Pensiun 2019, Jack Ma Kirim Surat Terbuka

Jack Ma akan tetap bersama Alibaba selamanya

Pendiri dan bos Alibaba Grup, Jack Ma, mengumumkan rencana pensiun dari Alibaba melalui sebuah surat terbuka yang dibagikannya pada Senin (10/9).

Alibaba mulai didirikan tahun 1999.  Kantor pertamanya berupa apartemen di Hangzou dengan hanya 18 orang pekerja. 

Kini, Alibaba menjelma menjadi perusahaan raksasa kelas dunia. Jack Ma pun memutuskan pensiun, tahun depan. 

Dia akan menyerahkan tampuk kepemimpinan Alibaba kepada CEO perusahaannya, Daniel Zhang, yang sudah bergabung dengan Alibaba Grup selama 11 tahun.

1. Bertahan selama 12 bulan ke depan agar transisi mulus

Pensiun 2019, Jack Ma Kirim Surat TerbukaReuters via ANTARA FOTO

Today, as we mark the 19th anniversary of Alibaba, I am excited to share some news with you: with the approval of our board of directors, one year from today on September 10, 2019 which also falls on Alibaba’s 20th anniversary, Group CEO Daniel Zhang will succeed me as chairman of the board of Alibaba Group...

Begitu kutipan awal dari surat terbuka yang disampaikan Jack Ma, dilansir dari alizila.com. Jack Ma mengatakan bahwa satu tahun dari sekarang, dia akan bertindak sebagai kepala eksekutif agar transisi yang terjadi dapat berjalan dengan lancar. Ia akan melepas jabatan sebagai pimpinan Alibaba Group pada 10 September 2019, tepatnya pada ulang tahun Alibaba yang ke-20 dan ulang tahun Jack Ma yang ke-55.

Baca Juga: Alur Hidup Manusia Berdasarkan Usia Ala Jack Ma, sang Pendiri Alibaba

2. Sudah mempersiapkan diri selama 10 tahun

Pensiun 2019, Jack Ma Kirim Surat Terbukaalizila.com

I have put a lot of thought and preparation into this succession plan for ten years. I am delighted to announce the plan today thanks to the support of the Alibaba Partnership and our board of directors.

Jack Ma juga mengatakan bahwa ia sudah memikirkan dengan matang mengenai keputusan yang dia umumkan hari ini. Dalam surat tersebut juga tertulis bahwa dia bersama dengan Alibaba Group telah menyiapkan diri selama 10 tahun belakangan untuk momen ketika Jack Ma harus meninggalkan perusahaan yang membesarkan namanya tersebut. Perusahaan itu juga mulai mengerjakan suksesi sistem kepemimpinan berdasarkan budaya dan mekanisme yang unik untuk mengembangkan bakat dan penerus yang konsisten. Selepas itu, Jack Ma akan melanjutkan perannya sebagai anggota dewan direksi Alibaba Grup hingga rapat umum tahunan pemegang saham pada 2020.

3. Estafet kepemimpinan akan diserahkan kepada CEO Alibaba Grup, Daniel Zhang

Pensiun 2019, Jack Ma Kirim Surat Terbukaalizila.com

Daniel has been with Alibaba Group for 11 years. Since he took over as CEO, he has demonstrated his superb talent, business acumen and determined leadership. Under his stewardship, Alibaba has seen consistent and sustainable growth for 13 consecutive quarters.

Daniel Zhang dinobatkan sebagai CEO nomor satu Tiongkok pada tahun 2018 dan hal itu membuat Jack Ma percaya penuh terhadap kemampuannya. Jack Ma mengatakan bahwa perpindahan estafet kepemimpinan ini merupakan sebuah tindakan yang besar dan tepat, dalam waktu yang tepat pula. Di mata Jack Ma, Daniel merupakan seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang tak tertandingi, memegang teguh visi dan misi perusahaan, memeluk tanggung jawab dengan semangat, dan memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif.

4. Ingin kembali pada dunia pendidikan

Pensiun 2019, Jack Ma Kirim Surat Terbukaalizila.com

I also want to return to education, which excites me with so much blessing because this is what I love to do.

Sebagai seorang mantan guru Bahasa Inggris, Jack Ma merindukan masa-masa dirinya 'berkutat' di dunia pendidikan. Dunia yang dia cintai. 

Jack Ma menegaskan bahwa dia tidak ingin hanya duduk berdiam diri saat pensiun kelak. Diapun akan meneruskan peran dan kontribusinya sebagai mitra pendiri Alibaba Partnership. Jack Ma ingin keluar dan mencoba banyak hal-hal baru nantinya.

5. Ucapan terima kasih

Pensiun 2019, Jack Ma Kirim Surat Terbukaasia.nikkei.com

I also want to offer special thanks to all Alibaba colleagues and your families, because your trust, support and our joint enterprise over the past 19 years have prepared us for this day with confidence and strength.

Kesuksesan Alibaba Grup yang luar biasa tidak membuat Jack Ma lupa berterima kasih kepada setiap orang. Karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama itulah, menurutnya, yang membuat Alibaba menjadi besar dan kokoh seperti saat ini. Jack Ma percaya bahwa transisi yang terjadi ini merupakan implementasi tata kelola perusahaan yang lebih baik lagi dan menjadi perusahaan yang berdiri diatas sistem organisasi dengan budaya pengembangan bakat yang baik dan berkelanjutan.

Ia pun menutup surat terbuka darinya dengan kalimat ini:

The one thing I can promise everyone is this: Alibaba was never about Jack Ma, but Jack Ma will forever belong to Alibaba.

 

Baca Juga: 5 Hal Mengenai Jack Ma, Pemilik Alibaba dengan Aset Rp 570 Triliun

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya