Jelang Demo 411, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas di Sekitar Istana

Titik kumpul massa di Masjid Istiqlal

Jakarta, IDN Times - Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Persaudaraan Islam (FPI), dan organisasi lain yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) bakal menggelar demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada hari ini, Jumat (4/11/2022).

Terkait aksi penyampaian pendapat di muka umum itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar istana, Jakarta Pusat. 

"Rencana pengalihan arus lalu lintas sekitar Istana/Monas Jakpus," tulis akun resmi TMC Polri.

Baca Juga: Tolak Swastanisasi di PLN, Buruh Siap Gelar Demo 7 November

1. Pengalihan arus lalu lintas

Jelang Demo 411, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas di Sekitar IstanaIlustrasi pengaturan lalu lintas (ANTARA FOTO/Rahmad)

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Masyarakat pengguna jalan diimbau mencari jalan alternatif.

Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara:

  • Arus lalin dari arah HI menuju Jl Merdeka Barat dialihkan ke Jl Kebon Sirih
  • Arus lalin dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani
  • Arus lalin dari Jl Ridwan Rais menuju Jl Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Medan Merdeka Timur
  • Arus lalin dari arah Jl Hayam Wuruk menuju Jl Majapahit/Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Juanda atau ke Jl Suryopranoto
  • Jl Abdul Muis menuju Jl Gajah Mada dialihkan ke Jl Tanah Abang Satu
  • Jl Veteran I, II, III ditutup
  • Jl Medan Merdeka Timur menuju Jl Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira

Baca Juga: Gelar Demo 4 November, Puluhan Ribu Buruh Akan Geruduk Kemnaker

2. Demo digelar di Patung Kuda usai salat Jumat

Jelang Demo 411, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas di Sekitar IstanaAparat yang menjaga demo PA 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Koordinator aksi GNPR, Buya Husein mengatakan, AKBAR 411 bakal digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2022).

Husein menuturkan, aksi tersebut sekaligus jadi ajang Reuni Akbar 411. Nantinya massa yang tergabung dalam GNPR bakal berkumpul di Masjid Istiqlal usai melaksanakan ibadah Salat Jumat bersama.

"InsyaAllah benar besok akan aksi lagi, dalam aksi bertajuk Aksi Bela Rakyat (AKBAR). Aksi sekaligus Reuni Akbar 4 11," ucap dia dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Gelar Demo Geruduk Istana, Menantu Rizieq Minta Jokowi Legowo Mundur

3. Seluruh masyarakat diundang hadir

Jelang Demo 411, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas di Sekitar IstanaMenantu Rizieq Shihab sekaligus Ketua FPI, Muhammad Bin Husein Alatas (dok Istimewa)

Sementara itu, menantu Rizieq Shihab sekaligus Ketua FPI, Muhammad Bin Husein Alatas mengatakan, pihaknya mengundang seluruh elemen masyarakat yang ingin bergabung dalam demo bertajuk Aksi Bela Rakyat (Akbar) 411.

"Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu melaksanakan hak check dan balance terhadap jalannya pemerintahan. Melalui antara lain aksi turun ke jalan sebagai konsekuensi negara berdemokrasi sesuai amanat konsitusi yang tertuang dalam Pasal 21 Deklarasi Universal HAM 10 Desember 1948 yang telah diratifikasi oleh UU No 39/1999, bahwa setiap orang berhak untuk turut serta dalam pemerintahan negerinya sendiri dan kemauan rakyat harus menjadi dasar kekuasaan pemerintah," ucap dia.

Baca Juga: FPI Bantah Terlibat Aksi FPI Reborn Dukung Anies Jadi Capres 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya