Pengancam Anies Pakai Foto Profil Prabowo, TKN: Tak Terafiliasi Kami

TKN dukung polisi usut pelaku

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memastikan pelaku pengancaman penembakan terhadap capres nomor urut 1, Anies Baswedan, tak terafiliasi dengan pihak Prabowo-Gibran.

Wakil Ketua TKN Habiburokhman menegaskan pihaknya sudah menelusuri latarbelakang pelaku. Adapun pelaku mengancam akan membunuh Anies melalui akun jejaring media sosial TikTok @calonistri71600.

"Kami sudah cek akun ini tidak terafiliasi dengan kami. Bukan merupakan bagian dari kami," kata dia dalam konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga: Sekjen PDIP Ungkap Alasan di Balik Komunikasi Kubu Ganjar-Anies

1. TKN beri penjelasan soal pelaku pakai foto profil

Pengancam Anies Pakai Foto Profil Prabowo, TKN: Tak Terafiliasi Kami(Tangkapan layar TikTok)

Habiburokhman lantas menanggapi terkait foto profil akun TikTok pelaku, @calonistri71600 yang memakai foto profil wajah Prabowo.

Menurut dia, foto tersebut tak bisa jadi bukti kuat bahwa pelaku terafiliasi sebagai pendukung Prabowo.

"Soal orang mencamtukan profil picture gambar Prabowo ya bisa saja orang siapapun mengambil gambar Pak Prabowo, bebas di internet boleh saja, tapi kami tidak bertanggung jawab atas apa yabg dia lakukan itu secara hukum," ucap dia.

"Tidak ada kaitannya orang menampilkan profile picture dengan pertanggungjawaban kami atas apa yang dilakukan," lanjut dia.

Baca Juga: Pengancam Anies Baswedan Diperiksa Polda Jatim, Bisa Kena UU ITE

2. TKN dukung aparat kepolisian proses hukum pelaku

Pengancam Anies Pakai Foto Profil Prabowo, TKN: Tak Terafiliasi KamiWakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran, Habiburokhman di Media Center TKN, Jakarta Selatan (4/1/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Habiburokhman menegaskan bahwa pihaknya mendukung aparat kepolisian untuk memproses pelaku secara hukum. Dia tak menutup kemungkinan pelaku tersebut merupakan orang yang tidak suka dengan Prabowo, sehingga seolah-olah menjadi pendukung untuk memunculkan narasi negatif.

"Silakan saja diproses ya bisa saja orang ini tidak suka denhan prabowo berulah seolah-olah mencantumkan foto Pak Prabowo. Kan bisa saja dari berbagai teori, cuma yaudah kita gak usah asumsi tapi bisa juga ya kan pendukung fanatik tapi berekspresi yang salah berlebihan kan," tutur dia.

Baca Juga: Ancam Tembak Anies, Pria Ini Ditangkap di Jember

3. TKN imbau kasus ancaman pembunuhan Anies tak dipolitisasi

Pengancam Anies Pakai Foto Profil Prabowo, TKN: Tak Terafiliasi KamiCapres nomor urut satu, Anies Baswedan ketika berbicara di acara Kamar Dagang dan Industri. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Lebih lanjut, politikus Gerindra itu mengimbau kepada semua pihak agar tidak mempolitisasi kasus ancaman pembunuhan Anies tersebut. Terlebih saat ini, tahapan pemilu hingga hari pencoblosan semakin mepet. Sehingga publik sangat mudah terprovokasi.

"Ya itu dia yang ingin kami sampaikan, jangan dijadikan peristiwa ini sebagai dasar untuk memfitnah pihak tertentu," imbuh Habiburokhman.

Sebelumnya, Polri menindaklanjuti informasi yang beredar terkait ancaman penembakan Anies. Anies diancam ditembak saat live di TikTok dan itu berlangsung saat dia berkampanye di Samarinda pada Kamis 11 Januari 202

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pelaku pengancaman Anies sudah diamankan.

"Benar," kata Trunoyudo singkat saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (13/1/2024).

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya