Ganjar-Mahfud Tekankan Toleransi Umat Beragama di Konser Lilin Putih

Konser Lilin Putih digelar buat rayakan Nataru

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menghadiri Konser Lilin Putih dalam rangka perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu (3/1/2024) malam.

Dalam acara itu, Ganjar dan Mahfud MD menekankan pesan toleransi antarumat beragama. Ganjar mengatakan, rasa kemanusiaan adalah hal yang memersatukan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, ras, golongan, dan sebagainya.

“Mungkin di antara kita tidak satu agama, mungkin di antara kita tidak satu golongan, mungkin di antara kita tidak satu suku, atau barangkali mungkin tidak satu parpol. Tapi saya ingin meyakinkan kita hadir di sini karena kita saudara sekemanusiaan,” kata Ganjar di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Menag: Moderasi Kunci Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama

1. Toleransi diajarkan seluruh agama

Ganjar-Mahfud Tekankan Toleransi Umat Beragama di Konser Lilin PutihCawapres nomor urut 3, Mahfud MD di Konser Lilin Putih, Jakarta, Rabu (3/1/2024). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mahfud MD juga menekankan hal yang sama. Dia mengatakan, seluruh agama mengajarkan toleransi. Misalnya Islam yang dasarnya adalah perdamaian, keselamatan, dan kesatuan.

“Seperti kata Mbak Yenny (Wahid) tadi, agama Islam yang saya anut, itu memang salah satu kata dasarnya itu berarti agama perdamaian, agama keselamatan, agama kesatuan itu dari kata syin, lam, dan mim itu,” ucap Mahfud MD.

Baca Juga: Dipuji Tak Beda-bedakan Umat Beragama, Ganjar: Toleransi Dirawat 

2. Kunci kesatuan bangsa adalah saling menerima

Ganjar-Mahfud Tekankan Toleransi Umat Beragama di Konser Lilin PutihKonser Lilin Putih di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu (3/1/2024). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mahfud menambahkan, Islam dan Indonesia menekankan penerimaan atas keberagaman yang ada. Meski begitu, dia menegaskan tidak ingin menjadikan indonesia negara Islam, tetapi negara yang bersatu di atas segala perbedaannya.

“Kalau akseptasi, kita saling menerima dan bersatu untuk mencapai tujuan bersama. Itulah arti ke-Islaman dan ke-Indonesiaan. Karena ada yang menyalahpahamkan sekejap memelesetkan ketika saya bicara ke-Islaman dan ke-Indonesiaan itu seakan-akan mau menjadikan Indonesia negara Islam, justru tidak,” kata Mahfud.

Baca Juga: 5 Manfaat Keberagaman Individu, Saling Melengkapi!

3. Indonesia punya kiblat sendiri dalam mengatur bangsa

Ganjar-Mahfud Tekankan Toleransi Umat Beragama di Konser Lilin PutihPeselancar Indonesia Rio Waida membawa bendera Merah-Putih saat defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Mahfud mengatakan, sebagai negara yang penuh keberagaman, Indonesia tak bisa berkiblat ke negara-negara di Timur Tengah. Dia mengatakan, Indonesia punya cara sendiri dalam memersatukan bangsa dengan keberagaman yang ada.

“Justru Islam, umat Islam, melebur ke dalam sebuah bangsa dan tidak boleh berkiblat ke Timur Tengah. Ini adalah Indonesia, ini adalah negara kita,” ujar dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya