Mengintip Gaya Anies, Prabowo, Ganjar di Medsos, Siapa Paling Populer?

Medsos jadi salah satu sarana untuk berkampanye

Jakarta, IDN Times - Seluruh calon presiden (capres) yang akan berlaga pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menggunakan jejaring media sosial (medsos) untuk membagikan aktivitas politik hingga gagasannya. Tak jarang tingkah mereka pun jadi pembicaraan hangat publik dan viral.

Penggunaan media sosial sebagai sosialisasi kepada masyarakat dinilai efektif mengingat tingginya angka pengguna media sosial di Indonesia. Di samping itu, mayoritas pemilih pada Pemilu 2024 juga berasal dari kalangan anak muda yang dianggap melek teknologi digital. Lantas bagaimana gaya para capres dalam menggunakan media sosial itu?

Dilihat Senin (1/1/2024), berikut ulasan mengenai sejumlah akun media sosial Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto!

Baca Juga: [QUIZ] Di Medsos Kamu Termasuk Orang yang Alay Gak Sih?

1. Anies Baswedan

Mengintip Gaya Anies, Prabowo, Ganjar di Medsos, Siapa Paling Populer?Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di acara Desak Anies Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, mempunyai sejumlah akun media sosial yang aktif, di antaranya Instagram, X (sebelumnya Twitter), dan TikTok.

Dari tiga jenis medsos itu, akun Anies yang paling banyak pengikutnya adalah Instagram yang mencapai 6,5 juta pengikut. Adapun postingan di Instagram dengan nama pengguna @aniesbaswedan itu mencapai 5.087 unggahan dan ada 193 akun yang diikuti Anies.

Sementara di Twitter, pengikut Anies tercatat sebanyak 5 juta dan 385 akun yang diikuti. Lalu disusul akun TikTok dengan 807,5 ribu pengikut dan postingan yang disukai mencapai 7,9 juta kali.

Melalui akun Instagram-nya, Anies sering membagikan gagasan hingga kegiatan politik saat berkunjung ke sejumlah daerah. Selain itu, Anies sering membagikan momen hangat saat bersama dengan keluarganya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga kerap mengunggah potret dirinya bersama sang istri, Fery Farhati.

Sementara di akun TikTok miliknya, Anies secara khusus menyematkan tiga konten video singkat, dua di antaranya mengenai klarifikasi terhadap berbagai tudingan yang beredar. Adapun unggah yang disematkan itu pertama mengenai lagu pasangan Anies-Muhaimin (AMIN). Kemudian yang kedua video klarifikasi Anies tentang Anies didukung oleh Front Pembela Islam. Lalu ketiga, klarifikasi Anies mengenai politik identitas.

Selain itu, belakangan Anies juga kerap melakukan siaran langsung di akun TikTok tersebut. Ia banyak berinteraksi dengan para pengikutnya yang meninggalkan komentar di siaran itu.

Di X, Anies juga kerap membagikan kegiatannya yang disertai foto atau video pada setiap kalimat yang ditulisnya.

Baca Juga: Anies Live TikTok di Mobil: Beri Petuah hingga Bingung Matikan Fitur

2. Prabowo Subianto

Mengintip Gaya Anies, Prabowo, Ganjar di Medsos, Siapa Paling Populer?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sementara, Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto mempunyai pengikut di Instagram sebanyak 7,3 juta akun dan 1.150 postingan. Uniknya, Prabowo hanya mengikuti satu akun, yakni Instagram resmi milik Gerindra.

Namun, akun media sosial X, Prabowo terlihat tidak terlalu aktif seperti di Instagram. Bahkan Prabowo terakhir membuat kicauan sekitar 6 hari lalu. Pada akun X, Prabowo punya 4,7 juta pengikut dan akun yang diikutinya ada 1,9 ribu.

Ketua Umum Partai Gerindra ini tidak memiliki akun TikTok resmi. Namun Prabowo juga cukup aktif di akun Facebook miliknya dengan jumlah pengikuti mencapai 10 juta akun.

Baik di Instagram maupun Facebook, Prabowo cukup aktif membagikan kegiatannya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dan capres. Dia juga sering mengunggah foto mengenai pemandangan dan kuliner dari berbagai daerah.

Baca Juga: Debat Capres 2024, Prabowo Diserang Kampanye Negatif di Twitter

3. Ganjar Pranowo

Mengintip Gaya Anies, Prabowo, Ganjar di Medsos, Siapa Paling Populer?Ganjar Hadir di Posko Mahfud MD sebelum debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Terakhir, Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mempunyai postingan di Instagram lebih banyak ketimbang Anies dan Prabowo. Pada akun Instagram miliknya itu, Ganjar mengunggah hingga lebih dari 7,7 ribu konten. Dia punya pengikut sebanyak 6,4 juta akun.

Sama seperti Prabowo, Ganjar hanya mengikuti sedikit akun. Setidaknya ada empat akun yang diikuti Ganjar, yakni @mohmahfudmd, @lapak_ganjar, @alamganjar, dan @atikoh.s.

Kemudian, di akun TikTok-nya, Ganjar rajin mengunggah video. Tak heran, mantan Gubernur Jawa Tengah itu punya konten yang disukai hingga 187,2 juta dan 7,2 juta pengikut. Adapun akun Twitter Ganjar punya 3,5 juta pengikut dan 3.609 akun diikuti.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini belakangan sering membagikan momen ketika dia berkunjung ke berbagai daerah menggelar aktivitas politik dan silaturahmi dengan sejumah tokoh. Ganjar juga kerap mengunggah konten lucu saat menemui masyarakat.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Pendukungnya Harus Tertib Biar Tidak Picu Kemarahan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya