Berkunjung ke Vatikan, PWKI Beri Hadiah Kepada Paus Fransiskus

Paus menerima hadiah dengan senang hati

Jakarta, IDN Times - Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) baru-baru ini mengadakan kunjungan resmi ke Vatikan dalam rangka mempromosikan perdamaian dunia, yang merupakan amanat Pembukaan UUD 1945 dan Dokumen Abu Dhabi tentang Human Fraternity for World Peace and Living Together (Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama).

Dokumen tersebut ditandatangani Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar Syekh Ahmed El Sayyeb di Abu Dhabi pada Februari 2019. Delegasi PWKI, dipimpin oleh Mayong Suryolaksono sebagai Ketua Delegasi dan didampingi oleh AM Putut Prabantoro, Penasihat dan sekaligus Pendiri PWKI.

1. PWKI berikan hadiah istimewa untuk Paus Fransiskus

Berkunjung ke Vatikan, PWKI Beri Hadiah Kepada Paus Fransiskus(Paus Fransiskus ketika memberikan pesan Natal 2019 di Lapangan Santo Petrus) vaticannews.va

Pada audiensi umum di Basilica St Petrus, Vatikan, ada lima hadiah istimewa dan khusus yang diberikan untuk Paus Fransiskus dari PWKI (16/11/2022).

Hadiah-hadiah itu berupa lukisan dan patung Maria Bunda Segala Suku dari Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, Gunungan Wayang Kulit dari Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kain Batik Ceplok Mangkara Latar Kawung dari GKBRAy Adipati Paku Alam X, dan Buku Karya RM Sandro Peccati SX, misionaris Italia yang telah 60 tahun berkarya di Indonesia.

Baca Juga: Majelis Hukama Muslimin Akan Gelar Sidang, Paus Fransikus Hadir

2. Paus menerima hadiah dengan senang hati

Berkunjung ke Vatikan, PWKI Beri Hadiah Kepada Paus FransiskusIlustrasi Paus Fransiskus yang diajak jemaat berfoto bersama ketika di Meksiko (ANTARA FOTO/REUTERS/Alessandro Bianchi)

RM Markus Solo Kewuta, SVD yang hadir sebagai penerjemah dan Liasion Officer, menjelaskan kalau Paus Fransiskus begitu senang dengan hadiah yang dipersembahkan. Selain karena istimewa, hadiah-hadiah tersebut sangat khusus sifatnya lantaran terkait dengan tokoh pemberi.

Masing-masing hadiah yang diberikan kepada Paus Fransiskus dijelaskan secara fisik dan filosofis oleh RM Markus Solo SVD, satu-satunya pejabat Vatikan yang berasal dari Indonesia. Pimpinan tertinggi Gereja Katolik Sedunia itu juga mendapat penjelasan dari mana hadiah tersebut berasal dan pemberinya.

"Paus sangat mengagumi lukisan dan patung Maria Bunda Segala Suku yang berasal dari Kardinal Suharyo. Beliau menyatakan kekaguman filosofi dari Maria Bunda Segala Suku dengan mengatakan, 'oh... che belo!' artinya sungguh indahnya," kata RM Markus Solo.

3. Pembawa hadiah dari PWKI

Berkunjung ke Vatikan, PWKI Beri Hadiah Kepada Paus FransiskusPerwakilan Delegasi Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) berpamitan dengan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo di kediamannya, di Jakarta, Selasa (01/11/2022). Foto: Dok PWKI.

Saat diberikan kepada Paus Fransiskus, patung Maria Bunda Segala Suku dibawa oleh Rosmeri Sihombing (Media Indonesia) dan Mercy Tirayoh (KompasTV), Lukisan pertama Maria Bunda Segala Suku dibawa oleh Dominikus Desse (KabarDaerah.Com) dan Yupehntius Ivy (RuaiTV), lukisan kedua oleh Gora Kunjana (Benang.Id) dan Willy Masaharu Indracahya (pengurus PWKI), buku oleh Yophiandy Kurniawan (Kompas TV) dan Theresia Felisiani (Tribunnews.com), batik oleh Tri Agung Kristanto (Kompas) dan Mayong Suryolaksono (Kantor Berita Antara) serta Gunungan oleh AM Putut Prabantoro dan Thomas Sukawan Aribowo (keduanya adalah pengurus PWKI).

Sebelumnya, delegasi PWKI ke Vatikan dengan difasilitasi oleh Rm Markus Solo SVD dan Lina Yanti Dilliane, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Vatikan, mengadakan kunjungan resmi ke Kardinal Miguel Ayuso, Presiden Dikasteri Dialog Antar Agama, dan Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan.

Baca Juga: PWKI Bakal Kunjungi Vatikan Bawa Misi Perdamaian

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya