Kesenjangan Sosial-Politik Berdampak pada Kesehatan Mental Milenial

Ini hasil laporan Indonesia Millennial Report 2024

Jakarta, IDN Times – Laporan Indonesia Millennial Report (IMR) 2024 menyoroti mayoritas milenial yang sangat prihatian terhadap kesenjangan sosial dan ekonomi. Concern terhadap isu tersebut tidak lepas dari pandemik COVID-19 yang berdampak besar terhadap kesejahteraan hidup.

Laporan IMR 2024 mengungkap, ada 58 persen milenial yang peduli terhadap kesenjangan sosial dan politik. Adapun milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 dan 1996

Menurut Sekretaris Jenderal Badan Pusat Statistik, Atqo Mardiyanto, pandemik juga meningkatkan kesenjangan karena pemulihan ekonomi yang tidak merata. Dampaknya pun dirasakan oleh berbagai segmen masyarakat, termasuk anak muda.

1. Kesenjangan terjadi di negara maju dan berkembang

Kesenjangan Sosial-Politik Berdampak pada Kesehatan Mental MilenialTangkapan layar IMR 2024 (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sejalan dengan Laporan Sosial Dunia 2020, yang diterbitkan oleh Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB (DESA), ketimpangan pendapatan telah meningkat tidak hanya di negara-negara berkembang, tetapi juga di banyak negara maju.

Tren ini meluas ke negara-negara berpendapatan menengah seperti China, yang merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Laporan ini menggarisbawahi gawatnya situasi, dengan menekankan bahwa kesenjangan pendapatan dan terbatasnya peluang memicu siklus ketidaksetaraan, ketidakpuasan, dan frustrasi yang berdampak pada banyak generasi.

Baca Juga: Hanya Sedikit Milenial yang Peduli Perubahan Rezim Politik

2. Dampak lanjutan dari kesenjangan sosial-politik

Kesenjangan Sosial-Politik Berdampak pada Kesehatan Mental MilenialTangkapan layar IMR 2024 (Dok. IDN Times/Istimewa)

Meningkatnya kesenjangan sosial dan ekonomi, di antara kekhawatiran generasi milenial Indonesia, turut berdampak terhadap sejumlah isu. 

Pertama, ada korelasi antara kesenjangan dan kesehatan mental. Distribusi sumber daya dan peluang yang tidak merata dapat menumbuhkan perasaan cemas hingga berkontribusi terhadap memburuknya kesejahteraan mental di antara individu yang terkena dampak.

Selain itu, kesenjangan politik dapat menimbulkan ketidakadilan sosial, karena kelompok marginal sering kali menghadapi hambatan dalam mengakses hak dan peluang mereka. Hal ini memperkuat pentingnya mengatasi kesenjangan untuk memastikan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Dampak dari ketimpangan ini juga berdampak pada bidang pendidikan. Akses yang tidak setara terhadap sumber daya pendidikan menghambat potensi individu untuk mendapatkan penghidupan yang stabil dan beradaptasi terhadap kemajuan teknologi dan dampak perubahan iklim.

3. Tentang IMGS 2023 dan IMGR 2024

Kesenjangan Sosial-Politik Berdampak pada Kesehatan Mental MilenialIndonesia Gen Z Report (dok. IMGS 2022)

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air.

Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya