Warga Nahdliyin Penuhi Stadion Deltras, JK Jalan Kaki Hadiri 1 Abad NU

Jalan di sekitar acara 1 Abad NU macet total

Jakarta, IDN Times - Puncak peringatan hari lahir NU yang ke-100 atau 1 Abad NU yang dipusatkan di Stadion Gelora Deltras Sidoarjo, Jawa Timur, berlangsung meriah, Selasa (7/2/2023).

Ribuan masyarakat simpatisan ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut, tumpah ruah memadati tempat berlangsungnya acara. Hal itu mengakibatkan sejumlah ruas jalan menuju tempat acara mengalami kemacetan parah. 

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Peran NU Hadapi Radikalisme dan Ekstremisme

1. Jusuf Kalla jalan kaki ke Acara Harlah 1 Abad NU

Warga Nahdliyin Penuhi Stadion Deltras, JK Jalan Kaki Hadiri 1 Abad NUMantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat menghadiri acara Hari Lahir 1 Abad NU (dok istimewa)

Akibatnya, sejumlah tokoh dan pejabat yang hendak menghadiri peringatan tersebut terpaksa harus turun dari kendaraan 3 sampai 5 km dari tempat acara, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tak terkecuali Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla, juga harus rela berjalan kaki ke arena Harlah 1 abad NU. JK tampak didampingi Gubernur Jambi, Al Haris. 

Kehadiran JK di tengah-tengah massa menyita perhatian ribuan warga NU. Mereka melambaikan tangan dan menyapa ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga merupakan warga NU tersebut dengan berteriak "Pak JK". 

Beberapa di antaranya berusaha mengajak bersalaman JK yang dikawal ketat keamanan.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Alasan Pakai Seragam Banser di Harlah 1 Abad NU

2. Sidoarjo macet total sejak dini hari

Warga Nahdliyin Penuhi Stadion Deltras, JK Jalan Kaki Hadiri 1 Abad NUSuasana kemacetan di kawasan Pagerwojo Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) dini hari. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sebelumnya, pantauan IDN Times di lokasi, ribuan jemaah berbondong-bondong ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) dini hari.

Semaraknya jemaah yang disebut dengan warga Nahdliyin ini pun menimbulkan kemacetan. Sekitar pukul 03.00 WIB, kemacetan sudah terasa selepas Layang Jenggolo Sidoarjo.

Kemacetan ini disebabkan berbagai hal. Pertama adanya penyempitan jalan menuju dalam kota. Kondisi ini terjadi karena banyak sekali kendaraan rombongan jemaah dalam hal ini bus maupun elf yang diparkir di sepanjang bahu jalan.

Baca Juga: Canda Jokowi di Satu Abad NU: Banser Sekarang Suka Band Queen 

3. Sejumlah warga bahkan ada yang tidur di sekitar ruas jalan

Warga Nahdliyin Penuhi Stadion Deltras, JK Jalan Kaki Hadiri 1 Abad NUJemaah NU saat nobar sambutan Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Puncak 1 Abad NU. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Tak hanya itu, banyak jemaah, baik yang jalan kaki maupun naik sepeda motor memadati jalan raya. Mereka tampak memakai busana muslim serba putih. Dilengkapi peci kopiah hitam dan bendera hijau berlambang NU.

Kemacetan terus berlanjut hingga kawasan Pagerwojo, Sidoarjo. Di sini juga banyak kendaraan rombongan yang diparkir di pinggir jalan, dan membuat penyempitan di sepanjang jalan.

Tak hanya kendaraan, banyak sekali jemaah yang beristirahat di pinggir jalan. Mereka ada yang sekadar duduk-duduk, ada pula yang tidur. Sekitar pukul 04.30 WIB, para jemaah segera bangkit mencari wudu. Mereka melakukan salat subuh berjemaah.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya