Comscore Tracker

Romahurmuziy: Cawapres Jokowi Mewakili Warna Religius Ormas Islam

Wah siapa kira-kira?

Jakarta, IDN Times - Mendekati masa tenggat pendaftaran Pilpres 2019, publik semakin penasaran dengan figur-figur capres dan cawapres yang akan mengikuti kontestasi politik. Para kandidat capres sudah mulai terlihat. Dan sepertinya rematch antara Jokowi dan Prabowo akan kembali terulang di Pilpres 2019.

Selain sang calon presiden, pendamping keduanya di Pilpres 2019 tentu sangat dinanti masyarakat. Terutama petahana Joko "Jokowi" Widodo yang mendeklarasikan diri terlebih dahulu sebagai capres belum juga mengumumkan siapakah pendampingnya nanti.

Menjelang masa-masa deklarasi, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romi memberikan bocoran terkait siapakah sosok yang akan mendamping Jokowi. Melalui akun Twitternya @MRomahurmuziy, ia mengatakan jika calon pendamping Jokowi adalah sosok religius ormas Islam.

1. Romi beri sinyal akan ada parpol yang beralih ke Jokowi

Romahurmuziy: Cawapres Jokowi Mewakili Warna Religius Ormas IslamANTARA FOTO/Agung Radjasa

Romi mengungkapkan, H-2 menjelang penutupan pendaftaran, koalisi Jokowi tinggal memasuki tahap akhir, yaitu apakah akan ada tambahan partai politik dan menunggu waktu yang tepat untuk umumkan cawapres.

"Masih ada satu parpol galau berat, karena selama 4 tahun ini habis-habisan mengkritik lebih dari oposisi, tapi dia melihat realitas politik yang sebaliknya," tulis Romi, Rabu (8/8).

Ungkapan Romi tersebut seakan menyinggung tentang PAN atau PKS yang saat ini tengah berliku di dalam koalisi Prabowo dan sempat dikabarkan tertarik bergabung di koalisi Jokowi.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi di Istana, Ini Tanggapan Gerindra

2. Ketua umum akan rapat membahas tentang waktu deklarasi

Romahurmuziy: Cawapres Jokowi Mewakili Warna Religius Ormas IslamANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kemudian, ia pun mengungkapkan jika para ketua umum partai politik koalisi petahana sudah sepakat untuk memberikan kehormatan kepada Jokowi dalam melakukan deklarasi. Menurut Romi, seluruh ketua umum telah memberikan kehormatan agar Jokowi mengumumkan sendiri cawapresnya.

"Nanti malam kemungkinan akan ada finalisasi pertemuan para ketum dan Jokowi untuk memastikan jadwal pengumuman dan pernak-pernik lainnya," terang dia.

3. Sosok religius akan mendampingi Jokowi

Romahurmuziy: Cawapres Jokowi Mewakili Warna Religius Ormas IslamIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dan terkait sosok cawapresnya, Romi menyampaikan bahwa sosok tersebut akan melengkapi pelangi NKRI, di mana akan ada sosok nasionalis dan religius di dalam koalisi Jokowi. Lanjut Romi, sosok tersebut juga memiliki pengalaman paling luas di dalam ranah pemerintahan.

Tidak hanya itu, sosok pendamping Jokowi juga akan mewakili warna religius ormas Islam terbesar di Indonesia.

"Serta sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi. Dan yang pasti, seperti sudah saya tegaskan tidak akan keluar dari 10 nama yang saya pernah saya sampaikan Juli lalu," tambah dia.

Romi pun menjelaskan jika inisial sang pendamping Jokowi berawalan huruf M. Sebelumnya, memang nama Mahfud MD dan Moeldoko sempat santer menjadi kandidat terkuat cawapres Jokowi.

Wah makin penasaran ya siapa kira-kira cawapres Jokowi nanti. Menurut kalian siapa pendamping Jokowi nanti?

Baca Juga: Romahurmuziy Masuk Daftar Cawapres Jokowi

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You