Comscore Tracker

5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit Jantung

Kamu harus mengetahui fakta menarik Mahathir Mohamad ini!

Jakarta, IDN Times - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohammad, kembali dirawat di National Heart Institute (NHI) pada Minggu (23/1/2022). Mahathir yang kini berusia 96 tahun memiliki permasalahan di jantung dan sempat dirawat selama 2 hari pada awal Januari lalu.

Juru bicara Mahathir hanya mengabarkan bahwa mantan PM terlama Negeri Jiran itu harus menjalani perawatan jantung, tanpa memberikan detailnya. Dia juga meminta doa dari seluruh rakyat Malaysia. Mahathir diketahui sempat dirawat di rumah sakit pada Desember lalu.

Berikut fakfa-fakta seputar Mahathir Mohammad!

1. Mahathir merupakan pemimpin negara tertua di dunia yang terpilih langsung dalam Pemilu

5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit JantungEks PM Malaysia Mahathir Mohammad (Instagram/@chedetoffical)

Melansir laman BBC, Mahathir berhasil memenangkan Pemilu 2018 dengan mengalahkan petahana Najib Razak. Dia terpilih saat dia berumur 92 tahun dan tercatat sebagai salah satu perdana menteri tertua di dunia. 

Saat itu, dia merupakan pimpinan aliansi Pakatan Harapan yang melawan aliansi petahana Barisan Nasional (BN). 

Mahathir resmi mengundurkan diri dari PM Malaysia pada 24 Februari 2020. 

Baca Juga: Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Kembali Dilarikan ke RS Jantung

2. Pernah menjabat sebagai menteri di lima pos berbeda

5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit Jantungsetkab.go.id

Dia mengawali karier politiknya pada 1964 sebagai anggota Dewan Rakyat. Reputasinya yang baik kala itu membuat dia ditunjuk sebagai menteri untuk pertama kalinya pada 1974. Saat itu, dia menjabat sebagai Menteri Pendidikan.

Tak hanya sampai di situ, dia juga ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan dan Industri  pada 1978, setelah satu tahun meninggalkan Kementerian Pendidikan. 

Pada 1981, dia diminta untuk menduduki posisi Menteri Pertahanan. Lima tahun setelahnya, dia diminta untuk pindah kementerian untuk menjadi Menteri Dalam Negeri.

Akhir kariernya menjadi menteri ialah saat dia menjabat Menteri Keuangan pada 5 Juni 2001 hingga 31 Oktober 2003. 

3. Mahathir Mohamad pernah menjadi mentor bagi Najib Razak pada Pemilu 2008

5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit Jantungmalaysia.news.yahoo.com

Saat Pemilu 2008, Mahathir merupakan pimpinan dari Barisan Nasional (BN). Saat itu, Barisan Nasional menyokong Najib Razak untuk maju sebagai perdana menteri dan berhasil memenangkan pemilu tersebut. Salah satu sosok di balik kemenangan Razak adalah Mahathir.

Pada 2016, Mahathir secara mengejutkan keluar dari Barisan Nasional. Salah satu alasan mengapa dia keluar ialah kekecewaannya terhadap mantan partainya itu yang dianggapnya mendukung korupsi. Pada 2018, dia berhasil mengalahkan Razak dengan didukung Pakatan Harapan. 

4. Mahathir bertemu sang istri saat sekolah kedokteran di Singapura

5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit Jantunginstagram.com/chedetofficial

Siapa sangka bahwa Mahathir merupakan seorang dokter pada awalnya. Dia merupakan lulusan jurusan kedokteran King Edward VII College of Medicine yang berafiliasi dengan National University Singapore(NUS).

Di kampus yang sama, perjalanan cinta dia dengan istrinya dimulai. Dia menikah dengan Siti Hasmah Mohamad Ali setelah keduanya sama-sama telah menamatkan studinya.

5. Mahathir merupakan founder dari PROTON

5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit Jantungcarsguide.com

Untuk pertama kalinya Malaysia memiliki perusahaan mobil sendiri pada 1983, yaitu PROTON Holdin Berhad.

Founder dari perusahaan ini adalah Mahathir. Sampai saat ini, PROTON masih menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Malaysia. 

Nah, itu dia 5 fakta menarik dari Mahathir Mohamad.

Baca Juga: Oposisi Diadang ke Parlemen, Anwar Ibrahim-Mahathir Mohamad Tuding Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya