Sektor Ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Dikuasai Golkar

Ada 2 menteri dan 1 wamen di sektor ekonomi

Jakarta, IDN Times- Pendiri Lingkar Madani (Lima) sekaligus pengamat politik, Ray Rangkuti, menilai Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Joko “Jokowi” Widodo sepertinya memberikan keistimewaan kepada Golkar. Sebab, seluruh sektor yang berkaitan dengan ekonomi dikuasai oleh partai berlogo beringin itu.

Dari partai Golkar, Jokowi mengamanatkan Airlangga Hartarto sebagai Kemenko Ekonomi, Luhut Binsar Panjaitan sebagai Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Agus Gumiwang sebagai Menteri Perindustrian, dan Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri (wamen) Perdagangan.

1. Tidak jelas kenapa Jokowi banyak menempatkan kader Golkar

Sektor Ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Dikuasai GolkarIDN Times/Margith Juita Damanik

Sekalipun menteri adalah hak prerogatif Jokowi sebagai kepala pemerintahan, Ray tetap mempertanyakan kenapa sektor ekonomi dikuasai oleh Golkar.

“Tak jelas benar mengapa posisi perekonomian ini banyak didominasi oleh Golkar. Apakah ini semacam keistimewaan pada Golkar untuk mengurusi hal yang berkaitan dengan perekonomian Indonesia,” kata dia kepada IDN Times, Minggu (27/10).

Baca Juga: Pembagian Kursi Menteri, PDIP & Golkar Dapat Jatah Terbanyak!

2. Penunjukan wamen sebagai cara Jokowi untuk mengawasi menterinya bekerja

Sektor Ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Dikuasai GolkarANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dalam rapat kabinet pertama, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan Kemenko memiliki hak veto untuk menertibkan kementerian teknis yang memiliki visi-misi tidak sesuai dengan presiden.

Sementara, menurut Ray, wamen adalah posisi strategis untuk mengawasi kinerja seorang menteri. Dengan demikian, pengaruh Golkar di sektor ekonomi semakin kuat karena Jerry bisa menjadi pengawas menteri perdagangan yang diberikan kepada kader PKB Agus Suparmanto

“Wamen dimaksudkan untuk menjadi jangkar Jokowi kepada menteri yang bersangkutan. Bahkan, pada tingkat tertentu menjadi penyeimbang atau bahan pengawasan terhadap menterinya. Jokowi membutuhkan keseimbangan antara langkah menteri dan kontrol dari dirinya,” tambah alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

3. Ada lima kader Golkar dalam Kabinet Indonesia Maju

Sektor Ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Dikuasai GolkarIDN Times/Arief Rahmat

Dengan masuknya Jerry dalam pusaran Kabinet Indonesia Maju, Golkar telah menjadi partai politik kedua yang paling banyak menyumbangkan kadernya sebagai pembantu Jokowi. Selain tiga menteri dan satu wakil menteri di sektor ekonomi, Jokowi juga mendaulat Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga: Ini Empat Menteri dari Partai Golkar dalam Kabinet Indonesia Maju

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya