Kisah Mermaid, Legenda yang Membentuk Warsawa

Mermaid kini menjadi simbol kota Warsawa, Polandia

Warsawa, IDN Times - Warsawa lahir dari legenda. Ibu kota Polandia itu punya legenda tentang mermaid alias putri duyung yang lekat sebagai asal muasal peradaban kota tersebut. Cerita mermaid berabad lampau yang diturunkan dari generasi ke generasi, akhirnya membentuk Warsawa.

Mermaid kemudian menjadi simbol kota tersebut. Jika berkunjung ke Warsawa maka kamu akan banyak melihat simbol dan patung mermaid di beberapa tempat bersejarah atau tempat pariwisata.

Namun, bagaimana legenda mermaid tersebut membentuk Warsawa hingga seperti saat ini? Simak ceritanya di bawah ini ya!

Baca Juga: 10 Potret Indahnya Warsaw Old Town, Dulu Hancur akibat Perang Dunia

1. Keberadaan dua mermaid kembar

Kisah Mermaid, Legenda yang Membentuk WarsawaMonumen mermaid di dekat Sungai Vistula, Warsawa (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

IDN Times mengunjungi Warsawa dan mendapatkan cerita soal mermaid tersebut dari seorang pemandu wisata berpengalaman di sana bernama Jakub 'Kuba' Wesolowski. Kuba mengatakan, Warsawa pada zaman dahulu kala merupakan sebuah desa nelayan yang dikelilingi oleh lautan dan sungai di sekitarnya.

"Terdapat dua mermaid kembar saat itu. Salah satunya pergi menuju Kopenhagen, Denmark dan salah satunya berada di sini (Warsawa), di sepanjang Sungai Vistula," kata Kuba.

Ketika tengah asyik menyusuri Sungai Vistula, mermaid tersebut merasa lelah dan kemudian memutuskan beristirahat di tepi sungai yang kini menjadi salah satu area di Warsaw Old Town atau Kota Tua Warsawa.

Dia merasa senang berada di wilayah tersebut dan memutuskan untuk menetap di sana. Kehadirannya pun diketahui para nelayan karena mermaid tersebut suka mengerjai para nelayan dengan mengambil ikan-ikan dari jaring.

2. Ditangkap oleh pedagang tamak

Kisah Mermaid, Legenda yang Membentuk WarsawaSalah satu monumen mermaid di Warsawa, Polandia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Bahaya pun mengintai si mermaid. Salah seorang penduduk lokal yang juga merupakan pedagang tamak di sana berniat menangkap mermaid itu untuk dijadikan bahan pertunjukkan.

"Mermaid itu kemudian berhasil ditangkap dan si pedagang menempatkannya dalam sebuah kotak kayu," ujar Kuba.

Mermaid yang biasa hidup dengan bebas tidak bahagia atas kondisi tersebut. Dia pun menangis dan tangisannya membuat anak pedagang tamak tersebut yang juga adalah nelayan terenyuh hatinya.

Nelayan muda itu kemudian memanggil teman-temannya untuk membebaskan si mermaid. Setelah dibebaskan, mermaid tersebut jadi bahagia dan kembali ke sungai.

"Sebagai rasa terima kasihnya telah dibebaskan, mermaid berjanji kepada nelayan tersebut untuk selalu melindungi mereka dan kota," kata Kuba.

Baca Juga: Polandia Pede Militernya Bakal Jadi yang Terbesar di Eropa

3. Mermaid dengan pedang dan tameng

Kisah Mermaid, Legenda yang Membentuk WarsawaWarsaw Old Town di Polandia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Seiring berjalannya waktu, desa nelayan yang kecil tersebut kini berubah menjadi kota besar nan indah bernama Warsawa. Atas janji di masa lalu tersebut saat ini banyak dijumpai lambang atau monumen mermaid yang memegang pedang dan tameng sebagai simbol Kota Warsawa.

Kamu bisa menemukan mermaid dinding rumah, tiang lampu, jendela kaca patri, dan papan nama di Warsawa. Patung-patung mermaid juga terdapat antara lain di Alun-alun Kota Tua, di Sungai Vistula, dan di jembatan Markiewicz dekat Hotel Bristol.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Warsawa, Kota yang Penuh dengan Sejarah

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya