Comscore Tracker

Globalisasi: Pengertian, Ciri dan Dampaknya

Penjelasan apa itu globalisasi

Terjadinya percepatan pergerakan di berbagai hal, baik dari manusianya, barang, jasa bahkan budaya akibat globalisasi. Sehingga mendorong adanya peningkatan interaksi antar populasi di berbagai wilayah seluruh dunia.

Globalisasi dianggap sebagai bentuk pemersatu di berbagai negara untuk saling bertukar pengetahuan, informasi dan teknologi. Oleh sebab itu, globalisasi menjadi pemicu adanya perubahan besar di dunia. Untuk penjelasan lengkap mengenai apa itu globalisasi, simak tulisan di bawah ini. 

Baca Juga: [OPINI] Hak Asasi Manusia dalam Pemenuhan Hak Anak Era Globalisasi 

1. Pengertian globalisasi

Globalisasi: Pengertian, Ciri dan Dampaknyapexels.com/@pixabay

Roland Robertson, 1992: 16

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek kebudayaan lainnya.

Kemajuan infrastuktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan internet, merupakan salah satu faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependesi) ekonomi dan budaya. Sehingga globalisasi merupakan pemadatan dunia dan permerkayaan kesadaran dunia secara keseluruhan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. 

Otoritas Jasa Keuangan

Globalisasi adalah proses dari transaksi keuangan dalam pasar keuangan yang pelaku pasarnya berkembang ke arah hilangnya batas geografis suatu negara; integrasi dari pasar keuangan dunia ke dalam satu kesatuan; dalam proses globalisasi terjadi saling ketergantungan antara pembeli dan penjual peranti keuangan di pusat keuangan seluruh dunia (globalization)."

2. Faktor penyebab terjadinya globalisasi

Globalisasi: Pengertian, Ciri dan Dampaknyaunsplash.com

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut.

  • Perkembangan teknologi informasi dan transportasi

Adanya perkembangan teknologi informasi dan transformasi yang pesat saat ini membuat segala bentuk transaksi jual beli menjadi lebih mudah, termasuk jual beli antar negera. Hal ini didukung dengan adanya e-commerce sebagai bentuk adanya perkembangan teknologi.

Dengan adanya kemudahan transaksi, sehingga produk asing lebih mudah masuk menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat yang sering diadaptasi sehingga adanya penggabungan kebudayaan.

  • Kerja sama internasional

Kemudahan transaksi antar negara disebabkan adanya kerja sama internasional, sehingga mendukung produk luar negeri masuk ke dalam negeri dan sebaliknya. Dan globalisasi dapat terus terbentuk melalui proses perdagangan internasional ini.

  • Ekonomi terbuka

Terjadinya perdagangan antar negara terjadi karena negara di dunia semakin terbuka satu sama lain sehingga adanya kemudahan dalam pertukaran produk dari negara masing-masing yang mengandung elemen budaya negara asal, sehingga dapat mempengaruhi budaya negara lain.

Baca Juga: BJ Habibie: Manusia Produktif Belum Tentu Unggul dalam Globalisasi

3. Ciri-ciri globalisasi

Globalisasi: Pengertian, Ciri dan DampaknyaPexels.com/Rawpixel

Ciri-ciri terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut.

  • Adanya ketergantungan antara pasar dan produksi dengan kerjasama ekonomi antar negara tersebut.
  • Adanya perkembangan teknologi di berbagai aspek.
  • Adanya berbagai macam masalah bersama yang harus diselesaikan seperti pencemaran lingkungan.
  • Adanya pertukaran akulturasi tanpa disadari, seperti budaya K-pop.

4. Aspek globalisasi

Globalisasi: Pengertian, Ciri dan Dampaknyaunsplash.com

Globalisasi mempengaruhi beberapa aspek di kehidupan masyarakat, yaitu:

  1. Aspek IPTEK
    Akibat adanya globalisasi masa kini, aspek ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat contohnya internet dan smartphone.
  2. Aspek ekonomi
    Pengaruh globalisasi pada aspek ekonomi yaitu semakin meningkatnya perdagangan internasional yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai macam e-commerce yang tersedia saat ini, seperti amazon, e-bay dan sebagainya.
  3. Aspek pendidikan
    Informasi mengenai pendidikan dapat diperoleh dengan mudah dengan adanya globalisasi, apalagi di masa pandemi ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pengetahuan melalui online course atau seminar internasional.
  4. Aspek Sosial Budaya, 
    Contoh pengaruh globalisasi pada aspek sosial budaya adalah tren kecantikan dan skincare dari korea, K-pop dan musik Amerika Serikat. Dengan masuknya budaya asing ini dapat mempengaruhi budaya lokal.
  5. Aspek politik, 
    Contoh pada aspek politik yaitu tergabungnya negara-negara di dunia dalam organisasi PBB yang membuat tiap negara saling berikatan untuk menjaga kedamaian dunia.

5. Dampak dari globalisasi

Globalisasi: Pengertian, Ciri dan Dampaknyailustrasi gambar dunia di telapak tangan (Pixabay/stokpic)

Berkembangnya globalisasi, memberikan dampak positif maupun negatif dalam kehidupan masyarakat yang mampu mempengaruhi berbagai sektor. Di antara dampak-dampak tersebut adalah:

  • Dampak positif
  1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat.
  2. Memudahkan interaksi internasional dengan adanya kemajuan teknologi.
  3. Penyebaran dan penerimaan informasi antar negara lebih mudah.
  4. Kemudahan perdagangan internasional melalui e-commerce dan kemajuan transportasi
  5. Terjalinya hubungan antar negara yang semakin baik.
  • Dampak negatif
  1. Peningkatan polusi dan kerusakan lingkungan akibat teknologi industri.
  2. Masyarakat lebih memilih pada bidang industri dibanding kehidupan pertanian.
  3. Memudarkan nilai kebudayaan asli masyarakat dan bercampur dengan budaya asing.
  4. Perubahan gaya hidup menjadi kebarat-baratan.
  5. Budaya silaturahmi dan interaksi secara langsung luntur akibat digantikan oleh teknologi dan smartphone.

Baca Juga: RI Paparkan Transisi Dunia Pendidikan ke Dunia Kerja di Pertemuan Dunia

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa globalisasi terjadi akibat adanya peningkatan pada interaksi yang melibatkan dua atau lebih negara dengan latar belakang bahasa, kepercayaan, ras dan budaya yang berbeda. Dengan adanya interaksi ini, maka dampak dari globalisasi cepat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Namun dengan adanya dampak positif dan negatif yang didapat, kita sebagai anak bangsa harus bijak dalam menghadapinya. Dampak negatif tidak dapat dihilangkan, kita harus menghadapi dan menanggulanginya dengan tetap mengatur cara berpikir dengan baik agar nilai-nilai budaya tidak luntur, salah satunya dengan mencintai produk lokal.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya