depan Megawati, melaporkan hasil blusukannya selama berkampanye.

Momen menarik dalam acara ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengacungkan salam 'metal' dengan tiga jari sebagai simbol nomor urut tiga PDIP pada Pemilu 2024. Hal itu dilakukan Ma'ruf usai menerima tumpeng dari Megawati. Namun, PDIP memastikan Wapres netral pada Pemilu 2024.

Peristiwa menarik lainnya, Megawati menyebut Ganjar kader PDIP, bukan petugas partai, berbeda dengan Jokowi sebelumnya yang disebut Megawati sebagai petugas partai. Megawati juga bercerita ia terlebih dahulu melakukan kontemplasi dan berbicara dengan sang ayah, Presiden pertama RI, Sukarno.

Sementara, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep gelar pasar murah di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024). Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, Kaesang tiba dengan ditemani istrinya, Erina Sofia Gudono dan Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina.

Di sisi lain, ada hal menarik lainnya yang diungkap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hari ini, yakni Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pemilu 2024 hanya Rp180 ribu. Bawaslu menilai, hal ini tidak rasional dan perlu dicek ulang.

Tak hanya itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi juga menemukan 471 surat suara DPR RI untuk Pemilu 2024, rusak. Surat suara rusak itu diketahui setelah KPU memulai proses sortir dan melipat surat suara sejak Senin (8/1/2024) lalu.

Hal menarik lainnya hari ini, mantan Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla ikut turun gunung dan mendampingi cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, berkampanye di Jawa Timur..

Meski begitu, JK tak ikut memberikan sambutan ketika hadir di acara relawan AMIN di DBL Arena, Surabaya. Sebab, ia belum menjadi bagian dari tim nasional pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN). 

Baca Juga: Megawati Kini Sebut Ganjar Kader, Bukan Petugas Partai

9 Januari: Anies dilaporkan ke Bawaslu hingga tiga capres bakal diundang KPK

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan, menanggapi komentar Presiden Joko "Jokowi" Widodo terhadap jalannya debat Pilpres 2024 putaran ketiga, saat berkampanye di Gorontalo, Selasa (10/1/2023). Anies mengaku kaget karena seorang presiden mau berkomentar terkait debat. 

Anies membantah menyerang secara personal saat bertanya dalam debat kedua capres. Menurut dia, semua pertanyaan yang disampaikan masih berkaitan dengan kebijakan publik sesuai tema debat yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada hari yang sama, Anies juga dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terkait pernyataannya dalam debat pilpres ketiga, Minggu, 7 Januari 2024.

Pihak pelapor, Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB) melaporkan Anies karena pernyataannya dalam debat yang diduga menyerang capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, terkait posisi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Meutya Viada Hafid,  mengaku bersyukur, calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, tidak terpancing untuk membuka data pertahanan Indonesia di sesi debat ronde ketiga pada Minggu (7/1/2024). Menurut Ketua Komisi I DPR itu, data pertahanan tidak bisa sembarangan dibuka karena bersifat rahasia negara, dan hanya bisa dibuka di kalangan tertentu.

Sementara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengundang tiga calon presiden. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan diundang dalam acara Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas).

KPU juga hari ini mengumumkan rincian pengeluaran dan pemasukan partai politik peserta Pemilu 2024. Anggota KPU RI, Idham Holik, menjelaskan, berdasarkan ketentuan Pasal 325 sampai Pasal 339 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kegiatan kampanye didanai dan menjadi tanggung jawab peserta pemilu.

Baca Juga: Anies Dilaporkan Usai Singgung Lahan Prabowo, Cak Imin: Playing Victim

8 Januari: Anies kampanye di Gorontalo, Ganjar temui anak muda di Jaksel, dan TKN setuju usulan Jokowi soal debat

Litbang Kompas melakukan polling kepuasan publik terhadap penampilan calon presiden pada debat ketiga, di Istora Senayan, Jakarta. Litbang Kompas melakukan polling pada 7 Januari 2024, malam saat debat berlangsung.

Responden yang terlibat dalam debat ada 210 melalui wawancara. Margin of error pada polling tersebut 6,76 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Tingkat kepercayaan pada polling yang dilakukan Litbang Kompas itu sekitar 95 persen.

Dalam polling tersebut, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo penampilannya dianggap paling memuaskan. Ganjar mendapat persentase 79,9 persen. Kemudian, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mendapat persentase 71,4 persen. Sedangkan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto meraih 48,9 persen.

Usai melihat debat capres putaran ketiga, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku tak melihat substansi visi misi masing-masing capres. "Ya, yang pertama memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan," ujar Jokowi di Banten, Senin (8/1/2024).

Terkait, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP yang akan digelar secara serentak di seluruh ranting pada 10 Januari 2024, Presiden Jokowi yang juga kader PDIP, mengaku belum mendapat undangan mengikuti perayaan tersebut. 

Sebelumnya, PDIP tidak mempersoalkan Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Filipina pada 10 Januari 2024, bertepatan dengan dimulainya perayaan HUT ke-51 PDIP.

Sementara, terkait kampanye, capres nomor urut satu Anies Baswedan tiba di Provinsi Gorontalo, untuk berkampanye Pilpres 2024. Pantauan IDN Times di lokasi, Anies tiba di Bandara Internasional Djalaludin Gorontalo, Senin (8/1/2024) sekitar pukul 10.30 WITA. Tiba di Gorontalo, Anies terlihat mengenakan pakaian kemeja putih yang dibalut jaket warna hitam.

Saat mendarat dari pesawat, Anies langsung bergegas menuju ruang VIP. Ia disambut langsung Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel. Kedatangan Anies di Gorontalo juga disambut prosesi adat Mopotilolo, sebuah adat penyambutan pejabat negara yang baru menginjakkan kakinya di tanah Gorontalo.

Dalam kesempatan ini, Anies mengungkap alasan memberikan skors kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto yang juga capres nomor urut dua mendapat skors 11 dari interval 1-100. Salah satunya karena penggunaan anggaran yang dinilai kurang maksimal, sementara anggaran kementerian tersebut mencapai Rp700 triliun.

Sedangkan, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, hari ini bertemu dengan sejumlah pemuda di Tim Pemenangan Muda Creative Hub, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu, turut hadir penyanyi, Young Lex. Salah satu pemuda yang hadir, Angga Fauzan, menyebut Ganjar merupakan calon presiden yang berpihak kepada generasi muda.

Angga mengaku mendukung program Ganjar untuk pendidikan gratis. Dia mengapresiasi sekolah gratis untuk murid kurang mampu yang pernah dilakukan Ganjar ketika masih menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Berkaitan debat capres, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyetujui usulan Presiden Jokowi tentang perbaikan format debat pilpres, supaya para kandidat tidak lagi saling menyerang secara personal. Sekretaris TKN, Nusron Wahid, menyetujui usulan itu karena menilai Prabowo mendapatkan serangan secara personal dari dua kompetitornya dalam debat pilpres ketiga.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta terus memaksimalkan layanan pindah memilih. Untuk itu, KPUD mengimbau masyarakat mengurus form pindah memilih hingga H-30 atau 15 Januari 2024 bagi sembilan kategori pindah memilih. Pengurusan dokumen pindah memilih Pemilu 2024 tidak bisa dilakukan secara online atau daring. Sebab, ada dokumen yang harus diverifikasi sebagai syarat pindah memilih. 

Baca Juga: Ganjar Blak-blakan Ungkap Perasaannya Saat Tangani Konflik Rembang

7 Januari: Anies-Prabowo saling serang di debat capres-cawapres putaran ketiga

Debat capres-cawapres putaran ketiga yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2023) berlangsung cukup seru. Capres nomor urut satu Anies Baswedan dan capres nomor urut dua Prabowo Subianto saling serang.

Bahkan, Anies terlihat mulai menyerang Prabowo sejak awal sesi debat, saat pemaparan visi misinya di bidang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, politik luar negeri, dan geopolitik. Hampir setiap sesi debat, keduanya saling serang. 

Anies lebih mengkritisi kinerja Prabowo memimpin Kementerian Pertahanan, sedangkan Prabowo lebih defensif dari serangan atau kritikan Anies dan juga capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

Namun, Ganjar tidak terlalu banyak menyerang Prabowo. Bahkan, dia mengaku seolah menjadi penengah debat antara Anies dan Prabowo. Kendati, Ganjar merasa kecewa karena ada satu pertanyaan yang menurutnya tidak dijawab Prabowo soal kinerja Prabowo di Kemenhan. 

Baca Juga: Ganjar Kecewa, Pertanyaan di Debat Ketiga Capres Tak Dijawab Prabowo

6 Janurari: Prabowo masak nasi goreng hingga AMIN meluncurkan AMIN App (Amin Aja Dulu)

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menggelar konsolidasi dengan ribuan kadernya menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/1/2024).

Ketua DPP Partai Golkar, Revindra Airlangga, mengatakan selain konsolidasi, kegiatan ini juga akan dilakukan sosialisasi program makan siang gratis untuk penanganan stunting di Kabupaten Bogor yang angkanya sudah mencapai empat persen dari total populasi yang ada. Program itu memang menjadi gagasan dari Prabowo yang merupakan capres usungan Golkar. Makanya, Prabowo akan hadir demi sosialisasi gagasannya.

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, juga menghadiri acara ini. Pantauan IDN Times di lokasi, Prabowo tiba di Stadion Pakansari para Sabtu (6/1/2024) sekitar pukul 12.30 WIB. Dia terlihat mengenakan kemeja berwarna biru muda dan kacamata hitam.

Setelah turun dari mobil pribadinya, Prabowo langsung diterima oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Keduanya kemudian berjalan menuju tenda peserta lomba memasak. Setibanya di tempat masak, Prabowo langsung menggunakan celemek bersiap untuk memasak nasi goreng bersama Airlangga.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga bersama di Kebun Raya Bogor, Sabtu (6/1/2024). Usai berolahraga, keduanya sempat sarapan bareng.

Dalam foto yang diterima IDN Times, Presiden Jokowi terlihat mengenakan kaus berwarna putih yang dipadu dengan celana hitam. Sementara, Airlangga terlihat mengenakan kaos berwarna kuning simbol Partai Golkar. Keduanya terlihat berjalan santai sambil berbincang.

Setelah selesai olahraga bersama, Jokowi kemudian menjamu Airlangga Hartarto bersama sejumlah kader Golkar untuk sarapan bersama. Keduanya tampak duduk satu baris. Dalam foto tersebut, terlihat ada Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Kemudian, ada kader Golkar lainnya, seperti Rian Ernest dan Putri Komarudin.

Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Muhammad Syaugi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan debat calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2024) malam.

Timnas AMIN memberi perhatian khusus terhadap isu pertahanan dan keamanan yang dibahas dalam debat capres besok, dan telah memberikan masukan kepada capres nomor urut satu Anies Baswedan.

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) meluncurkan AMIN App (Amin Aja Dulu). Aplikasi tersebut bertujuan untuk menyatukan semua relawan Anies-Muhaimin, yang menjadi pejuang perubahan.

Timnas AMIN mendorong para relawan agar bersatu, sejalan dalam pemikiran, dan memiliki ide yang seragam. Tujuan utamanya adalah bersama-sama memperjuangkan kemenangan pasangan Anies-Muhaimin. AMIN App merupakan aplikasi resmi dari Timnas.

Sementara, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, meyakini calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, telah menyiapkan materi terbaik untuk debat capres kedua.

Keyakinannya didasarkan pada pengalaman dan pembekalan yang Ganjar terima selama menjadi kader PDIP, anggota DPR RI, dan Gubernur Jawa Tengah dua periode.

5 Januari: Timnas Ganjar-Mahfud dukung Prabowo-Gibran hingga Anies-Imin singgung jalur paman untuk jadi presiden

Dua petinggi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud berbelok arah mendukung capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Keduanya pun resmi bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta (pemilih muda) Prabowo-Gibran.

Mereka adalah Juru Kampanye Nasional TPN, Luhut Parlinggoman Siahaan, dan Wakil Direktur Representatif TPN, Zieko CH Odang.

Sementara itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Menteri Pertahanan yang juga capres, Prabowo Subianto, makan malam bersama. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Jokowi dan Prabowo makan malam di Restoran Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat. Dalam foto yang beredar, Jokowi nampak mengenakan kemeja putih. Sedangkan Prabowo menggunakan batik parang.

Berbeda dengan Prabowo, capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, membuka acara Re-Solusi Indonesia di Tennis Indoor Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Dalam acara itu, keduanya berseloroh, jika bermimpi ingin jadi presiden melalui jalur cepat, dapat melalui jalur Mahkamah Konstitusi (MK). Bahkan kata Muhaimin, ada jalur yang lebih cepat lagi yaitu jalur paman.

Di tempat terpisah, Polda Metro Jaya mengerahkan 2.366 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan pemerintah daerah (pemda) untuk pengamanan debat calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo mengatakan, pengamanan akan dilakukan di sekitar lokasi debat, yakni di Gelanggang Bulutangkis, Istora Senayan, Jakarta Selatan.

4 Januari: Bawaslu Jakpus putuskan aksi Gibran bagi-bagi susu di CFD Langgar Pergub DKI 12/2016

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat memutuskan, aksi bagi-bagi susu yang dilakukan Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, melanggar Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016.

Surat keputusan itu ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Jakpus, Christian Nelson Pangkey, pada 3 Januari 2024 di Jakarta. Temuan tersebut diregister pada tanggal 11 Desember 2023 dengan nomor 001/Reg/TM/PP/Kota/12/01/XII/2023.

Dalam surat itu disebutkan bahwa kegiatan pembagian susu oleh Gibran Rakabuming Raka kepada warga yang berada di wilayah car free day Jakarta Pusat pada 3 Desember 2023 tersebut ada unsur kegiatan politik.

Merespons putusan ini, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman menyebut, dokumen yang diterbitkan Bawaslu Jakarta Pusat terkait pembagian susu di CFD oleh Gibran, hanya sekadar rekomendasi, bukan putusan mengenai pelanggaran pemilu.

Dia mengatakan, dalam dokumen tersebut tidak ada pernyataan bahwa Gibran melakukan pelanggaran. Dia juga mengatakan, Bawaslu Jakarta Pusat tidak berwenang memutuskan Gibran melanggar Pergub.

Habiburokhman menegaskan, kegiatan Gibran saat CFD atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada 3 Desember 2023, tidak melanggar aturan. Sebab, kegiatan tersebut bukan kegiatan partai politik.

3 Januari: Debat ketiga capres di Istora Senayan, moderatornya Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki

KPU memastikan, debat capres-cawapres ketiga berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (7/1/2024) pukul 19.00 WIB.

Anggota KPU RI August Mellaz memastikan, tema debat ketiga capres sesuai dengan kesepakatan awal, yakni mengenai Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Untuk moderator debat ketiga, KPU mengumumkan dua nama yakni Pemred MNC TV, Ariyo Ardi, dan pembawa berita iNews, Anisha Dasuki.

Selain moderator, KPU juga menetapkan sebelas nama panelis, yakni:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)

9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P., S.SI., M.T., M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran)

2 Januari: Prabowo-Gibran unggul di sejumlah lembaga survei dan media sosial

Sejumlah lembaga survei merilis hasil surveinya terkait elektabilitas capres-cawapres jelang pemungutan suara Pemilu 2024. 

Berdasarkan hasil survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia, elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tertinggi yakni 41 persen. Sementara paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud: MD di urutan kedua yakni 27,6 persen. Sedangkan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 26,1 persen.

Prabowo-Gibran juga unggul menurut hasil survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC). Keduanya memperoleh dukungan 39,4 persen. Sedangkan  di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud MD 29,1 persen, dan posisi ketiga Anies-Muhaimin 25,6 persen.

Adapun menurut survei Litbang Statistika Indonesia di Taiwan (LSIT), Prabowo-Gibran juga unggul dengan 44,1 persen. Sedangkan Ganjar-Mahfud 33 persen, dan Anies-Muhaimin 16 persen.

Pasangan Prabowo-Gibran juga unggul di media sosial. Lembaga riset digital, Evello, menyebut paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran menguasai share index ekspose, dengan angka 48,39 persen. Kemudian disusul Ganjar-Mahfud 30,04 persen, dan Anies-Muhaimin 21,56 persen.

Dari 22 metrik yang digunakan untuk mengukur kekuatan paslon secara digital, Prabowo-Gibran menguasai 13 metrik yakni likes Instagram, views Twitter, comments Instagram, views Instagram, jumlah pemberitaan, plays TikTok, diggs TikTok, downloads TikTok, shares TikTok, comments TikTok, views YouTube, shares to WhatsApp, dan shares news Facebook.

Di posisi kedua, ada pasangan Ganjar-Mahfud yang menguasai 5 metrik, terdiri dari comments YouTube, likes YouTube, views YouTube, downloads TikTok, comments news Facebook, dan reactions news Facebook.

Sementara posisi terakhir, Anies-Muhaimin sebanyakk 4 metrik, yakni Twitter replies, quotes Twitter, favorites Twitter, dan repost Twitter.

1 Januari: Dua capres kampanye lewat Tiktok hingga TKN kritik MNC Group jadi media penyelenggara debat

Para calon presiden kini mulai menggunakan TikTok sebagai media untuk berkampanye. Mereka yang sudah menggunakan TikTok adalah capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Sedangkan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto belum menggunakan TikTok.

Anies menggunakan TikTok dengan akun @aniesbaswedan. Jumlah pengikutnya 805,6 ribu. Akun Anies sudah mendapat like sebanyak 7,9 juta kali.

Sedangkan Ganjar memiliki akun TikTok bernama @ganjarpranowo dengan jumlah pengikut 7,2 juta. Akun tersebut sudah mendapat like sebanyak 187,2 juta kali.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie, meminta KPU mempertimbangkan ulang kebijakan menjadikan MNC Group sebagai media penyelenggara debat ketiga pada Minggu (7/1/2024) mendatang.

Sebab, kata Grace, pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, merupakan Ketua Umum Perindo yang tergabung dalam koalisi pendukung pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Di lain pihak, Ketua Tim Penjadwalan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aria Bima, menilai Presiden Joko "Jokowi" Widodo hingga kini masih terus blusukan ke daerah bertujuan untuk mengkampanyekan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

31 Desember: PPP pecat kader karena dukung Prabowo-Gibran hingga capres jadi politikus berpengaruh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono mengatakan, sudah meminta Sekjen PPP Arwani Thomafi untuk segera mencabut kartu keanggotaan Witjaksono.

Witjaksono diberhentikan dari PPP karena mendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Padahal, PPP telah berkoalisi untuk mendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Mardiono mengatakan, sudah meminta Sekjen PPP, Arwani Thomafi, untuk segera mencabut kartu anggota Witjaksono.

Sementara itu, berdasarkan hasil riset Indonesia Indicator (i2), Presiden Jokowi tercatat sebagai politikus paling berpengaruh selama 2023. Jokowi mendapat 193.419.311 engagement.

Sedangkan Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto, menjadi politikus paling berpengaruh kedua di media sosial dengan mendapat 128.302 engagement.

Kemudian, Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menjadi politikus berpengaruh di urutan nomor tiga, dengan mendapat 110.231.966 engagement. Adapun Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, bertengger di poisi empat dengan perolehan 109.193.025 engagement.

30 Desember: Jokowi wanti-wanti ke KPU harus netral di Pemilu 2024 hingga soal kenaikan tukin

Presiden Joko “Jokowi”Widodo mengimbau agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) betul-betul bersikap netral pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang tersisa 45 hari lagi. Ia juga meminta agar KPU tidak memihak, dan bertindak sesuai aturan yang ada dalam menjalankan Pemilu dan Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi sambutan di acara konsolidasi nasional Pemilu 2024 di Istora Senayan, Sabtu (30/12/2023).

Jokowi mengatakan, keteledoran teknis bisa berimplikasi politis dan merembet ke mana-mana yang dapat menggangu kondusivitas negara dan legitimasi pemerintah.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga mengungkapkan ia sempat 'ditodong' Ketua KPU Hasyim Asy'ari soal kenaikan tunjangan kinerja (tukin) PNS di KPU. Namun Jokowi mengaku belum tanda tangan. Dia pun langsung menanyakan soal kenaikan tukin ke Menteri Sekretaris Negara. Ternyata, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) masih menggodok aturan tersebut.

Jokowi menegaskan, bakal berupaya kenaikan tukin KPU selesai Januari 2024.

29 Desember: Viral Gus Miftah bagi-bagi uang hingga Bawaslu DKI temukan dugaan pelanggaran Gibran

Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berjanji membentuk desain pangan nasional yang terintegrasi dengan revolusi agromaritim. Hal itu disampaikan Cak Imin saat blusukan di Pasar Meganti, Gresik, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023).

Ketua Umum DPP PKB itu juga mengatakan pemerintah tidak boleh cuek kepada petani. Pemerintah harus turun tangan menangani masalah pengangguran, menurunkan harga barang, dan memberikan pendidikan murah serta bermutu.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI tengah mempelajari video viral di jejaring media sosial X yang berisi narasi Pengasuh Ponpes Ora Aji KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, diduga membagi-bagikan uang kepada masyarakat. 

Sementara, Gus Miftah juga buka suara terkait video bagi-bagi uang. Dia menyebut peristiwa itu terjadi di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Dia mengaku hanya diminta temannya bernama Haji Her, seorang pengusaha di Pamekasan, Madura, untuk membagikan sedekah kepada masyarakat.

Dia mengatakan, Haji Her memang setiap hari membagikan sedekah kepada masyarakat, baik di pasar, sawah, pesantren, dan lain-lain.

Sementara, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo bertemu dengan sejumlah milenial dan Gen Z di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Jumat (29/12/2023). Dalam kesempatan itu, Ganjar mendorong milenial dan Gen Z untuk memanfaatkan dunia digital dengan baik. Sebab, apa saja bisa menghasilkan cuan di dunia digital. Salah satunya dengan menjadi seorang influencer.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi membantah ada koordinasi antara internal parpol berlambang ka'bah itu dengan sekelompok orang yang menamakan diri 'Pejuang PPP'. Kelompok yang dimotori Wakil Ketua Majelis Pertimbangan, Witjaksono itu menyatakan dukungan kepada paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Kamis kemarin di daerah Kebayoran Baru. 

Hari ini, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) juga kecewa atas ketidakhadiran Calon Presiden (Capres) nomor dua Prabowo Subianto menghadiri acara Dialog Capres dengan Pers. Pihak Ketua Komunikasi Tim Pemenangan Nasional Pasangan Calon Nomor 2, Budi Satrio Djiwandono, sempat menjanjikan Prabowo akan hadir ke acara yang digelar di kantor pusat PWI di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan segenap Pengurus PWI Pusat dan Pengurus PWI Provinsi kecewa, karena PWI telah mempersiapkan seluruh aspek teknis untuk acara tersebut.

Projo Ganjar melakukan refleksi akhir tahun. Dalam refleksi itu, Projo Ganjar menyoroti sejumlah hal. Ketua Projo Ganjar, Haposan Situmorang meminta seluruh relawan terus menyosialisasikan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kepada masyarakat secara damai. Sehingga, tidak terjadi gesekan dengan lawan politik.

Projo Ganjar kemudian menyoroti netralitas TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dia meminta, aparat negara itu tetap netral pada Pilpres 2024. Selain itu, Projo Ganjar juga menegaskan penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), tidak boleh memihak.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat batal membacakan putusan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, terkait aksi bagi-bagi susu di Car Free Day (CFD) Bundaran HI. 

Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey menyatakan, pembacaan putusan dugaan pelanggaran Gibran sedianya digelar Jumat sore sekitar pukul 03.00 WIB. Bawaslu batal memanggil Gibran pada Kamis (28/12/2023) karena berdasarkan hasil rapat pleno sudah dianggap cukup untuk mengambil keputusan.

Ketua Bawaslu Jakpus, Christian Nelson Pangkey alias Sonny Pangkey mengatakan, pihaknya masih merampungkan kajian dokumen dugaan pelanggaran yang dilakukan Gibran. Bawaslu Jakpus juga menemukan fakta-fakta baru terhadap dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut.

Adapun, fakta tersebut adalah dugaan pelanggaran perundang-undangan lainnya. Karena itu, pihaknya masih hati-hati sebelum memutuskan dugaan pelanggaran yang dilakukan Gibran.

Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan ujaran kebencian yang menjerat juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono, ke tahap penyidikan. Keputusan itu diambil setelah polisi melakukan gelar perkara. 

Baca Juga: Bawaslu Jakpus Masih Pertimbangkan Panggil Gibran soal Bagi-Bagi Susu

28 Desember: Surat suara di Taiwan diduga ada pelanggaran prosedur hingga sejumlah politisi PPP belot dukung Prabowo-Gibran

Organisasi yang fokus terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI), Migrant CARE menyentil sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang terkesan tidak memberikan perhatian lebih serius terhadap insiden pengiriman surat suara lebih awal di Taipei. Total ada 31.276 lembar surat suara yang sudah dikirimkan lebih awal oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kepada WNI di Taipei.

Pengiriman dilakukan di dua waktu berbeda yaitu 929 lembar pada 18 Desember 2023 dan 30.347 lembar pada 25 Desember 2023. Padahal, sesuai Peraturan KPU, surat suara itu seharusnya baru bisa didistribusikan pada 2-11 Januari 2024. Karena itu, Migrant CARE mendesak Bawaslu turun tangan lakukan investigasi ke PPLN Taipei.

Senada dengan Migrant CARE, Ketua Umum Tim Hukum Nasional Timnas AMIN, Ari Yusuf Amir, mengatakan, peristiwa yang terjadi di Taiwan bentuk ketidakprofesionalan KPURI. Ari mendesak Bawaslu memproses dugaan pelanggaran terkait pemungutan suara yang digelar lebih awal di Taiwan. Hal itu merugikan negara secara materiil.

Selain itu, Timnas AMIN juga menuding Bawaslu cenderung berat sebelah dalam memproses laporan dugaan pelanggaran pemilu terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Bawaslu RI pun angkat bicara soal surat suara yang sudah tiba di Taipei. Bawaslu menyatakan Pasal 167 ayat (5) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan, pemungutan suara di luar negeri dapat dilaksanakan bersamaan atau sebelum pemungutan suara atau lebih awal dari waktu pemungutan suara Pemilu 2024, yang telah ditetapkan pada 14 Februari 2024.

Atas dasar itu diterbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023, tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum. Sedangkan, mengenai metode pemberian suara di luar negeri dapat dilakukan melalui tiga metode, yakni pemberian suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), pemberian suara melalui Kotak Suara Keliling (KSK), dan pemberian suara melalui Metode Pos.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan dalam melaksanakan fungsi pengawasan penyelenggaraan pemilu, Bawaslu melakukan penelusuran terhadap beredarnya informasi pengiriman surat suara melalui metode pos di Taiwan yang telah diterima pemilih. 

Berdasarkan penelusuran hasil pengawasan tersebut, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Puadi menyampaikan, pertama, pengiriman surat suara oleh PPLN Taiwan kepada pemilih di Taipei untuk pemungutan suara dengan metode pos pada 18 Desember 2023 dan 25 Desember 2023, diduga melanggar prosedur, khususnya jika dikaitkan dengan ketentuan Pasal 44 ayat (1) PKPU 25/2023.

Puadi melanjutkan, berdasarkan ketentuan tersebut, secara eksplisit telah diatur dalam lampiran I PKPU 25/2023 bahwa waktu pengiriman surat suara kepada pemilih baru akan berlangsung pada 2 hingga 11 Januari 2024. Dengan demikian terdapat dugaan pelanggaran administratif pemilu yang dilakukan KPPSLN Pos dan atau PPLN Taipei.

Bawaslu RI juga menyampaikan saran perbaikan kepada KPU RI. Di antaranya menetapkan sejumlah 31.276 surat suara yang telah dikirim melalui pos oleh PPLN Taipei kepada pemilih, tidak dianggap sebagai surat suara rusak, mengingat potensi persoalan akan menjadi lebih luas. Dengan demikian, tidak perlu ada upaya pengiriman surat suara kembali sebagai pengganti.

Sejumlah tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam relawan Pejuang PPP, mendeklarasikan dukungan pada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Deklarasi dukungan itu dibacakan Wakil Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP periode 2020-2025, Witjaksono, di Hotel Ambhara, kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023). Mereka menyatakan siap menerima sanksi dari partai atas dukungan ini. Kendati, mereka menegaskan tidak ada kisruh di internal PPP.

Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) mengubah metode pemungutan suara di empat wilayah pemilihan luar negeri, yakni Hong Kong, Frankfurt (Jerman), New York (Amerika Serikat), dan Praha (Ceko). Hasyim menyebutkan saat ini ada tiga metode pemungutan suara yang dilakukan, yakni TPS Luar Negeri (TPSLN), Kotak Suara Keliling (KSK), dan pos.

Baca Juga: Bawaslu: Surat Suara yang Dikirim ke Taiwan Diduga Langgar Prosedur

27 Desember: Jubir AMIN ditahan kejaksaan, hingga beredar perintah caleg PDIP agar menangkan Ganjar-Mahfud

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal melakukan rapat pada Rabu (27/12/2023) untuk melakukan evaluasi pelaksanaan debat putaran kedua. Rapat tersebut diikuti tim sukses masing-masing pasangan calon. Salah satu yang dibahas adalah soal penggunaan mikrofon yang sempat disorot, dan hasilnya debat putaran selanjutnya KPU hanya akan menyiapkan satu mikrofon untuk kandidat.

Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), pada Pemilu 2024. Deklarasi dukungan keluarga besar HMI di gelar di Hotel Swasana Lippo Kuningan, Jakarta Selatan, dengan dihadiri langsung oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Rabu (28/12/2023).  

Beredar surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang menginstruksikan seluruh calon legislatifnya (caleg) turun ke masyarakat memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto pada 16 Desember 2023.

Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Sadarestuwati membenarkan surat tersebut. Menurutnya, sudah seharusnya caleg di PDIP kompak memenangkan partai dan Ganjar-Mahfud.

Liga Demokrasi Mahasiswa Indonesia (Lidema) melaporkan calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait pemakaian akronim Anies dan Muhaimin (AMIN) pada Pemilu 2024. Pelapor menilai penggunaan AMIN itu dimanfaatkan untuk mencari simpati dan suara di kalangan umat beragama.

Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berada di posisi teratas, dalam rilis survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS Indonesia), Rabu (27/12/2023).

Prabowo-Gibran berhasil meraih elektabilitas 43,7 persen, meski kurang dari dua bulan jelang Pemilu 2024. Paslon nomor dua belum berhasil meraih angka elektabilitas di atas 50 persen, yang menargetkan menang satu putaran. 

Sementara dalam survei CSIS Indonesia, terdapat kenaikan elektabilitas paslon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Mereka meraih 26,1 persen. Sedangkan paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih elektabilitas 19,4 persen. Kemudian, sebanyak 6,4 persen responden masih menjawab rahasia atau belum menentukan pilihan.

Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Indra Charismiadji, ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim), Rabu (27/12/2023). Kabar tersebut dibenarkan Tim Hukum Timnas AMIN, Azis Yanuar. Indra ditahan terkait kasus pajak. 

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, disambut antusias oleh ribuan relawan dan pendukung Prabowo-Gibran, yakni Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air (Gempita), saat berkampanye di Bandung, Rabu (27/12/2023).

Sedangkan, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, di Kantor Gubernur DIY, Rabu (27/12/2023). Sri Sultan mengatakan, Ganjar merupakan capres pertama yang menemuinya pada masa kampanye Pilpres 2024.

Baca Juga: NasDem Ajukan Penangguhan Penahanan Jubir Timnas AMIN Indra Charismiad

26 Desember: Anies kampanye di Pontianak, Prabowo di Aceh, dan Ganjar di Sukoharjo

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan berkampanye di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (26/12/2023). Anies tiba di Bandar Udara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sekitar pukul 08.10 WIB. Setibanya di Bandara, Anies disambut dengan Prosesi Adat Potong Pantan atau potong tebu yang turut diramaikan ratusan masyarakat sekitar.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Tudhoyono (SBY), bakal memperingati 19 Tahun Tsunami Aceh di Banda Aceh pada Selasa (26/12/2023).

Dalam kesempatan ini, Prabowo mengenang pertemuannya dengan eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Muzakir Manaf alias Mualem dalam sebuah momen ketika ia masih menjadi Panglima TNI. Dia juga berjanji akan membangun politeknik unggulan di Aceh dalam waktu dekat. Pembangunan itu, menurutnya sebagai wujud rasa terima kasihnya karena menang suara di Aceh saat Pemilihan Presiden 2019 lalu.

Sedangkan, cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, melakukan kunjungan ke Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam agenda itu, Gibran bertemu dan berdialog dengan kelompok kreatif yang dipimpin oleh generasi muda setempat.

Indikator Politik Indonesia (IPI) merilisi hasil survei elektabilitas capres-cawapres, Selasa (26/12/2023). Capres nomor urut satu, Anies Baswedan dianggap memiliki penampilan terbaik ketika debat capres putaran pertama digelar pada 12 Desember 2023 lalu. Angkanya 35,5 persen. 

Sementara, sebanyak 28,9 persen responden menganggap Prabowo Subianto yang unggul di debat putaran pertama. Sedangkan, 26,9 persen responden yang menilai Ganjar Pranowo memiliki keunggulan di debat capres. 

Hari ini juga viral di media sosial seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan sudah menerima surat suara pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim As'yari membenarkan surat suara itu asli.

Itu merupakan metode pemilihan dengan cara dikirim melalui kantor pos. Hasyim mengatakan, surat tersebut seharusnya dikirim pada 2-1 Januari 2024 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2024. Namun, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taiwan mengirimkannya pada 2 Desember dan 18 Desember 2023. Pengiriman pertama pada 2 Desember 2023, ada 929 surat suara pilpres dan 929 surat suara Pileg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo hari ini berkampanye ke sejumlah titik di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023). Salah satu agenda Ganjar di Sukoharjo meluncurkan program '1 keluarga miskin, 1 sarjana'. Ganjar menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo-Gibran Belum Tembus 50 Persen

25 Desember: Anies dan Ganjar sama-sama kampanye di Jateng, Mahfud kelelahan

Perayaan Natal 2023 jatuh saat masa kampanye Pilpres 2024. Calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyampaikan, perayaan Natal 2023 bisa menjadi momentum untuk mewujudkan etika kejujuran. Perayaan Natal 2023 juga, kata dia, bisa menjadi momentum untuk memperkuat cinta terhadap Tanah Air.

Ketua Umum PKB itu juga mengatakan, perayaan Natal 2023 dapat menjadi momentum untuk menghadirkan semangat kebersamaan dan kesetaraan sesama anak bangsa. Cak Imin juga mengajak seluruh anak bangsa untuk mewujudkan persaudaraan, tali kebersamaan, dan nilai-nilai kemanusiaan.

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan, tidak mau ambil pusing dengan candaan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf, yang menyebut pasangannya, Cak Imin, bakal kalah pada Pemilu 2024. Anies yang tengah berkampanye di Rembang, Jawa Tengah ini mengatakan, tugasnya dan Cak Imin saat ini adalah berusaha menyosialisasikan gagasan perubahan pada Pemilu 2024.

Dalam kesempatan ini, Anies dan Cak Imin mengaku optimistis bisa mendulang suara di Jawa Tengah pada Pemilu 2024. Anies yakin semangat perubahan di kalangan akar rumput Jateng semakin terasa, meskipun daerah ini diafiliasi sebagai basis PDIP. 

Sementara, cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD, batal berkampanye di Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (25/12/2023), lantaran dokter meminta dia beristirahat selama beberapa hari setelah 27 hari mengikuti kegiatan kampanye yang sangat padat. Apalagi Mahfud juga masih melakukan kegiatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Pada hari yang sama, calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo rehat sejenak dari aktivitas selama masa kampanye, sambil mengenang masa kecilnya di rumah sederhana di Jalan Nano, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (25/12/2023). Ganjar begitu sampai di halaman rumah langsung disapa teman masa kecilnya, Agus Maryono, di depan pagar. Selain itu, Ganjar juga bernostalgia semasa kecilnya di rumah ini.

Bertepatan dengan perayaan Natal, Keuskupan Agung Jakarta mengajak seluruh umat Katolik untuk tidak golput pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan langsung Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, selepas memimpin Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (25/12/2023).

Apa yang disampaikan Kardinal Ignatius merupakan refleksi terhadap tema Natal dari Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) tahun ini, yakni Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi.

Keuskupan Agung Jakarta juga mengungkapkan kriteria pemimpin yang patut dipilih masyarakat, terutama umat Katolik dalam Pemilu 2024. Hal utama yang bisa jadi pertimbangan rakyat dalam memilih pemimpin adalah melihat rekam jejaknya.

24 Desember: Anies dapat dukungan dari Pesantren Lirboyo, Prabowo dari SNI, dan Ganjar dari komunitas pencak silat

Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyoroti sektor ekonomi kreatif Indonesia. Ia menilai pemerintah belum mengelolanya dengan maksimal. Dia mengungkap alasan dulu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) gagal, karena belum diberikan perangkat yang jelas oleh pemerintah untuk mengembangkan sektor ini secara maksimal. Karena itu, dia berjanji AMIN akan menghidupkan kembali Bekraf. 

Dewan Pakar Ekonomi Syariah Tim Kampanye Nasional (TKN), Rezza Arief Budy Artha, juga mengatakan, paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berkomitmen akan mengoptimalkan ekonomi syariah sebagai motor baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sementara, Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra, menyatakan tidak ada pelanggaran etik apapun yang dilakukan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) dalam memproses pencalonan Gibran sebagai cawapres dalam Pilpres 2024. Hal itu dikemukakan Yusril dalam menanggapi laporan Demas Brian Sicaksono, PH Hariyanto dan Rumondang Damanik kepada Dewan Kehormatan Pemilu (DKPP) yang mulai bersidang pada Jumat, 22 Desember 2024. Laporan ini terkait dugaan anggota KPU RI melanggar etik karena meloloskan Gibran sebagai cawapres.

Keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo berikrar mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pada pemilihan Pilpres 2024. Santri, alumni, dan pecinta Ponpes Lirboyo, Ponpes Poso, dan Ponpes Tegalrejo berjanji memenangkan pasangan Anies-Muhaimin pada Pemilu 2024.

Capres nomor tiga, Ganjar Pranowo, menghadiri acara deklarasi dukungan dari Jaringan Pencak Silat Nasional (JPSN) Solo Raya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Desa Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). JPSN meminta Ganjar agar memperhatikan dunia pencak silat jika kelak terpilih pada Pemilu 2024.

Sementara, pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menerima dukungan dari Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) di kawasan Pelabuhan Perikanan Kluwut, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). TKN Prabowo-Gibran pun berharap dukungan SNI menjadi modal untuk memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran.

Selain itu, Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Keterbukaan Informasi yang terdiri dari AJI Indonesia, LBH Pers, ICW, Perludem, Yayasan Tifa dan Medialink, menyurati Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), Jumat, 22 Desember 2023. Surat tersebut disampaikan guna meminta informasi mengenai uji konsekuensi informasi yang dikecualikan, dalam hal ini riwayat hidup calon anggota legislatif (caleg) pada Pamilu 2024.

Baca Juga: Dilaporkan ke Bareskrim karena Akronim AMIN, Anies: Aminin Aja Dulu

23 Desember: Gibran curi perhatian warganet usai debat cawapres

Peneliti Senior Drone Emprit, Yan Kurniawan, mengungkap sentimen netizen sesaat setelah debat cawapres berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023. Hasilnya, setiap cawapres punya sentimen berbeda di mata netizen.

Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, disebut sebagai underdog dibandingkan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Mahfud MD. Wali Kota Solo itu disebut paling mencuri perhatian dalam debat, karena prediksi publik yang semula meragukan kemampuan Gibran berdebat, ternyata sebaliknya.

Cawapres nomor urut satu, Cak Imin, disebut memiliki sentimen positif dan negatif yang relatif seimbang. Namun, sentimen negatifnya membesar. Sedangkan, cawapres nomor urut tiga Mahfud MD disebut memiliki sentimen positif paling tinggi dibandingkan calon lainnya. Menurut Yan, hal ini disebabkan sikap Mahfud selama debat berlangsung.

Senada, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Telisa Aulia Faliaty, menilai debat cawapres berlangsung menarik. Penampilan cawapres nomor urut dua misalnya, terlihat lebih banyak belajar untuk menghadapi debat. Dia menilai persiapan Gibran didukung banyaknya tim sukses berlatar belakang ekonomi, sehingga Wali Kota Solo itu banyak mendapatkan masukan.

Sementara, paslon nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), berkunjung ke kediaman tokoh senior Golkar, Jusuf "JK" Kalla, usai debat Cawapres, Jumat malam, 22 Desember 2023. Keduanya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan terbuka yang disampaikan JK pada Pemilu 2024 bagi pasangan Anies-Muhaimin. Pertemuan keduanya nyaris berlangsung selama 1,5 jam.

Menanggapi dukungan JK ke kubu AMIN, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengaku menghargai sikap JK. Meski begitu, ia menegaskan, loyalitas Golkar kepada paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tetap kuat.

Selain itu, kata Airlangga, keponakan JK, Erwin Aksa juga masih berada di barisan Golkar. Erwin juga kini menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Untuk kegiatan kampanye, cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, langsung melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah menghadapi debat perdananya. Mengawali safari politiknya di Jateng, ia menghadiri acara AMIN Preneur bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kudus.

Usai debat cawapres perdana yang digelar di Jakara Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023, cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, menjadi sorotan warganet di media sosial.

Ada dua hal yang paling disorot warganet, yakni soal pemakaian alat bantu suara dan pengucapan akronim asing yang sempat ditanyakan kepada cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan tidak dapat dijawabnya.

Pascadebat cawapres, juga ramai video yang menarasikan seolah capres nomor urut dua Prabowo Subianto bersitegang dengan tim pemenangannya, Bahlil Lahadalia. Namun, Partai Gerindra dan Menteri Investasi/Kepala BKPM itu membantahnya. Bahlil menyebut tidak ada ketegangan antara dirinya dengan Prabowo, dan menyebut video tersebut sengaja disebar karena Gibran lebih unggul pada debat capres-cawapres putaran kedua itu.

Baca Juga: Drone Emprit: Gibran Curi Perhatian, Sentimen Negatif Imin Membesar

22 Desember: Gibran diserang Cak Imin dan Mahfud di debat cawapres

Debat capres-cawapres putaran kedua akhirnya berlangsung seru di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. Namun kalah seru dari debat capres putaran pertama.

Hal menarik dalam debat cawapres, pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memakai pakaian adat. Ganjar memakai baju adat NTT, sedangkan Mahfud mengenakan baju adat asal kampung halamannya, Madura.

Tak hanya pasangan nomor urut tiga, hal unik lainnya dilakukan cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dia sengaja membawa sarung demi memperkenalkan konsep 'Slepet' untuk visi misinya. Bahkan, selama debat ia menyebut lebih dari 10 kali kata-kata "slepet". 

Selama debat, cawapres nomor urut tiga Gibran Rakabuming Raka lebih banyak diserang cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar dan Mahfud. Namun, Gibran mampu menjawab dengan argumennya. Bahkan di luar perkiraan, Gibran yang semula diragukan publik soal kemampuan berdebat, justru terlihat sebaliknya.

Kendati, secara visi misi dan gagasan, Gibran banyak mengadopsi atau melanjutkan visi misi sang ayah, Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Gibran juga sempat menanyakan kepada Cak Imin hal sama yang pernah ditanyakan Jokowi saat debat, yakni soal State Global Islamic Economy (SGIE). Cak Imin mengaku tidak tahu istilah SGIE, hingga Gibran harus menjelaskan. 

Sedangkan, Cak Imin beberapa kali menyerang Gibran dengan sindiran-sindiran, seperti soal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang dianggapnya belum termasuk skala prioritas. Cak Imin juga menyindir pembangunan Kota Solo yang seolah dianakemaskan dari daerah lain. 

Sementara, Mahfud menyerang Gibran terkait isu pajak dan penerimaan negara. Menurut dia, target pasangan Prabowo-Gibran untuk menaikkan rasio pajak menjadi 23 persen tidak masuk akal. Mahfud juga mempertanyakan soal penerimaan negara.

Selain isu ekonomi, Gibran juga mampu mendebat Cak Imin dan Mahfud pada isu perkotaan, bahkan lebih menguasai karena pengalamannya menata Kota Solo.

Usai berdebat, Gibran menyalami Cak Imin dan Mahfud serta berterima kasih kepada keduanya. Dia mengaku merasa beruntung sebagai anak muda berada satu panggung dengan Profesor Mahfud dan Ketua Umum PKB itu. Ketiga cawapres juga bergandengan tangan.  

21 Desember: Persiapan ketiga cawapres hadapi debat hingga penderita gangguan jiwa bisa nyoblos

Tiga calon wakil presiden (cawapres) akan menjalani debat perdana pada Jumat (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Tema debat cawapres pertama ini yakni tentang ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Menghadapi debat, ketiga cawapres sudah melakukan sejumlah persiapan. Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka,  bahkan mendapat pelatihan dari tiga tim internalnya, yakni tim pakar, tim Gus Ipang, dan tim media.

Timses Prabowo-Gibran mengatakan, Gibran siap dengan tema tersebut, karena memiliki pengalaman sebagai pengusaha.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mempelajari lagi visi-misi yang telah disusun untuk menghadapi debat.

Kendati sudah melakukan sejumlah persiapan, Cak Imin mengaku masih grogi untuk menghadapi debat cawapres nanti. Terlebih kedua rivalnya sama-sama memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing.

Cak Imin juga yakin bahwa Gibran sudah lebih siap untuk menghadapi debat nanti karena sudah pengalaman sebagai seorang wali kota. Karena itu, bagi Cak Imin, penampilan Gibran menjadi salah satu tantangannya.

Adapun cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD, mengaku siap dan akan menjawab apa saja yang ditanyakan kepadanya saat debat.

Mahfud akan memberikan jawaban dan penjelasan sesuai dengan pengetahuannya pada debat tersebut. Mahfud menganggap debat yang diselenggarakan KPU bukan seperti ujian disertasi.

Mulai debat kedua sampai debat kelima, KPU akan menyediakan podium di panggung debat.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari juga memastikan, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bisa ikut menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024. Syaratnya, sudah berusia 17 tahun.

Hasyim menerangkan, ODGJ yang bisa nyoblos adalah mereka yang berada di bawah pengawasan rumah sakit jiwa atau panti sosial. Hasyim mengaku, KPU juga sudah memiliki data ODGJ.

20 Desember: Bawaslu Jateng usut dugaan pelanggaran Zulhas

Tim gabungan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menelusuri adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pembukaan Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Selasa (19/12/2023). Acara ini, memang dihadiri Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, yang saat itu kapasitasnya adalah Menteri Perdagangan.

Namun, dalam pembukaan, Zulhas malah terkesan kampanye dan mempromosikan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Dalam promosinya, Zulhas juga berkelakar ada masyarakat yang diam usai surat Al-Fatihah dibacakan saat salat Magrib, seharusnya langsung mengucapkan 'amin.'

"Saya keliling daerah Pak Kiai, sini aman, Jakarta gak ada masalah. Yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi, kalau salat Magrib baca waladholin, baca Al-Fatihah, waladholin, ada yang diem sekarang, Pak. Ada yang diem, lho kok lain," ujar Zulhas pada Selasa yang disambut tawa hadirin.

Menurutnya, orang-orang yang terdiam usai bacaan itu karena mereka cinta pada capres Prabowo Subianto.

"Ada yang diam sekarang banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu," katanya.

Tak hanya itu, Zulhas juga mencontohkan kini banyak orang yang ketika gerakan tahiyat akhir dalam salat menunjukkan dua jari.

"Itu kalau tahiyatul akhir, awalnya gini (nunjuk satu jari), sekarang jadi gini (nunjuk dua jari)," tutur dia lagi.

19 Desember: Jusuf Kalla dukung AMIN

Dukungan berharga didapatkan pasangan nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), dalam menghadapi Pemilu 2024. Mereka disokong oleh Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla.

Secara resmi, JK mendukung AMIN lewat deklarasi saat melakukan kunjungan kerja di Makassar, Sulawesi Selatan. Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah, menyatakan pasangan AMIN punya kapasitas yang baik demi memimpin Indonesia di periode 2024 hingga 2029 nanti.

"Karena merasa punya tanggung jawab moral, agar rakyat tidak salah dalam memilih pemimpin yang akan memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, maka Selasa (19/12/2023) di Makassar, M Jusuf Kalla menyampaikan secara terbuka jika dirinya memilih Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar," kata dia saat dihubungi IDN Times, Selasa (19/12/2023).

Menurut Husain, ada sejumlah faktor yang membuat JK mendukung AMIN. Pengetahuan, pengalaman, kejujuran, dan integritas Anies, dianggap sebagai faktor utama JK mendukung AMIN.

Sikap tenang Anies, dijelaskan Husain, membuat JK yakin mendukung AMIN. Sebab, bagi JK, seorang pemimpin tidak boleh tersulut emosinya.

Sebab, sifat pemarah dapat membahayakan Indonesia yang secara historis pernah diwarnai konflik dalam negeri, seperti di Papua, Aceh, Poso, Ambon dan di Kalimantan.

"Seorang pemimpin juga harus adil agar dapat memakmurkan rakyatnya. Seorang pemimpin harus mengerti ekonomi dasar. Seorang pemimpin tidak boros asal belanja karena dapat membuat negeri bangkrut," katanya.

18 Desember: KPU buka suara soal laporan transaksi janggal untuk Pemilu 2024 dari PPATK, hingga Cak Imin digembleng jelang debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar simulasi perdana pemungutan dan penghitungan suara Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kantor KPU Jakarta Timur, Senin (18/12/2023).

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya, menegaskan kegiatan ini merupakan simulasi pertama di Jakarta. Tujuan simulasi ini bukan untuk mencatat waktu secara detail, karena sebelumnya sudah dilakukan KPU RI, tetapi agar petugas paham alur pemungutan dan penghintungan suara.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dalami dugaan pelanggaran netralitas TNI dari ajudan capres nomor urut dua Prabowo Subianto, yang turut hadir mengawal Prabowo saat debat capres perdana pada Selasa, 12 Desember 2023. Bawaslu juga akan mengkaji soal modal yang diberikan Prabowo kepada Koperasi Mekar Digital Sejahtera (MDS) sebesar Rp15 miliar.

Sementara, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk tidak masuk menjadi golongan putih (golput) atau tidak mencoblos saat Pemilu 2024. Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis mengatakan haram golput itu sudah ada fatwanya.

Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mengungkap isi surat Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dana janggal yang mengalir ke partai politik. Anggota KPU, Idham Holik, menjelaskan surat itu dutandatangani oleh Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana.

Dalam surat tersebut, PPTAK menjelaskan ada rekening bendahara parpol pada periode April sampai Oktober 2023, melakukan transaksi keuangan baik masuk maupun keluar, dalam jumlah ratusan miliar rupiah. PPATK menjelaskan transaksi keuangan tersebut berpotensi akan digunakan untuk penggalangan suara yang akan merusak demokrasi Indonesia.

Selain itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, hari ini juga merilis 11 nama panelis dan dua moderator, untuk debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

KPU menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat putaran kedua Pilpres 2024 itu. Adapun, Alfito merupakan Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana pembawa berita dan produser Kompas TV.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, mengaku belum mempersiapkan pertanyaan untuk debat cawapres yang akan berlangsung pada Jumat (22/12/2023) mendatang. Sementara, Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Angga Putra Fidrian mengatakan, pihaknya mulai menggembleng Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk memperkaya pengetahuannya tentang ekonomi digital dan ekonomi makro.

17 Desember: Anies kecelakaan di Aceh, hingga Ganjar dicegat petani di Magelang

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, berencana membawa Provinsi Aceh keluar dari kemiskinan dan mengembalikan Aceh seperti pada masa keemasan. Hal itu disampaikan Anies saat kunjungan kampanye di Aceh Timur, Minggu (17/12/2023).

Anies mengatakan provinsi yang berada di ujung barat Indonesia itu masih dinobatkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatra. Menurut dia, hal tersebut merupakan catatan yang kurang baik.

Dalam kunjungan ke tanah Rencong, mobil iring-iringan pengawal Anies sempat mengalami kecelakaan saat kampanye di Aceh Timur. Jubir Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Indra Charismiadji, memastikan Anies dalam kondisi baik-baik. Setelah dipastikan tidak ada korban, Anies melanjutkan perjalanan.

Sementara, calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, berziarah ke makam Presiden Pertama Indonesia, Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023). Menteri Pertahanan (Menhan) itu bersama rombongan tiba di kompleks makam Soekarno pukul 11.24 WIB.

Kedatangan Prabowo disambut ratusan relawan yang telah memadati kompleks Makam Soekarno. Seperti Presiden Joko Widodo, dia pun membagikan kaos kepada warga. Pada kesempatan ini, Prabowo minta soal ‘Ndasmu Etik’ tidak usah dibesar-besarkan.

Sedangkan, calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, berkunjung ke Pondok Pesantren Fauzan Garut, Jawa Barat, Minggu (17/12/2023). Dalam kunjungan itu, ia disambut langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Fauzan Garut, KH Aceng Abdul Mujib. Usai acara penyambutan, Mahfud dan rombongan masuk ke dalam pesantren. Kiai Aceng mengatakan Mahfud merupakan cawapres yang bersih dari korupsi.

Pada hari yang sama, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo sendiri berkampanye di Magelang, Jawa Tengah. Di perjalanan usai dari pesantren, Ganjar sempat dicegat sejumlah petani yang curhat soal kesulitan air irigasi. Ganjar akhirnya turun dari mobil dan berbincang dengan petani untuk menyelesaikan masalah ini.

16 Desember: Jokowi pakai dasi kuning hingga Prabowo kembali singgung Anies soal Pilkada DKI 2017

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenakan dasi warna kuning saat akan berangkat kunjungan kerja ke Jepang, Sabtu (16/12/2023). Dasi ini pun menjadi pertanyaan awak media, karena di tahun politik warna bisa menjadi simbol politik tertentu.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, mengungkapkan Jokowi mengaku sempat kesulitan mencari dasi untuk dikenakan dalam agenda kali ini. "Tadi beliau cerita, kesulitan cari dasi. Jadi yang ada saja dipakai," ujar Pratikno di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pratikno juga merespons isu tentang partai politik pendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan menarik menterinya dari kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Kendati, Pratikno mengaku tidak mendapatkan informasi perihal tersebut. Menurut Pratikno, saat ini para menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf tetap bekerja seperti biasanya.

Sementara, ribuan anggota koperasi Mekar Digital Sejahtera (MDS) mengikuti Silaturahmi Nasional Koperasi MDS Coop 2023 di Desa Cinangka, Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (16/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pembina Induk Koperasi Unit Desa (Inkud), Prabowo Subianto, dilantik jadi Dewan Kehormatan MDS. Pelantikan itu dihadiri langsung oleh mantan Menteri BUMN, Rini Sumarno selaku Ketua Dewan Pembina Koperasi MDS Coop.

Pada hari ini, Anggawira selaku mantan Juru Bicara Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, buka suara Anies lupa dengan sejarah perihal pernyataannya soal orang dalam (ordal) pada debat capres perdana di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Anggawira menyinggung masa-masa ketika Anies menjabat sebagai gubernur DKI. Saat itu, kata dia, Anies juga menempatkan orang dalam untuk sejumlah instansi, salah satunya di Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, kembali menyindir capres nomor urut satu, Anies Baswedan, terkait sistem demokrasi di Indonesia yang sempat jadi pembahasan dalam debat capres perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) pada Selasa, 12 Desember 2023.

Prabowo menyinggung Anies dengan menyebut soal adanya figur gubernur yang lupa bahwa dirinya bisa terpilih dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, karena adanya demokrasi yang berjalan dengan baik.

Baca Juga: Istana Jelaskan soal Jokowi Pakai Dasi Kuning Saat Berangkat ke Jepang

15 Desember: Jokowi tak masalah dicaci maki dan difitnah hingga penegasan Anies tak utang budi ke Prabowo

Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak keberatan dengan pernyataan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, yang menyebut indeks demokrasi Indonesia menurun. Menurut Jokowi, semua kritik yang datang kepada pemerintah dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan, tak pernah membatasi suara rakyat. Dia mengaku tak masalah bila sering dicaci hingga difitnah.

"Tetapi yang jelas, kita ini kan tidak pernah melakukan pembatasan-pembatasan apapun dalam berbicara, dalam berpendapat ada yang maki-maki presiden, ada yang caci maki presiden, ada yang merendahkan presiden, ada yang menjelekkan juga biasa-biasa saja," ucap dia.

Di tempat terpisah, Anies menegaskan sudah tak punya utang budi kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait pencalonan di Pilkada DKI 2017. Anies sudah mengerjakan aspirasi warga Jakarta selama menjabat sebagai gubernur. 

Pernyataan ini disampaikan Anies setelah Prabowo mengungkit pencalonan Anies di Pilkada DKI 2017 saat debat perdana capres di KPU pada Selasa (12/12/2023). Prabowo mengungkapkan bahwa dia yang mengusung Anies di Pilkada DKI. Bahkan, kata Prabowo, Anies datang ke rumahnya.

Tapi Anies tak bersedia berkomentar soal datang ke rumah Prabowo pada 2017. Namun, berdasarkan pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa, Jusuf Kalla yang mengusulkan nama Anies untuk jadi calon gubernur. Usul itu disampaikan JK kepada Erwin melalui telepon. 

14 Desember: PPATK temukan transaksi janggal melonjak selama kampanye hingga Ustaz Abdul Somad resmi dukung Anies

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana mengatakan, pihaknya menemukan lonjakan transaksi janggal selama masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut Ivan, penemuan transaksi janggal selama kampanye itu salah satunya berdasarkan hasil penelusuran daftar calon tetap (DCT).

"Tadi seperti misalnya terkait dengan pemilu ini kita dapat DCT kan. Nah dari DCT kita ikuti, kita melihat memang transaksi terkait dengan pemilu ini masif sekali laporannya kepada PPATK," ucap dia.

Selain itu, kata Ivan, peningkatan transaksi mencurigakan dalam bentuk tunai di masa kampanye hingga 100 persen lebih. Dia memastikan akan mendalami hal tersebut.

Lebih lanjut, Ivan juga menyebut KPU dan Bawaslu sudah memegang data transaksi mencurigakan tersebut.

Di tempat terpisah, pendakwah kenamaan, Ustaz Abdul Somad (UAS), resmi memberikan dukungan kepada capres nomor urut 1, Anies Baswedan, di Pemilu 2024. Dukungan itu disampaikan UAS ketika Anies berkampanye di Pekanbaru, Riau pada Rabu, 13 Desember 2023. 

UAS menyampaikan dukungannya saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkunjung ke Pesantren Ma'had Az-Zahra milik UAS pada Rabu malam. 

13 Desember: Usai debat pertama, Prabowo paling banyak dibahas dan paling banyak dicari di Google Trends

Prabowo Subianto jadi calon presiden (capres) paling banyak dibicarakan setelah debat perdana capres yang digelar di Gedung KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12/2023) malam.

Berdasarkan observasi yang dilakukan sejak awal debat hingga observasi terakhir pada Rabu (13/12/2023) pukul 11.30 WIB, Prabowo jadi capres yang paling banyak dibahas mengalahkan capres lainnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Sociare Media melalui alat hitung Brand24, total mention di media sosial untuk Prabowo sebanyak 71,6 ribu. Berikutnya disusul capres nomor urut satu, Anies Baswedan dengan total 61,2 ribu mention. Kemudian terakhir, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dengan total 43,7 ribu mention.

Selain mendominasi dari segi mention, Prabowo juga punya keunggulan signifikan dari segi kuantitas materi media sosial yang dilihat. Prabowo mencapai 68,9 ribu.

Sedangkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo secara keseluruhan mendapat 35,1 ribu dan 25,3 ribu mention.

Prabowo juga lebih banyak dibahas di portal berita ketimbang capres lainnya. Prabowo menduduki puncak parameter jangkauan portal berita dengan nilai 7,3 juta, disusul Anies dengan angka 3,9 juta, dan Ganjar dengan angka 3,5 juta.

Prabowo juga berada di posisi paling atas dalam pencarian kata kunci di Google Trends.

12 Desember: Debat capres perdana memanas, Prabowo jadi 'musuh bersama'

Debat capres-cawapres putaran perdana yang digelar di Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), Selasa (12/12/2023), berlangsung panas. Ketiga capres saling serang, namun capres nomor urut 02 Prabowo Subianto paling banyak diserang pesaingnya.

Prabowo seperti menjadi musuh bersama bagi capres nomor urut 01 Anies Baswedan dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo. Parbowo yang belakangan ini kerap dicap dengan aksi joget 'gemoy' justru tidak terlihat di debat pertama ini. Dia lebih menunjukkan karakternya yang tegas.

Bahkan, beberapa kali Prabowo terpancing emosinya saat Anies maupun Ganjar mengajukan pertanyaan atau menanggapi gagasan di setiap sesi.

Baca Juga: Prabowo ke Anies: Kalau Rakyat Gak Mau, Jangan Pilih Prabowo-Gibran

11 Desember: Persiapan tiga paslon hadapi debat capres-cawapres

Debat perdana Pemilu Presiden 2024 akan digelar Komisi Pemilihan Umum RI pada Selasa (12/12/2023). Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden akan beradu gagasan terkait tema Pemerintahan, Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mulai melakukan sejumlah persiapan menjelang  debat perdana yang akan digelar pada Selasa (12/12/2023) besok.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Angga Putra Fidrian mengatakan, Anies-Muhaimin telah melakukan rapat untuk membahas materi debat nanti.

Pasangan Anies-Muhaimin akan istirahat total dari kegiatan kampanye demi menyiapkan diri pada debat perdana yang akan digelar di KPU. Namun kata dia, Anies-Muhaimin sudah memiliki pengalaman untuk menguasai debat capres nanti. Terlebih Anies-Muhaimin tidak pernah absen saat menerima di forum-forum debat. 

"Dua-duanya sudah punya pengalaman dalam konteks debat, persiapan yang paling penting istirahat. Jadi memang besok sih sudah tidak ada kegiatan, belajar full dan istirahat untuk besok," kata dia.

Sementara, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengumpulkan sejumlah aktivis 98 menjelang debat resmi capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023).

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan, dikumpulkannya aktivis 98 ini berkaitan dengan tema dari debat pilpres perdana besok, yang salah satu topiknya adalah hak asasi manusia (HAM).

Dalam jumpa pers tersebut, hadir sejumlah orang yang merupakan aktivis 98. Nusron mengatakan, orang-orang yang hadir ini merupakan para pendukung Prabowo-Gibran, yakni Budiman Sudjatmiko, Andi Arief, hingga Agus Jabo. Lalu, ada juga pegiat antikorupsi Irma Hutabarat, pegiat HAM Natalius Pigai, dan aktivis NGO Rachland Nashidik.

"Pasti akan muncul pertanyaan karena setiap 5 tahun sekali setiap Pak Prabowo ikut pilpres karena dikaitkan dengan masa lalu Pak Prabowo, hubungan masa lalu Pak Prabowo dengan Pak Budiman Sudjatmiko," katanya.

Calon Wakil Presiden, Gibran Rakabuming pun mengakui siap mengikuti debat yang diselenggarakan KPU tersebut. Ia mengaku sudah memahami materi debat perdana ini.

"Moga-moga sudah semua," ujar Gibran di Depok.

Sedangkan, pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD disebut telah siap menghadapi debat perdana Pemilu Presiden 2024. Debat perdana ini dinilai akan menjadi panggung pasangan nomor urut tiga tersebut.

"Karena besok topiknya adalah tentang hukum, sebenarnya bagi kami ini adalah panggung Pak Ganjar dan Pak Mahfud,” kata Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro  di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Seno menyebut latar belakang Ganjar dan Mahfud MD sangat cocok dengan topik debat perdana ini. Debat kali ini mengusung tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

“Pak Ganjar dan Prof Mahfud  mempunyai track record panjang di dunia hukum. Pak Ganjar  S1-nya bidang hukum. Pernah menjadi legislator,  dua periode. Dan, Prof Mahfud saat ini dikenal luas sebagai pendekar hukum Indonesia,” jelas Seno.

10 Desember: Prabowo akui goblok jika tak dompleng nama besar Jokowi hingga sindiran Hasto soal joget gemoy

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming hadir dalam acara Waktunya Indonesia Maju, di Sentul International Convention Center (SICC), Minggu (10/12/2023). Dalam kesempatan tersebut, Prabowo merespons pernyataan yang menganggapnya hanya bisa memanfaatkan nama besar Joko "Jokowi" Widodo sebagai Presiden RI. Terlebih, dia meminang putra sulung Jokowi sebagai wakil presidennya.

"Ada yang mengejek saya juga, 'Prabowo bisanya jualan Jokowi saja'. Ya kalau ada timnya (dulu di saya) kenapa nggak? Kalau bisa jualan kenapa nggak? Emang gue goblok? Hampir semua survei menunjukkan bahwa Presiden Jokowi mengalami dan menerima dukungan positif terlebih dari 75 persen rakyat Indonesia," tutur Prabowo.

Prabowo juga menegaskan bahwa Gibran adalah sosok calon wakil presiden pilihannya sendiri. Pemilihan Gibran sebagai wakil presiden yang mendampinginya jauh dari alasan dinasti politik.

"Benar bahwa calon ini (Gibran) saya yang pilih, saya yang minta. Gak ada itu dinasti-dinastian. Kalau dinasti merah putih apa salahnya, kalau dinasti patriotik apa salahnya," kata Prabowo.

Sementara dalam acara konsolidasi PDIP di Pandeglang, Banten, Jawa Barat, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menyinggung calon presiden (capres) nomor urut dua Prabowo Subianto tidak bisa melakukan blusukan seperti yang dilakukan calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

Hasto menilai Prabowo bukan Joko "Jokowi" Widodo yang merupakan kader PDIP. Dia menegaskan bahwa blusukan merupakan merupakan karakter kepemimpinan ala PDI Perjuangan (PDIP).

"Ketika saya bertanya dengan pengurus anak ranting, saya tanya, bagaimana dengan Pak Prabowo gojekannya (guyonan)? Wah pak, itu mah untuk membuktikan bahwa beliau memang bukan Pak Jokowi," katanya.

Hasto menegaskan joget Gemoy ala Prabowo menunjukkan Menteri Pertahanan Indonesia tidak bisa blusukan.

"Sehingga gojek-gojekan dengan gemoy itu justru mengabulkan bahwa apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi seperti blusukan itu memang tidak bisa dilakukan oleh Pak Prabowo, maka yang ditampilkan seperti itu (joget gemoy)," katanya.

8 Desember: Kampanye 3 capres dan peringatan Bawaslu transportasi publik tidak boleh jadi sarana kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) angkat bicara terkait video viral di media sosial yang memperlihatkan bus TransJakarta jadi media kampanye. Dalam video itu, terlihat alat peraga kampanye berupa stiker ditempelkan di salah satu kursi bus.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menuturkan, transportasi publik tidak boleh digunakan untuk menjadi sarana kampanye.

Bagja menjelaskan, Bawaslu Daerah sejak masa sosialisasi sudah mulai mulai menertibkan angkot-angkot yang menjadi sarana alat peraga kampanye. Biasanya stiker kampanye itu dipasang di bagian belakang kaca angkot.

Sementara itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji membentuk tim khusus untuk memberantas mafia daging. Pembentukan tim itu diharapkan bisa menyelesaikan masalah tata niaga peternakan.

Anies menjelaskan, tim khusus tersebut nantinya dapat diisi orang-orang yang pernah bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), khususnya yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

Sementara itu, capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, memastikan akan menghormati siapa pun pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga memastikan, apabila dia menang pada Pilpres 2024 mendatang, akan merangkul lawan politiknya.

Prabowo, yang berkampanye di Jakarta mengingatkan agar seluruh kontestan yang bertarung dalam pilpres tak boleh sakit hati.

Adapun capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berkampanye di Cirebon, Jawa Barat. Salah satu agendanya adalah bertemu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dalam kesempatan itu, Ganjar membuka wacana agar narapidana (napi) koruptor dipenjara di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

7 Desember: Jokowi sebut kunjungan ke daerah sudah dirancang 3 bulan sebelumnya hingga alasan Gibran tak pernah ikuti forum debat

Para capres dan cawapres masih melakukan kampanye ke berbagai daerah. Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berkampanye di Lampung. Sementara capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, diketahui berada di Jakarta. Sedangkan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkampanye di Balikpapan. 

Sebelumnya ramai diberitakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dianggap mengikuti lokasi kampanye Ganjar. Pasalnya, selepas Ganjar berkampanye di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jokowi juga berkunjung ke daerah tersebut. Begitu juga di Papua,

Namun Presiden Jokowi membantah anggapan mengikuti lokasi kampanye Ganjar. Dia mengatakan, agendanya sudah dirancang sejak tiga bulan sebelum keberangkatan.

"Ya ndak lah, ndak seperti itu. Jadwal untuk kunjungan presiden itu sudah dirancang tiga bulan sebelumnya dan pasti ada tujuannya," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center.

Jokowi mengatakan, ada sejumlah kegiatan di NTT, mulai dari kunjungan ke pasar, bertemu warga, hingga peresmian gereja katedral.

Sementara itu, Anggota Dewan Pakar dan Direktur Juru Debat Tim Kampaye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengungkapkan alasan mengapa calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka jarang menghadiri acara forum diskusi.

Diketahui, belakangan ini Gibran jadi sorotan publik setelah beberapa kali tak menghadiri acara diskusi yang juga diikuti oleh cawapres lainnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Terbaru, Gibran tak hadir dalam acara debat tiga capres di salah satu acara stasiun televisi (TV).

Budiman menjelaskan, Gibran bukan seorang pendebat profesional. Wali Kota Solo itu juga merupakan figur yang rendah hati, sehingga tak ingin mencari panggung dalam forum debat tersebut.

"Karena bagaimanapun juga, Mas Gibran ini kan akan masuk pertama kali secara nasional, Mas Gibran adalah seorang pembelajar, cukup rendah hati untuk tidak melayani, untuk tidak mendatangi semua forum-forum debat. Karena Mas Gibran bukan seorang professional debater," ucap Budiman saat ditemui di Media Center TKN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

6 Desember: KPU telah tetapkan tema debat capres-cawapres, Amnesty usul ada tema soal HAM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tema debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengungkapkan, debat akan digelar sebanyak lima sesi dengan tema yang berbeda.

Debat pertama akan digelar untuk capres. Kedua untuk cawapres, ketiga untuk capres, dan keempat untuk cawapres. Terakhir atau kelima kembali debat untuk capres.

Adapun tema debat di lima sesi sebagai berikut:

1. Pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga (capres)

2. Ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan (cawapres)

3. Pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik (capres)

4. Pembangunan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. (cawapres)

5. Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi (capres)

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mengusulkan agar KPU memasukkan tema soal pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam debat capres dan cawapres.

Usman mengungkapkan, pihaknya memberikan dokumen usulan tiga agenda mengenai HAM dalam debat pilpres nanti. Salah satunya mengenai pelanggaran HAM.

5 Desember: KPU akan bahas format, panelis, dan moderator debat dengan timses capres-cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat lanjutan dengan perwakilan tim sukses (timses) paslon presiden dan wakil presiden pada Rabu (6/11/2023) untuk membahas format debat.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menuturkan, dalam rapat lanjutan itu akan dibahas mengenai berbagai persiapan debat capres dan cawapres. Selain itu, juga dibahas mengenai pematangan tema debat, panelis, hingga moderator.

Sebelumnya, Anggota KPU Idham Holik mengungkap syarat utama jadi moderator debat capres dan cawapres Pemilu 2024, yaitu figur yang tidak hanya punya keahlian berbicara di hadapan publik, tapi juga wajib punya kemampuan membujuk dan punya daya tarik.

Syarat ini dibuat karena KPU ingin debat Pilpres 2024 berjalan menarik dan berkualitas. Idham mengungkapkan, KPU akan memutuskan nama moderator debat usai menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan tiga paslon.

"Dalam pedoman teknis yang diterbitkan oleh KPU, berkenaan dengan moderator, KPU wajib menerima masukan dan tanggapan dari tim kampanye. Itulah pentingnya KPU mengadakan rapat koordinasi," ujar Idham.

Sementara itu, di hari ke-8 masa kampanye, ketiga pasangan capres-cawapre masih berkampanye ke daerah-daerah. 

4 Desember: Kominfo luncurkan platform digital Pemiludamaipedia untuk perangi hoaks dan pantau netralitas ASN

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis platform digital Pemiludamaipedia untuk mengawal Pemilu 2024 agar berjalan damai.

Platform ini juga sebagai sarana untuk memerangi hoaks jelang pemilu dan memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia soal serba-serbi pemilu. Laman digital ini bisa diakses di s.id/pemiludamaipedia.

Selain untuk memerangi hoaks, platform ini juga dibuat untuk memantau netralitas ASN.

“Jadi kita Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika ada MoU dengan Komisi ASN untuk mengawasi netralitas ASN di ruang digital,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong.

Usman menjabarkan, ada hukumannya jika ASN terbukti tidak netral selama Pemilu 2024. Sanksi itu sudah diatur di dalam Undang-Undang tentang ASN. Hukumannya bisa dari administrasi sampai pidana. Tergantung pelanggarannya seperti apa.

Di tempat terpisah, KPU memastikan akan menggelar rapat koordinasi lanjutan dengan masing-masing perwakilan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden untuk membahas mengenai seluruh mekanisme pelaksanan debat capres-cawapres.

3 Desember: Capres blusukan kampanye, Anies di Sumut, Prabowo Banten, Ganjar di Lombok-Kendari

Di hari ke-6 kampanye Pilpres 2024, ketiga pasangan capres-cawapres berkampenye di sejumlah daerah. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan kampanye ke Sumatra Utara. Saat tiba di Bandara Kualanamu, Anies disambut oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) yang juga eks Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, dan emak-emak. Edy langsung menyematkan kalung bunga kepada Anies. 

Sedangkan pasangannya, Cawapres Muhaimin Iskandar kampanye ke Sumatra Barat. 

Sementara Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, berkampanye di Banten.  Prabowo berziarah ke Banten Lama, lalu ke Cidahu, Pandeglang untuk berziarah ke makam Abuya Dimyati. Prabowo juga akan bersilaturahmi dengan Abuya Muhtadi dan Abuya Murtado.

Adapun Calon Wakil Presiden nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, berkampanye di wilayah DKI Jakarta.

Sementara Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkampanye ke Kendari, Sulawesi Tenggara. Berdasarkan agenda yang diterima IDN Times, sebelum di Kendari, Ganjar akan berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terlebih dahulu pada pagi hari.

Ganjar baru berangkat dari Lombok ke Kendari pukul 12.00 WITA. Ganjar diagendakan berdialog dengan sejumlah tokoh agama dan masyarakat. Sedangkan Mahfud kampanye di Jawa Timur. 

KPU sebelumnya telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 

2 Desember: Debat capres 3 kali, cawapres 2 kali hingga BSSN serahkan laporan soal kebocoran data KPU

Format debat calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berbeda dengan format debat pada Pilpres 2019 lalu. Hal ini dipastikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada Pilpres 2024, debat capres-cawapres tetap lima sesi, namun komposisinya berubah. Debat capres ada tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Pada debat Pilpres 2024, cawapres turut mendampingi pasangannya saat debat capres. Begitu juga sebaliknya saat debat cawapres. Jadi capres-cawapres tidak debat secara terpisah.

Meski didampingi, proporsi bicara dan debat tersebut dibatasi tergantung agenda debat hari itu. Misalnya, dalam debat capres, porsi capres berbicara akan lebih banyak ketimbang cawapres. Begitu pula sebaliknya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, dalam debat nanti capres-cawapres akan berdampingan, agar pemilih dapat melihat kekompakan dan kerja sama masing-masing pasangan calon (paslon).

"Supaya publik makin yakin lah teamwork (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata dia.

Secara terpisah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah menyerahkan laporan hasil investigasi dan forensik digital tahap awal tentang dugaan kebocoran data Komisi Pemilihan Umum (KPU). Laporan ini diserahkan kepada Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri dan KPU.

“Laporan yang diserahkan oleh BSSN terkait dengan dugaan kebocoran data yang ada di KPU merupakan hasil analisis dan forensik digital dari sisi aplikasi dan server untuk mengetahui root cause dari dugaan insiden yang terjadi,” kata Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra dalam keterangan resminya, Sabtu (2/12/2023).

Ariandi menjelaskan, laporan dugaan kebocoran data  Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu itu bakal ditindaklanjuti oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri.

1 Desember: Kampanye tiga capres hingga heboh Jokowi minta hentikan kasus e-KTP

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mengkaji kemungkinan membawa program rumah down payment (DP) nol rupiah ke tingkat nasional pada Pemilu 2024. Program rumah DP nol rupiah merupakan salah satu janji politik Anies Baswedan pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Janji itu direalisasikan saat Anies menjabat sebagai gubernur.

Dalam kunjungannya ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta, Anies mengkritik megaproyek pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut dia, kebermanfaatan IKN sangat terbatas hanya untuk kawasan itu saja. Menurut dia, hal paling mendasar yang dibutuhkan masyarakat di sekitar kawasan IKN itu adalah infrastruktur penunjang.

Sedangkan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin buka-bukaan alasan minimnya baliho pada kampanye Pemilu 2024. Dia mengaku kekurangan biaya. Hal tersebut disampaikan saat dia menghadiri konsolidasi Keluarga Besar Muhammadiyah, Jakarta Selatan.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggelar rakornas di Hotel Borobudur, Jakarta. Sejumlah isu strategis menjadi bahasan dalam rakornas yang mengundang 441 anggota TKN dan TKD seluruh Indonesia tersebut.

Mereka membahas topik seputar penyatuan visi-misi, memastikan pemilih muda terjangkau, hingga soal kampanye makan dan susu gratis. TKN Prabowo-Gibran ingin menciptakan iklim kampanye gembira, baik, dan benar. Mereka juga ingin mengedukasi anak muda terkait dinamika demokrasi di Indonesia.

Sebelum menghadiri rakornas, Gibran sempat berkunjung ke Penjaringan, Jakarta Utara. Dia membagi-bagikan sembako dan susu kepada warga. Gibran juga memberikan sejumlah buku kepada anak-anak, dan secara simbolis memberikan WiFi gratis untuk warga RT 13.

Sementara, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo hari ini kampanye di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di hadapan warga, Ganjar yang menggandeng Mahfud MD sebagai cawapres, berjanji akan proaktif memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Saat berkunjung ke Universitas San Pedro Kupang, Ganjar juga mengajak mahasiswa untuk mengasah kepekaan sosial. Dia berpesan agar mereka mempersiapkan diri. Sebab, Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Dia juga berpesan soal pentingnya pendidikan yang bisa mengubah nasib seseorang.

Di tengah tahapan kampanye yang baru memasuki beberapa hari ini, muncul isu istana sempat meminta kasus korupsi e-KTP dihentikan. Namun, hari ini Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, membantah pernyataan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, yang mengaku pernah dipanggil Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Agus menyebut, Jokowi meminta KPK untuk menghentikan kasus korupsi e-KTP yang menjerat Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto (setnov).

Di sisi lain, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan menyiapkan dukungan infrastruktur digital untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 2024. Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan, dukungan itu mulai dari layanan telekomunikasi yang berkualitas, penyediaan akses internet, pusat data, hingga jaminan layanan logistik.

Selain itu, soal dugaan kebocoran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengaku sedang melakukan analisis dan forensik digital, terhadap 204 juta data yang diduga berhasil dicuri dan siap dijual di dunia maya itu. 

Baca Juga: Istana Bantah Jokowi Minta Setop Kasus Korupsi e-KTP Setya Novanto

30 November: AMIN bentuk tim hukum hingga KPU meralat jadwal debat capres-cawapres

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar membentuk tim hukum nasional (THN), yang salah satu tugasnya mengawal bila terjadi sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Ada sekitar 270 advokat yang bergabung di THN AMIN untuk mengawal agar pemilu tidak dicurangi. 

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva, didapuk menjadi Ketua Dewan Penasihat THN AMIN. Sementara, tim hukum AMIN diketuai advokat Ari Yusuf Amir. Ada sejumlah tokoh lainnya yang tergabung dalam THN AMIN, mulai dari eks Jaksa Agung Muhammad Prasetyo hingga mantan Kepala Badan Reskrim Polri Susno Duadji.

Calon Wakil Presiden nomor 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyapa pedagang pasar di Petak 9, Glodok, Jakarta Barat. Ini menjadi kedua kalinya bagi pasangan Anies Baswedan itu berkampanye di Jakarta.

Cak Imin terlihat menyusuri sejumlah toko, sekaligus menyapa para pedagang demi menyerap aspirasi dari masyarakat di Jakarta. Sebelum menyusuri sejumlah toko, Cak Imin terlebih dulu berfoto di depan gapura yang beberapa tahun lalu diresmikan Anies sewaktu menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Cak Imin juga mengunjungi sejumlah toko dan mencicipi sejumlah barang dagangan yang dijual pedagang di Petak 9, salah satunya adalah permen yang khas dijual di kompleks Pecinan, Jakarta Barat. Selain permen susu, Cak Imin juga membeli kalender China.

Sementara, calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, membahas soal kebebasan berekspresi khususnya di kalangan pers saat berkunjung ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang terletak di Gedung Dewan Pers, Jakarta.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu mengaku pernah merasakan berbagai kritik hingga pujian dari awak media. Namun, dia menganggap hal itu sebagai masukan dari kebebasan pers. Ganjar mengingatkan agar kritikan dalam kebebasan pers tersebut disikapi dengan dewasa.

Hari ini, ketiga capres juga menghadiri Musyawarah Besar ke-9 di Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hanya saja, Prabowo Subianto diwakilkan adiknya, Hashim Djojohadikusumo. Ketiganya berkomitmen mempermudah izin mendirikan tempat ibadah jika mereka terpilih.

Pada hari yang sama, TKN Prabowo-Gibran mengusulkan pembentukan satuan tugas (satgas) pengawasan yang terdiri dari perwakilan masing-masing pendukung tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pembentukan satgas tersebut untuk mengantisipasi isu kecurangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. TKN merasa dirugikan dengan munculnya berbagai narasi kecurangan di tengah tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran.

Tak hanya itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari juga buka suara soal data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diduga bocor. Dia menyebut data tersebut juga dipegang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan partai politik (parpol).

Hasyim menuturkan, data DPT Pemilu 2024 dalam bentuk salinan digital itu diberikan kepada Bawaslu dan parpol sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu). Hasyim menegaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, di antaranya BSSN, BIN, Polri, dan Kemenkominfo untuk menyelidiki kasus ini.

KPU meralat jadwal debat capres-cawapres. Komisioner KPU RI, August Mellaz, memastikan jadwal debat digelar sebanyak lima kali. Jadwal debat capres-cawapres tersebut dimulai pada Selasa, 12 Desember 2023 dan ditutup pada Minggu, 4 Februari 2024. Mellaz meralat jadwal debat capres dan cawapres yang sebelumnya diumumkan Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Berikut ini jadwal lima debat capres dan cawapres:

Selasa, 12 Desember 2023
Jumat, 22 Desember 2023
Minggu, 7 Januari 2024
Minggu, 21 Januari 2024
Minggu, 4 Februari 2024.

29 November: Bawaslu Putuskan KPU Langgar Aturan Kuota Caleg Perempuan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pelanggaran terkait aturan 30 persen keterwakilan perempuan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Legislatif Pemilu 2024.

Aturan itu tercantum dalam Pasal 245 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu).

Anggota Bawaslu RI Puadi selaku Ketua Majelis Hakim, menyatakan KPU sebagai pihak terlapor terbukti melakukan pelanggaran administrasi pemilu.

"Memutuskan, satu, menyatakan terlapor terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi pemilu," kata dia dalam sidang pembacaan putusan di ruang Sidang Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

 

Baca Juga: Kominfo Catat Ada 39 Isu Hoaks Kampanye Selama November 2023

28 November: Hari pertama kampanye Pemilu 2024, tiga capres ke mana saja?

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, memulai kampanye pertamanya di Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. Anies dan istrinya, Fery Farhati menyusuri gang-gang rumah warga di Kampung Tanah Merah dengan menggunakan motor. Ia berpindah dari satu gang ke gang yang lainnya. Sementara warga terus bersorak-sorai menyambut kedatangan Capres Koalisi Perubahan itu.

Anies dan Fery Farhati disambut meriah oleh warga Kampung Tanah Merah. Warga yang menyambut kedatangannya juga tak henti meneriaki Anies sebagai presiden.

Anies mengatakan, datang ke Kampung Tanah Merah seperti pulang kampung. Ia mengaku memiliki kedekatan secara emosional dengan warga setempat.

"Tentu! Ini adalah seperti kampung sendiri saya bolak balik datang ke sana dan biasa ketemu warga di sana dan mereka memang menjadi bagian perjuangan penting ini," kata dia.

Sementara, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo memulai kampanye perdananya di Merauke, Papua. Dalam kampanyenya, Ganjar membawa program Satu Desa Satu Puskesmas.

"Akses kesehatan menjadi begitu penting, yang kita bayangkan satu kampung atau satu desa setidaknya ada satu puskesmas pembantu, fasilitas kesehatan dan dan satu nakes (tenaga kesehatan), syukur-syukur satu dokter," ujar Ganjar.

Berbeda dengan dua capres lainnya, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto tak blusukan menyapa warga di hari pertama kampanye. Menteri Pertahanan itu diketahui rapat bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Bogor pada Selasa (28/11/2023).

Prabowo rapat dengan Jokowi membahas mengenai anggaran pertahanan. Selain Prabowo, rapat tersebut juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Brigjen TNI Edwin A Sumantha membenarkan rapat tersebut.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memastikan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua tersebut tidak mengambil cuti kampanye di hari pertama.

"Capres-cawapres Prabowo-Gibran di hari pertama tidak mengambil cuti kampanye," kata Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf dalam keterangannya.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Tak Cuti Kampanye di Hari Pertama, TKN: Tetap Bekerja

27 November: Tiga pasangan capres dan partai politik deklarasi Pemilu 2024 Damai jelang masa kampanye

Masa kampanye Pemilu 2024 akan dimulai Selasa (28/11/2023). Demi menjaga ketertiban selama masa kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) mengingatkan kepada seluruh pihak yang bakal beraktivitas dalam momen itu untuk taat aturan.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu 2024, terutama tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden agar taat pada peraturan. Bagja berharap mereka bisa memanfaatkan waktu kampanye dengan efektif.

"Kiranya 28 November dimulai masa kampanye. Kami mempersilakan peserta untuk berkampanye seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya. Silakan! Inilah ajang bagi bapak-ibu peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih di republik ini, visi-misi atau citra diri," ujar Bagja di acara sosialisasi Gakkumdu di Hotel Grand Sahid, Jakarta Selatan pada Senin (27/11/2023).

Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) menggelar acara Deklarasi Damai Pemilu 2024 di kantornya, Menteng, Jakarta. KPU juga mengundang ketiga pasangan capres-cawapres beserta kubunya dan partai politik peserta Pemilu 2024. 

Perwakilan dari 24 partai politik membacakan deklarasi. Pembacaan deklarasi itu turut disaksikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tiga pasangan capres-cawapres. 

Melalui deklarasi ini, diharapkan pasangan calon beserta timnya akan mewujudkan kampanye yang berintegritas dan tak menyebarkan hoaks.

Naskah deklarasi dibacakan langsung Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, dan diikuti ketiga pasangan capres dan perwakilan partai politik. Deklarasi itu turut disaksikan Jaksa Agung, Kapolri hingga Panglima TNI.

Ada tiga poin deklrasi. Pertama, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA dan politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi serupa sudah diucapkan dan diteken pula oleh ketiga capres dan cawapres saat rapat koordinasi nasional Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu RI pada pagi harinya. Ketiga capres dan cawapres pun turut membubuhkan tanda tangan di prasasti deklarasi.

26 November: Cak Imin senang hasil survei selalu tempatkan AMIN posisi terbawah

Cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku senang terkait hasil survei pasangan AMIN yang selalu nangkring di posisi ketiga.

Sikap itu disampaikan Cak Imin saat hadir dalam acara Indonesia Milenial and Gen Z Summit (IMGS) yang digelar IDN Times, di Jakarta, Minggu (26/11/2023). Dia meminta kepada para surveyor meletakkan pasangan AMIN di posisi ketiga sampai kedua paslon lainnya lengah.

Pada kesempatan ini, dia keceplosan Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat menjodohkannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk berlaga di Pemilu 2024. Perjodohan itu, kata Cak Imin, terjadi sebelum dia akhirnya berpasangan dengan Anies Baswedan. 

Pada kesempatan lain, Cak Imin juga menyatakan guru merupakan profesi yang mulia, namun faktanya belum semua pendidik bisa mendapat peluang yang sama. Dia pun berjanji akan memperhatikan dan memberikan gaji untuk guru ngaji, ketika terpilih pada Pemilu 2024.

Sementara, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Istana Kedatuan Luwu di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengaku akan memperjuangkan pemekaran wilayah Kedatuan Luwu menjadi provinsi. Dia menyebut kemungkinan itu akan dikaji jika kelak menjadi presiden pada 2024.

Baca Juga: Cak Imin Malah Senang Hasil Survei AMIN Paling Buncit

25 November: Relawan Jokowi tarik dukungan dari Ganjar hingga Anies siap ganti program Food Estate

Kelompok Relawan Benteng Jokowi (Bejo) resmi menarik dukungannya terhadap pasangan capres dan cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Relawan Bejo beralih mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Keputusan itu diambil karena Bejo mendapat penolakan langsung dari Ganjar. Pun, sejumlah pendukung Ganjar lainnya menolak kehadiran Bejo.

Ketua Umum Relawan Bejo, Jak Tumewan, mengaku sengaja mencabut dukungannya lantaran mendapatkan penolakan secara langsung oleh Ganjar Pranowo. Dalam pertemuan di Makassar, dijelaskan Tumewan, Relawan Bejo masih membawa nama Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sedangkan, Ganjar punya pandangan lain karena Jokowi tak mendukungnya.

Sementara, calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo blusukan ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023). Kedatangan Ganjar disambut sejumlah warga. Warga yang sudah menunggu langsung menyalami Ganjar. Mereka kemudian meneriakkan Ganjar presiden.

Dalam kesempatan itu, Ganjar pun menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan warga. Dia bersyukur disambut hangat. 

Sedangkan, capres Anies Baswedan mengomentari soal tergenangnya Jakarta International Stadium (JIS) jelang pertandingan perempat final Piala Dunia U-17 pada Jumat (24/11/2023). Dia meminta kepada publik langsung bertanya ke FIFA soal genangan tersebut.

"Kalau soal rumput, mungkin tanyanya ke FIFA atau Pak Gede Widiade. Beliau Bendahara Timnas. Itu orang yang mengerti sekali soal stadion, rumput. Karena, Beliau kan orang yang menguasai soal sepak bola dan stadion. Jadi, tanya Beliau saja kalau saya bukan ahlinya," kata mantan Gubernur DKI yang membangun JIS itu.

Di sisi lain, Juru Bicara AMIN, Geisz Chalifa, melayangkan kritik keras terhadap kebijakan pemerintah pusat yang memutuskan agar rumput JIS diganti. Ketika itu, rumput di JIS diganti dengan alasan belum berstandar FIFA. 

Geisz menyayangkan setelah diganti, kualitasnya malah lebih buruk. Dia memperlihatkan video yang menggambarkan sebelum rumput diganti, meski hujan deras sekalipun, area lapangan tidak tergenang oleh air. 

Terkait program Food Estate (lumbung pangan) yang masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN) era Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Anies mengaku akan mengganti dengan sistem contract farming. Ia menilai program lumbung tersebut dianggap tidak memberikan kesejahteraan kepada para petani. 

"Mengapa food estate tidak menjadi opsi, karena ini adalah pendekatan negara secara sentralistik. Kedua, kepastian hasil tani hanya pada mereka yang berada di kawasan food estate dan ini praktiknya sebuah produksi pertanian berbasis korporasi," ujar Anies, ketika berbicara di Kongres Orang Muda Pulihkan Indonesia di Balai Kartini pada Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Anies Bakal Hapus Program Food Estate, Diganti Contract Farming

24 November: KPU gelar 5 kali debat capres-cawapres, 2 kali debat di akhir 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar lima kali debat capres dan cawapres. Anggota KPU August Mellaz mengungkapkan, pihaknya masih menyusun jadwal dan kegiatan debat jelang Pemilu 2024.

Rencananya, KPU menggelar debat capres-cawapres tak hanya di DKI Jakarta. Tapi juga menggelar empat kali debat di berbagai daerah. Di akhir 2023, KPU berencana menggelar acara debat dua kali. Kemudian tiga kali di awal 2024.

"Nanti diselang-seling tuh, capres-cawapres, capres-cawapres dengan tema yang berbeda-beda," ucap Mellaz.

Sebagaimana diketahui, mekanisme debat diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum.

Debat akan dilakukan dalam durasi 150 menit, dengan rincian 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda iklan. Namun, iklan yang disiarkan adalah iklan layanan masyarakat yang disiapkan oleh KPU.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan akan memulai kampanye dari wilayah timur.

"Mungkin saya akan mulai dari timur," ujar Ganjar usai acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2023 (IMGS) by IDN Media di Senayan Park, Jakarta, Jumat. 

Sedangkan Anies, di acara IMGS 2023 menyampaikan janjinya bila terpilih menjadi presiden di Pemilu 2024, ia akan selektif dalam memilih calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia menyebut, calon ketua komisi antirasuah terpilih bakal diwajibkan meneken sebuah dokumen yang berisi kepatuhan terhadap standar etik.

Baca Juga: KPU Gelar 5 Kali Debat Capres-Cawapres, Tak Cuma di Jakarta

23 November: Tim Ganjar tunjuk Rano Karno jadi TPD Banten, tim Prabowo akan kampanye Sabtu Biru Langit Ceria, hingga Anies bicara kemacetan

Rano Karno menjadi Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Banten. Ganjar yakin bisa menguasai suara di Banten pada Pilpres 2024.

"Banten sudah siap, sosok Mas Rano Karno yang sangat bagus! Dari TPN juga sudah mengeluarkan SK," ujar Ganjar dalam keterangannya usai Dialog Publik Muhammadiyah di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Ganjar ingin suara di Banten melebihi perolehan Jokowi pada Pilpres 2024.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menggelar kampanye rutin bertajuk Sabtu Biru Langit Ceria se-Indonesia.

Komandan Tim Golf TKN Prabowo - Gibran, Haris Rusly Moti menuturkan, aksi itu akan digelar setiap hari Sabtu pada masa tahapan kampanye, mulai pada Sabtu, 25 November 2023. Meski pembukaan acara itu digelar lebih awal dari masa kampanye, namun TKN memastikan tak akan melanggar aturan.

Adapun calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengklaim sudah menurunkan tingkat kemacetan di Jakarta saat dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia mengungkapkan, penumpang transportasi umum kian meningkat di Ibu Kota.

Anies mengatakan, kala memimpin Jakarta dia memang berharap kota ini masuk 10 besar tingkat kemacetannya, namun ternyata turun ke nomor 34 sedunia, dan tahun kelima turun menjadi kota termacet ke-46 sedunia.

Baca Juga: Rano Karno Jadi TPD Banten, Ganjar Yakin Bisa Raih Suara Lebihi Jokowi

22 November: Panglima TNI jamin akan netral di Pemilu 2024, sementara Ketum Projo tunggu arahan Jokowi gabung TKN Prabowo-Gibran

Panglima TNI yang baru Jenderal Agus Subiyanto menjamin, instansinya akan netral pada Pemilu 2024. Dia mengaku sudah membuat posko aduan di semua wilayah Indonesia, sebagai sarana pelaporan jika ada oknum anggota TNI yang tidak netral pada Pemilu 2024.

Agus juga mengancam anggota TNI yang terlibat politik praktis dihukum pidana. Menurutnya, hal itu sudah sesuai aturan.

"Saya sudah menginstruksikan pada jajaran di satuan bawah, untuk memberikan penyuluhan tentang netralitas TNI yang sudah tertuang dalam UU 34/2004 (tentang TNI), di situ prajurit tidak boleh berpolitik praktis. Kemudian, UU 7/2017 tentang pemilu, apabila ada oknum TNI masih organik melakukan politik praktis akan ada tindakan pidana ataupun teguran pimpinannya," ucap dia.

Agus pun mengajak semua elemen masyarakat untuk menggaungkan pemilu damai. 

Di tempat terpisah, Ketua Umum Projo yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, mengaku menunggu arahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk bergabung ke dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Dia tidak mempermasalahkan namanya yang belum masuk ke dalam daftar TKN Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Golkar Bakal Usung Bobby Nasution Jadi Cagub Sumatera Utara

21 November: Anies-Imin umumkan susunan baru tim pemenangan nasional, ada Hamdan Zoelva

Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mengumumkan tambahan anggota tim pemenangan nasional mereka. Anggota baru tersebut berasal dari sejumlah unsur mulai dari partai politik, organisasi profesi, kelompok masyarakat sipil hingga organisasi kemasyarakatan. 

Tambahan struktur di timnas Anies-Muhaimin (AMIN) ini di luar dari posisi co-captain yang sudah diumumkan lebih dulu. Ada delapan tambahan struktur baru di timnas pemenangan AMIN yaitu Dewan Pembina atau board, pelatih (head couch), advisor (dewan pertimbangan), dewan penasihat, deputi dan wakil deputi, dewan pakar, juru bicara, dan tim kampanye perubahan. 

Anies menyebut, anggota tim pemenangannya akan terus bertambah, kemungkinan bisa lebih dari 1.000 orang. Saat ini anggota tim pemenangan berjumlah sekitar 700 orang.

Dari tim pemenangan yang dipimpin Muhammad Syaugi yang menjadi Kapten Pemenangan Timnas, ada nama Surya Paloh dan Hamdan Zoelva. 

Baca Juga: Daftar Baru Tim Pemenangan Anies-Muhaimin, Ada Head Coach hingga Jubir

20 November: Bawaslu dalami dugaan pelanggaran oleh Muhaimin dan Mahfud hingga staf KSP ramai-ramai mundur karena ikut pemilu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan akan mendalami dugaan pelanggaran terkait ajakan memilih Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Kedua cawapres itu diduga mengajak publik memilih dirinya saat menyampaikan sambutan di acara pengundian nomor urut di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, pada Selasa (14/11/2023).

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menuturkan, pihaknya sudah memproses dugaan pelanggaran tersebut. Terlebih, sudah ada pihak yang melaporkan kasus itu.

Bagja menjelaskan, temuan dugaan pelanggaran yang menjadi sorotan ialah mengenai ajakan memilih dalam sebuah pantun yang disampaikan Mahfud dan Muhaimin.  Bukan pantunnya.

Pada kesempatan yang sama, Bawaslu memastikan belum menemukan bukti keterlibatan aparat kepolisian dalam pemasangan alat peraga kampanye di Jawa Timur.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja memastikan, pihaknya sudah melakukan investigasi lebih lanjut, mamun hingga saat ini belum ditemukan adanya keterlibatan aparat kepolisian sebagaimana kabar yang beredar, bahwa ada aparat kepolisian yang terlibat dalam pemasangan alat peraga salah satu peserta Pemilu 2024.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, sejumlah stafnya mengundurkan diri, karena ada yang masuk menjadi tim sukses salah satu pasangan capres-cawapres, dan juga maju sebagai calon anggota legislatif (caleg). Moeldoko menyebutkan, ada delapan staf KSP yang mundur. 

19 November: Gibran tantang belikan tiket bagi yang menuding ijazahnya palsu, hingga Ganjar berharap JK mendukungnya

Baru-baru ini muncul isu yang menuding ijazah Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, palsu. Tudingan itu dilontarkan akun @DokterTifa di Twitter, yang menyebut putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu tidak kuliah di Insearch UTS Australia, tetapi hanya mengikuti kursus.

Terkait hal ini Gibran pun angkat suara. “Gak ada yang palsu,” kata Gibran setelah acara silaturahmi Gerakan Desa Bersatu di Indoor Multifunction, Indonesia Arena, GBK, Senayan, Minggu (19/11/2023).

Gibran juga menantang orang yang menyebut ijazahnya palsu untuk dibelikan tiket ke Singapura guna mengecek langsung keaslian ijazahnya dari Orchid Park Secondary School, Singapura.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menemui Jusuf Kalla di kediamannya, kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu, Ganjar berseloroh kepada JK, mempersilakan apabila JK hendak mendukungnya di Pilpres 2024.

"Tadi beliau sampaikan, pilihan boleh beda dan ini rasa-rasanya pilihannya Pak JK akan beda dengan saya, tapi kalau nanti dukung saya juga boleh, Pak," ucap Ganjar sambil tersenyum.

18 November: Reaksi Anies dibatalkan isi kuliah umum, komunikasi Tim Ganjar-Mahfud soal tekanan dengan tim AMIN hingga Prabowo ungkap alasan gabung kabinet Jokowi

Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menyerahkan kepada publik untuk menilai penolakan yang ia alami saat hendak menjadi pembicara di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat (17/11/2023).

Anies semula dijadwalkan mengisi kuliah umum bertajuk "Indonesia Future Studium Generale" di auditorium Magister Manajemen UGM, Yogyakarta, pukul 13.00 WIB. Namun tiba-tiba dibatalkan karena disebut tidak mendapatkan izin dari Rektorat UGM.

Pihak panitia mengatakan, kedatangan Anies dianggap lekat dengan unsur politis yakni Pemilu 2024. Padahal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan kampus dijadikan tempat untuk berkampanye. Meski di dalam Peraturan KPU yang baru hanya diperbolehkan pada akhir pekan saja. 

"Media bisa menilai. Seharusnya kampus (bersikap) netral. Jadi, tanggapan saya ya itu tadi, harusnya (bersikap) netral," ujar Anies di Sentul, Bogor, Sabtu (18/11/2023). 

Alhasil, kehadiran Anies diwakilkan oleh co-captain dari tim pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) yakni Tom Lembong. Ia hadir secara virtual dan menjelaskan konsep city collaborative. 

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto, mengaku menjalinAnies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) tentang tekanan yang mulai muncul kepada tim masing-masing menjelang Pilpres 2024.

"Oh, ya, cukup banyak (tekanan yang muncul). Kan juga ada kan itu sama, kita menyepakati dengan AMIN juga, penggunaan suatu instrumen hukum, penggunaan instrumen kekuasaan. Dalam konteks ini, kami juga membangun komunikasi dengan AMIN karena merasakan hal yang sama," kata Hasto di Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2023). 

Beberapa contoh tekanan yang mulai dirasakan TPN di antaranya soal pencopotan baliho Ganjar-Mahfud di berbagai wilayah. Kemudian, intimidasi terhadap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya yang menampilkan fakta elektabilitas Ganjar-Mahfud meningkat.

Tekanan juga dirasakan oleh pegiat media sosial Ulin Ni'am Yusron dan Adian Napitupulu. Oleh karena itu, ia menekankan agar Pemilu 2024 berlangsung jujur, adil, dan mencegah praktik-praktik kecurangan. Pihaknya akan tetap bergerak, terlebih ketika banyak masyarakat yang sudah memberikan dukungan.

Di sisi lain, Calon Presiden Prabowo Subianto yang menerima dukungan relawan dari berbagai kalangan di rumahnya, Sabtu, mengungkapkan alasan dirinya memutuskan bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menurutnya, persatuan lebih penting di atas segalanya.

"Oleh karena itu saya bersatu dengan Pak Jokowi, saya memang pernah bertanding dengan beliau, bersaing dengan beliau. Tapi saya tidak pernah benci dengan beliau. Bahkan sekarang saya sangat sayang sama beliau saudara-saudara dan saya tidak malu-malu mengatakan saya saksi beliau berjuang untuk rakyat Indonesia. Beliau berjuang tiap hari untuk rakyat Indonesia. Saya tidak malu-malu, saya tidak menjilat," tutur dia.

17 November: Hoaks meningkat 10 kali lipat jelang Pemilu 2024 hingga KontraS meragukan Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil

Menjelang Pemilu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah mengidentifikasi total 101 isu hoaks yang beredar mengenai pemilu sejak Januari 2023 hingga 26 Oktober 2023. Sebaran hoaks beragam di media sosial, namun terbanyak di Facebook.

"Sepanjang 2022 hanya terhadap 10 hoaks Pemilu, namun sepanjang Januari 2023 hingga 26 Oktober 2023 terdapat 91 isu hoaks Pemilu. Berarti terjadi peningkatan hampir 10 kali lipat isu hoaks dibandingkan tahun lalu," tutur Menkominfo, Budi Arie Setiadi, dalam Konferensi Pers Awas Hoaks Pemilu! di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Karena itu, Menkominfo meminta masyarakat, apalagi yang menggunakan aplikasi pesan instan WhatsApp (WA), agar lebih bijak. Masyarakat diharapkan bijak saat menerima dan meneruskan informasi terkait Pemilu 2024. Cek dulu sebelum menyebarkan informasi di medsos.

Di sisi lain, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) meragukan Pemilu 2024 bakal berlangsung jujur dan adil. Mereka khawatir pesta demorasi diwarnai berbagai pelanggaran sehingga mencoreng nilai demokrasi. 

“Pemilu 2024 akan diragukan berjalan secara netral dan imparsial, sebab diwarnai berbagai manuver politik penguasa untuk berpihak pada calon tertentu, seperti halnya politik cawe-cawe Presiden Joko Widodo," tulis KontraS  dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

"Potensi ketidaknetralan pun dipertegas dengan penunjukan Pj Kepala Daerah yang jauh dari akuntabilitas publik, terlibatnya TNI-Polri, mobilisasi ASN hingga tidak netralnya Mahkamah Konstitusi,” sambung KontraS.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Raja Juli Antoni, buka suara terkait beredarnya uang kertas berstempel "Prabowo: Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil". Raja membantah uang 

"Oh ya pasti gaklah (dari TKN)," ujar Raja Juli saat usai acara Kopdarnas dan Tumpengan HUT Ke-9 PSI di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (16/11/2023) malam.

Raja Juli menyarankan agar masyarakat yang menerima uang berstempel Prabowo agar melapor kepada pihak yang terkait. "Kalau memang ada, lebih baik masyarakat, ketimbang nanti menjadi fitnah, misalkan dapatnya di mana, dilaporkan kepada pihak terkait, Bawaslu atau apa," paparnya.

Sementara, Raja Juli menyarankan agar masyarakat yang menerima uang berstempel Prabowo agar melapor kepada pihak yang terkait. "Kalau memang ada, lebih baik masyarakat, ketimbang nanti menjadi fitnah, misalkan dapatnya di mana, dilaporkan kepada pihak terkait, Bawaslu atau apa," paparnya.

 

16 November: Sejumlah tokoh akan masuk tim pemenangan AMIN hingga komisioner KPU dilaporkan ke DKPP

Tim nasional pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau AMIN mengumumkan akan segera menambah timnya. Ketua harian tim pemenangan AMIN, Sudirman Said menyebut akan ada sejumlah tokoh besar yang bergabung. Salah satunya mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso. 

"Pak Sutiyoso insyaallah akan bergabung. Pak Sutiyoso juga kan adalah dewan pembina NasDem dan Beliau aktif sekali menghimpun teman-teman atau sahabat-sahabat senior purnawirawan," ujar Sudirman ketika menjawab pertanyaan IDN Times di Rumah Perubahan, Kamis (16/11/2023). 

Sudirman juga menyebut akan lebih banyak lagi tokoh dari eks militer yang bergabung ke timnas pemenangan AMIN. Ada juga tokoh-tokoh berpengaruh lainnya, mulai dari ulama hingga tokoh nasional dari berbagai bidang. 

Hari ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) memastikan mereka tidak menemukan adanya indikasi pengaturan penetapan nomor urut calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

"Dalam pengawasan Bawaslu, tidak ditemukan indikasi pengaturan terhadap pengundian nomor urut calon presiden dan wakil presiden," kata Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty, dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Sementara, tiga aktivis yakni Petrus Hariyanto, Firman Tendry Masengi, dan Azwar Furgudyama, didampingi Tim Pembela Demokrasi (TPDI) 2.0 melaporkan jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hari ini.

Mereka melaporkan KPU karena dinilai melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelanggara pemilu terkait penetapan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Kami mendampingi tiga aktivis Pro-Demokrasi menyoal pendaftaran dan penetapan Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024," kata Koordinator TPDI, Patra M Zen dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Selain itu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, mengeluarkan 9 Instruksi untuk menangkan Pemilu 2024, dalam rangka HUT ke-9 PSI. Instruksi tersebut ditujukan kepada pengurus, pemimpin wilayah, pengurus dewan, pimpinan Daerah, pimpinan cabang, calon legislatif, dan kader.

"Dalam rangka HUT ke-9 PSI, saya sebagai ketua umum mengeluarkan instruksi 9 untuk menang, kepada seluruh pengurus, masing-masing kader di masing-masing tingkatan," ujar Kaesang di Kantor DPP PSI, Kamis (16/11/2023) malam.

Sembilan instruksi Kaesang di antaranya PSI optimistis akan menang dan lolos ke Senayan; turun ke masyarakat untuk menjelaskan PSI akan berjuang melanjutkan pembangunan yang dilakukan Jokowi; dan temui seluruh relawan Jokowi mengajak kolaborasi menangkan PSI.

Baca Juga: Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP karena Terima Pendaftaran Gibran

15 November: PDIP ungkap pembicaraan Kaesang saat sungkem ke Megawati di KPU hingga Anies dan Kapten Timnas AMIN temui Surya Paloh

Momen Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat pengundian nomor urut capres dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (14/11/2023).

Dalam momen itu terlihat Kaesang berbincang dengan Megawati yang duduk di sebelah Ganjar Pranowo. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkap isi pembicaraan Kaesang dan Megawati.

"Ya, Mas Kaesang, cerita menjadi Ketum PSI, itu saja," ujar Hasto di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Hasto mengatakan, Megawati menyampaikan selamat kepada Kaesang yang sudah menjabat Ketua Umum PSI. Megawati mengaku sudah tahu, meski Kaesang tak menceritakannya.

"Selamat menjadi Ketum PSI, kan sudah tahu, sudah diberitakan ya," kata dia.

Selain itu, Hasto mengatakan, cerita Bobby Nasution di partainya sudah tutup buku.

"Itu sudah semua tutup buku," ujar Hasto di Jakarta.

Pernyataan Hasto ini dilontarkan setelah sebelumnya DPC PDI Perjuangan Kota Medan menyebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah tak lagi menjadi kader partainya.

Tak hanya cerita Bobby yang sudah tutup buku, Hasto juga mengatakan, cerita Wali Kota Solo yang juga calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, sudah berakhir di PDI Perjuangan. Hasto mengatakan, Gibran sudah diberikan surat oleh DPC Kota Solo.

"Mas Gibran juga, Mas GIbran sudah tutup buku, surat sudah diberikan DPC, sama isinya. Yang beda hanya tanggal dan yang tanda tangan, tapi substansinya sama," ucap dia.

Sementara, calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan pada Rabu sore (15/11/2023) mendatangi NasDem Tower, Jakarta Pusat untuk menemui Surya Paloh. Ia datang ditemani kapten timnas pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus dan co-kapten, Sudirman Said.

Ini merupakan kali pertama bagi Anies dan Syaugi menemui Surya usai dilakukan pengundian nomor urut. 

"Tadi (kami) bertukar pikiran, berdiskusi banyak hal setelah kemarin barisan tim nasional pemenangan AMIN diumumkan. Lalu, pada malam harinya dilakukan pengundian nomor (urut). Intinya, percakapan tadi membahas langkah-langkah ke depan," ujar Anies di NasDem Tower. 

Selain itu, mereka juga berdiskusi hal-hal apa yang perlu diantisipasi, hal-hal apa yang perlu mendapat perhatian dan menjadi catatan bagi semua. "Jadi, kami tukar pikiran dan ngobrol bebas. Setiap kali berdiskusi dengan Beliau, selalu muncul ide dan gagasan baru," tutur dia lagi. 

Ia menambahkan bahwa ada pula ide dan gagasan baru dari tim untuk dieksekusi oleh tim AMIN. 

Baca Juga: Bawaslu Tak Temukan Dugaan Pengaturan Nomor Urut Capres Pilpres 2024

14 November: capres-cawapres sudah dapat nomor urut: Anies-Cak Imin nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2, Ganjar-Muhaimin nomor 3

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut pertama. Sementara itu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming urutan kedua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut tiga.

"Dengan demikian nomor urut paslon presiden dan wakil presiden untuk tahun 2024 adalah, nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut tiga untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," ucap Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Sebelumnya, pengundian nomor urut capres dan cawapres dilakukan dalam dua tahap.

Komisioner KPU RI, Idham Holik menyampaikan, mekanisme pertama tahapan itu dilakukan dengan mengambil nomor antrean. Pengambilan nomor antrean itu juga dilaksanakan secara berurutan sesuai waktu pendaftaran capres dan cawapres ke KPU.

Dengan demikian, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean pertama. Kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Terakhir,

Nomor antrean yang diambil tersebut menjadi urutan untuk mereka mengambil undian nomor urut paslon yang dipakai pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Nomor Urut Pilpres: AMIN 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

13 November: KPU tetapkan 3 pasangan capres-cawapres, hingga 74 personel Polri kawal ketiga paslon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketiga paslon itu yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari memastikan, pihaknya menggelar sidang pleno tertutup untuk menetapkan nama-nama capres dan cawapres.

"Sebagaimana ditentukan oleh UU Pemilu bahwa penetapan rapat pleno paslon presiden dan wakil presiden dalam rapat pleno," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Sementara, Anggota KPU Idham Holik menyampaikan, bahwa tiga paslon itu memenuhi persyaratan, di antaranya ambang batas pencalonan presiden, pemeriksaan kesehatan, dan verifikasi dokumen.

Pada kesempatan ini, KPU menyampaikan, 74 personel Polri siap mengawal tiga pasangan capres dan cawapres.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochamad Afifuddin mengatakan, pihaknya menerima penyerahan 444 personel Polri beserta kelengkapan pendukung yang melekat dalam satuan tugas pengamanan dan pengawalan masing-masing capres-cawapres.

Sementara, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menegaskan, jumlah personel yang ditugaskan mengawal tiga pasang capres-cawapres itu merupakan penghitungan dari kepolisian.

Personel polisi itu akan ditugaskan untuk mengurus protokoler, transportasi, lalu lintas, hingga kesehatan capres-cawapres.

Baca Juga: KPU Dilaporkan ke Bawaslu soal PKPU Syarat Capres-Cawapres

12 November: TKN Prabowo-Gibran bantah kerahkan polisi pasang baliho hingga hasil survei Indikator Politik Indonesia

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka membantah telah mengerahkan aparat kepolisian untuk memasang baliho pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tersebut.

Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, tidak ada alasan buat pihaknya untuk melakukan kecurangan seperti itu mengingat elektabilitas Prabowo dan Gibran terus mengalami peningkatan.

Dasco menjelaskan, sebelum berpasangan dengan Gibran, elektabilitas Prabowo dari sejumlah survei mengalami peningkatan yang disebabkan kerja politik dan pendekatan kepada rakyat.

Kemudian, setelah diresmikannya Prabowo-Gibran, elektabilitas keduanya juga terus meningkat. Dasco menyatakan hal tersebut jadi bukti penerimaan masyarakat terhadap Prabowo-Gibran yang semakin membaik.

"Di tengah-tengah survei yang dikeluarkan banyak oleh lembaga survei bahwa elektabilias kedua pasangan meningkat, Prabowo-Gibran di-framing seolah-olah dibantu oleh oknum kepolisian dalam rangka pemasangan baliho-baliho. Padahal dengan survei yang terus meningkat tentu tidak masuk akal kalau kemudian kami merancang sistem pemenangan dengan cara-cara curang seperti itu," tutur Dasco dalam konferensi pers di Kantor TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Di hari yang sama, Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas bakal pasangan calon presiden 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas paling tinggi sebesar 39,7 persen.

Pendiri Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan jika pemilihan presiden tanpa cawapres, maka Prabowo unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Prabowo sebesar 40,6 persen, Ganjar 27,8 persen, dan Anies 23,8 persen.

Elektabilitas Prabowo pun masih tinggi saat menggandeng Gibran sebagai cawapres.

11 November: Surya Paloh ogah putranya jadi cawapres hingga PPP pede raih 11 juta suara dan 50 kursi DPR RI pada Pileg 2024

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh menjelaskan mengapa ia tidak ikut mengajukan putranya, Prananda Surya Paloh untuk dijadikan bakal cawapres. Saat ini putranya tersebut duduk sebagai anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai NasDem. Penjelasan itu disampaikan oleh Surya ketika ditanya oleh kadernya di Jawa Timur dalam peringatan puncak HUT ke-12 NasDem di NasDem Tower. 

"Saya coba intip dulu nih anak saya. Saya lihat dia baik-baik, cocok apa enggak ini untuk menjadi calon wapres," ungkap Surya pada Sabtu (11/11/2023) di NasDem Tower, Jakarta Pusat. 

Setelah ia melihat putranya tersebut, Surya mengaku bakal mempertimbangkan apakah putranya itu pantas untuk dijadikan bakal cawapres. "Meskipun saya punya kesempatan mencalonkan dia, tapi saya pikir pantas gak," tutur dia. 

Alasan ketiga, Surya berharap ada suatu proses yang harus dilakukan oleh putranya itu agar ia memiliki pengalaman lebih matang. "Ia harus mengalami proses jatuh bangun, membuat dirinya tegar, dan kuat bagaikan anak elang yang bisa terbang hebat ke atas nanti," katanya lagi. 

Respons Surya itu seolah tengah menyindir karier politik yang sedang dilalui oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang tiba-tiba diajukan jadi bakal cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sementara, Partai Persatuan Pembangunan masih optimistis bisa meraih 11 juta suara dan 50 kursi di DPR RI pada Pemilu Legislatif 2024. Hal itu disampaikan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

"InsyaAllah kita masih menempatkan pada perolehan suara 11 juta suara dan kemudian kursi untuk DPR RI ini 50 kursi, " ujar Mardiono di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (11/11/2023).

Mardiono menilai target tersebut tidak sulit untuk diraih. Sebab, PPP pernah meraih perolehan tersebut.

"Tapi ya kita bukan mimpi karena kita memang sudah pernah," ujarnya.

Baca Juga: Ikut Hadiri HUT NasDem, Anies Kenang Perjalanan yang Penuh Gelombang

10 November: Ganjar safari politik di Sumut, Anies janji permudah KPR hingga Prabowo tugas ke Mimika

Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo melakukan safari politik Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), Jumat (10/11/2023).

Ganjar bertemu dengan sejumlah relawan. Dia kemudian mengajak relawan untuk solid memenangkan Pilpres 2024.

"Relawan sejati adalah yang ikhlas, yang bergerak, yang bisa memahami situasi dan suasana keadaan berbeda yang ada. Maka semangat kebersamaan ini tidak boleh luntur. Sumut top, solid, dukungannya kuat," ujar Ganjar dalam keterangannya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta relawannya untuk tidak saling mencaci lawan politik. Ganjar juga berharap, relawannya tidak terprovokasi berita bohong.

"Jangan mengolok-olok, jangan mencaci maki. Fokus untuk memenangkan Ganjar-Mahfud," ucap dia.

Sementara itu, calon presiden lainnya, yaitu Anies Baswedan hadir di acara Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman di Seluruh Indonesia (APERSI). 

Dalam kesempatan itu, Anies menjanjikan bakal memberi kemudahan kredit kepemilikan rumah bagi anak muda. Menurut Anies, aturan yang ada saat ini tidak membantu anak muda bisa memiliki rumah. Jika harganya terjangkau pun, kata dia, lokasinya tidak strategis. 

"Jadi, selama ini yang kita tahu KPR itu adalah kredit perumahan rakyat. Tapi, ketika sampai di telinga anak-anak muda yang sering jadi joke dan pertanyaan KPR itu sama dengan Kapan Punya Rumah," kata Anies. 

Ia pun berambisi untuk merealisasikan misi bertajuk 'KPR untuk Semua,' mengubah meme Kapan Punya Rumah menjadi Keluarga Punya Rumah. 

"Itu misi kami. Itu artinya sinkronisasi mulai dari kebijakan suku bunga, insentif pajak, hingga kerja sama dalam penyediaan lahan agar lahan-lahan yang mengalami kesulitan bisa ditangani," tutur dia. 

Adapun Prabowo Subianto tengah menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah, 

Menggunakan pesawat privat Boeing 17-BM, Prabowo Subianto bersama rombongan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 06.15 WIT.

Pantauan IDN Times, rombongan Menhan bergerak dari bandara langsung menuju Makodim 1710/Mimika. Di sana, mereka disambut oleh pejabat TNI Kodam XVII, Korem 174 ATW, dan Kogabwilhan III, serta Kapolres Mimika.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ingatkan Relawan Jangan Olok-olok Capres Lain

9 November: TKN Prabowo-Gibran gelar rapat perdana, Anies di LDII hingga Ganjar ingin perbaiki program ekonomi Jokowi

Tim Kampanye Nasional (TKN) menggelar rapat perdana pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di DPP Golkar, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023) malam. Rapat ini dihadiri para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju.

Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto, menyebut ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut, salah satunya soal penyesuaian jadwal di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kampanye.

Airlangga juga mengingatkan kepada pengurus TKN untuk mempersiapkan masa kampanye yang akan diselenggarakan mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Setelah melewati masa penjadwalan, Airlangga pun meminta partai politik yang tergabung dalam koalisi untuk segera aktif kampanye di daerah masing-masing.

Sementara itu, Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan menghadiri acara Rakornas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Jakarta Timur. Dalam kesempatan itu, ia sempat menyinggung soal rencana uji publik secara akademis terhadap ketiga capres-cawapres yang akan digelar oleh PP Muhammadiyah.

Menurut dia, uji publik bagi ketiga capres-cawapres itu perlu dilakukan untuk menguji gagasan yang akan dibawa ketiga pasangan calon, pada Pemilu 2024 yang akan datang.

Di sisi lain, Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengaku ingin memperbaiki 6 program Presiden Joko "Jokowi" Widodo di bidang ekonomi.

Pertama, tentang infrastruktur yang bertujuan untuk memajukan ekonomi. Ganjar juga menyinggung pembangunan infrastruktur yang dilakukan Presiden Jokowi dengan menganggarkan Rp391,7 triliun pada 2023. Dana tersebut digunakan untuk membangun jalan tol hingga 35 bandara baru.

Ganjar menilai, seharusnya Presiden Jokowi bisa menganalisis kebutuhan apa yang mendesak di wilayah tersebut. Meski demikian, Ganjar menyebut tidak sedang menyalahkan apa yang sedang dilakukan Presiden Jokowi dengan membangun infrastruktur.

Baca Juga: Anwar Usman: Konflik Kepentingan di MK Sudah Ada sejak Era Jimly

8 November: Jokowi wanti-wanti tiga hal jelang Pemilu 2024

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut, pemilu adalah pesta demokrasi terbesar di Indonesia, karena melibatkan 840 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena itu, ia wanti-wanti tiga hal jelang Pemilu 2024, dalam pembukaan Rakornas Penyelengara Pemilu di Jakarta, Rabu (8/11/2023). 

Pertama, dia meminta penyelenggara pemilu agar berintegritas, akuntabel, dan melakukan perencanaan teknis yang baik. Mulai dari mekanisme distribusi hingga mekanisme pengamanan. Selain itu, bagaimana mewujudkan kontestasi berkualitas, damai, sejuk tanpa hoaks, dan kontestasi tanpa ujaran-ujaran kebencian. Sehingga, kontestasi ini bisa menghasilkan solusi bagi masalah-masalah yang dihadapi bangsa kita.

Kedua, Jokowi meminta ada penindakan tegas bila terjadi pelanggaran. Dia menegaskan, tak boleh ada pelanggaran demokrasi. Ketiga, tidak boleh ada intervensi dari pihak lain dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024. Oleh karena itu, Jokowi meminta adanya pengetatan pengawasan di setiap TPS pada hari pencoblosan.

Hari ini, capres Ganjar Pranowo juga mengunjungi Susi Pudjiastuti di Pangandaran. Ganjar datang ke Pangandaran menggunakan pesawat Cessna. Susi mengajak Ganjar masuk ke dalam mobil pikap. Ganjar kemudian berseloroh terkait kemampuan Susi mengendarai mobil pikap. Keduanya kemudian berangkat menuju kediaman Susi.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku baru bisa bersilaturahmi ke rumah Susi. Menurutnya, Susi sudah lama mengundangnya untuk datang. Di kediaman Susi, Ganjar dijamu dengan berbagai hidangan laut.Ganjar menganggap Susi sebagai teman dan ibu. Sebab, sosok Susi Pudjiastuti itu memberikan banyak pembelajaran hidup.

Sementara, menantu Presiden Jokowi dan juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution, akhirnya mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dukungan tersebut disampaikan lewat acara deklarasi relawan Prabowo-Gibran: Barisan Pengusaha Pejuang di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023).

 Hari ini, Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, juga buka suara. Ia merasa dirinya menjadi objek politisasi dalam berbagai putusan, termasuk Putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang mencopot dirinya sebagai Ketua MK karena terbukti melakukan pelanggaran etik berat. Ia merasa difitnah.

Anwar mengaku sudah mendengar ada upaya politisasi itu jauh sebelum MKMK dibentuk. Skenario itu diklaim berupaya membunuh karakter kepribadiannya. Namun, ia mengaku tetap berpikir positif.

Selain itu, Sebanyak 57 kiai dari Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Pemilu 2024. Deklarasi dukungan digelar secara tertutup di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023) malam. Para kiai, kata Mujiburrohman, menyampaikan aspirasi kepada Prabowo terkait dunia kepesantrenan. 

Baca Juga: Jokowi: Pemilu 2024 Adalah Pesta Demokrasi Terbesar

7 November: MKMK copot Anwar Usman sebagai ketua MK

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menjatuhkan sanksi berat kepada Anwar Usman dengan mencopot sebagai ketua MK, karena terbukti melanggar etik berat. Selain itu, MKMK juga menjatuhkan sanksi berupa teguran kepada enam hakim Konstitusi.

Keenam hakim itu antara lain Manahan Sitompul, Enny Nurbaningsih, Suhartoyo, Wahinuddin Adams, Daniel Yusmic, dan M Guntur Hamzah.

Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie menuturkan, keenam hakim konstitusi melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim. Mereka dianggap telah melanggar prinsip kepantasan dan kesopanan.

Sementara, Wakil Ketua MK, Saldi Isra dinyatakan tidak melanggar etik tentang sikap perbedaan pendapat atau dissenting opinion-nya. Putusan Nomor 3/MKMK/L/11/2023 itu dibacakan Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konsitusi (MKMK), Jimly Asshiddiqie.

Anggota MKMK, Wahiduddin Adams, menilai Saldi Isra tidak dapat disebut melanggar kode etik. Sebab, dalam perbedaan pendapat berlaku asas res judicate pro veritate habetur.

Diketahui, setidaknya ada 21 laporan dugan pelanggaran etik oleh hakim MK. Laporan itu muncul seiring putusan MK dalam perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang batas usia minimal capres-cawapres.

Hari ini juga, Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, buka suara soal alasan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tidak kunjung menggunakan seragam kuning Golkar. Menurut dia, saat ini cawapres Prabowo Subianto itu masih mempertimbangkan secara matang.

Kendati, kata Ace, Golkar akan terbuka untuk menerima Gibran ke dalam partai setelah resmi mengundurkan dari PDIP, usai pencawapresan dirinya di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Golkar juga siap menampung menantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Bobby Nasution, jika resmi hengkang dari PDIP.

Selain itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama tiga kepala staf TNI menggelar rapat dengan Komisi I DPR RI, untuk membahas pengamanan Pemilu 2024. Yudo mengatakan pihaknya bakal menyiapkan 446.516 personel untuk mengawal pesta demokrasi lima tahunan tersebut dari tiga matra TNI. Seluruh personel akan dibagi di seluruh tahapan pemilu yang sudah disusun Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Baca Juga: 27 Pensiunan Jenderal di TKN Prabowo-Gibran, Ada Eks Panglima ABRI

6 November: TPN Prabowo-Gibran resmi diumumkan hingga Jokowi hadiri HUT ke-59 Golkar

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming resmi diumumkan hari ini. TKN Prabowo-Gibran diumumkan di Ballroom Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023) siang. Jajaran struktural diisi sejumlah tokoh nasional dari berbagai latar belakang.

Nama-nama yang masuk di antaranya Rosan Roeslani sebagai Ketua Umum TKN, dan Sufmi Dasco Ahmad sebagai Ketua Koordinator Strategis. Kemudian, Wakil Ketua TKN di antaranya ada Ahmad Muzani, Lodewijk Fredrik Paulus, Teuku Riefkyi Harsya, Eddy Suparno, Mahfuz Siddiq, dan Afriansyah Noor.

Bakal calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka, turut menghadiri peresmian jajaran struktural TKN. Susunan TKN itu akan menjadi tim khusus untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Di tengah ramainya kampanye dukungan untuk Palestina, tiga bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) hari ini mengganti foto profil Instagram pribadinya, dengan buah semangka sebagai bentuk dukungan perlawanan Palestina atas kekejaman Israel. Mereka adalah Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan Prabowo Subianto. Ketiganya mengganti profil IG mereka dengan buah semangka. 

Sementara, Charta Politika Indonesia hari ini juga merilis hasil survei terbarunya. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menyebut, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud menjadi tertinggi dibandingkan pasangan calon lainnya.

Dalam simulasi berpasangan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi pilihan tertinggi di angka 36,8 persen, diikuti Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 34,7 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, 24,3 persen. Elektabilitas Ganjar-Mahfud mengalami peningkatan dari survei pada 13-17 Oktober 2023, dengan persentase 34,8 persen.

Hari ini, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, juga dipanggil DPP PDI Perjuangan (PDIP) lantaran memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden-calon wakil presiden pada Pemilu 2024. Bobby dipanggil Senin (6/11/2023) sore menemui Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun.

Kepada Komaruddin, Bobby mengaku masih ingin berada di PDIP tetapi memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Namun, PDIP tidak mau menantu Presiden Jokowi itu bermain dua kaki dan memberikan waktu dua hari untuk memutuskan sikap politiknya. Jika memilih mendukung Prabowo, ia harus mengembalikan KTA PDIP.

Pada Senin sore, Partai Golkar juga menggelar acara puncak HUT ke-59 di kantor DPP, Jakarta Barat. Acara ini dihadiri Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto, namun Gibran tidak tampak hadir. Padahal, Gibran santer diisukan akan resmi bergabung sebagai kader Golkar pada acara tersebut. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga hadir dalam acara ini. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyinggung soal tugas peran Khofifah untuk memenangkan Prabowo-Gibran di Jatim, sedangkan Ridwan Kamil berperan memenangkan di Jabar.   

Baca Juga: Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela Palestina

5 November: Anies ikut aksi bela Palestina hingga kunjungan Ganjar ke Haji Halim

Calon Presiden Anies Baswedan menghadiri aksi bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023) yang dihadiri jutaan warga. Dalam kesempatan itu, Anies sempat memuji Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di atas panggung.

“Kita bangga dengan Kementerian Luar Negeri, kita bangga dengan Ibu Menteri Retno yang telah mewakili Indonesia di forum dunia dan membuat kita merasakan kebanggaan itu," kata Anies.

Anies juga mendesak Israel segera membuka blokade terhadap warga Palestina yang saat ini masih terkepung. Pada saat yang sama ia juga meminta dunia memblokade Israel. 

"Biarkan bantuan masuk, biarkan rakyat dapatkan yang mereka butuhkan, mari semua bergerak lakukan blokade pada israel, tuntut gencatan senjata dan tanggung jawab mereka," kata Anies saat berorasi di panggung aksi tersebut.

Sementara itu, pada Minggu, Ganjar Pranowo berkunjung ke Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Ganjar langsung bersilaturahmi ke kediaman Haji Halim, tokoh masyarakat sekaligus pengusaha terkenal di Bumi Sriwijaya.

Ganjar tiba di kediaman Haji Halim pukul 12.00 WIB. Ia langsung disambut Haji Halim dengan sorban putih bermotif corak bunga kepada Ganjar.

"Selamat datang di Palembang, Pak Ganjar," sambut Haji Halim ramah.

Selain itu, Ganjar juga bertemu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Palembang dan membuat kue lapis Maksuba khas Palembang. 

Baca Juga: Anies Puji Menlu Retno Suarakan Hak Palestina: Kita Bangga

4 November: Prabowo hadiri deklarasi dukungan hingga sorotan soal kurangnya keterwakilan perempuan

Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

Prabowo sendiri hadir langsung di acara deklarasi ini. Berdasarkan pantauan IDN Times, Prabowo tiba sekitar pukul 20.00 WIB di lokasi.

"Kami yakin bahwa Bapak Prabowo adalah pemimpin yang kompeten, berintegritas, punya visi yang kuat untuk membawa KUD, jaringan KUD serta koperasi dan bangsa negara menuju masa depan yang lebih baik," kata Ketua Umum INKUD yang baru, Portasius Nggedi, di Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Sementara itu, Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menyoroti tentang masih kurangnya keterwakilan perempuan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di sejumlah daerah pemilihan (dapil).

Berdasarkan penelusuran cepat dan acak, Titi menemukan setidaknya masih ada dua dapil yang keterwakilan perempuannya di bawah 30 persen. Dapil itu di antaranya Bengkulu dan Aceh I.

Dapil Bengkulu punya jatah alokasi empat kursi DPR RI. Namun Titi mencatat, PKB, Golkar, Hanura, Demokrat, dan Ummat mengajukan caleg perempuan kurang dari 30 persen. Di mana hanya ada 1 dari 4 caleg yang diusulkan, artinya hanya 25 persen.

Sementara, di Dapil Aceh I yang memperebutkan tujuh kursi, tercatat hanya Partai Buruh, PKS, Hanura, Garuda, PAN, PSI, Perindo, dan PPP yang mencalonkan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen.

"Sisanya (parpol di dapil Aceh I) kurang dari 30 persen. Tentu ini sangat ironis, KPU justru menjadi aktor pelemahan keterwakilan perempuan politik pada Pemilu 2024," kata Titi kepada IDN Times, Sabtu.

Baca Juga: INKUD Deklarasikan Dukungan ke Prabowo Subianto

Baca Juga: Perludem: Masih Ada Parpol Tak Penuhi Keterwakilan Perempuan di Dapil

3 November: 9.917 Orang masuk daftar caleg DPR 2024, keterwakilan perempuan sudah di atas 30 persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 9.917 orang masuk daftar calon anggota legislatif (caleg) DPR RI 2024. Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, mereka berasal dari 18 partai politik. Sedangkan untuk caleg DPRD provinsi, caleg DPRD kabupaten/kota, Hasyim menyebutkan, tidak ditetapkan oleh KPU Pusat.

"Setelah kita verifikasi jumlahnya yang memenuhi syarat untuk masuk DCT (daftar calon tetap) yang kita tetapkan hari ini, itu jumlahnya adalah 9.917. Ini meliputi 18 partai politik peserta pemilu dan kemudian tersebar di 84 daerah pemilihan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Komisioner KPU Mochammad Afifuddin mengatakan, bagi partai politik atau caleg yang keberatan dengan penetapan DPT itu, bisa melakukan gugatan selama tiga hari kerja, yakni pada 6-8 November 2023.

Ketua KPU juga memastikan, dari jumlah tersebut, keterwakilan perempuan sudah di atas 30 persen.

Dalam DCT itu, diketahui ada yang mantan terpidana. Meski demikian, Hasyim enggan menyampaikan berapa jumlah pastinya mantan terpidana yang menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI 2024.

Hasyim hanya menegaskan, KPU tidak akan memberi tanda khusus di surat suara untuk mantan narapidana. Sebab, tak ada aturan yang mengharuskan hal tersebut.

"Gak (ada tanda khusus) bagi yang mantan terpidana, sudah memenuhi masa jeda 5 tahun, itu di undang-undang juga gak ada ketentuan diberi tanda, tidak ada," kata dia.

Baca Juga: Daftar Lengkap 56 Eks Napi Korupsi Jadi Caleg dalam Pemilu 2024

2 November: Bawaslu larang parpol dan caleg kampanye pada 4-27 November 2023

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau kepada partai politik dan calon anggota legislatif (caleg) untuk tidak menggelar kampanye di luar masa tahapan yang sudah ditetapkan. 

Imbauan Bawaslu itu tertuang dalam surat yang disampaikan kepada partai politik peserta Pemilu 2024 dan para caleg, agar tidak melakukan aktivitas kampanye hingga 27 November 2023.

"Terhitung mulai tanggal 4 November sampai 27 November 2023 merupakan waktu dilarang kampanye, sehingga peserta pemilu diimbau untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur kampanye pemilu dan ajakan untuk memilih sebelum jadwal dan tahapan kampanye pemilu dimulai," kata Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, dalam surat bernomor 774/PM/K1/10/2023, seperti dilihat IDN Times.

Bawaslu secara khusus menyebut sejumlah kegiatan yang mengandung unsur kampanye, di antaranya:

  1. Pertemuan warga;
  2. Penyebaran Bahan Kampanye (BK) seperti selebaran, brosur, pamflet, poster, stiker, pakaian, penutup kepala, alat minum/makam, kalender, kartu nama, pin, alat tulis, dan/atau atribut kampanye lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK) seperti reklame, spanduk, dan/atau umbul-umbul;
  4. Media sosial; dan/atau
  5. Aktivitas lain yang berkaitan dengan kegiatan kampanye.

Sesuai jadwal tahapan, pemasangan alat peraga kampanye (APK) akan diizinkan pada masa kampanye, yakni mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 atau 75 hari selama masa kampanye.

Bawaslu memastikan akan menindaklanjuti jika ada parpol maupun caleg yang melanggar kampanye di luar jadwal. Bagja mengatakan, pihaknya akan bertindak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Kendati begitu, Bagja menjelaskan, peserta pemilu bisa melakukan pertemuan internal partai. Namun harus menginformasikan terlebih dahulu ke Bawaslu maupun KPU.

Baca Juga: PDIP Curigai Penurunan Baliho Ganjar-Mahfud Saat Jokowi ke Bali

1 November: Baliho Ganjar-Mahfud dicopot saat kunjungan Jokowi hingga undangan Wapres kepada para calon cawapres

Sebuah video yang menayangkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali sedang menurunkan baliho Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD viral di media sosial. Penurunan baliho ini dilakukan di jalur yang akan dikunjungi Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Selasa (31/10/2023).

Menanggapi hal itu, Ganjar Pranowo mengaku heran dengan hal itu. 

"Saya lagi coba bertanya-tanya kenapa dicopot begitu ya, memang kalau ada yang melanggar sih silakan dicopot, tapi kalau tidak ada yang melanggar, ya sebaiknya tidak perlu berlebihan," kata Ganjar seusai menghadiri Mukernas V, Persatuan Radio TV Publik Daerah seluruh Indonesia di Prama Sanur Beach Bali, Kota Denpasar, Bali, pada Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, Presiden Jokowi mengaku mendapat informasi adanya penurunan tersebut dari Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra.

"Tadi memperoleh informasi dari Gubernur Provinsi Bali mengenai kemarin ada pemindahan atribut-atribut partai dari lokasi dimana saya datang," kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Jokowi mengingatkan kepada semua pihak untuk saling berkoordinasi untuk mencegah terjadinya perpecahan akibat isu politik.

Oleh sebabnya, itu ia mengimbau pemerintah daerah agar minta izin terlebih dahulu ke pengurus partai terkait pemindahan baliho tersebut.

"Pemindahan beberapa atribut partai-partai itu mestinya pemerintah kabupaten, kota, serta provinsi minta izin kepada pengurus partai di daerah, berkomunikasi dengan pengurus partai di daerah. Jangan sampai nanti terjadi miskomunikasi dan menjadikan semuanya tidak baik," tutur Jokowi.

Di sisi lain, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan bakal melakukan makan bersama dengan tiga bakal cawapres di Istana Wapres di Jalan Medan Merdeka nomor 6, Jakarta Pusat. Setelah sempat tertunda, jamuan makan dengan tiga bakal cawapres bakal digelar pada Senin (6/11/2023). 

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, mengatakan, semula jamuan bersama itu diagendakan bersamaan dengan pertemuan Presiden Jokowi dengan tiga bakal capres pada Senin kemarin. Masduki mengatakan jamuan itu dilakukan serentak tetapi di lokasi berbeda. 

"Namun, karena para bacawapres telah memiliki agenda masing-masing yang tidak dapat ditinggalkan, maka pertemuan ditunda hingga Senin mendatang. Waktu itu (Wapres) ada kunjungan ke Jambi. Bahkan, hakikatnya yang diinginkan (pertemuan berlangsung) pada hari ini sebenarnya. Tetapi, lagi-lagi tidak bisa karena ada beberapa agenda," ujar Masduki di dalam keterangan tertulis dan dikutip pada Rabu (1/11/2023). 

Alhasil, jamuan dengan tiga bakal cawapres bakal digelar pada Senin (6/11/2023). Meskipun, tanggal jamuan kembali digeser, tetapi urgensi dan tujuan pertemuan tetap sama. 

"Salah satu tujuannya yaitu sebagai upaya untuk menciptakan suasana sejuk dan damai menjelang pemilu 2024," kata dia. 

Melalui jamuan tersebut, diharapkan suasana bisa tetap dingin meski saat ini ketiganya sedang berkompetisi. "Jadi, harapan kami, berkompetisi oke tetapi susana dingin. Kira-kira seperti itu targetnya," ujarnya lagi.

Baca Juga: Dukungan Erick Thohir Berpotensi Dongkrak Elektabilitas Prabowo-Gibran

31 Oktober: Erick Thohir mendukung Prabowo hingga tanggapan Ketua MK soal Mahkamah Keluarga

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan dukungannya untuk calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Erick saat bertemu Prabowo di kediamannya, di Menteng, Jakarta Pusat.

“Jadi Pak terima kasih, saya akan support Pak Prabowo. Karena ini suatu kehormatan buat saya dan keluarga, dan saya ingin menjadi bagian untuk Indonesia, yang tentu lebih besar lagi, lebih maju lagi, lebih baik lagi,” ujar Erick.

Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, mengaku senang dan terhormat atas dukungan yang diterimanya dari Ketua PSSI itu. Prabowo mengatakan, sebagai rekan kerja di Kabinet Indonesia Maju, dirinya selalu dibantu oleh Erick.

“Saya dan Pak Erick sudah kerja sama dalam kabinet. Justru bidangnya juga saya banyak dibantu oleh Pak Erick, didukung, didorong. Dan alhamdulillah, terima kasih, Beliau menawarkan untuk mendukung saya, jadi terima kasih Pak Erick,” tutur Prabowo.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menjawab santai soal istilah Mahkamah Keluarga. Sebutan bernada negatif itu muncul seiring Putusan Mahkamah Konsitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023, yang membolehkan kepala daerah yang sedang menjabat atau sudah mantan, bisa mendaftar capres-cawapres meski belum berusia 40 tahun.

Istilah Mahkamah Keluarga ramai jadi pembahasan lantaran Putusan MK dianggap memberikan karpet merah bagi Wali Kota Solo Gibran maju menjadi peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Anwar Usman sendiri merupakan paman Gibran.

"Benar, keluarga bangsa Indonesia. Gitu," kata Anwar Usman usai menjalani sidang dugaan pelanggaran kode etik di kawasan Gedung MK, Jakarta Pusat. Untuk diketahui, Anwar Usman sebagai terlapor.

Anwar juga menanggapi soal aturan yang menyebut hakim konstitusi harus mundur apabila perkara yang ditangani berpotensi terjadi konflik kepentingan yang melibatkan dirinya. Aturan itu terdapat dalam Pasal 17 ayat (5) dan (6) Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.

Menanggapi hal itu, Anwar Usman menegaskan, yang menentukan jabatannya ialah Tuhan. "Yang menentukan jabatan milik Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa," tutur dia.

Baca Juga: Menu Makan Siang Jokowi bareng Tiga Bakal Capres, Ada Ayam Kodok!

30 Oktober: Anies, Ganjar, dan Prabowo makan siang bersama Jokowi di Istana Merdeka

Tiga calon presiden (capres) pada Pemilu 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, memenuhi undangan makan siang bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Mereka makan siang di Istana Merdeka, Jakarta.

Pantauan IDN Times, Senin (30/10/2023), keempatnya makan siang di ruang makan Istana Merdeka. Jokowi dan tiga capres kompak mengenakan batik lengan panjang.

Di meja makan, terlihat sejumlah hidangan yang tersaji. Udang goreng tepung, bistik sapi, rolade daging, pastel, dan masakan bebek, terhidang di hadapan keempat tokoh tersebut.

Jokowi terlihat duduk berhadapan dengan Anies. Sementara, Prabowo duduk di sisi kiri Jokowi. Sedangkan Ganjar duduk di sebelah kanan Jokowi.

Setelah itu, mereka melakukan pertemuan tertutup. Tak ada komentar yang disampaikan Jokowi dan tiga capres terkait topik pertemuan.

Usai makan siang, Anies bersama Ganjar dan Prabowo menyampaikan pokok isi pembicaraan saat makan siang dengan Jokowi.

"Saya terima undangannya pekan lalu untuk diundang hari Minggu, tapi kami sampaikan hari Minggu kemarin ada komitmen dengan masyarakat di Jember, sehingga tidak bisa, lalu terima kasih berkenan dibuatnya hari Senin. Sehingga kita bisa ikut sama-sama hadir dan tadi kita ngobrol santai, banyak hal yang dibahas, banyak hal yang didiskusikan, tapi semuanya ringan-ringan, tidak ada sesuatu yang berat," ujar Anies di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan itu, Anies mengaku menyampaikan kepada Presiden Jokowi agar bersikap netral pada Pilpres 2024. Anies mengatakan, hal itu sesuai dengan aspirasi masyarakat yang selama ini ditemuinya.

"Tadi kami sampaikan kepada beliau, bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang pada presiden dan mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas," ucap dia.

Selain itu, Jokowi juga disarankan memerintahkan aparatur sipil negara, TNI dan Polri untuk tetap netral pada Pemilu 2024.

"Tadi beliau sampaikan bahwa, beliau telah mengumpulkan pejabat gubernur, bupati bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat-aparat untuk netral dan kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Jokowi merespons positif saran tersebut. Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan, kepala negara penting bersikap netral untuk menjaga demokrasi tetap aman.

"(Netralitas presiden) ya penting, demokrasi kalau tidak ada netralias menjadi sanga parsial, pasti menjadi berat sebelah," ujar Ganjar.

Sementara itu, Prabowo menyebut pertemuan itu bersifat santai. Jokowi meminta agar suasana Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

"Jadi beliau juga berharap suasana bagus dan kita juga berharap suasana baik," kata Prabowo.

Sementara itu, melalui akun Instagram-nya, Jokowi menyampaikan suasana makan siang dengan tiga capres berlangsung hangat.

"Kami bersantap dalam suasana hangat dan diselingi perbincangan akrab," ujar Jokowi, Senin.

Jokowi mengatakan, ada sejumlah menu yang dihidangkan untuk menjamu tiga capres itu. Mulai dari Soto Lamongan, cumi, hingga jus jeruk.

"Terima kasih atas kehadiran Pak Prabowo, Pak Ganjar, dan Pak Anies," ucap dia.

Berikut menu yang dihidangkan Istana untuk menjamu tiga Capres 2024:

- Nasi Putih
- Soto Lamongan
- Ayam Kodok
- Sapi Lada Hitam
- Bebek Panggang
- Cumi Goreng
- Udang Goreng Telur Asin
- Kaylan Cah Sapi
- Es Laksamana Mengamuk
- Orange Juice

Baca Juga: AMIN Ucapkan Selamat Ultah ke Ganjar, Nodong Ditraktir di SGPC

29 Oktober: AMIN ucapkan selamat ultah ke Ganjar, minta ditraktir di SGPC, hingga ajak warga Jember suarakan perubahan

Bakal capres Ganjar Pranowo merayakan HUT ke-55 pada Sabtu (28/10/2023). Sejumlah pihak pun mengucapkan selamat ulang tahun, termasuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Keduanya kompak mengucapkan selamat ultah ke Ganjar melalui akun media sosial. 

"Selamet ulang tahun, Dab Ganjar Pranowo! Mugi-mugi terus sehat, nek ono daladh-daladh bareng ojo lali ngundang ya (mudah-mudahan terus sehat. Kalau seneng-seneng, jangan lupa ajak)," demikian cuit Anies pada hari ini yang diberi emoji senyum. 

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Muhaimin pada hari ini. Bedanya, pria yang akrab disapa Cak Imin itu menagih agar ditraktir Ganjar di warung SGPC Bu Wiryo. Menu Sego Pecel yang dijual oleh Bu Wiryo di depan Pagelaran Keraton adalah salah satu kuliner favorit mahasiswa UGM. 

"Selamat HUT Mas Ganjar. Mugio sehat dan bahagia selalu. Traktirane SGPC kapan? Salam#kagama," demikian cuit Cak Imin. 

Sementara, pasangan AMIN juga menghadiri acara jalan santai sarungan di Jember, Jawa Timur. Kegiatan itu digelar di GOR PKPSO Kaliwates, Jember, Minggu (29/10/2023).

Pada kesempatan itu, Anies Baswedan mengatakan, kelompok yang menolak perubahan di Pemilu 2024 memiliki kekuatan uang dan harta.

"Benar mereka (yang menolak perubahan) itu punya kekuatan uang dan harta," ujarnya.

Anies ingin semua masyarakat menyampaikan pesan bahwa masih banyak yang membutuhkan perubahan daripada keberlanjutan pada Pemilu 2024.

"Tetapi kita harus perjuangkan dan kirimkan pesan melalui pemilu dan pilpres bahwa lebih banyak rakyat yang memilih perubahan daripada keberlanjutan," ucapnya.

"Bila itu kita kerjakan insyaallah masa depan bangsa ini akan lebih baik, keadilan dan kesejahteraan akan hadir di rumah-rumah, di keluarga-keluarga kita semua," tambah Anies.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Tantang Kiky Saputri: Roasting Lagi Dong

28 Oktober: Ganjar tantang Kiky Saputri roasting dirinya lagi hingga Prabowo puji Jokowi di acara deklarasi Penerus Negeri

Calon Presiden Ganjar Pranowo menilai materi roasting Stand Up Comedian Kiky Saputri dalam sebuah acara di Trans 7, tidak keras. Bahkan, ia menantang Kiky untuk mengulang melakukan aksi roasting.

"Roasting-nya enggak keras kok dipotong? Roasting lagi dong," ujar Ganjar saat ditemui di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2023).

Ganjar membantah telah memerintahkan agar video aksi roasting yang dilakukan Kiky Saputri dipotong. Sebab, menurutnya materi yang dibawakan Kiky dalam konteks komedi.

"Enggak enggak. Roasting stand up comedian itu kan pasti juga dalam konteks lucu, masa gitu aja baper (bawa perasaan), wong yang lain aja kita ga baper," ujar Ganjar.

Di hari yang sama, capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menghadiri deklarasi Penerus Negeri di Jakarta Theater, Jakarta Pusat. Prabowo tiba di Djakarta Theater mengenakan kemeja putih didampingi oleh ketua tim pemenangan Rosan Roeslani, wakil ketua tim pemenangan Bahlil Lahadalia, Sjafrie Sjamsoeddin hingga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani. 

Namun, sosok Gibran tidak nampak di Djakarta Theater. Tidak diketahui alasan Gibran absen di acara ini. 

Dalam acara tersebut, Prabowo mengenang kembali ketika ia dikalahkan dua kali berturut-turut dalam pemilu presiden. Usai kejadian itu, kata Prabowo, Jokowi malah mendatanginya. Tradisi yang terjadi di negara-negara demokrasi di barat, katanya, justru yang kalah pemilu yang datang kepada pihak yang memenangkan kontestasi politik itu. 

"Memang ilmu orang Solo luar biasa!" ujar Prabowo.

Ia mengatakan berdasarkan data-data di sejarah, area Solo dan Yogyakarta kerap melahirkan para pemimpin negeri. Sementara, ia mengaku memiliki darah dari daerah Banyumas, Jawa Tengah dan Minahasa. 

Baca Juga: KPU: Semua Capres Cawapres Lolos Pemeriksaan Kesehatan

27 Oktober: Ketiga capres-cawapres lolos tes kesehatan, hingga Yenny Wahid dukung Ganjar-Mahfud

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, seluruh pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden yang mendaftar di Pilpres 2024 lolos pemeriksaan kesehatan. Tes kesehatan sebelumnya dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto.

Dengan demikian, paslon Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih nanti.

Selain itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari juga menyebutkan ketiga paslon bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Dalam kesempatan itu, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya juga mengonfirmasi, tidak ada kendala dalam pemeriksaan kesehatan pada semua capres dan cawapres, baik jasmani maupun rohani.

Di hari yang sama, putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid, bersama Barisan Kader (Barikade) Gus Dur mendeklarasikan mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

Dalam sambutannya, Yenny mengatakan, hubungannya dengan Mahfud MD sangat dekat. Mahfud juga disebut sebagai orang dekat Gus Dur. Mahfud pernah menjabat sebagai menteri pertahanan ketika Gus Dur jadi presiden.

Usai mengumumkan dukungannya, Yenny diidapuk jadi  Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Baca Juga: Tes Kesehatan di RSPAD, Gerindra Bantah Prabowo Dua Kali Kena Stroke

26 Oktober: Prabowo-Gibran tes kesehatan di RSPAD

Capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat ikut pemilihan presiden.

Pantauan IDN Times, Prabowo dan Gibran tiba di RSPAD Gatot Soebroto sekitar pukul 06.59 WIB. Keduanya kompak mengenakan kemeja warna biru tua. Gibran tiba ditemani istrinya, Selvi Ananda.

Pemeriksaan berlangsung hingga sore hari. Keduanya keluar dari gedung medical check up sekitar pukul 16.35 WIB.

Karena ketiga pasangan capres-cawapres sudah mendaftar, Ketua KPU Hasyim Asy'ari memastikan, RSPAD akan menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres pada Jumat (27/10/2023) siang.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Tiba di KPU, Daftar Jadi Capres dan Cawapres 2024

25 Oktober: Prabowo-Gibran daftar ke KPU hingga Rosan mundur karena jadi ketua tim kampanye nasional

Pasangan capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai capres dan cawapres pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam sambutannya, Prabowo memastikan akan melanjutkan pembangunan yang sudah dikerjakan pada era kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Baru saja kami datang menyerahkan berkas sebagai langkah untuk kami maju jadi calon presiden dan calon wakil presiden RI untuk pemilihan umum yang akan datang dan untuk masa bakti 2024-2029," kata Prabowo di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Sebelum mendaftar, Prabowo dan Gibran melaksanakan deklarasi di GBK. Kemudian melakukan arak-arakan menuju KPU dari Taman Suropati.

Sementara itu, KPU memastikan dokumen persyaratan pendaftaran Prabowo-Gibran sudah lengkap.

"Berdasarkan informasi dari tim di kesekjenan KPU melalui Silon, dokumen syarat calon dinyatakan lengkap," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat menerima pendaftaran Prabowo-Gibran di Kantor KPU RI.

Hasyim mengungkapkan, tahapan selanjutnya, Prabowo dan Gibran akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Sebelum tiba di kantor KPU, Prabowo mengumumkan bahwa Rosan Roeslani dipilih sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Untuk itu, Rosan mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dari jabatannya sebagai Wakil Menteri BUMN. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Jokowi telah mengabulkan surat pengunduran diri Rosan.

Ari mengatakan, Rosan mengirimkan surat pengunduran diri pada Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: PSI Dukung Prabowo Jadi Capres 2024

24 Oktober: PSI dukung pasangan Prabowo-Gibran hingga Jokowi sudah beri izin

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akhirnya mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

"Kami, Partai Solidaritas Indonesia, mendukung Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden ," ujar Kaesang di The Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Dengan bergabungnya PSI, total ada sembilan partai politik yang mendukung Prabowo-Gibran untuk Pilpres 2024. Partai politik itu yakni Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), Demokrat, PAN, Golkar, Gelora, Garuda, Prima, dan PSI.

Gibran sendiri telah mengajukan cuti sehari dari tugasnya sebagai Wali Kota Solo. Dia mengambuil cuti pada Rabu (25/10/2023), karena akan mendaftar bersama capres Prabowo Subianto ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Begitu juga dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menko Polhukam Mahfud MD. Prabowo sudah mengajukan surat permohonan cuti ke Presiden Jokowi. Sementara, Mahfud menyatakan, akan cuti sehari dalam sepekan ketika memasuki masa kampanye Pilpres 2024.

Disebutkan bahwa Presiden Jokowi sudah menjawab surat permohonan Gibran untuk maju sebagai cawapres 2024 mendampingi Prabowo Subianto. Dalam surat jawaban itu, Jokowi merestui Gibran maju sebagai Cawapres 2024.

"Presiden melalui surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 24 Oktober 2023 telah menyetujui permohonan izin Wali Kota Solo untuk diajukan sebagai cawapres oleh gabungan parpol," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada IDN Times, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Capres-Cawapes Minimal 21 Tahun, Maksimal 65 Tahun

23 Oktober: MK tolak gugatan batas maksimal usia capres-cawapes 70 tahun hingga Prabowo pasang badan bela Gibran

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi batas usia maksimal capres dan cawapres 70 tahun. Uji materi itu tertuang dalam perkara nomor 102/PUU-XXI/2023.

Permohonan uji materi itu diajukan oleh Wiwit Ariyanto, Rahayu Fatika Sari, dan Rio Saputro Atas, yang tergabung dalam aliansi ‘98 pengacara pengawal demokrasi dan HAM.

"Menyatakan permohonan para Pemohon sepanjang pengujian norma Pasal 169 huruf q UU 7/2017 tidak dapat diterima," kata Ketua MK Anwar Usman di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2023).

"Menolak permohonan para pemohon untuk selain dan selebihnya," lanjut dia.

Mahkamah menilai permohonan pengujian Pasal 169 huruf q dan huruf d UU Nomor 7 Tahun 2017 telah kehilangan objek.

Di hari yang sama, MK juga menolak permohonan gugatan batas usia maksimal capres dan cawapres menjadi minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada pengangkatan pertama.

"Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima," kata Ketua MK Anwar Usman.

Di tempat terpisah, bacapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, pasang badan bagi bakal cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka, yang dituduh tengah membangun dinasti politik. Menurutnya, tidak hanya Gibran yang membangun dinasti politik, ia pun juga menjadi bagian dari praktik dinasti politik tersebut.

 "Orang ingin berbakti, lalu apa salahnya? Saya juga (bagian) dari dinasti (politik). Saya anaknya Soemitro (Djojohadikusumo, ekonom kenamaan di Indonesia), cucunya Margono (Djojohadikusumo, pendiri Bank Negara Indonesia). Paman saya gugur untuk Republik Indonesia," ujar Prabowo kepada media di The Dharmawangsa Hotel, Senin (23/10/2023).

Sementara mengenai jabatannya sebagai Menteri Pertahanan yang juga capres 2024, Prabowo memastikan tidak akan menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi, termasuk nantinya untuk keperluan Pemilu 2024. Menurutnya, hal tersebut adalah standar etika dasar yang mencerminkan kedewasaan seorang pejabat publik. 

 Adapun capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, mengaku optimistis suara PDIP tak terbelah di Jawa Tengah dengan diusungnya Gibran sebagai cawapres Prabowo. Sebab, kata dia, semua kader dan simpatisan solid.

"Ya insyaAllah sih PDIP kompak ya partai lain, ada PPP di sana juga di beberapa titik kuat, ada Perindo, Hanura meskipun tidak banyak di parlemen, tapi mereka sekarang geraknya kencang. Kawan-kawan relawan sekarang malah tambah semangat. Jadi, insyaAllah lah," kata dia.

Baca Juga: Jadi Cawapres, Gibran Disebut Menguntungkan Prabowo karena Hal Ini

22 Oktober: Gibran jadi Cawapres Prabowo, Ganjar-Mahfud tes kesehatan di RSPAD

Prabowo Subianto resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presidennya untuk Pilpres 2024. Prabowo dan Gibran menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Prabowo mengatakan, dirinya bersama Gibran akan mendaftar sebagai capres-cawapres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

Prabowo mengumumkan Gibran menjadi cawapresnya setelah rapat bersama ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju.

Sebelum Prabowo mengumumkan Gibran sebagai cawapresnya, pada Minggu pagi pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Tes kesehatan ini untuk memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai capres-cawapres peserta Pemilu 2024. 

Ganjar dan Mahfud menjalani pemeriksaan kesehatan selama sembilan jam, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Kompak Kenakan Kemeja Putih saat Tes Kesehatan di RSPAD

21 Oktober: Anies-Cak Imin tes kesehatan di RSPAD hingga Golkar usung Gibran jadi cawapres Prabowo

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Anies Baswedan dan Cak Imin menjalani tes kesehatan sekitar sembilan jam, mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.05 WIB.

Kepala RSPAD Albertus Budi Sulistya menjelaskan, tes kesehatan yang dijalani pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar merupakan tahapan melengkapi persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden.

Dalam kesempatan itu, Budi pun menyerahkan sebuah dokumen ke masing-masing pasangan. Dokumen ini berisi surat pernyataan bahwa pasangam Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sudah melaksanakan pemeriksaan di RSUD Gatot Soebroto.

Budi Sulistya mengatakan, tes kesehatan pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melibatkan 50 orang dokter.

Di hari yang sama, Partai Golkar mengumumkan mengusung Gibran Rakabumi Raka sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Pengumuman langsung oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pada Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10/2023), di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat. Dia  memastikan, usulan itu disampaikan setelah menggelar rapat dengan jajaran pimpinan DPD Golkar.

Airlangga mengatakan, Golkar selanjutnya membawa nama Gibran untuk dibahas oleh koalisi partai pendukung Prabowo, Koalisi indonesia Maju (KIM). 

Malam harinya, Gibran datang ke Tugu Proklamasi menghadiri acara "Indonesia Memanggil Gibran. Gibran hadir sekitar pukul 21.18 WIB. Dalam kesempatan itu dia mengatakan, akan ada kejutan darinya pada minggu depan.

"Ada kejutan-kejutan berikutnya, ditunggu aja," kata dia di lokasi.

Gibran mengaku siap mendapat sanksi dari PDIP terkait pengusungannya menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto.

"Siap yah. Terima kasih yah. Besok lagi, besok lagi, besok lagi," kata Gibran.

Baca Juga: Prabowo Ajukan Cuti ke Jokowi Daftar Capres, Tapi Tak Sebut Tanggal

20 Oktober: Gibran ditunjuk jadi bagian dari juru kampanye nasional Ganjar-Mahfud MD, hingga Prabowo ajukan cuti untuk Pilpres 2024

PDIP menunjuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bagian dari juru kampanye nasional (jurkamnas) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pilpres 2024. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, semua kepala daerah dari PDI Perjuangan juga masuk dalam daftar juru kampanye nasional Ganjar-Mahfud.

"Sebagai jurkamnas dan juga sebagai jubir Pak Ganjar dan Prof Mahfud di wilayah masing-masing," ujar Hasto kepada wartawan, Jumat (20/10/2023).

Secara terpisah, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sudah mengajukan surat permohonan cuti untuk mendaftar sebagai calon presiden (capres) 2024 kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Surat permohonan cuti itu disampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, meski mengajukan surat cuti, Prabowo tak menyebutkan tanggal kapan akan izin libur itu.

"Surat permohonan izin cuti untuk pendaftaran capres, tapi waktunya akan disusulkan," ujar Ari kepada wartawan, Jumat (20/10/2023).

Jokowi juga telah memberikan izin cuti kepada Prabowo untuk mendaftar sebagai Capres 2024. Namun, tanggal cuti belum spesifik disampaikan oleh Prabowo.

Baca Juga: Anies dan Cak Imin Pakai Jip Terbuka Daftar Pilpres ke KPU

19 Oktober: Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud daftar ke KPU

Kamis (19/10/2023) menjadi hari yang paling sibuk buat Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab, dua pasangan Bacapres-Bacawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mendaftarkan diri secara resmi ke KPU.

Pasangan Anies-Imin alias AMIN daftar lebih dulu. Seharusnya, AMIN daftar ke KPU sejak pukul 08.00 WIB. Tapi, keduanya terlambat akibat melakoni sejumlah agenda pembuka dan baru mendaftarkan diri sekitar 09.20 WIB.

Dalam prosesnya, pasangan AMIN sudah diterima berkas pendaftarannya. Kini, mereka tinggal menunggu hasil verifikasi.

"Setelah itu memasuki tahap verifikasi apakah sah atau belum, ukurannya dua, benar atau belum, sah atau belum. Nanti ada kesempatan sekiranya belum maka ada kesempatan untuk kelengkapan dan perbaikan," kata Ketua KPU, Hasyim Asy'ari.

Karena AMIN telat, maka itu berimbas pada jadwal pendaftaran Ganjar-Mahfud. Mereka akhirnya harus mengundurkan jadwal pendaftaran.

Hal ini sempat memancing reaksi dari Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Hasto menyatakan, tak masalah Ganjar-Mahfud mundur pendaftarannya. Mereka mau mengalah karena AMIN telat.

"Seharusnya disiplin. Kalau daftar jam 08.00 WIB, harusnya (datang) jam 08.00 WIB. Itu harusnya yang diharapkan. Tapi gak apa-apa, kami mengalah. Dan, kami setelah mereka selesai, kami mendaftar meskipun seharusnya jam 11.00 WIB," ujar Hasto di depan kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Sama dengan AMIN, Ganjar-Mahfud juga sudah diterima berkasnya. Mereka kini tinggal menunggu hasil verifikasi KPU, apakah Memenuhi Syarat (MS) atau Belum Memenuhi Syarat (BMS).

Baca Juga: Mahfud MD Resmi Ditunjuk Megawati dan Koalisi Jadi Cawapres Ganjar

18 Oktober: Mahfud MD resmi jadi cawapres Ganjar hingga muncul meme Erick Thohir jadi cawapres Prabowo

Rumor hubungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri semakin renggang kembali muncul, usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan mantan atau yang sedang menjabat sebagai kepala daerah meski belum 40 tahun, bisa mendaftar calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Kendati, Ketua DPP PDIP Puan Maharani membantah kabar tersebut. Dia menyebut huhungan Jokowi dan Megawati baik-baik saja. "Gak ada pecah kongsi, sama sekali. Semuanya baik baik saja. Kita saling menghormati, menghargai," ujar dia.

Peristiwa paling disorot hari ini adalah pengumuman cawapres Ganjar Pranowo. Rumor cawapres Ganjar berinisial M adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ternyata terbukti. PDIP mengumumkan secara resmi mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu sebagai pendamping Ganjar pada Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengungkap alasan partai memilih Mahfud sebagai bakal cawapres Ganjar. Megawati mengaku hubungannya dekat dengan Mahfud karena sama-sama di BPIP. Mahfud juga di mata Mega sosok intelektual yang berpengalaman bekerja di eksekutif, legislatif dan yudikatif, bahkan disebutnya sebagai pendekar hukum karena dikenal tegas dalam penegakan hukumnya serta membela wong cilik.    

Namun, pada momen penting ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang merupakan kader PDIP tidak hadir. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menyebut alasan ketidakhadiran Jokowi karena sedang berada di luar negeri. Jokowi tengah tugas kerja di China, Beijing. Selain itu, Jokowi juga akan langsung terbang ke Riyadh, Arab Saudi.

Imbas putusan MK yang mengabulkan usia bakal capres-cawapres di bawah 40 tahun, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, dilaporkan ke Ketua Dewan Etik Hakim Konstitusi. Anwar yang merupakan adik ipar Presiden Jokowi itu dilaporkan Pergerakan Advokat Nusantara (Perekat Nusantara). 

Sebelum melayangkan laporan dugaan pelanggaran kode etik Anwar, Perekat Nusantara sudah melakukan somasi pada 12 Oktober kepada 8 hakim konstitusi termasuk Anwar Usman. Sayangnya, laporan tersebut tidak digubris.

Sementara, Mahfud meski sudah dideklarasikan sebagai bakal cawapres Ganjar, ternyata dia belum membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk syarat mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024. Hal itu dibenarkan Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan hari ini.

Ramadhan menyebutkan ada lima SKCK yang telah terbit yakni milik Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Erick Thohir. Munculnya SKCK Erick pun memicu spekulasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu kemungkinan bakal menjadi cawapres Prabowo Subianto, namun Polri enggan menyebutkan alasan SKCK Erick dibuat.

Peristiwa yang tak kalah disorot soal pemanggilan Gibran ke DPP PDIP hari ini. Lantaran ada agenda pengumuman Mahfud MD menjadi bakal cawapres Ganjar, putra sulung Presiden Jokowi itu batal. Mulanya, Gibran diminta ke kantor DPP PDIP pada Rabu (18/10/2023).

Di tengah pengumuman Mahfud MD sebagai bakal cawapres Ganjar, juga beredar meme surat suara Pemilu 2024. Dalam surat suara itu muncul foto Erick Thohir sebagai cawapres Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Namun, meme yang menyerupai draf surat suara itu dibantah Komisi Pemilihan Umum (KPU RI). KPU menegaskan, sampai hari ini belum ada pasangan capres-cawapres yang ditetapkan KPU.

Baca Juga: Jokowi Curhat ke Yusril, Sebut Gibran Belum Tentu Mau Jadi Cawapres

17 Oktober: Polri gelar operasi Mantap Brata hingga curhat Jokowi soal Gibran

Polri penggelar apel Operasi Mantap Brata untuk mengamankan Pemilu 2024 di Monas, Jakarta. Operasi ini berlangsung selama 222 hari mulai dari Rabu, 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia.

Selain itu, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024. Operasi ini bertujuan membangun narasi persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, Polri telah menyiapkan sembilan Satgas dalam menghadapi Pemilu 2024. Adapun sembilan satgas itu adalah Satgas Pengamanan Capres-Cawapres, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penindakan, Satgas Gakkum, Satgas Antiteror, Satgas Pengaman TPS Luar Negeri, Satgas Hums, dan Satgas Banops.

Dalam kesempatan ini juga digelar Deklarasi Pemilu Damai 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memimpin. Namun, tidak ada satu pun ketua umum partai politik yang hadir. Semua diwakilkan oleh pengurus partai. Bahkan, ada enam partai politik yang tidak mengirimkan wakilnya sama sekali.

Partai politik yang tak mengirimkan wakilnya dalam deklarasi Pemilu Damai antara lain PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, Garuda, Demokrat, dan Perindo. Sedangkan yang mengirimkan perwakilannya antara lain PKB, NasDem, Partai Buruh, Gelora, PKS, PKN, Hanura, PAN, PBB, PSI, PPP, dan Partai Ummat. Hanya Koalisi Perubahan yang perwakilannya lengkap hadir di lokasi.

Sementara, bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengucapkan selamat ulang tahun kepada pesaingnya pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto yang merayakan tahun ke-72. 

Relasi Anies dan Prabowo di dunia politk memang pernah erat. Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, Prabowo mendukung penuh Anies dalam melawan Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat. 

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengungkap isi pembicaraannnya dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, soal peluang Gibran Rakabuming Raka maju pada Pilpres 2024.

Pembicaraan keduanya terjadi jelang MK memutuskan perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat membahas soal batas usia minimal capres dan cawapres dengan Yusril. Jokowi bertanya mengapa batas usia capres dan cawapres yang semula 35 tahun diubah menjadi 40 tahun.

Yusril lantas menegaskan, dalam pembicaraan itu Jokowi memastikan tak mengintervensi gugatan di MK soal batas usia capres dan cawapres. Jokowi juga menyebut, Gibran belum tentu mau jadi cawapres bila gugatan itu memungkinkannya maju di Pilpres 2024.

Tak hanya itu, bakala capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan menjamu wakilnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di kediaman pribadinya, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Cak Imin dan sang istri, Rustini Murtadho dijamu makan malam dengan menu makanan nasi megono khas Pekalongan, Jawa Tengah.

Anies mengatakan, keduanya juga menyempatkan untuk meminta doa restu jelang melakukan pendaftaran sebagai pasangan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Pada Selasa sore, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, juga diketahui datang ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Malam harinya, foto pertemuan Mahfud dengan Megawati pun beredar. Dalam foto itu, Mahfud mengenakan batik. Sementara, Megawati mengenakan baju warna merah muda. Keduanya nampak tersenyum saat difoto.

Pertemuan ini sehari jelang pengumuman bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo, yang disebut-sebut berinisial M. Sosok tersebut pernah berpengalaman di legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Di sisi lain, rumor Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rosan Roeslani, menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 menguat. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tengah mempertimbangkan posisi Rosan.  

Partai Golkar, menurut Yusril, menjadi pihak yang mengusulkan jabatan politik Rosan. Namun, hingga hari ini belum ada keputusan resmi soal nama-nama yang akan mengisi struktural tim pemenangan tersebut.

Kabar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, segera meninggalkan PDI Perjuangan (PDIP) dan bergabung ke Partai Golkar juga menguat. Informasi itu muncul seiring keputusan MK tentang batas usia persyaratan capres dan cawapres di bawah usia 40 tahun tetap bisa maju asal pernah terpilih menjadi penyelenggara negara yang dipilih melalui pemilu. 

Politisi Golkar, Nusron Wahid, tidak membantah atau membenarkan soal isu kepindahan putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu. Ia menyebut, Golkar tidak dalam posisi memaksa Gibran untuk bergabung. Keputusan tersebut diserahkan seutuhnya kepada Gibran.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, juga membenarkan Gibran akan dipanggil PDIP, Rabu (18/10/2023). Namun, ia menepis Gibran yang masih aktif sebagai politikus partai berlambang kepala banteng moncong putih itu dipanggil untuk disidang. 

Baca Juga: Alasan MK Kabulkan Syarat Capres-Cawapres Pernah Jadi Kepala Daerah

16 Oktober: MK kabulkan gugatan, kepala daerah belum usia 40 tahun bisa maju pilpres

[LINIMASA] Perkembangan Terkini Pemilu 2024Mahkamah Konstitusi kabulkan pencabutan satu gugatan usai Capres Cawapres. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan, di mana kepala daerah berusia 40 tahun atau pernah dan sedang menjadi kepala daerah, meski belum berusia 40 tahun, bisa maju sebagai capres maupun cawapres.

Gugatan ini bernomor 90/PUU-XXI/2023, dan diajukan mahasiswa UNS bernama Almas Tsaqibbirru. Dalam gugatan itu, pemohon mengajukan petitumnya dan meminta ditambahkan frasa 'berpengalaman sebagai kepala daerah' sebagai syarat capres-cawapres.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2023).

MK mengatakan, gugatan Almas Tsaqibbirru berbeda dengan gugatan yang dilayangkan Partai Garuda, yang ditolak oleh MK. Hakim Konstitusi menilai, perbedaannya ada pada norma pasal yang dimohonkan.

Hari ini, bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, juga bertemu sejumlah budayawan dan seniman asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Bantul, Senin (16/10/2023) malam. Dalam pertemuan itu, budayawan, Butet Kartaredjasa memberikan patung kecil bertuliskan Nusantara.

Ganjar juga menerima lukisan bergambar wajahnya dari seniman bernama Haryoko. Lukisan itu diberikan oleh Butet. Dalam pertemuan itu, Ganjar bersama sejumlah budayawan dan seniman asal DIY bernyanyi bersama. Ganjar mengaku selalu rindu dengan makanan khas Yogyakarta.

Pertemuan itu dihadiri oleh Putu Sutawijaya, Ong Hary Wahyu, Nasirun, Marwoto, Kus Indarro, Suwarno Wisetrotomo, Rini, Herlambang Yudho, TASS pijar, Sunardian Wirodono, Arif Affandi, Dodi Kuskrido, Lucia Hartini, Paningron, Bambang Heras, Ahmad Syaifi, Hairus Salim, Ampun Sutrisno, Encik Krisna, Jumaldi Alfi, Arie Sujito, Toto Hedi, Effy, Iwan Yusuf, Edi Sunaryo, Wawan hingga M Toriq.

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin
  • Satria Permana
  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila
  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya