Pesawat Penumpang Jatuh di Danau Victoria Tanzania

Sekitar 26 korban berhasil dievakuasi ke rumah sakit

Jakarta, IDN Times - Sebuah pesawat penumpang telah jatuh ke Danau Victoria, Tanzania ketika mencoba mendarat dalam cuaca yang buruk. Setidaknya sudah ada 15 penumpang yang dikonfirmasi berhasil diselamatkan. 

Belum diketahui secara pasti berapa banyak jumlah korban meninggal akibat insiden Precision Air pada Minggu (06/11/2022). Terlepas dari hal tersebut, pencarian para korban masih berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan. 

1. Presiden Tanzania mengungkapkan ucapan belasungkawa atas kejadian ini

Presiden Tanzania, Samie, Suluhu, mendorong publik agar tetap tenang atas kejadian ini. Dia juga mengatakan bahwa tim penyelamat bekerja di lokasi pesawat Precision Air yang jatuh.

"Saya telah menerima informasi sedih tentang jatuhnya penerbangan Precision Air di Danau Victoria, di wilayah Kagera. Saya menyampaikan belasungkawa kepada semua orang yang terkena dampak insiden ini. Mari kita tetap tenang saat operasi penyelamatan berlanjut dan kita berdoa kepada Tuhan untuk membantu kita," kata dia. 

Rekaman video dan gambar yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat itu hampir tenggelam sepenuhnya. Ada juga video yang menunjukkan hanya ada bagian belakang pesawat yang berwarna hijau dan cokelat terlihat di atas garis air Danau Victoria.

Baca Juga: Tanzania Kerahkan Tentara untuk Padamkan Api di Gunung Kilimanjaro

2. Ada 43 penumpang di dalam pesawat Precision Air

Komisaris regional, Albert Chalamila, mengatakan ada 43 orang, termasuk dua pilot dan dua awak kabin, berada dalam penerbangan dari Dar es Salaam itu. Albert juga mengatakan pihaknya sudah berhasil menyelamatkan 26 orang. 

"Saat kami berbicara, kami telah berhasil menyelamatkan 26 orang yang dibawa ke rumah sakit rujukan kami. Operasi penyelamatan masih berlangsung dan kami berkomunikasi dengan pilot," kata Albert, dilansir NDTV.

Precision Air merupakan maskapai penerbangan swasta terbesar Tanzania. Maskapai tersebut sempat memberikan pernyataan resmi bahwa tim penyelamat telah dikirim ke tempat kejadian dan informasi lebih lanjut akan dirilis segera.

3. Detik-detik jatuhnya pesawat Precision Air

Dalam sebuah video yang dirilis Citizen TV Kenya, bagian badan pesawat tampak hampir tenggelam sepenuhnya. Hanya ada bagian belakang pesawat yang terlihat tampak utuh dari daratan. 

Beberapa perahu juga tampak melakukan evakuasi di sekitar jatuhnya pesawat. Sebagian penduduk juga ada yang berjaga di daratan untuk membawa para korban ke rumah sakit terdekat. 

Belum diketahui jumlah korban meninggal dalam insiden ini. Pemerintah Tanzania dan pihak maskapai juga belum memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan evakuasi para korban.

Baca Juga: Menakjubkan, 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Tanzania

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya