Rusia Murka dengar Pernyataan Menlu AS Blinken soal Kazakhstan

Rusia telah menempatkan pasukannya di Kazakhstan

Jakarta, IDN Times - Rusia murka atas pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, yang menyatakan Kazakhstan bakal kesulitan menyingkirkan pasukan Rusia.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia menyatakan, ucapan Blinken sebagai sebuah penghinaan dan menuduhnya membuat bercandaan atas peristiwa tragis yang terjadi di Kazakhstan.

"Jika Anthony Blinken sangat menyukai pelajaran sejarah, maka dia harus mempertimbangkan hal-hal berikut: ketika orang Amerika berada di rumah Anda, akan sulit untuk tetap hidup dan tidak dirampok atau diperkosa," tulis Kemlu Rusia di saluran media sosial Telegram, seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (9/1/2022).

Kemlu Rusia menyatakan, sejarah tersebut tidak hanya mereka dapatkan oleh masa lalu yang baru terjadi, melainkan sudah 300 tahun sejarah negara Amerika berdiri.

Baca Juga: Kazakhstan Dilanda Krisis, Xi Jinping Kirim Pesan Ini ke Presidennya

1. Penempatan pasukan Rusia merupakan permintaan Kazakhstan

Rusia Murka dengar Pernyataan Menlu AS Blinken soal KazakhstanSituasi terjadi di tengah kekacauan oleh para demonstran di Kazakhstan beberapa hari terakhir ini. (Twitter.com/crimethinc)

Adapun penempatan pasukan Rusia di Kazakhstan, menurut Kemlu Rusia bukan merupakan niat pribadi mereka.

Hal itu terjadi sebagai sebuah tanggapan yang sah atas permintaan Kazakhstan, untuk dukungan dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, yaitu aliansi negara-negara eks Soviet, termasuk Rusia.

2. Pernyataan Blinken yang memicu kemarahan Rusia

Rusia Murka dengar Pernyataan Menlu AS Blinken soal KazakhstanMenlu AS Anthony J. Blinken saat diwawancarai oleh IDN Times pada Selasa (14/12/2021). (IDN Times/Uni Lubis)

Sebelumnya, pernyataan Blinken yang memicu kemarahan Rusia disampaikan akibat pengiriman pasukan Rusia ke Kazakhstan. Itu merupakan respons Rusia atas kerusuhan yang terjadi selama berhari-hari di negara Asia Tengah tersebut.

"Satu pelajaran dari sejarah baru-baru ini adalah bahwa begitu orang Rusia berada di rumah Anda, terkadang sangat sulit untuk menyuruh mereka pergi," kata Blinken.

Baca Juga: Kazakhstan: Presiden Izinkan Pasukan Tembak Demonstran

3. Intervensi Rusia di Kazakhstan menambah ketegangan dengan AS

Rusia Murka dengar Pernyataan Menlu AS Blinken soal KazakhstanIlustrasi perang/konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, intervensi Rusia di Kazakhstan muncul bersamaan dengan ketegangan tinggi yang terjadi dalam hubungan Moskow dan Washington.

Keduanya tengah bersiap melakukan pembicaraan pada Senin (10/1/2022) mendatang, terkait krisis yang terjadi di Ukraina.

Moskow sendiri diketahui telah mengerahkan sejumlah besar pasukan di dekat perbatasannya dengan Ukraina. Namun, mereka membantah tudingan Barat yang menyebut Rusia berencana menyerang Ukraina.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya